A. Latar Belakang
Sudah sejak lama terapi pijat
digunakan oleh manusia sebagai terapi tradisional yang digunakan untuk
mengatasi berbagai penyakit. Selama
bertahun tahun, perawat memberikan pijatan pada punggung. Terapi pijat telah dibuktikan dapat
meningkatkan sirkulasi darah dan membantu relaksasi. Bahkan akhir akhir ini keuntungan dari terapi
pijat telah dibuktikan secara fisik, mental emosional dan spiritual (Kozier,
Glenora, Berman, Snyder, 2004).
Mengingat bahwa lansia sangat rentan terkena stres dikarenakan oleh
berbagai faktor, maka perlu diadakan salah satu terapi untuk mengurangi
stres. Salah satu terapi untuk
mengurangi stres adalah terapi pijat yang tidak mempunyai efek samping
sebagaimana halnya jika mengkonsumsi obat obatan.
B. Tujuan
a. Tujuan instruksional umum
Setelah Melakukan terapi pijat
pada lansia maka keluarga dapat
menerapkannya dan melakukannya kepada lansia binaan.
b. Tujuan instruksional khusus
Setelah
melakukan terapi pijat pada lansia binaan, keluarga diharapkan mampu :
·
Menyebutkan
definisi pijat.
·
Menyebutkan
indikasi pijat.
·
Menyebutkan
kontraindikasi pijat.
·
Menyebutkan
manfaat pijat.
·
Mengenal
dan mengetahui tekhnik tekhnik pijat yang efektif untuk mengurangi stres.
C. Manfaat
Kegiatan ini diharapkan mampu melibatkan dan mengarahkan keluarga lansia
dalam melakukan terapi pijat.
D. Pokok Bahasan : Terapi pijat untuk mengurangi stres pada
lansia.
E. Sub Pokok bahasan
·
Definisi
pijat.
·
Indikasi
pijat.
·
Kontraindikasi
pijat.
·
Manfaat
pijat.
·
Tekhnik
tekhnik pijat yang efektif untuk mengurangi stres.
F. Sasaran
Lansia binaan dan keluarga
lansia.
G. Metode
Metode yang digunakan adalah
simulasi.
H. Waktu dan tempat Penyuluhan
a. Hari/ tanggal : Jumat/26 Agustus 2005
b. Waktu : 09.00 – 10.00 WIB
c. Tempat : Rumah Ny.
S, Jl. Bajak II H Gg. Coklat II No.51, Medan
I. Media Penyuluhan
-
Booklet
-
Minyak
-
Handuk kecil
J. Pelaksanaan kegiatan
No.
|
Kegiatan
|
Penyuluh
|
Peserta
|
Waktu
|
1.
|
PEMBUKAAN
|
- Memberi salam dan perkenalan.
- Menjelaskan tujuan, manfaat dan cakupan
materi.
|
- Menjawab salam.
- Mendengarkan dan memperhatikan.
|
2 menit
|
2
|
KEGIATAN INTI
|
- Menjelaskan definisi pijat.
- Menjelaskan indikasi pijat.
- Menjelaskan kontraindikasi terapi
pijat.
- Menjelaskan manfaat pijat.
- Menjelaskan dan mendemonstrasikan
tekhnik pijat pada kepala, punggung, leher dan wajah.
- Memberikan kesempatan untuk bertanya
jika ada yang kurang jelas.
|
- Mendengarkan dan memperhatikan.
- Memperhatikan dan menyimak.
- Mendengarkan dan memperhatikan.
- Mendengarkan dan memperhatikan.
- Mendengarkan dan memperhatikan.
- Bertanya jika ada yang kurang jelas.
|
15 menit
|
3.
|
PENUTUP
|
- Mengevaluasi pengetahuan keluarga binaan
dan lansia binaan tentang materi yang
disampaikan dengan memberi pertanyaan.
- Menyimpulkan materi yang telah
disampaikan.
- Memberi salam.
|
- Menjawab pertanyaan
- Mendengarkan dan memperhatikan.
- Menjawab salam.
|
3 menit
|
K. Evaluasi
a. Evaluasi Struktur
-
Kesiapan mahasiswa memberikan materi penyuluhan
-
Media dan alat memadai
-
Setting sesuai dengan kegiatan
b. Evaluasi Proses
- Pelaksanaan
preplanning sesuai dengan alokasi waktu
- Peserta
simulasi mengikuti kegiatan dengan aktif
-
Peserta simulasi menanyakan tentang hal-hal yang
diajukan oleh penyuluh pada saat evaluasi.
c. Evaluasi Hasil
Peserta mampu menjawab 80% pertanyaan yang diajukan
oleh penyuluh pada saat evaluasi.
L. REFERENSI
Kozier, Glenora, Berman, Snyder. (2004).
Fundamental of Nursing, Concepts, Process & Practice. New Jersey : Pearson Prentice Hall
htttp://www.massagelondon.org/pages/morebenefits.htm
htttp://www.massagelondon.org/pages/benefit_indepth.htm
htttp://www.massagelondon.org/pages/contraindic.htm
htttp://www.massagelondon.org/pages/neckshoulder.htm
Tidak ada komentar:
Posting Komentar