Aplikasi Merah Putih

Assalamualaikum.
dalam rangka memeriahkan hari kemerdekaan Indonesia, telah hadir aplikasi merah putih terbaru untuk mendapatkan pulsa gratis. Sudah terbukti dapat pulsa langsung. Sebarkan berita gembira ini. Download aplikasinya lewat link dibawah ini :
https://invite.cashtree.id/fd659d

LAPORAN KOMUNITAS BAB I

  1. LATAR BELAKANG
            Sejak awal tahun 1999, telah ditetapkan visi baru tentang pembangunan kesehatan yang secara singkat dinyatakan sebagai Indonesia sehat 2010. Rumusan ini dimaksudkan bahwa di tahun 2010 bangsa Indonesia sudah mampu hidup dalam lingkungan yang sehat, berperilaku hidup bersih dan sehat, serta dapat memilih, menjangkau dan memanfaatkan pelayanan kesehatan yang bermutu, merata dan berkeadilan sehingga memiliki derajat kesehatan yang optimal ( Depkes RI, 2002 )
            Pembangunan kesehatan bertujuan meningkatkan kesehatan, kemampuan dan kemauan hidup sehat bagi setiap penduduk kota agar dapat mewujudkan derajat kesehatan yang optimal.
            Bantul merupakan salah satu kabupaten yang ada di propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta yang mengskalaprioritaskan bidang kesehatan dalam urutan kedua pembangunan. Upaya peningkatan kesehatan yang diberikan bertujuan untuk memberikan pelayanan secara lebih merata dan berkualitas kepada seluruh lapisan masyarakat. Peningkatan pemerataan dan perluasan jangkauan pelayanan kesehatan telah dilakukan melalui puskesmas yang diharapkan dapat menghasilkan pelayanan yang optimal dan prima ( Pemkab Bantul ).
           Program Puskesmas yang berorientasi pada PHBS () tidak dapat dilaksanakan sebagaimana program awal. Karena tanpa diduga pada tanggal 27 mei 2006 jogjakarta dilanda bencana alam gempa bumi dengan skala 5,9 skala richter, yang merenggut ribuen korban jiwa dan memporak-porandakan infrastruktur yang ada, pada khususnya dukuh Tirto RT 04  yang hampir 90% bangunan rusak dan terdapat beberapa korban luka ringan dan luka berat, namun tidak terdapat korban jiwa. Namun menimbulkan efek psikologis pada anak-anak khusunya.
           Salah satu usaha pokok dari puskesmas adalah perkesmas atau disebut juga Community Heart Nursing ( CHN). Community Heart Nursing berfokus pada kesehatan keseluruhan populasi dari kounitas. Pelayanan community heart nursing diberikan kepada individu dan keluarga dalam konteks kesehatan yang lebih besar. Community health nursing bertanggung jawab dalam mengimplementasikan kebijakan yang berkaitan dengan pelayanan kesehatan untuk mengontrol hal – hal yang membahayakan kesehatan dan penyakit menular makanan serta penyakit.
           Berkaitan dengan  program pendidikan profesi ners stase keperawatan komunitas ini,mahasiswa dalam melaksanakan kegiatan masyarakat berfokus pada pemberian pelayanan kesehatan masyarakat pasca bencana.

  1. Tujuan
           Tujuan dari pelaksanaan kegiatan keperawatan komunitas ini adalah sebagai berikut:
1.Tujuan Umum
Menerapkan proses asuhan keperawatan komunitas didusun tirto Rt 4 desa bangunjiwo kasihan bantul yang meliputi: peningkatan kesehatan,pemeliharaan kesehatan,pencegahan penyakit dan pengobatan penyakit.

2. Tujuan Khusus
a.       Diketahuinya kesehatan masyarakat pasca gempa bumi tanggal 27 mei 2006.
b.      Diberikannya pendidikan kesehatan pada remaja, bapak - bapak,dan ibu – ibu di dusun tirto Rt 4 desa bangunjiwo, kasihan bantul .
c.       Diaplikasikannya evident base nursing dalam kegiatan komunitas.
d.       
C. SASARAN
               Masyarakat RT 4 dusun Tirto desa Bangunjiwo Kecamatan Kasihan Bantul Yogyakarta.

D. STRATEGI
     Strategi yang digunakan dalam penerapan asuhan keperawatan :
  1. Penjajakan umum
a.       Pendekatan dan penjelasan program kepada kepala dusun Tirto, kepala RT 4  ketua karang taruna, kader kesehatan dan tokoh masyarakat melalui musyawarah masyarakat desa I.
    1. Orientasi wilayah
  1. Pengumpulan data
a.       Pengkajian melalui wawancara dan observasi terhadap warga dusun Tirto RT 4 desa Bangunjiwa Kasihan Bantul
b.      Observasi lingkungan
3.      Identifikasi dan prioritas masalah
4.      Perencanaan
5.      Pelaksanaan
6.      Evaluasi

E.  WAKTU PELAKSANAAN
             Waktu pelaksanaan praktek keperawatan kesehatan komunitas dilaksanakan selama 4 minggu, mulai dari tanggal 26 juni 2006 sampai 22 juli 2006 dengan jadwal sebagai berikut:  
1.      minggu pertama perkenalan, orientasi dan pengkajian masalah kesehatan masyarakat.
2.      minggu kedua dan ketiga, penyusunan penanggulangan masalah dan pelaksanaan kegiatan.
3.      minggu keempat, mengevaluasi keberhasilan tindakan, penyusunan laporan dan perpisahan.
            

Tidak ada komentar: