Aplikasi Merah Putih

Assalamualaikum.
dalam rangka memeriahkan hari kemerdekaan Indonesia, telah hadir aplikasi merah putih terbaru untuk mendapatkan pulsa gratis. Sudah terbukti dapat pulsa langsung. Sebarkan berita gembira ini. Download aplikasinya lewat link dibawah ini :
https://invite.cashtree.id/fd659d

BAB IV PRAKTIK KERJA LAPANGAN (PKL)


BAB IV
PENUTUP

A.    KESIMPULAN
Berdasarkan hasil kegiatan yang telah dilakukan oleh mahasiswa Praktik Kerja Lapangan ( PKL ) Akademi Kesehatan Dinas Kesehatan Propinsi Riau di Desa Usul Kecamatan Batang Gansal, maka dapat diambil kesimpulan dalam hal ini :
1.      Pengkajian ( Pengumpulan data melalui wawancara dan angket ) dilakukan terhadap 267 Kepala Keluarga yang terdiri dari Dusun 1, 2 dan 3 yang berada di Desa Usul Kecamatan Batang Gansal. Hal ini ditujukan untuk mendapatkan masalah kesehatan yang ada di Desa Usul ini.
2.      Pengumpulan masalah atau pengelompokan masalah yang ditemukan yaitu terdapat masalah lingkungan, masalah ibu hamil, masalah lansia. Hal ini perlu dilakukan beberapa tindakan yang dapat membantu masyarakat Usul dalam hal memperbaiki kondisi kesehatan di Desa Usul Kecamatan Batang Gansal.
3.      Pengumpulan data tersebut dilanjutkan dengan mencari solusi masalah kesehatan yang telah didapatkan melalui suatu kegiatan Musyawarah Masyarakat Desa (MMD) yang telah dilakukan di SD 002 Usul yang dihadiri oleh Kepala Puskesmas dan Jajarannya, Camat beserta Jajaran, Kepala Desa Usul beserta jajaran dan perangkat Desa Usul.
4.      Berdasarkan Hasil Musyawarah Masyarakat Desa Usul ( MMD ) maka dapat diambil beberapa kegiatan yang akan dilakukan selama Praktik Kerja Lapangan ( PKL ) yaitu:
a.       Penyuluhan Kesehatan
b.      Percontohan Saringan Air Bersih
c.       Kegiatan Senam Bersama Masyarakat
d.      Pengobatan Massal Gratis
e.       Sunatan Massal Gratis
f.       Gotong Royong Setiap RT
g.      Pelatihan Guru dan Dokter
5.      Setelah diperoleh hasil berbagai macam kegiatan yang akan dilakukan maka dapat dievaluasi untuk secara keseluruhan kegiatan yang dilakukan yaitu :
a.       Evaluasi Struktur
Masyarakat diundang untuk mengikuti kegiatan Musyawarah Masyarakat Desa      ( MMD ) dan memberikan ide yang dapat dilakukan untuk membantu memecahkan masalah kesehatan yang telah ditemukan. Kegiatan dibantu dengan beberapa alat peraga untuk memaksimalkan hasil penyampaian materi yang dibutuhkan oleh masyarakat yaitu leaflet, flipchart, alat peraga langsung, spidol dll.
b.      Evaluasi Proses
Dalam proses pelaksanaan kegiatan di Desa Usul Kecamatan Batang Gansal diperoleh 1 RT yang tidak dapat diikut sertakan dalam kegiatan yang telah direncanakan sebelumnya yaitu RT 4, selain faktor keadaan lingkungan yang tidak mendukung dilakukan kegiatan tersebut dan suatu keadaan kebudayaan dimana selama mahasiswa praktik di Desa Usul salah satu Orang tua Ketua RT 4 meninggal dunia dan kebudayaan yang berada di tempat tersebut sulit menerima untuk dilakukan kegiatan dari mahasiswa PKL Akademi Kesehatan Dinas Kesehatan Propinsi Riau.
c.       Evaluasi Akhir
Seluruh Kegiatan yang direncanakan dapat terlaksana dan antusias masyarakat dalam pelaksanaan kegiatan sangat baik dan hasil yang dicapai terlaksana untuk seluruh kegiatan.

B.     SARAN
1.      Puskesmas Seberida selaku penanggungjawab wilayah kerja Usul kecamatan Batang Gansal diharapkan senantiasa melakukan pembinaan dan bimbingan sehingga program – program dapat terlaksana dengan standar kesehatan.
2.      Untuk masyarakat desa Usul diharapkan agar dapat memahami dan meningkatkan derajat kesehatan sesuai dengan standar kesehatan.
3.      Bagi mahasiswa yang akan melaksanakan praktek kerja lapangan ( PKL ) khususnya di komunitas, diharapkan dapat bekerja dengan pihak – pihak yang terkait baik lintas program maupun lintas sektoral, serta mencari sponsor lebih awal untuk mendukung dana sehingga implementasi keperawatan komunitas dapat dilaksanakan dengan baik dan komprehensif.
4.      Bagi institusi pendidikan ( Akademi Kesehatan Dinas Kesehatan Propinsi Riau ) senbagai lembaga formal tempat mahasisiwa menuentut ilmu, diharapkan dapat mempertahankan dan meningkatkan lagi keterlibatan baik bimbingn maupun arahan sehingga banyak membantu mahasiswa dilapangan.

Tidak ada komentar: