LEMBAR
KUESIONER
MANAJEMEN KEPERAWATAN
DI
RUANGAN HCU ANAK RSUP. DR. M. DJAMIL
PADANG
A. DATA UMUM
1.
No. Responden :
2.
Umur :
3.
Pendidikan : a. D III b. S 1
4.
Lama Bekerja : a. <
5 tahun
b. 5 – 10 tahun
c. 10 – 15 tahun
d. > 15 tahun
5.
Pelatihan yang pernah diikuti :
6.
Status
kepegawaian
Petunjuk
pengisian
1.
Bacalah dengan seksama
setiap item pertanyaan
2.
Berikan tanda checklist
(√) pada kolom yang anda jawab
3.
Telitilah kembali
setiap item pertanyaan jangan sampai ada yang tertinggal
Keterangan :
Sl : Selalu
Sr : Sering
K :
Kadang-kadang
TP : Tidak
Pernah
A. LEMBAR KUESIONER PATIENT
SAFETY
Berilah tanda (√)
setiap pernyataan di bawah ini:
No
|
Kategori
|
TP
|
K
|
Sr
|
Sl
|
1.
|
|
|
|
|
|
a
|
Mengidentifikasi keselamatan pasien sesuai SOP
|
|
|
|
|
b
|
Melakukan validasi identitas ke gelang
pasien
|
|
|
|
|
c
|
Pengidentifikasian nama
pasien di setiap tindakan keperawatan ( Pemberian Obat dan
Injeksi)
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
a
|
Melaksanakan overan dengan jelas di setiap shift
|
|
|
|
|
b
|
Mencatat semua tindakan dengan tulisan yang jelas dan mudah dibaca
|
|
|
|
|
c
|
Perintah lisan dan yang melalui telepon ataupun hasil pemeriksaan
dituliskan secara lengkap oleh penerima perintah atau hasil pemeriksaan
tersebut
|
|
|
|
|
d
|
Perintah lisan dan melalui telpon atau hasil pemeriksaan secara
lengkap dibacakan kembali oleh penerima perintah atau hasil pemeriksaan
tersebut
|
|
|
|
|
e
|
Perintah atau hasil pemeriksaan dikonfirmasi oleh individu yang
memberi perintah atau hasil pemeriksaan tersebut
|
|
|
|
|
f
|
Perawat menggunakan komunikasi SBAR pada saat pelaksanaan overran (timbang terima)
|
|
|
|
|
3.
|
|
|
|
|
|
a
|
Menggunakan prinsip 6 benar dalam pemberian obat
|
|
|
|
|
b
|
Memisahkan atau memberi jarak penyimpanan obat dengan kategori LASA (Look
Alike Sound Alike).
|
|
|
|
|
c
|
Mengeja nama obat dengan kategori LASA, saat memberi / menerima
instruksi.
|
|
|
|
|
4.
|
Pengurangan Risiko Infeksi (Goal 5)
|
|
|
|
|
a
|
Mencuci tangan dengan langkah 6 benar
|
|
|
|
|
b
|
Mencuci
tangan sesuai 5 moment cuci tangan
1.
Sebelum
kontak dengan pasien
2.
Sebelum
melakukan prosedur aseptic
3.
Setelah
kontak dengan pasien
4.
Setelah
kontak dengan lingkungan pasien
5.
Setelah
kontak dengan cairan tubuh pasien
|
|
|
|
|
c
|
Menggunakan handscoon setiap melakukan
tindakan invasif atau tindakan
yang berhubungan dengan cairan tubuh pasien
|
|
|
|
|
d
|
Memperhatikan prinsip steril untuk melakukan
tindakan invasive pada pasien
|
|
|
|
|
5.
|
Pengurangan Risiko Pasien
Jatuh (Goal 6)
|
|
|
|
|
a
|
Perawat menggunakan pengaman pada tempat tidur pasien
|
|
|
|
|
b
|
Mempunyai format pengkajian resiko jatuh pada setiap pasien
|
|
|
|
|
c
|
Mengisi format pengkajian resiko jatuh pada setiap pasien
|
|
|
|
|
d
|
Memantau pasien resiko tinggi jatuh atau pasien yang
mengalami perubahan kondisi dilakukan assesmen ulang 2 x sehari
|
|
|
|
|
Catatan :
Pasien yang terpasang gelang :
Jumlah Tempat tidur pengaman :
LEMBAR
OBSERVASI MANAJEMEN KEPERAWATAN
DI
RUANGAN HCU ANAK RSUP. DR. M. DJAMIL
PADANG
B. DATA UMUM
7.
No. Responden :
8.
Umur :
9.
Pendidikan : a. D III b. S 1
10. Lama
Bekerja : a. < 5 tahun
b. 5 – 10 tahun
c. 10 – 15 tahun
d. > 15 tahun
11. Pelatihan
yang pernah diikuti :
12. Status kepegawaian
Petunjuk
pengisian
4.
Bacalah dengan seksama
setiap item pertanyaan
5.
Berikan tanda checklist
(√) pada kolom yang anda jawab
6.
Telitilah kembali
setiap item pertanyaan jangan sampai ada yang tertinggal
Keterangan :
Sl : Selalu
Sr : Sering
K :
Kadang-kadang
TP : Tidak
Pernah
B. LEMBAR OBSERVASI PATIENT SAFETY
Berilah tanda (√)
setiap pernyataan di bawah ini:
No
|
Kategori
|
TP
|
K
|
Sr
|
Sl
|
1.
|
Identifikasi Pasien (Goal 1)
|
|
|
|
|
a
|
Mengidentifikasi keselamatan pasien sesuai SOP
|
|
|
|
|
b
|
Melakukan validasi identitas ke gelang
pasien
|
|
|
|
|
c
|
Pengidentifikasian nama
pasien di setiap tindakan keperawatan ( Pemberian Obat dan
Injeksi)
|
|
|
|
|
2
|
Peningkatan Komunikasi Efektif
(Goal 2)
|
|
|
|
|
a
|
Melaksanakan overan dengan jelas di setiap shift
|
|
|
|
|
b
|
Mencatat semua tindakan dengan tulisan yang jelas dan mudah dibaca
|
|
|
|
|
c
|
Perintah lisan dan yang melalui telepon ataupun hasil pemeriksaan
dituliskan secara lengkap oleh penerima perintah atau hasil pemeriksaan
tersebut
|
|
|
|
|
d
|
Perintah lisan dan melalui telpon atau hasil pemeriksaan secara
lengkap dibacakan kembali oleh penerima perintah atau hasil pemeriksaan
tersebut
|
|
|
|
|
e
|
Perintah atau hasil pemeriksaan dikonfirmasi oleh individu yang
memberi perintah atau hasil pemeriksaan tersebut
|
|
|
|
|
f
|
Perawat menggunakan komunikasi SBAR pada saat pelaksanaan overran (timbang terima)
|
|
|
|
|
3.
|
Peningkatan Keamanan Obat yang Perlu
Diwaspadai (Goal 3)
|
|
|
|
|
a
|
Menggunakan prinsip 6 benar dalam pemberian obat
|
|
|
|
|
b
|
Memisahkan atau memberi jarak penyimpanan obat dengan kategori LASA (Look
Alike Sound Alike).
|
|
|
|
|
c
|
Mengeja nama obat dengan kategori LASA, saat memberi / menerima
instruksi.
|
|
|
|
|
4.
|
Pengurangan Risiko Infeksi (Goal 5)
|
|
|
|
|
a
|
Mencuci tangan dengan langkah 6 benar
|
|
|
|
|
b
|
Mencuci
tangan sesuai 5 moment cuci tangan
6.
Sebelum
kontak dengan pasien
7.
Sebelum
melakukan prosedur aseptic
8.
Setelah
kontak dengan pasien
9.
Setelah
kontak dengan lingkungan pasien
10.
Setelah
kontak dengan cairan tubuh pasien
|
|
|
|
|
c
|
Menggunakan handscoon setiap melakukan
tindakan invasif atau tindakan
yang berhubungan dengan cairan tubuh pasien
|
|
|
|
|
d
|
Memperhatikan prinsip steril untuk melakukan
tindakan invasive pada pasien
|
|
|
|
|
5.
|
Pengurangan Risiko Pasien
Jatuh (Goal 6)
|
|
|
|
|
a
|
Perawat menggunakan pengaman pada tempat tidur pasien
|
|
|
|
|
b
|
Mempunyai format pengkajian resiko jatuh pada setiap pasien
|
|
|
|
|
c
|
Mengisi format pengkajian resiko jatuh pada setiap pasien
|
|
|
|
|
d
|
Memantau pasien resiko tinggi jatuh atau pasien yang
mengalami perubahan kondisi dilakukan assesmen ulang 2 x sehari
|
|
|
|
|
Catatan :
Pasien yang terpasang gelang :
Jumlah Tempat tidur pengaman :
OBSERVASI PENDOKUMENTASIAN ASUHAN KEPERAWATAN
NO
|
Tindakan
yang diobservasi
|
Ya
|
tidak
|
1
|
Perawat
melakukan pengkajian lengkap pada pasien baru masuk di ruangan HCU Anak
|
|
|
2
|
Perawat
menentukan diagnosa keperawatan berdasarkan hasil pengkajian
|
|
|
3
|
Perawat menentukan rencana tindakan yang akan dilakukan berdasarkan diagnosa
prioritas
|
|
|
4
|
Perawat
melakukan pendokumentasian dari tindkan yang telah dilakukan
|
|
|
5
|
Pendokumentasian
catatan keperawatan klien yang diberikan berkelanjutan oleh shif berikutnya
|
|
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar