A. TUJUAN
1.
Tujuan Instruksional Umum
Setelah mengikuti penyuluhan kesehatan selama 15
menit, diharapkan siswa/ siswi SMU akan mampu mengetahui dan memahami tentang
perilaku seks bebas.
2.
Tujuan Instruksional Khusus
Setelah mengikuti penyuluhan selama 15 menit, siswa/
siswi SMU diharapkan akan mampu :
a.
Menyebutkan pengertian perilaku seksual
b.
Menyebutkan 3 faktor yang dapat menyebabkan perilaku
seksual
c.
Menyebutkan 2 akibat yang mungkin terjadi setelah
melakukan hubungan seksual
d.
Menyebutkan 3 cara menghindari/ mencegah terjadinya
perilaku seksual
B. POKOK BAHASAN
PERILAKU SEKS BEBAS
C. SUB POKOK BAHASAN
- Pengertian perilaku seksual
- Hal yang dapat menyebabkan perilaku seksual
- Akibat yang mungkin terjadi setelah melakukan hubungan seksual
- Cara- cara menghindari/ mencegah terjadinya seks bebas
D. SASARAN
Sasaran penyuluhan adalah siswa/ siswi kelas 1SMU Darussalam
E. METODE
- Ceramah
- Diskusi
F. WAKTU DAN TEMPAT PENYULUHAN
a. Hari/ Tanggal : Senin/
22 Agustus 2005
b. Waktu : 08.00
– 08.15 WIB
c. Tempat : SMU
Darussalam
Jln.
Darussalam
G. MEDIA PENYULUHAN
- Leaflet
- Poster
H. PENGORGANISASIAN
1. Penyuluh : Suprayogi, S.Kep
2. Fasilitator : Lidya, S.Kep
Nurmaningsih S, S.Kep
I. PELAKSANAAN KEGIATAN
No.
|
Kegiatan
|
Penyuluh
|
Peserta
|
Waktu
|
1.
|
PEMBUKAAN
|
-
Memberi salam dan perkenalan
-
Menjelaskan tujuan, manfaat dan cakupan materi
|
-
Menjawab salam
-
Mendengarkan dan memperhatikan
|
3 menit
|
2
|
KEGIATAN INTI
|
-
Menjelaskan pengertian perilaku seksual
-
Menjelaskan hal yang dapat menyebabkan perilaku seksual.
-
Menjelaskan akibat yang mungkin terjadi setelah
melakukan hubungan seksual.
- Menjelaskan cara- cara menghindari/ mencegah
terjadinya seks bebas
- Memberikan kesempatan untuk bertanya jika ada
yang kurang jelas
|
-
Mendengarkan dan memperhatikan
-
Memperhatikan dan menyimak.
-
Mendengarkan dan memperhatikan
-
Mendengar dan memperhatikan
-
Bertanya jika ada yang tidak jelas.
|
9 menit
|
3.
|
PENUTUP
|
-
Mengevaluasi pengetahuan siswa/ siswi SMU tentang
materi yang disampaikan dengan memberi pertanyaan
-
Menyimpulkan materi yang telah disampaikan.
-
Memberi salam
|
-
Menjawab pertanyaan
-
Mendengarkan dan memperhatikan
-
Menjawab salam
|
3 menit
|
J.
EVALUASI
a. Evaluasi Struktur
-
Kesiapan
mahasiswa memberikan materi penyuluhan
-
Media
dan alat memadai
-
Setting
sesuai dengan kegiatan
b. Evaluasi Proses
- Kegiatan
penyuluhan dilakukan sesuai jadwal yang direncanakan
- Peserta penyuluhan kooperatif
dan aktif berpartisipasi selama proses
penyuluhan
- Seluruh mahasiswa berperan
aktif selama proses penyuluhan
c. Evaluasi Hasil
80% siswa/ siswi SMU Darussalam dapat menjawab pertanyaan yang diajukan
Tidak ada komentar:
Posting Komentar