Nama Klien :
No. RM :
NO
|
Tgl.
|
Diagnosa Keperawatan
|
Tujuan
|
Kriteria Evaluasi
|
Rencana tindakan
|
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1.
|
1 / 04 – 05
|
Resiko perubahan persepsi sensori: Halusinasi dengar berhubungan dengan
menarik diri
|
Umum :
Tidak terjadi
halusinasi dengar
Khusus :
1. Klien dapat membina
hubungan saling
percaya
2. Klien dapat menyebutkan
mengapa ia menarik diri
3. Klien dapat
menyebutkan
keuntungan berhbgan
dengan orang lain
4. Klien dapat melakukan interaksi sosial secara bertahap
5. Klien dapat mengungkapkan perasaan setelah berhubungan dengan
orang lain
6. Klien mendapat dukungan keluarga untuk berinteraksi dengan orang
lain
7. Klien dapat menggunakan obat dengan benar
|
1.1 Menjawab salam
1.2 Tersenyum/jabat tangan
1.3 Ada kontak mata
1.4 Duduk bersama klien lain
1.5 Menyepakati kontrak dgn petugas
2.1 Klien menyebutkan penyebab
dirinya menrik diri (apakah karena malu, tidak mampu, merasa kurang/lebih dari
orang lain
2.2 Klien dapat menyebutkan akibat yang dirasakan bila tidak bergaul
dengan orang lain (bosan, kesepian, jenuh, dll)
3.1 Klien dapat menyebutkan jeuntungan berhubungan dengan oarng lain
(perasaan senang karena banyak teman)
3.2 Klien dapat menuebutkan kemampuan untuk bergaul
4.1 Klien dapat berinteraksi secara bertahap
5.1 klien mengungkapkan perasaannya setelah berhubungan dengan orang
lain
6.1 Keluarga dapat menyebutkan perilaku yang ditunjukkan oleh klien
secara positif
6.2 Keluarga menyatakan dukungan terhadap klien
- Bersedia membesuk
mau berinteraksi dengan klien
7.1 Klien dapat menggunakan obat dengan benar (dosis, frekuensi dan
cara)
|
1.1.1
Bina
hubungan saling percaya dengan cara : ucapkan salam terapeutik setiap bertemu
(perkenlan dengan sopan, jelaskan tujuan, ciptakan lingkungan yang kondusif,
buat kontrak yang jelas)
1.1.2
Berikan
perhatian dan penghargaan: temani klien walau klien mengabaikan, katakan : “
Saya akan menemani X , jika ada yang ingin dikatakan Saya akan mendengarkan”,
jika Klien menatap Perawat: katakan “ ada yang hendak X katakan?
1.1.3
Dengarkan
klien dengan empati ; Berikan kesempatan pada Klien untuk berbicara, jangan
potong pembicaran, dengankan denga sabar
2.1.1 Diskusikan dengan Klien penyebab Klien
enggan bergaul
dengan klien lain
2.2.1
Diskusikan
dengan klien akibat dari klien menarik diri
3.1.1 Diskusi bersama Klien
keuntungan bergaul dengan orang lain
3.2.1 Bantu Klien untuk mengidentifikasi kemampuan yang dimiliki klien untuk bergaul
4.1.1 Lakukan interaksi sering dan singkar
4.1.2 Demonstrasikan cara bergaul yang baik
4.1.3 Kondisikan Klien bergaul dengan klien lain
1.1.4 Berri reinforcement jika Klien melakukan dengan
baik
4.1.5 Motivasi dan temani Klien unyuk
berinteraksi/bergaul
denga Klien arau perawat lain.
4.1.6 Tingkatkan interaksi Klien secara bertahap
5.1.1 Diskusikan dengan Klien setiapkalai Klien
melakukan interaksi
dengan orang lain
5.1.2 Beri reinforcement atas perilaku positif Klien
6.1.1 Berdiskusi dengan keluarga klien tentang perilaku
yang diharapkan
6.2.1 Dorong keluarga klien untuk memberi dukungan
kepada Klien agar mau
berintegrasi
6.2.2 Anjurkan keluarga untuk mengunjubgi klien setiap
minggu (minimal)
6.2.3 Beri reinforcement posutif pada keluarga atas
perilaku positif Klien
7.1.1 Diskusikan dengan Klien tentang (dosis, frekuensi
dan cara)
7.1.2 Bnatu Klien minum obat dengan benar
7.1.3 Diskusikan dengan Klie tentang
efek obat.
7.1.4 Dorong Klien untuk mengungkapkan efek yang
dirasakan dari obat
7.1.5 Beri reinforcement positif atas perlku positif klien
minum obat
|
2.
|
01/04/05
|
Isolasi Sosial ; Menarik diri berhubungan dengan harga diri yang rendah
|
Umum :
1. Klien dapat berhubungan dengan orang lain dengan optimal
2. Klien dapat menilai kemampuan diri yang dapat ia gunakan
3. Klien dapat menyusun
rencana kegiatan seari-hari sesuai kemampannya
4. Klien dapat melaksanakan kegiatan secara bertahap sesuai dengan
jadwal bimbingan yang telah disepakati
5. Klien mendapat dukungan keluarga dalam meningkatkan harga diri
|
1.1 Klien dapat menyebutkan minimal dua aspek
positif dari segi fisik
1.2 Klien dapat menyebutkan minimal dua aspek
positif dari segi intelektual
1.3 Klien dapat menyebutkan minmal dua aspek kegiatan di RS dan di
rumah
2.1 Klien dapat menyebutkan kegiatan yang dapat dilakukan di RS dan
di rumah
3.1 klien dapat menentukan rencana kegiatan yang akan dilakukan
3.2 Klien dapat menyusun rencana kegiatan minimal 5 hari
4.1 Klien dapat melakukan kegiatan seperti yang telah diberi contoh
oleh Perawat
4.2 Klien dapat melakukan kegiatan yang telah dise[pakati dengan
bimbingan
4.3 Klien mempunyai motivasi yang kuat untuk melakukan kegiatan yang telah
disepakati
5.1 Setelah Perawat bertemu dengan keluarga, keluarga dapat
menjelaskan peran keluarga dalam
merawat Klien dengan harga diri rendah
|
1.1.1 Bantu Klien
menyebutkan aspek positif yang
dimilikinya
1.1.2 Bantu klien
untuk menyebutkan harapan atau cita-
cita dimasa depannya
1.1.3 Diskusikan dengan keterampilan yang menonjol
Yang biasa dilakukan
di rumah dan di RS
Berikan reinforcment
terhadap perilaku positif
yang ditunjukkan oleh
klien
2.1.1 Diskusikan bersama Klien
jenis kegiatan yang
dapat di lakukan di RS dan di rumah
2.1.2 Diskusikan
kemampuan klien melaksanakan
kegiatan di rumah
3.1.1 Beri bantuan Klien
untuk menyusun rencana
kegiatan yang
dilakukan
3.2.1 Bantu Klien menyusun
rencana kegiatan minimal
5 hari
Bila Klien
berhasil menyusun rencana
Kegiatn
Berikan reinforcement positif
4.1.1 Beri contoh cara melakukan kegiatan sesuai jadwal
yang telah disepakati
4.1.2 Beri kesempatan kepada Klien untuk
mencoba /
mendemokan kembali contoh yang
diberikan oleh
perawat
4.1.3 Berikan reinforcement positif
jika klien dapat
mendemonstrasikan
kembali dengan baik
4.2.1 Beri kesempatan kepada Klien untuk
mencoba kegiatan yang telah disepakati dengan
bimbingan perawat
4.2.2 Berikan reinforcement positif
jika klien dapat
menunjukkan perilaku
yang diharapkan .
4.3.1 Motivasi Klien untuk melakukan kegiatan yang
telah disepakati
5.1.1 Diskusikan dengan keluarga
peran keluarga dalam
merawat Klien dengan
harga diri rendah
5.1.2 Jelaskan pada keluarga tentang penyebab dan
akibat dari harga diri
rendah
5.1.3 Jelaskan pada keluarga cara merawat Klien dengan
harga diri rendah
5.1.4 Libatkan kekuarga
dalam perawatan harga diri
rendah
5.1.5 Anjurkan keluarga untuk meneruskan stimulasi
terhadap kemajuan
klien
5.1.6 Berikan reinforcement positif
jika klien dapat
menunjukkan perilaku
yang diharapkan
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar