Silahkan berkunjung keblog saya, semoga bermanfaat bagi kita semua dan dapat memajukan dunia keperawatan.

LAPORAN KOMUNITAS BAB III


BAB III
ASUHAN KEPERAWATAN KOMUNITAS DI DUSUN TIRTO RT 04

A. PENGKAJIAN
     1. Data geografis
            Dusun tirto terletak didesa Bangunjiwo kecamatan Kasihan kabupaten Bantul yang terdiri  dari 2 rukun warga ( RW ) dan 7 rukun tetangga ( RT ). Adapun batas daerah Tirto RT. 04 :
a.       Barat : RT 7
b.      Timur : Kasongan
c.       Utara : Sembungan
d.      Selatan : RT 1
              Tipe perkampungan dusun Tirto adalah perumahan atau perkampungan penduduk, tapi saat ini tinggal atau rumah hunian penduduk terutama RT. 04 mengalami kerusakan total, kira-kira 90% rumah rusak akibat bencana gempa bumi yang melanda wilayah yogyakarta tanggal 27 mei 2006 lalu.
              Jalan perkampunagn kebanyakan sudah aspal namun sebagian rusak. Topografi wilayah dusun Tirto terutama di RT. 04 adalah daerah yang datar. Dusun Tirto terletak didekat sentra industri kerajinan gerabah kasongan.
              Di dusun Tirto tidak terdapat pasar, aktifitas belanja dilakukan di kios-kios milik warga. Sarana transportasi umum didusun tirto masih belum ada.
               Fasilitas umum yang terdapat di dukuh Tirto RT 05 adalah sebuah masjid. Pelayanan umum / keamanan / kegawat daruratan / kesehatan tidak ditemukan di dukuh ini. Jarak dukuh Tirto ke tempat pelayanan kesehatan terdekat adalah 5 km ( Puskesmas Kasihan I )
2.      Data Demografi
       Jumlah penduduk di RT. 04 sebanyak 60 KK dan 210 jiwa. Variasi umum rata-rata terbanyak pada usia 21-30 tahun. Kebanyakan berasal dari etnik atau suku jawa. Sebagian penduduk bermata pencaharian sebagai buruh ( perajin keramik ). Tingkat pendidikan terakhir adala sarjana. Penduduk ryang masih sekolah terdapat kurang lebih 34 orang.

Tidak ada komentar: