LEMBAR KUESIONER MANAJEMEN KEPERAWATAN
FAKULTAS KEPERAWATAN UNAND
DI
RUANG HCU IRNA ANAK
RSUP
DR. M. DJAMIL PADANG
Data
Umum
- No. Responden :
- Umur :
- Jenis kelamin :
- Pendidikan terakhir :
Petunjuk
untuk mengisi lembaran observasi:
Ø Beri tanda ceklist
(√) pada pilihan yang dianggap paling benar.
OVERAN
- Pengetahuan
1.
Apa yang dimaksud dengan overan?
a. Serah terima yang
harus dilakukan oleh tenaga perawatan setiap pergantian dinas
b. Pelaksanaan menganalisa
masalah-masalah secara kritis
c. Diskusi kelompok tentang
berberapa aspek klinik
2.
Dibawah ini adalah tujuan dari overan
a. Meningkatkan
tanggung jawab perawat pada setiap tugas
b. Memberi informasi
mengenai tugas dokter
c. Menganalisa dan
menjabarkan alternatif pemecahan masalah
3.
Yang
bukan
termasuk kedalam pelaksanaan overan
adalah.....
a. Membaca laporan
pasien pada jadwal dinas sebelumnya sebagai dasar untuk serah terima pasien
b. Ruang diskusi diatur
sehingga dapat tatap muka saat diskusi
c. Karu atau katim mengunjungi seluruh pasien pada serah terima dengan katim shift dinas berikutnya
4.
Dibawah ini yang bukan merupakan komponen serah terima pasien adalah
a. Kelengkapan status dan dokumentasi asuhan keperawatan
b. Tindakan-tindakan
keperawatan tertentu yang akan dilanjutkan
c. Serah terima linen
5.
Persiapan perawat sebelum overran adalah
a. Memberikan asuhan
keperawatan secara langsung kepada pasien
b. Membaca laporan pelayanan di ruang perawatan sebagai langkah awal mengenal kondisi pasien
c. Memastikan dokter
jaga pasien ada
C. Pelaksanaan
OBSERVASI OVERAN
No
|
Tindakan yang
Diobservasi
|
Tanggal :
|
Hari ke :
|
||
Ya
|
Tidak
|
Ya
|
Tidak
|
||
1
|
Mengadakan
timbang terima/overan tepat pada saat pergantian shif
|
|
|
|
|
2
|
Timbang terima
dipimpin oleh kepala ruangan/ketua tim
|
|
|
|
|
4
|
Karu atau katim
mengunjungi seluruh pasien untuk timbang terima pasien dengan katim shift
dinas selanjutnya
|
|
|
|
|
5
|
Memberi salam
pada pasien atau keluarga dan memberi tahu perawat yang akan melaksanakan
pelayanan pada tugas berikutnya
|
|
|
|
|
6
|
Pada saat
timbang terima yang disampaikan: jumlah pasien, kelengkapan status dan
dokumentasi asuhan keperawatan, kartu kendali, tingkat ketergantungan pasien, hari rawatan, tindakan
keperawatan tertentu yang akan dilanjutkan, serta catatan pasien yang sedang
berada diruang tindakan dan yang dalam proses pulang
|
|
|
|
|
8
|
Mempersiapkan
|
|
|
|
|
9
|
Timbang terima
di kamar klien menggunakan suara yang cukup dan tidak didengar pasien
disebelahnya dan menjaga privasi klien
|
|
|
|
|
10
|
Perawat
menanyakan keluhan klien saat timbang terima
|
|
|
|
|
11
|
Hasil timbang
terima didokumentasikan di buku timbang terima
|
|
|
|
|
B. Sikap
Berilah tanda checklist (√) pada jawaban yang
menurut Saudara paling
tepat
No.
|
Pertanyaan
|
SS
|
S
|
TS
|
STS
|
1
|
Saya merasakan overan merupakan
hal yang sangat penting
|
|
|
|
|
2
|
Saya merasa overan akan
saya ikuti bila saya ada waktu
|
|
|
|
|
3
|
Saya merasa harus
mengikuti overan tepat waktu
|
|
|
|
|
4
|
Saya merasa mengikuti
overan sesuai dengan kesempatan saya
|
|
|
|
|
5
|
Saya merasa overan hanya
sekedar formalitas yang tidak memiliki peran saat melaksanakan asuhan
keperawatan
|
|
|
|
|
6
|
Saya merasa overan harus
diikuti karena merupakan hal yang penting untuk memaksimalkan intervensi
keperawatan yang saya berikan ke pasien
|
|
|
|
|
Keterangan :
SS = Sangat Setuju
S = Setuju
TS = Tidak Setuju
STS =
Sangat Tidak Setuju
LEMBAR KUESIONER MANAJEMEN KEPERAWATAN
FAKULTAS KEPERAWATAN UNAND
DI
RUANGAN HCU IRNA ANAK
RSUP
DR. M. DJAMIL PADANG
Data
Umum
1.
No. Responden :
2.
Umur :
3.
Jenis kelamin :
4.
Pendidikan terakhir :
Petunjuk
untuk mengisi lembaran observasi:
Ø Beri tanda ceklist
(√) pada pilihan yang dianggap paling benar.
PRECONFERENCE
A.
Pengetahuan
1. Apakah yang dimaksud
dengan preconference?
a. Diskusi tentang aspek
klinis sebelum melaksanakan asuhan keperawatan kepada pasien
b. Diskusi tentang aspek
klinis setelah melaksanakan asuhan keperawatan kepada pasien
c. Diskusi tentang aspek klinis
sebelum dan sesudah melakukan asuhan
keperawatan kepada pasien
2. Berikut ini adalah tujuan
dari preconference, kecuali ...
a. Membantu untuk
mengidentifikasi masalah-masalah pasien, merencanakan asuhan dan merencanakan
evaluasi hasil
b. Memberikan kesempatan
untuk berdiskusi tentang keadaan pasien
c. Untuk mendiskusikan
penyelesaian masalah dan membandingkan masalah yang dijumpai
3. Siapakah yang terlibat
dalam preconference?
a. Katim dan karu
b. Karu dan perawat pelaksana
c. Karu, Katim dan perawat
pelaksana
4.
Berapakah waktu yang efektif dalam pelaksanaan preconference?
a. 10 – 15 menit
b. Kurang dari 10 menit
c. Lebih dari 15 menit
5. Topik yang dibicarakan
dalam preconference adalah...
a. Tentang keadaan pasien,
perencanaan dan tindakan keperawatan
b. Tentang keadaan pasien,
dan perencanaan
c. Hanya tentang tindakan
keperawatan
B. Sikap
Berilah tanda checklist (v) pada jawaban yang
menurut saudara paling tepat
No.
|
Pertanyaan
|
SS
|
S
|
TS
|
STS
|
1
|
Saya merasakan preconference
merupakan hal yang sangat penting
|
|
|
|
|
2
|
Saya merasa
preconference akan saya ikuti bila saya ada waktu
|
|
|
|
|
3
|
Saya merasa harus
mengikuti preconference tepat waktu
|
|
|
|
|
4
|
Saya merasa mengikuti
preconference sesuai dengan kesempatan saya
|
|
|
|
|
5
|
Saya merasa
preconference hanya sekedar formalitas yang tidak memiliki peran saat melaksanakan
asuhan keperawatan
|
|
|
|
|
6
|
Saya merasa
preconference harus diikuti karena merupakan hal yang penting untuk
memaksimalkan intervensi keperawatan yang saya berikan ke pasien
|
|
|
|
|
Keterangan :
SS = Sangat Setuju
S = Setuju
TS = Tidak Setuju
STS = Sangat
Tidak Setuju
C. Pelaksanaan
OBSERVASI PRE CONFERENCE
No
|
Tindakan yang
Diobservasi
|
Tanggal :
|
Hari ke :
|
||
Ya
|
Tidak
|
Ya
|
Tidak
|
||
1
|
Ka Ru
menyampaikan jumlah pasien serta klasifikasi pasien berdasarkan tingkat
ketergantungan
|
|
|
|
|
2
|
Ka Ru membagi
tugas kepada masing-masing tim
|
|
|
|
|
3
|
Ka Tim membagi
tugas kepada masing-masing PA
|
|
|
|
|
4
|
Ka Tim
membacakan diagnosa keperawatan masing-masing pasien
|
|
|
|
|
5
|
Ka Tim
membacakan intervensi keperawatan yang akan dilakukan kepada setiap pasien
|
|
|
|
|
6
|
Ka Ru
mengarahkan dan memotivasi staf keperawatan dalam melaksanakan tugas
|
|
|
|
|
LEMBAR KUESIONER MANAJEMEN KEPERAWATAN
FAKULTAS KEPERAWATAN UNAND
DI
RUANGAN HCU IRNA ANAK
RSUP
DR. M. DJAMIL PADANG
Data
Umum
1. No. Responden :
2. Umur :
- Jenis kelamin :
- Pendidikan terakhir :
Petunjuk
untuk mengisi lembaran observasi:
Ø Beri tanda ceklist
(√) pada pilihan yang dianggap paling benar.
POST CONFERENCE
A.
Pengetahuan
1. Apakah yang dimaksud
dengan Postconference?
a. Diskusi tentang aspek
klinis sebelum melaksanakan asuhan keperawatan kepada pasien
b. Diskusi tentang aspek
klinis setelah melaksanakan asuhan keperawatan kepada pasien
c. Diskusi tentang aspek
klinis sebelum dan sesudah melakukan
asuhan keperawatan kepada pasien
2. Berikut ini adalah tujuan
dari postconference, kecuali ...
a.
Membantu untuk mengidentifikasi masalah-masalah pasien, merencanakan
asuhan dan merencanakan evaluasi hasil
b.
Memberikan kesempatan untuk berdiskusi tentang keadaan pasien
c.
Untuk mendiskusikan penyelesaian masalah dan membandingkan masalah
yang dijumpai
3. Siapakah yang terlibat
dalam postconference?
a.
Katim dan karu
b.
Karu dan perawat pelaksana
c.
Karu, Katim dan perawat pelaksana
4. Berapakah waktu yang
efektif dalam pelaksanaan postconference?
a. 10 – 15 menit
b. Kurang dari 10 menit
c. Lebih dari 15 menit
5. Topik yang dibicarakan
dalam postconference adalah...
a.
Tentang keadaan pasien, perencanaan dan tindakan keperawatan
b.
Tentang keadaan pasien, dan perencanaan
c.
Hanya tentang tindakan keperawatan
B. Sikap
Berilah tanda checklist (v) pada jawaban yang
menurut saudara paling tepat
No.
|
Pertanyaan
|
SS
|
S
|
TS
|
STS
|
1
|
Saya merasakan post conference
merupakan hal yang sangat penting
|
|
|
|
|
2
|
Saya merasa post
conference akan saya ikuti bila saya ada waktu
|
|
|
|
|
3
|
Saya merasa harus
mengikuti post conference tepat waktu
|
|
|
|
|
4
|
Saya merasa mengikuti
post conference sesuai dengan kesempatan saya
|
|
|
|
|
5
|
Saya merasa post
conference hanya sekedar formalitas yang tidak memiliki peran saat
melaksanakan asuhan keperawatan
|
|
|
|
|
6
|
Saya merasa post
conference harus diikuti karena merupakan hal yang penting untuk
memaksimalkan intervensi keperawatan yang saya berikan ke pasien
|
|
|
|
|
Keterangan :
SS = Sangat Setuju
S = Setuju
TS = Tidak Setuju
STS =
Sangat Tidak Setuju
C. Pelaksanaan
OBSERVASI POST CONFERENCE
No
|
Tindakan yang Diobservasi
|
Tanggal :
|
Hari ke :
|
||
Ya
|
Tidak
|
Ya
|
Tidak
|
||
1
|
Ka Ru melaporkan
jumlah pasien
|
|
|
|
|
2
|
Ka Ru meminta
laporan evaluasi asuhan keperawatan dari masing-masing tim
|
|
|
|
|
3
|
Ka Tim
melaporkan evaluasi dan rencana tindak lanjut yang akan dilakukan untuk perawat
dinas shift selanjutnya
|
|
|
|
|
4
|
Ka Ru bersama Ka
Tim dan PA mencari solusi terhadap permasalahan yang ditemui selama pemberian
pelayanan keperawatan
|
|
|
|
|
KUESIONER MANAJEMEN KEPERAWATAN
FAKULTAS KEPERAWATAN UNIVERSITAS ANDALAS
DI
RUANGAN BOUGENVILLE IRNA E AMBUN
PAGI
RSUP
DR. M. DJAMIL PADANG
Data
Umum
1.
No. Responden :
2.
Umur :
3.
Jenis kelamin :
4.
Pendidikan terakhir :
5.
Lama bekerja
-
Di rumah sakit :a)
0-5 th b) 6-10 th c) 11-15 th
d) >15 th
-
Di ruang Kelas I Bedah :
a) 0-5 th b) 6-10 th c) 11-15 th
d) >15 th
Petunjuk
untuk mengisi lembaran kuesioner:
Ø Beri tanda silang
pada jawaban yang saudara anggap paling benar.
Ø Isilah kuesioner
dengan jujur dan tepat, jawaban ini bermanfaat untuk memaksimalkan pelaksanaan
asuhan keperawatan kepada klien di Ruang HCU IRNA Anak dan jawaban yang saudara
berikan terjaga kerahasiannya dan tidak mempengaruhi Asuhan keperawatan yang
akan di lakukan.
Daftar
Pertanyaan:
Pendokumentasian
Asuhan Keperawatan
- Pengetahuan
1.
Apakah yang dimaksud dengan pendokumentasian asuhan
keperawatan....
a.
Segala sesuatu yang ditulis atau tercetak yang dapat
diandalkan sebagai catatan tentang bukti bagi perawat yang berwenang dalam
asuhan keperawatan
b.
Catatan yang ditulis oleh perawat
c.
Bukti-bukti dari tindakan yang dilakukan
d.
Semuanya benar
2.
Yang bukan merupakan tujuan pendokumentasian adalah...
a.
Sebagai alat komunikasi antar anggota tim kesehatan
b.
Sebagai dokumen untuk memperlihatkan rincian biaya
yang harus dibayar oleh klien untuk pelayan yang telah diberikan oleh lembaga
perawatan kesehatan
c.
Sebagai informasi untuk mempelajari penyakit dan
respon klien terhadap penyakit tersebut
d.
Memenuhi tugas sebagai perawat
3.
Data apa sajakah yang perlu didokumentasikan....
a.
Pengkajian klien dari masuk sampai pulang
b.
Data dasar, pengkajian, diagnosa medis, daftar masalah
klien, tindakan medis, diagnosa keperawatan, perencanaan keperawatan, tindakan
keperawatan, catatan perkembangan
c.
Tindakan apa saja yang dilakukan pada pasien
d.
Pengkajian biopsikososiospiritual, intervensi,
implementasi, evaluasi
4.
Apa manfaat pendokumentasian....
a.
Aspek legal
b.
Memudahkan administrasi
c.
Pedoman pemberian askep
d.
A dan C benar
5.
Apakah yang perlu disiapkan dalam kegiatan
pendokumentasian...
a.
Format pengkajian
b.
Format implementasi dan evaluasi
c.
Format renpra
d.
Semuanya dilakukan
6.
Apa hubungan antara kelengkapan pendokumentasian
status dengan kualitas pemberian asuhan keperawatan....
a.
Kelengkapan pendokumentasian status menunjukkan
tingkat kualitas pemberian asuhan keperawatan
b.
Pendokumentasian status tidak mempengaruhi tingkat
kualitas pemberian asuhan keperawatan
c.
Kelengkapan pendokumentasian status belum tentu
menunjukkan pemberian asuhan keperawatan yang profesional
d.
Tidak ada hubungannya
7.
Kapan pendokumentasian asuhan keperawatan dilakukan...
a.
Pada klien kritis saja
b.
Pada tindakkan kolaborasi
c.
Setiap tindakan yang dilakukan pada klien
d.
Semua salah
8.
Apa saja hal yang harus diperhatikan dalam
pendokumentasian asuhan keperawatan.....
a.
Informasi klien dan perawatan yang diberikan harus
berdasarkan fakta
b.
Catatan harus akurat
c.
Informasi yang dicatatkan harus singkat, tentang
perawatan klin
d.
Semuanya benar
9. Apakah
pendokumentasian asuhan keperawatan harus dilakukan secara berkelanjutan?
a. Ya
b. Tidak
10. Apakah saudara
mengalami kendala dalam melakukan pendokumentasian asuhan keperawatan yang
telah dilakukan....
a. Ya
b. Tidak
- Sikap
Berilah tanda checklist (v) pada jawaban yang menurut saudara paling
tepat
No.
|
Pertanyaan
|
SS
|
S
|
TS
|
STS
|
1
|
Menurut Saya
pendokumentasikan asuhan keperawatan
diberikan kepada klien sesuai dengan format yang ada
|
|
|
|
|
2
|
penuliskan
pengkajian harus sesuai format yang tersedian
|
|
|
|
|
3
|
Saya menganggap
penulisan rencana keperawatan harus sesuai dengan diagnosa yang ditemukan
|
|
|
|
|
4
|
implementasi
yang dilakukan harus sesuai intervensi yang ada
|
|
|
|
|
5
|
evaluasi tidak
harus dilakukan terhadap tindakan keperawatan yang telah saya lakukan
|
|
|
|
|
6
|
Pendokumentasian
keperawatan menurut saya tidak ada hambatan
|
|
|
|
|
Keterangan :
SS = Sangat Setuju
S = Setuju
TS = Tidak Setuju
STS = Sangat Tidak Setuju
- Observasi
No
|
Tindakan yang Diobservasi
|
Tanggal :
|
Hari ke :
|
||
Ya
|
Tidak
|
Ya
|
Tidak
|
||
1
|
Perawat
melakukan pengkajianlengkap pada pasien baru masuk ruangan Bougenville ambun pagi
|
|
|
|
|
2
|
Perawat
menentukan diagnosa keperawatan berdasarkan hasil pengkajian
|
|
|
|
|
3
|
Perawat
menentukan rencana tindakan yang akan dilakukan berdasarkan diagnosa
prioritas
|
|
|
|
|
4
|
Perawat
melakukanpendokumentasian dari tindakan yang telah dilakukan
|
|
|
|
|
5
|
Pendokumentasian
catatan keperawatan klien yang diberikan berkelanjutan oleh shif berikutnya
|
|
|
|
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar