Masalah : Isolasi sosial
Pertemuan : Pertama (1)
A. Proses keperawatan
1.
Kondisi klien : Senang menyendiri,
kontak dengan klien lain kurang,termenung.
2.
Diagnosa keperawatan :
...................
3.
Tujuan :
a.
Klien dapat membina hubungan
saling percaya dengan perawat
b.
Klien dapat menyebutkan penyebab
menarik diri.
4.
Tindakan keperawatan
a.
Bina hubungan saling percaya
dengan perawat mengunakan prisip komunikasi terapeutik :
Ø
Sapa klien dengan ramah baik
verbal maupun non verbal
Ø
Perkenalkan diri dengan sopan.
Ø
Tanyakan nama lengkap klien dan
nama panggilan yang disukai klien.
Ø
Jelaskan tujuan pertemuan.
Ø
Jujur dan menempati janji.
Ø
Tunjukkan sikap empati dan
menerima klien apa adanya.
Ø
Berikan perhatian pada klien dan
perhatikan kebutuhan dasar klien.
b.
Kaji pengetahuan klien tentang
perilaku menarik diri dan tanda - tandanya :
Ø
Dirumah mbak “An” tinggal dengan
siapa.
Ø
Siapa yang paling dekat dengan
mbak “An”.
Ø
Apa yang membuat mbak “An” dekat
dengannya.
Ø
Dengan siapa mbak “An” tidak
dekat.
Ø
Apa yang membuat mbak “An” tidak
dekat.
Ø
Apa yang harus mbak “An” lakukan
agar dekat dengan seseorang.
c.
Beri kesempatan kepada klien untuk
mengungkapkan perasaan penyebab menarik diri atau tidak mau bergaul.
d.
Berikan pujian terhadap kemampuan
klien mengungkapkan perasaannya.
B. Strategi pelaksanaan tindakan keperawatan
1.
Orientasi
a.
Salam : Selamat pagi mbak,kenalkan
nama saya deddy marsudy, panggil saja saya deddy. Nama mbak siapa ? dan senang
dioanggil apa ? saya akan merawat mbak “An” pada shift pagi ini.
b.
Evaluasi : apa yang terjadi
dirumah sampai mbak “An” dibawa kemari ?
c.
Kontrak : (topik, waktu, tempat)
Bagaimana kalau
kita bercakap – cakap tentang kejadian dirumah, agar saya dapat membantu cara
mengatasinya. Mbak “An” mau berapa lama bercakap – cakap? Bagaimana kalau 15
menit. Mbak “An” mau bercakap – cakap dimana? Bagaimana kalau diruang makan.
2.
Kerja
Ø
Dirumah mbak “An” tinggal dengan
siapa?
Ø
Siapa yang paling dekat dengan
mbak “An”
Ø
Apa yang membuat mbak “An” dekat
dengannya?
Ø
Bagus, mbak “An” dapat menyebutkan
yang membuat dekat gengan seseorang.
Ø
Dengan siapa mbak “An” tidak
dekat?
Ø
Apa yang membuat mbak “An” tisak
dekat/
Ø
Apa yang harus mbak “”An” lakukan
agar dekat dengan seseorang?
3.
Terminasi
a.
Evaluasi subjektif
Bagaimana perasaan
mbak “An” setelah kita bercakap – cakap ?
b.
Evaluasi objektif
Tersenyum,menatap perawat.
c.
Tindak lanjut
Baik
mbak “An” bagaimana kalau mbak “An” ingat – ingat kembali yang menyebabkan anda
dekat dengan seseorang dan siapa lagi kira – kira yang dekat dengan mbak “An”.
d.
Kontrak (topik, waktu, tempat)
Bagaimana kalau
nanti kita latihan berkenalan dengan orang lain. Mbak “An” mau ketemu lagi jam
berapa? Bagaimana kalau jam 10 nanti. Mbak “An”
mau bercakap – cakap dimana ? bagaimana kalau disini lagi, oke.
STRATEGI
PELAKSANAAN TIDAKAN KEPERAWATAN
Masalah : Isolasi sosial
Pertemuan : Kedua (2)
A. Proses keperawatan
1.
kondisi klien : termenung,
tersenyum denganperawat, memberi salam pada perawat.
2.
diagnosa keperawatan :............
3.
tujuan : klien dapat melaksanakan
hubungan sosial secara bertahap.
4.
tindakan keperawatan
Ø Kaji kemampuan klien membuna hubungan dengan orang lain.
Ø Dorong dan bantu klien untuk berhubungan dengan orang lain melalui
bertahap (klien-perawat).
Ø Beri reinforcement positif terhadap keberhasilan yang telah dicpai.
Ø Bantu klien untuk mengevaluasi manfaat berhitung.
Ø Diskusikan jadwal harian yang dapat dilakukan bersama klien dalam
mengisi waktu.
Ø Motivasi klien untuk mengikuti kegiatan diruangan.
B. Strategi pelaksanaan tindakan keperawatan
1. Orientasi
a. Salam terapeutik
selamat pagi mbak ‘An’
b.
Evaluasi
Bagaimana perasaan mbak ‘An’
saat ini ?
c. Kontrak (topik, waktu,
tempat)
Mbak “An” ingat
apa yang akan kita lakukan sekarang,sesuai janji kita tadi pagi sekarang kita
akan latiahan cara berkenalan antara mbak “An” dan saya. Tujuan berkenalan agar
mbak “An” mempunyai banyak teman. Mbak “An” mau berapa lama bercakap-cakap?
Bagaimana kalau 10 menit. Mbak “An” mau bercakap-cakap dimana? Bagaimana kalau
ruangan ini.
2. Kerja
Ø
Menurut mbak “An”, kalau kita
berkenalan apa yang harus kita lakukan?
Ø
Perlukah kita berjabat tangan?
Ø
Perlukah kita berdiri?
Ø
Bagus sekali apa yang mbak “An”
katakan.
Ø
Apa saja uyang akan kita lakukan?
Ø
Betul, kita akan menanyakan nama,
nama panggilan, hobi, asal.
Ø
Bagaimana mbak “An”,kita coba.
Ø
Kenalkan nama saya Deddy
Marsudy,senangnya dipanggil Deddy.
Ø
Nama mbak siapa? Senang dipanggil
apa?
Ø
Hobi saya membaca buku, hobi mbak
“An” apa?
Ø
Asal saya Bangka, asal mbak “An”
darimana?
Ø
Bagaumana mbak,apakah mbak “An”
mau mencoba?
3. Terminasi
a.
Evaluasi subjektif
Bagaimana perasaan
mbak “An” setelah latihan cara berkenalan?
b. Evaluasi objekti
Mbak”An”
sudah dapat melakukan cara berkenalan dengan lain. Coba
Sebutkan
bagaimana cara berkenalan dengan orang lain?
c. Tidak lanjut
baik mbak “An”,
bagaimana kalau mbak latihan berkenalan dengan teman-teman mbak “An” yang ada
diruangan. Mbak “An” mau berkenalan denganm siapa? Nanti kalau ada kesulitan
kita bicarakan lagi.
d. Kontrak
Bagaimana kalau
nanti kita coba berkenalan denga teman-teman mbak “An” yang diruangan. Mbak
“An” mau ketemu lagi jam berapa? Mbagaimana kalau jam 11.00. mbak “An” mau
bercakap-cakap dimana? Bagaimana kalau diruang makan lagi.
STRATEGI
PELAKSANAAN TIDAKAN KEPERAWATAN
Masalah : Isolasi sosial
Pertemuan : Ketiga (3)
A.
Proses keperawatan
1.
kondisi klien : tersenyum, menatap
perawat, duduki dengan teman yang lain.
2.
diagnosa keperawatan
:...................
3.
Tujuan :
a.Klien dapat
berkenalan dengan teman-teman di ruangan
b. Klien dapat menerapkan dalam kegiatan sehari-hari
4.
tindakan keperawatan
a. observasi jadwal kegiatan klien
b. menganjurkan klien berkenalan dengan dua orang teman
B.
Strategi pelaksanan tindakan
keperawatan
1.
Orientasi
a. Salam terapeutik
Selamat pagi Mbak
“An”
b. Evaluasi
bagaimana perasaan
saat ini ?, bagaimana latihannya ?, bagaimana jadwal kegiatannya ?
c. Kontrak (topik, waktu, tempat)
Mbak An apa yang
akan kita lakukan sekarang sesuai dengan janji kita tadi pagi sekarang kita
akan mencoba Mbak An berkenalan dengan teman-teman. Mbak An mau berapa lam ?
bagaiman kalau 10 menit. Coba sekarang Mbak An berkenalan dengan teman.
2.
Kerja
Apa saja yang Mbak
lakukan ?
Apakah Mbak sudah
bisa berkenalan dengan teman-teman ? bagus, teruskan ini bisa dilakukan dalam
kegiatan sehari-hari, sehingga Mbak punya banyak teman
3.
Terminasi
a. Evaluasi subyektif : bagaiman perasan Mbak An berkenalan dengan
teman-teman
b. Evaluasi obyektif : coba Mbak An sebutkan apa saja yang dipelajari
selama di rumah sakit.
c. Tidak lanjut :
d. Kontrak : Mbak An besok kita bicara lagi tentang obat-obat yang Mbak
minum dan manfaatnya. Mau ketemu jam berapa ? bagaiman kalu jam 9 ! dimana mau
ketemu ? diruangan ini saja !
Tidak ada komentar:
Posting Komentar