PROTAP DIARE


       I.      ANAMNESA
NAMA                                                            LAMA DIARE
UMUR                                                            ADA DARAH
ALAMAT                                                       PENYAKIT PENYERTA
KONSISTENSI TINJA

    II.      PEMERIKSAAN
KEADAAN UMUM                                      CUBITAN KULIT
MATA CEKUNG                                          SUHU
ADA AIR MATA                                          BB
MUKOSA                                                      STATUS GIZI
HAUS

 III.      KLASIFIKASI DIAGNOSA
DIARE TANPA DEHIDRASI
DIARE DENGAN DEHIDRASI RINGAN/SEDANG
DIARE DENGAN DEHIDRASI  BERAT
DIARE PERSISTEN BERAT
DISENTRI

 IV.      PENATALAKSANAAN
ORALIT / CAIRAN RUMAH TANGGA
RENCANA A  ► DIARE TANPA DEHIDRASI
RENCANA B  ► DIARE DENGAN DEHIDRASI RINGAN/SEDANG
RENCANA C  ► DIARE DENGAN DEHIDRASI  BERAT
TANPA ANTIBIOTIKA  KECUALI  TINJA BERDARAH @ TERSANGKA KOLERA
TANPA ANTI DIARE

    V.      KONSELING
CAIRAN LEBIH BANYAK ( TERMASUK ASI )
PEMBERIAN MAKANAN
TANDA BAHAYA
CARA MENCAMPUR, JUMLAH & MINUM ORALIT
CARA PENCEGAHAN DIARE



Referency  : 1.  Departemen Kesehatan RI ; Pedoman Pengobatan Dasar Di Puskesmas ; Direktorat Jenderal
                         Keparmasian Dan Alat Kesehatan ; 2002
                                                            

PROTAP PENANGANAN CEDERA KEPALA



PENGERTIAN    : Penanganan yang dilakukan pada kasus cedera kepala
TUJUAN      : Sebagai pedoman kerja bagi petugas medis/paramedis dalam                                                  memberikan pertolongan pertama.
PROSEDUR         :
  1. Periksa cepat adanya kelainan A-B-C,lalu tangani segera
  2. Lakukan tindakan resusitasi
a.       A : Air Way (saluran nafas)
·         Bebaskan saluran nafas dengan posisi, buka mulut, bersuhkan muntahan, lendir, benda asing.
·         Perhatikan tulang leher, immobilisasi, cegah gerakan hiperekstensi, hiperlefleksi, rotasi.
·         Semua penderita tidak sadar harus dianggap ada cedera tulang leher
b.      B : Breathing (pernafasan)
·         Suara nafas bersih, hembusan nafas baik, gerakan nafas dada baok bila tidak baik, lakukan nafas buatan (mulut ke mulut atau pakai alat).
·         Beri masker oksigen/nasal
c.       C : Circulation (peredaran darah)
·         Denyut jantung negatif mungkin cardiac arrest maka lakukan resusitasi jantung
·         Bila syok (tensi < 90 mmHg dan nadi > 100 x/menit atasi dengan infus cairan Ringer Laktat (RL), cari sumber perdarahan (tulang, thorak, abdomen, pelvis). Ingat luka di kepala orang dewasa hampir tidak pernah menyebabkan syok.
·         Bila tensi < 90 mmHg nadi juga < 90 x/menit pikirkan kemungkinan spinal syok,batasi cairan.
·         Hentiksn perdarahan dari luka terbuka
d.      D : Disability (kelainan neurologis dan lain-lain)
·         Periksa kesadaran : memakai score dari Glasglow Coma Scale
·         Pupil : bentuk /besarnya, reaksi cahaya
·         Periksa bagian tubuh lain secara cepat antara lain : nyeri/jejas di dada, perut, tungkai, panggul, leher.

  1. Posisi tidur
·         Cegah head down ( kepala lebih rendah dari tubuh) karena dapat menyebabkan bendungan vena di kepala dan menaikkan tekanan intrakranial.
·         Posisi yang baik ialah miring (badan menumpu pada bahu, panggul, dan lutut pada satu sisi), kecuali bila ada fraktur servical.


Referency : 1. Widodo, Sapto Kukuh. 2006. Cedera Kepala. SMF Bedah RSU Klungkung

PROSEDUR TETAP PERAWATAN BAYI BARU LAHIR


PENGERTIAN  :   Asuhan yang diberikan pada tersebut selama jam pertama setelah kelahiran
TUJUAN           :  Menilai kondisi bayi baru lahir dan membantu terlaksananya pernafasan sponton serta mencengah Hypotermi.
KEBIJAKAN    :   Standar pelanyanan kebidanan tahun 2000

PERSIAPAN     :  1.   Delee
                             2.   Klem 2 buah
                             3.   Penjepit tali pusat
                             4.   Gelas steril
                             5.   Handuk kering
                             6.   Salep mata
                             7.   Metelin
                             8.   Penimbangan bayi
                             9.   Kartu bayi
                             10. Pakaian bayi 1 set

PROSEDUR     :   1.   Menyiapkan alat dan ruangan yang hangat dan bersih
                            2.   Menyiapkan pakaian bayi lengkap, handuk lembut yang bersih, kain bersih dan kering  untuk bayi
                              3.   Menyiapkan obat tetes mata / salep mata
                              4.   Mencuci tangan dengan sabun dan air bersih
                              5.   Segera setelah bayi lahir, menilai apakah bayi bernafas. Bila bayi tidak menangis, cepat bersihkan jalan nafas dengan delee, jika tetap tidak menangis segera lakukan tindakan sesuai standar : penanganan asfiksia pada bayi baru lahir
                              6.   Segera keringkan bayi dengan handuk kering, bersih,dan hangat. Kemudian pakaikan kain kering yang hangat,berikan bayi kepada ibunya untuk didekap di dadanya serta diberi ASI karena akan membantu pelepasan placenta
                              7.   Jaga agar bayi tetap hangat ( berikan tutup kepala untuk mencegah bayi kehilangan panas tubuh )
                              8.   Memotong dan mengikat tali pusat   
                              9.   Memeriksa tali pusat yang dipotong untuk memastikan tadak ada perdarahan
                              10. Menutup tali pusat dengan gaas kering
                              11. Melengkapi surat keterngan lahir bayi
                              12. Sesudah 5 menit lakukan penilaian keadaan umum bayi dengan AS
                              13. Melakukan pemeriksaan fisik bayi
                              14. Mengukur BB / PB
                              15. Megukur tanda vital bayi, ukur dulu dengan termometer yang diletakkan di ketiak atau lipat paha 
                              16. Mengenakan pakaian bayi dan menyelimuti bayi
                              17. Memberikan salep mata
                              18. Memberikan bayi pada ibunya untuk disusui segera setelah lahir paling lambat 2 jam pertama
                              19. Pastikan bayi tetap terbungkus/mengenakan pakaian hangat dan tutup kepala
                              20. Membantu ibu untuk menyusui bayi
                              21. Mencuci tangan
                              22. Memperhatikan pengeluaran urine dan mekonium
                              23. Melakukan pencatatan semua yang ditemukan di kartu ibu dan bayi serta lakukan kolaborasi bila ada kelainan  


Referency : 1. Saifuddin AB. 2002. Buku Panduan Praktis Pelayanan Kesehatan Maternal dan Neonatal.
                        Jakarta. Yayasan Bina Pustaka Sarwono Prawirohardjo
                    2. Tim Penyusun. 2002. Asuhan Persalinan Normal. Jakarta. JNPK-KR


PROSEDUR TETAP TINDAKAN / PEMBERIAN ANASTESI LOKAL SEBELUM PENJAHITAN LUKA JALAN LAHIR



PENGERTIAN  : Pembiusan yang dilakukan pada jalan lahir sebelum dilakukan penjahitan
TUJUAN           : Mengurangi rasa tidak nyaman pada ibu

KEBIJAKAN    : Anastesi dilakukan setiap akan dilakukan tindakan penjahitan pada perlukaan jalan lahir

PERSIAPAN     : 1.   Spuit 10cc
                             2.   Lidokain 1%
                             3.   Gaas steril
                             4.   Alas bokong
                             5.   Kapas DTT
                             6.   Sarung tangan

PROSEDUR      :  1.   Beritau ibu akan dilakukan penyuntikan untuk mengurangi rasa sakit saat penjahitan
                              2.   Penolong menggunakan sarung tangan DTT
                              3.   Alas bokong dipasang
                              4.   Bersihkan luka jalan lahir dengan kapas DTT
                              5.   Masukkan jarum pada ujung laserasi atau luka dan dorong masuk kearah bawah antara mukosa dan kulit perineum sepanjang luka mengikuti garis dimana jarum jahitnya akan masuk atau keluar
                              6.   Aspirasi dan kemudian injeksinya anastesi tersebut sambil menarik jarum ke titik dimana jarum masuk.Atau jika tidak dilakukan aspirasi maka setelah spuit dimasukkan sampai dalam kemudian ditarik sambil disemprotkan perlahan-lahan
                              7.   Hentikan penginjeksiaan anastesi atau jangan jarum dicabut tapi dibelokkan kembali jarum sepanjang garis lain dimana direncanakan akan dibuat jahitan.
                              8.   Ulangi proses penusukan jarum pada ujung luka disebelahnya,sehingga seluruh daerah kemungkinan akan dijahit sudah dianastesi                                              
                              9.   Tunggu beberapa lama dan sambil melakukan penekanan dengan gaas pada luka
                              10. Tanyakan apakah ibu merasa nyeri atau tidak
                                          a. jika ibu merasa nyeri jangan dulu melakukan penjahitan
                                          b. jika ibu sudah tidak merasa nyeri lakukan penjahitan luka
    


Referency : 1. Saifuddin AB. 2002. Buku Panduan Praktis Pelayanan Kesehatan Maternal dan Neonatal.
                       Jakarta. Yayasan Bina Pustaka Sarwono Prawirohardjo
                   2. Tim Penyusun. 2002. Asuhan Persalinan Normal. Jakarta. JNPK-KR

PROSUDUR TETAP AMNIOTOMI



PENGERTIAN :        Pemecahan ketuban yang dilakukan sesuai indikasi

TUJUAN           :   1.  Mempercepat proses persalinan
2.      Merangsang kontraksi uterus

KEBIJAKAN    :  Amniotomi dilakukan sesuai dengan indikasi atau instruksi SPOG.

PERSIAPAN     :   1.   1/2 kocher
                              2.   Kapas DTT
                              3.   Sarung Tangan
                              4.   Bengkok
                              5.   Alas bokong
                              6.   Alat-alat APN
                              7.   Larutan klorin 0,5%

PROSEDUR     :    1.   Informasikan tentang tindakan yang akan dilakukan.
                              2.   Penolong menggunakan APD
                              3.   Vulva hygiene
                              4.   Lakukan pemeriksaan dalam dan pastikan pembukaaan serta tidak  adanya bagian kecil janin/tali pusat
                              5.   Tangan kiri mendekatkan bengkok kedepan vulva
                              6.   Ambil ½ kocher dan wadah DTT dengan tangan kiri
                              7.   Masukkan ½ kocher yang dipegang tangan kiri dituntun oleh tangan kanan dengan bagian tajam menghadap ke jari pemeriksa hingga bisa merasakan atau menyentuh selaput ketuban
8.   Saat his berkurang kekuatannya,gerakkan ujung jari tangan kanan menuntut ujung ½ kocher menggores selaput ketuban  1-2 cm hingga ketuban pecah
9.   Keluarkan ½ kocher dari vagina dengan tangan  kiri, masukkan ke dalam larutan klorin 0,5% selama 10 menit
10. Pertahankan jari tangan kanan dalam vagina untuk melebarkan robekan selaput ketuban, merasakan penurunan kepala janin dan untuk memastikan tidak teraba bagian kecil janin atau tali pusat menumbung.
11. Keluarkan tangan kanan dan perhatikan warna serta jumlah air ketuban
12. Cuci sarung tangan dan rendam dalam larutan klorin 0,5% dalam keadaan terbalik
                             13. Periksa DJJ.   


Referency : 1. Saifuddin AB. 2002. Buku Panduan Praktis Pelayanan Kesehatan Maternal dan Neonatal.
                         Jakarta. Yayasan Bina Pustaka Sarwono Prawirohardjo
                     2. Tim Penyusun. 2002. Asuhan Persalinan Normal. Jakarta. JNPK-KR

PROSEDUR TETAP MANAJEMEN AKTIF KALA III


PENGERTIAN : Tindakan yang dilakukan setelah bayi lahir untuk mempercepat lepasnya placenta

TUJUAN           :   1.   Menurunkan kejadian perdarahan post partum
                              2.   Mengurangi lamanya kala III
                              3.   Mengurangi angka kematian dan kasakitan yang berhubungan   dengan   perdarahan

KEBIJAKAN    :  Lakukan manajemen aktif kala III segera setelah bayi lahir pada semua persalinan

PERSIAPAN    :    1.   Oxytocin 10 IU
                              2.   Spuit 3 cc
                              3.   Sarung tangan

PROSEDUR     :    1.   Palpasi abdominal untuk memastikan tidak ada janin kedua
                              2.   Beri penjelasan pada ibu bahwa akan dilakukan injeksi pada paha
                              3.   Injeksi oxytocin 10 IU IM pada bagian lateral dari paha ibu kira-kira 1/3 atas paha dalam waktu 2 menit dari kelahiran bayi
                              4.   Pindahkan klem tali pusat diujung, tempatkan kira-kira 5-10 cm dari vulva
                              5.   Lakukan penegangan tali pusat terkendali ( PTT ) dengan cara:
                                    -     Letakkan tangan kiri diatas symfisis
                                    -     Tegangkan tali pusat dengan tangan kanan
-     Dorong uterus kearah dorso kranial pada saat ada his dan terlihat tanda-tanda pelepasan placenta, sementara tangan kanan menegangkan tali pusat
                                    -     Bila dalam waktu 15 menit uterus tidak berkontraksi, ulangi pemberian oxytocin 10 IU
                              6.   Keluarkan placenta
                             7.   Setelah plasenta lahir,segera tangan kiri melakukan masase fundus uteri menggunakan palman dengan gerakan melingkar sampai uterus berkontraksi
                              8.   Sementara itu tangan kanan melakukan pemeriksaan kelengkapan plasenta dan selaput ketuban
                              9.   Tempatkan plasenta pada wadah yang telah disediakan,cuci tangan dengan larutan klorin 

Referency : 1. Saifuddin AB. 2002. Buku Panduan Praktis Pelayanan Kesehatan Maternal dan Neonatal.
                       Jakarta. Yayasan Bina Pustaka Sarwono Prawirohardjo
                   2. Tim Penyusun. 2002. Asuhan Persalinan Normal. Jakarta. JNPK-KR

Proposal HKN Tahun 2011

BAB I
PENDAHULUAN

A.    LATAR BELAKANG

Puskesmas Seberida merupakan pemekaran dari puskesmas pangkalan kasai,yang diresmikan oleh Bupati Indragiri Hulu pada tanggal 21 April 2001.Pada awalnya wilayah kerja puskesmas seberida meliputi 8 desa tetapi pada perkembangan terjadi pemekaran 2 desa yaitu desa Sungai Akar dan desa Belimbing yang pada akhirnya menjadi 10 desa.
Dengan adanya puskesmas Seberida diharapkan meningkatkan pemerataan pelayanan kesehatan dasar. Untuk menunjang pemerataan kegiatan pelayanan kesehatan pada awalnya Puskesmas Seberida membawahi 4 Pustu dan 2 polindes dan pada saat ini sudah terdapat 8 Puskesmas Pembantu.

B.     TOPOGRAFI
      Wilayah kerja Puskesmas Seberida merupakan wilayah yang terletak paling selatan di kabupaten indragiri hulu meliputi dataran rendah dan daerah perbukitan. Ada 3 desa yang terletak di dataran rendah yaitu desa Belimbing,desa Penyaguan dan desa Danau Rambai.Untuk desa Penyaguan sendiri merupakan desa yang rawan banjir.Kemudian ada 7 desa dengan wilayah perbukitan yaitu desa Ringin,Seberida,Usul,Siambul,Rantau Langsat,Talang Lakat dan Sungai Akar.
      Sebagaian wilayah kerja puskesmas Seberida adalah wilayah Taman Nasional Bukit Tiga Puluh,terutama desa Rantau Langsat. dimana ada 9 dusun yang terletak didalam kawasan TNBT di sepanjang aliran sungai gansal. Adapun 9 dusun ini hanya dapat dijangkau melalui rute sungai gansal dengan menggunakan pompong.

C.    BATAS-BATAS WILAYAH.
Ø  Sebelah Utara dengan Kecamatan Seberida INHU.
Ø  Sebelah Selatan dengan Propinsi Jambi
Ø  Sebelah Timur dengan Kab Indragiri Hilir
Ø  Sebelah Barat dengan kecamatan Rakit Kulim

D.     DASAR
Rencana strategis bidang kesehatan menempatkan bahwa pembangunan bidang kesehatan daerah tertinggal, terpencil, perbatasan dan kepulauan menjadi salah satu prioritas layanan kesehatan.

E.     TUJUAN
1.      Umum
Terselenggaranya pelayanan kesehatan dasar bagi penduduk di daerah tertinggal, terpencil dan perbatasan.
2.      Khusus
Kegiatan ini hendaknya dapat membantu meningkatkan derajat kesehatan masyarakat yang menjadi sasaran pelayanan secara optimal.

F.      SASARAN PELAYANAN
Masyarakat yang terdapat atau berdomisili di sepanjang aliran sungai batang gansal dan mereka berada di dusun-dusun berikut :
1.      Dusun Rantau Dagang
2.      Dusun Nunusan
3.      Dusun Kuala Penyasih
4.      Dusun Tanjung Lintang
5.      Dusun Air Bomban
6.      Dusun Sadan
7.      Dusun Suit
8.      Dusun Tua Datai
9.      Dusun Tanah Datar
Adapun estimasi jumlah penduduk di 9 dusun diatas adalah :
1.      Jumlah KK                              =  386 KK.
2.      Laki-laki                                  =  783 Jiwa.
3.      Perempuan                              =  614 Jiwa.
Jumlah L + P                           =1.397 Jiwa

Kebiasaan penduduk yang biasa kita temui antara lain :
1.      Pada musim berladang, musim durian, sebagian besar penduduk mandah di lokasi dimana mereka bercocok tanam atau punya batang durian. Disini peran perangkat desa / tokoh masyarakat sangat kita andalkan guna dapat memberitahukan jadwal kedatangan petugas pelayanan kesehatan agar mereka dapat kembali ke lokasi perumahan yang biasa mereka tempati guna mendapat pelayanan kesehatan.
2.      Mayoritas penduduk, baik laki-laki dan perempuan terbiasa merokok kemenyan dan menyirih dan sebagian besar kurang memperhatikan personal hygiene ( barangkali karena keterbatasan pendidikan ).
3.      Nama panggilan selalu berbeda jauh dengan nama sebenarnya, tanggal lahir masing-masing individu jarang terdokumentasikan dengan baik. Usia selalu dikaitkan dengan umur padi ( contoh : 1 tahun bagi mereka = 6 bulan kalender masehi bagi kita )
4.      Mereka pantang menyebut nama mertua atau orang lain yang menurut adat tidak patut disebutkan.
“Sebaiknya kita jangan memberi janji-janji yang menurut kita sulit di realisasikan, sebab di suatu waktu akan mereka pertanyakan hal tersebut, dan hal seperti ini sering membuat mereka kecewa.”


            Tentang penyakit yang sering di temui pada saat kunjungan antara lain :
1.      Infeksi saluran pernafasan
2.      Infeksi saluran pencernaan
3.      Penyakit kulit, radang sendi, hipertensi, cacingan, kurang gizi
4.      Sisa akar gigi dan lubang gigi besar.

BAB II
RENCANA DAN PERKIRAAN BIAYA PERJALANAN

Dalam rencana kegiatan bakti sosial HKN di dusun Datai dan sekitar Desa Rantau Langsat dengan metode case active finding kasus-kasus penyakit menular, kasus-kasus degeneratif dan kasus-kasus  kelainan gigi mulut dengan kegiatan sebagai berikut :
1.      Pencarian penderita.
2.      Penyuluhan kesehatan berkaitan dengan kasus penyakit menular, penyakit degeneratif disetiap dusun.
3.      Pemberian pelayanan kesehatan lainnya,disetiap dusun  yang  dituju.
4.      Memberikan bantuan lainnya,jika dirasakan perlu oleh rombongan.

            Untuk mendukung keberhasilan kegiatan yang direncanakan tersebut diatas perlu di dukung perencanaan perjalanan dan pembiayaan yang terencana dan terintegrasi dengan baik, perencanaan perjalanan serta perencanaan pembiayaan, dapat kami gambarkan seperti uraian di bawah ini :

I .PERSIAPAN
A. Kelompok peserta
1.      Pelaksana Pelayanan
a. Rombongan Medis
1)      Dokter                                      = 4 org
2)      Dokter gigi                               = 2 org
b. Rombongan Tenaga Kesehatan lain
1)      Perawat                                    = 6 org
2)      Bidan                                       = 3 org
3)      Asisten apoteker                      = 1 org
4)      Analis                                       = 1 org
5)      Administrasi                            = 1 org
c. Umum
1)      Kantor Camat                          = 2 org
2)      Pemerintahan Desa                  = 1 org
3)      Petugas TNBT                         = 1 org
4)      Petugas PKHS                         = 1 org
5)      Petugas Perahu tempel             = 12 org
2.      Dinas Kesehatan                                    =  10 org
Total Peserta                                          = 45 org
3.      Pemerintah Daerah Kab. INHU                        = ….. org (tersendiri)


B. KEPANITIAAN
     Surat Keputusan Kepala Dinas Kesehatan Kab INHU

C. PENDANAAN
        Anggaran biaya yang diperlukan sebesar Rp.36.076.000.- ( Tiga puluh enam juta tujuh puluh enam ribu rupiah ) yang berasal dari donatur yang tidak mengikat antara lain :
1.      Bupati Indragiri Hulu
2.      Dinas Kesehatan Kab InHu
3.      Anggota IDI
4.      Perusahaan farmasi
5.      Perusahaan Swasta yang berada di Kab INHU
6.      Pihak lainnya.





D. AKOMODASI
            Akomodasi yang diperlukan antara lain :
1.      Tenda                                                = 3 buah
2.      Genset                                              = 1 buah
3.      Sambungan Listrik                           = 1 paket
4.      Bola lampu                                       = 3 buah
5.      Ember plastic sedang                        =2 buah
6.      Tali nilon + tali plastic                      = 1 paket
7.      Bensin                                               = 15 liter
8.      Live saving jaket                              = 30 unit
9.      Handitalki                                         = 4 buah
10.  Senter besar                                      = 4 buah
11.  Piring plastic                                     = 30 buah
12.  Gelas plastic                                     =30 buah
13.  Mangkok plastic                               = 5 buah
14.  Sendok makan                                  = 30 buah
15.  Kompor / kranji                                = 5 unit
16.  Periuk sedang                                   =1 unit
17.  Dll yang dirasakan perlu

E. TRANSPORTASI
            Alat transportasi yang diperlukan antara lain :
1.      Mobil ranger double gardan             = 5 unit
2.      Perahu motor + bensin dan olie PP  = 6 unit
3.      Sepeda motor                                   = 1 unit

F. RENCANA KERJA DAN PERJALANAN
            (TERLAMPIR)



G. OBAT-OBATAN DAN BAHAN HABIS PAKAI
NO
OBAT-OBATAN / BHP
JENIS
SATUAN
JUMLAH
1.
ANTIBIOTIK
a.Amoksilin 500 mg
b.Amoksilin 250 mg
c.Amoksilin125 mg Syrup
d.Ampisilin 500 mg
e.Erytromicin 500 mg
f.Erytromicin 250 mg
g.Erytromicin125 mg Syrup
h.cotrimoksazol 960
i.cotrimoksazol240 mg Syrup
j.doxiciclin 100mg
k.metronidazol  500 mg
l.Ciprofloxacin 500 mg
m.cefadroxil  500 mg
n.Oxytetracyclinsalfkulit
o.oxytetracyclinsalfmata
p.0xytetracyclin tetestelinga

Tablet
Kapsul
Botol
Tablet
Kapsul
Kapsul
Botol
Forte
Botol
Kapsul
Tablet
Tablet
Kapsul
Tube
Tube
Botol

Box
Box
Box
Box
Box
Box
Box
Box
Box
Box
Box
Box
Box
Box
Box
Box

5
5
1
5
5
5
1
4
1
3
4
4
4
2
1
1


2.
ANALGETIK-ANTIPIRETIK
a.AsamMefanamat
b.Allopurinol
c.Pirocixam 20 mg
d.Voltadex 25 mg
e.ibuprofen 200 mg
f.ibuprofen 400 mg
g.paracetamol 100 mg
i.paracetamol 500 mg
j.paracetamol syrup

Tablet
Tablet
Kapsul
Tablet
Tablet
Tablet
Tablet
Tablet
Botol

Box
Box
Box
Box
Box
Box
Box
Box
Box

5
5
5
3
5
4
4
6
2
3.
DIARE
a.Oralit
b.Papaverin
c.Zincsulfat
d.Envios syrup
e.loperamid 4 mg

Sachet
Tablet
Tablet
Botol
Tablet

Kotak
Flas
Box
Box
Box

5
1
5
1
2


NO
OBAT-OBATAN / BHP
JENIS
SATUAN
JUMLAH
4.
KORTIKOSTEROID
a.Prednison 5 mg
b.dexamethason 0,5 mg
c.dexamethasonsalfkulit
d.Dexamethason

Tablet
Tablet
Tube
Ampul

Box
Box
Box
Box

1
1
1
1
5.
ANTIHISTAMIN
a.CTM
b.Anthistaminijn


Tablet
Ampul

Flas
Box

1
1
6.
ANTIHIPERTENSI
a.Reserpin
b.Clonidin
c.Furosemide


Tablet
Tablet
Tablet


Flas
Box
Box

1
3
1
7.
OBAT ASMA
a.aminophylin
b.Salbutamol  4mg


Tablet
Tablet


Box
Box

4
4
8.
OBAT BATUK
a.GG
b.Dextromtropan tab 15 mg
c.Ambroxol 30 mg
d.extrometropan syrup


Tablet
Tablet
Tablet
Botol


Flas
Box
Box
Box

1
1
3
1


NO
OBAT-OBATAN / BHP
JENIS
SATUAN
JUMLAH
9.
OBAT JAMUR
a.Grisovulfin 125mg
b.Ketokenazole 200 mg
c. Miconazolezalf
d.zalf 2-4


Tablet
Tablet
Tube
Tube

Box
Box
Box
Box

10
4
2
1
10.
OBAT JANTUNG
a.Digoksin

Tablet


Box

1
11.
ANTI SEPTIK
a.Betadine solution 30 ml
b.Alkohol 70 %
c.Rivanol
d.Betadinekumur-kumur

Botol
Botol
Botol
Botol


Box
Liter
Lusin
Lusin

1
2
1
1
12.
OBAT CACING
a.PirantelPamoat
b.Albendazol


Tablet
Tablet


Box
Box

1
5
13.
OBAT MALARIA
a.Kloroquin
b.suldox
c.primaquin


Tablet
Tablet
Tablet


Flas
Box
Flas

1
3
1

NO
OBAT-OBATAN / BHP
JENIS
SATUAN
JUMLAH
14.
OBAT TBC PAKET
Paket 1 TBC

Tablet


Box

10

15.
BHP / LAIN-LAIN
a.Plester
b.Hipavix 4 cm
c.kasa steril
d.Perban 5 cm
e.Perban 10 cm
f.ElastisPerban 5 cm
g.ElastisPerban 10 cm
h.cholretyl spray
i.Cairan RL
j.Cairan Dextrose
k.cairanNaCL
l.abhoket no 20,22 dan 24
m.infuset
n.minyak angina cap lang
o.counter pain 50 grm
p.KertasResep
q.Kertas register pasien
r.Plastik obat
s.Plastik asoi
t.Spidol permanen
u.Hecter dan isi
v.Kertas pulvis
w.Spuit 3 cc dan 5 cc

rol
rol
kotak
kotak
kotak
gulung
gulung
Botol
Botol
Botol
Botol
buah
buah
Botol
Tube
Rim
Rim
Pak
Pak
Kotak
Unit
Rim
Kotak

Buah
Buah
Box
Box
Box
Box
Box
Buah
Buah
Buah
Buah
Buah
Buah
Buah
Buah


5
10
24
2
2
2
2
4
10
10
10
10
10
10
10
1
1
3
8
1
4
1
1












NO
OBAT-OBATAN / BHP
JENIS
SATUAN
JUMLAH
16.
OBAT ANASTESI
Lidokain

Ampul

Box

5
17.
Peralatan
a.tensimeter
b.Termometer
c.stetoscop
d.Mortar
e.senter

Unit
Unit
Unit
Unit
Buah


4
2
4
2
5







II. PERENCANAAN BIAYA
      Dengan besarnya anggota rombongan yang akan bertugas kesana, secara langsung berkaitan erat dengan anggaran biaya yang akan dipergunakan dan sebagai gambaran kasar perkiraan biaya keberangkatan kesana untuk sekali berangkat adalah sebagai berikut :

NO
RINCIAN
SATUAN
@
JUMLAH
1.
Transport lokal
- BBM Mobil rangers 5 unit
-  4 unit motor
-    Sewa pompong sekaligus bensin, olie dan petugas


5 x 40 liter

4 x 10 liter


6 paket

    Rp 4.500

Rp 4.500


Rp   2.500.000

Rp        900.000,-

Rp        180.000,-


Rp   15.000.000,-


TOTAL


RP 16.080.000,-



NO
RINCIAN
SATUAN
@
JUMLAH
2.
KONSUMSI
- Makan pagi, siang   dan malam
- Snack pagi dan sore

-    Aqua 600 ml

-    Rokok petugas pompong

45 org x 3kali x 4 hari
45 org x 2 kali x 4 hari
45 org x 4 btl x 4 hari
12 org x 1 bgkus  x 4 hari

Rp  20.000

Rp  10.000

Rp    3.000

Rp  12.000

Rp10.800.000,-

Rp 3.600.000,-

Rp 2.160.000,-

Rp    576.000,-


TOTAL


Rp17.136.000,-
3.
AKOMODASI
- Bensin untuk genset  1500 watt
- Kabel listrik
-Bola Lampu 45 watt
- Pitting lampu
- Sambungan listrik/cok
-Terminal cok
-Isolasi ban
-Lampu senter besar
-Battrey ABC
-Tali  temali
-Sewa tenda pramuka
-piring plastic
-gelas plastic
-Sendok  makan


-Plastik untuk tutup  barang2- barang di pompong
-Plastik Asoi untuk obat
-Spidol permanen
-Plastik obat
-Kertas pulvis
-Kertas resep
-Kertas register pasien
- Hecter dan isi
-Map plastik


     20 liter
       5 rol
5 buah
5 buah
5 buah

1 buah
2 buah
5 buah
     40 buah
1 paket
4 buah
  
     45 buah
     45 buah
     45 buah


    1 bal


5 bungkus
   
    5 buah
    5 pak
    1 rem
    1 rem
    1 rem
  
    2 buah
    1 lusin


Rp      4500
Rp    70.000
Rp    60.000
Rp    15.000
Rp    10.000

Rp    50.000 Rp    20.000
Rp    50.000
Rp      5.000
Rp    60.000
Rp  300.000

Rp      2.500
Rp      2.000
Rp      1.000


Rp    250.000


Rp         4.000

Rp       15.000
Rp       25.000
Rp       50.000
Rp     100.000
Rp     100.000

Rp       15.000
Rp         5.000



Rp       90.000,-
Rp     350.000,-
Rp     300.000,-
Rp       75.000,-
Rp       50.000,-

Rp       50.000,-
Rp      40.000,-
Rp     250.000,-
Rp    200.000,-
Rp      60.000,-
Rp  1.200.000.-

Rp     100.000.-
Rp       80.000.-
Rp       40.000.-


Rp     250.000.-


Rp     20.000.-

Rp     75.000.-
Rp.  125.000.-
Rp     50.000.-
Rp   100.000.-
Rp   100.000.-

Rp     30.000.-
Rp     60.000.-


TOTAL


Rp  3.695.000.-
4.
DOKUMENTASI / HUMAS
1 Paket
Rp3.000.000,-
Rp  3.000.000,-
5.
Biaya tak terduga
1 paket
Rp2.500.000,-
Rp  2.500.000,-
6.
Biaya pengambilan obat
1 paket
Rp   600.000.-
Rp     600.000.-

Total Biaya Keselurhan


Rp43.011.000.-

BAB IV
PENUTUP

            Upaya kesehatan yang berkelanjutan, terjadwal dan meningkat baik dari kwantitas kunjungan serta kwalitas pelayanan perlu diusahakan dengan sebaik-baiknya, hal ini kami sampaikan karena masyarakat disana jauh dari fasilitas dan tenaga kesehatan. Masalah kesehatan yang sering kita jumpai diantaranya :
1.      Bayi / Balita tidak mendapatkan Imunisasi.
2.      Pemeriksaan Bumil dan Persalinan ditolong oleh Dukun Bayi tak terlatih.
3.      PHBS rendah.
4.      Gizi anggota keluarga kurang.
5.      PUS tidak ada yang menjadi akseptor KB.
6.      Penderita Suspek TB Paru tinggi.
7.      Penyakit gigi dan mulut banyak.

Besar harapan kami bahwa pelayanan kesehatan untuk masyarakat  di daerah tertinggal, terpencil dan perbatasan dapat kita wujudkan minimal 2 (dua) kali dalam satu tahun dengan mempertimbangkan cuaca / musim serta hal-hal lain yang mendukung terselenggaranya kegiatan pelayanan dengan baik.

Demikian yang dapat kami sampaikan pada proposal ini, kami menyadari semua uraian diatas jauh dari sempurna untuk itu kami tidak menutup diri terhadap gagasan, ide yang membangun dan terimakasih.




Panitia HKN 2011