A.
LATAR BELAKANG
Dari
hasil pengkajian yang dilakukan oleh perawat, klien mengatakan Klien makan 2x
sehari siang dan malam, dimana asupan makanan klien ± ½ piring. Klien tidak
pernah makan pagi, mulut terkadang terasa kering. Klien mengatakan BAB dengan
konsistensi keras.
Untuk itu mahasiswa perawat membuat
rencana penyuluhan tentang perawatan mulut dan gigi, mulut kering dan
konstipasi.
B. TUJUAN
- Tujuan Instruksional Umum
Setelah dilakukan penyuluhan kesehatan pada lansia
binaan, lansia diharapkan dapat mengetahui dan mengaplikasikan perawatan mulut
dan gigi, mulut kering dan konstipasi.
- Tujuan Instruksional Khusus
Setelah dilakukan penyuluhan kesehatan pada lansia diharapkan akan mampu:
- Menjelaskan perawatan pada mulut dan gigi
- Menjelaskan tentang perawatan pada mulut kering
- Menjelaskan perawatan pada klien dengan konstipasi
C. MANFAAT
Penyuluhan
ini diharapkan dapat menambah pengetahuan lansia tentang perawatan mulut dan
gigi, mulut kering dan konstipasi.
D. POKOK BAHASAN
Perawatan mulut dan gigi, mulut
kering dan konstipasi pada lansia
E. SUB POKOK BAHASAN
1.
Pendidikan kesehatan tentang perawatan mulut dan gigi
2.
Pendidikan kesehatan pada lansia dengan mulut kering
3.
Pendidikan kesehatan pada lansia dengan konstipasi.
F. SASARAN
Lansia
G. METODE
1.
Ceramah
2.
Diskusi
H. MEDIA
1.
Leaflet
I. WAKTU DAN
TEMPAT PENYULUHAN
Hari/ Tanggal : Selasa/ 8 November 2005
Waktu :
11.00 – selesai
Tempat :
Jl. Sumber Rukun, Lingkungan XII Kelurahan Harjosari II
J. PELAKSANAAN PENYULUHAN
NO
|
KEGIATAN
|
PENYULUHAN |
PESERTA
|
MEDIA
|
WAKTU
|
1
|
Pembukaan
|
1.
Memberi salam
2.
Menjelaskan tujuan, manfaat dan cakupan materi
|
1. Menjawab
salam
2.
Mendengarkan dan memperhatikan
|
-
|
2 menit
|
2
|
Kegiatan
|
1.
Menjelaskan tentang perawatan mulut dan gigi pada
lansia
2.
Menjelaskan tentang perawatan pada lansia dengan
mulut kering
3.
Menjelaskan tentang perawatan pada lansia dengan
konstipasi
4.
Memberikan kesempatan untuk bertanya jika ada yang
tidak dimengerti
|
1.
Mendengarkan dan memperhatikan
2.
Mendengarkan dan memperhatikan
3.
Mendengarkan dan memperhatikan
4.
Bertanya jika ada yang tidak jelas.
|
Lembar balik
|
10 menit
|
3
|
Penutup
|
1.
Mengevaluasi pengetahuan klien tentang materi yang
disampaikan dengan memberi pertanyaan
2.
Menyimpulkan materi penyuluhan
3.
Memberi salam
|
1.
Menjawab pertanyaan
2.
Mendengarkan dan memperhatikan
3.
Menjawab salam
|
Leaflet
|
3 menit
|
K. EVALUASI
1.
Evaluasi Struktur
-
Kesiapan mahasiswa memberikan materi penyuluhan
-
Media dan alat memadai
-
Waktu dan tempat penyuluhan sesuai dengan rencana
kegiatan
2.
Evaluasi Proses
-
Pelaksanaan penyuluhan sesuai dengan jadwal yang
direncanakan
-
Peserta penyuluhan kooperatif dan aktif berpartisipasi
selama proses penyuluhan
3.
Evaluasi Hasil
80 % pertanyaan
dapat dijawab oleh klien
Tidak ada komentar:
Posting Komentar