(Pola ketika keluarga mengalami kesulitan
mengintegrasikan program pengobatan dalam
kegiatan sehari-hari dan melakukan tindakan yang berakibat buruk untuk penyakit sehingga kepuasan untuk menemukan tujuan kesehatan yang
spesifik tidak ada)
Fasilitas Yankes
|
|
No. Register
|
|
Nama Perawat yang mengkaji
|
|
Tanggal Pengkajian
|
|
1.
DATA KELUARGA
Nama Kepala Keluarga
|
|
Bahasa sehari-hari
|
|
||||||||||
Alamat Rumah & Telp
|
|
Jarak Yankes terdekat
|
|
||||||||||
Agama & Suku
|
|
Alat Transportasi
|
|
||||||||||
2.
DATA ANGGOTA KELUARGA
|
|||||||||||||
NO
|
Nama
|
Hub dgn
KK
|
Umur
|
JK
|
Suku
|
Pendidikan
Terakhir
|
Pekerjaan
Saat Ini
|
Status Gizi (TB,
BB, BMI)
|
TTV (TD,
N, S, P)
|
Status Imunisasi
Dasar (Balita)
|
Alat Bantu/
Protesa
|
||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
LANJUTAN
|
|||||||||||||
NO
|
Nama
|
Penampilan Umum
|
Status Kesehatan Saat Ini
|
Riwayat Penyakit/
Alergi
|
Analisis Masalah
Kesehatan
|
||||||||
|
|
|
|
|
|
||||||||
|
|
|
|
|
|
||||||||
|
|
|
|
|
|
||||||||
|
|
|
|
|
|
||||||||
|
|
|
|
|
|
||||||||
|
|
|
|
|
|
||||||||
|
|
|
|
|
|
||||||||
|
|
|
|
|
|
||||||||
|
|
|
|
|
|
||||||||
|
|
|
|
|
|
||||||||
3.
DATA PENUNJANG KELUARGA
Sanitasi
Lingkungan
Tipe Rumah:
Permanen/tidak permanen*…………………………….
Ventilasi : Cukup/Kurang*…………………………………………
Pencahayaan
Rumah :
Baik/Tidak*…………………………………………….
Saluran
Buang Limbah :
Baik/Cukup/Kurang*…………………………………..
Sumber Air
Bersih : Sehat/Tidaksehat*……………………………………..
Jamban
Memenuhi Syarat :
Ya/Tidak*………………………………………………
Tempat
Sampah Tertutup :
Ya/Tidak*………………………………………………
Rasio Luas Bangunan Rumah dengan
Jumlah Anggota Kleuarga
8m2/orang : Ya/Tidak*…………………………………
|
PHBS
Di Rumah Tangga
Persalinan ditolong oleh tenaga kesehatan
: Ya/Tidak*
Member ASI ekslusif : Ya/Tidak
Menimbang balita tiap bln : Ya/Tidak*
Mengunakan air bersih untuk makan &
minum: Ya /Tidak
Menggunakan air bersih untuk kebersihan
diri: Ya/Tidak*
Mencuci tangan dengan air bersih &
sabun: Ya/Tidak*
Tersedia tempat pembuangan sampah: Ya/Tidak*
Menjaga lingkungan rumah tampak bersih: Ya/Tidak*
Mengkonsumsi lauk dan pauk tiap hari:
Ya/Tidak*
Mengunakan jamban sehat: Ya/Tidak*
Memberantas jentik di rumah sekali seminggu:
Ya/Tidak*
Makan buah dan sayur setiap hari: Ya/Tidak*
Melakukan aktivitas fisik setiap hari:
Ya/Tidak*
Tidak merokok di dalam rumah: Ya/Tidak*
|
4.
KEMAMPUAN KELUARGA MELAKUKAN TUGAS PEMELIHARAAN KESEHATAN
ANGGOTA KELUARGANYA
|
5.
ASKEP KELUARGA
a.
PENGKAJIAN
NO
|
BATASAN
KARAKTERISTIK
|
PENGKAJIAN
|
KETERANGAN
|
1.
|
Percepatan gejala penyakit pada
anggota keluarga
|
|
|
2.
|
Aktifitas keluarga yang tidak sesuai
dengan tujuan kesehatan
|
|
|
3.
|
Menyatakan keinginan untuk memanagemen
penyakit
|
|
|
4.
|
Mengungkapkan
kesulitan dengan regimen yang ditentukan
|
|
|
b.
INTERVENSI DAN IMPLEMENTASI
NO
|
INTERVENSI
|
RASIONAL
|
K1
|
K2
|
K3
|
K4
|
K5
|
K6
|
KETERANGAN
|
1.
|
Luangkan
waktu bersama keluarga
|
Untuk
mengetahui anggota keluarga secara individu, membina hubungan saling percaya dengan setiap anggota keluarga dan untuk
membantu mengidentifikasi sumber daya keluarga
|
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
Mendukung
anggota keluarga untuk menghadiri dan
berpartisipasi di dalam tahap pengobatan
|
Untuk meningkatkan kebersamaan keluarga dan meningkatkan solusi penyelesaian
konflik atau masalah
|
|
|
|
|
|
|
|
3.
|
Bantu
anggota keluarga untuk menyatakan perasaan yang berhubungan dengan penyakit pada saudara mereka agar membawa konflik keluarga menjadi
terbuka
|
Tidak
terselesainya konflik dalam keluarga bisa mencegah anggota keluarga
mengimplementasikan regimen pengobatan secara menyeluruh
|
|
|
|
|
|
|
|
4.
|
Mendorong
kepercayaan individu/kepercayaan diri setiap anggota keluarga tentang
penyakit dan review informasi yang relevan
|
Untuk menciptakan dukungan mereka dalam
meningkatkan menajemen regimen pengobatan
|
|
|
|
|
|
|
|
5.
|
Ajarkan
anggota keluarga mengenal proses penyakit dan jelaskan hubungan antara proses penyakit dan regimen pengobatan
|
Jika keluaraga mengetahui alasan tentang perilaku
yang spesifik, mereka menjadi lebih yakin untuk mengatur gaya hidup mereka
|
|
|
|
|
|
|
|
6.
|
Bekerjasama
dengan keluarga untuk mengidentifikasi perilaku yang berkontribusi menjadi konflik dalam keluarga dan membantu
mereka mengidentifikasi perilaku alternative
|
Untuk meningkatkan penyelesaian masalah atau konflik
|
|
|
|
|
|
|
|
7.
|
Bantu
anggota keluarga mengklarifiksi nilai yang berhubungan dengan gaya hidup
|
Untuk meningkatkan pemahaman mengenai konflik atau masalah antara gaya
hidup dan tuntutan dari regimen pengobatan
|
|
|
|
|
|
|
|
8.
|
Bekerjasama
dengan anggota keluarga untuk mengembangkan aktifitas sehari-hari yang
megatur regimen pengobatan yang sesuai dengan gaya hidup
|
Berkolaborasi
dengan anggota keluarga menciptakan factor-faktor gaya hidup yang sesuai
menjadi mungkin untuk diterapkan
|
|
|
|
|
|
|
|
9.
|
Arahkan
anggota keluarga ke agensi yang sesuai bila dibutuhkan
|
Ini bisa meyakinkan keberlanjutan dukungan
keluarga dan membantu mengurangi konflik atau masalah
|
|
|
|
|
|
|
|
10.
|
Membantu
keluarga merencanakan untuk megikuti penyuluhan mengenai penyakit untuk masa
yang akan datang
|
Peningkatan
kemampuan perencanaan anggota keluarga untuk mengembangkan strategi yang
sesuai yang bertujuan untuk mengatur regimen pengobatan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
TANDA
TANGAN KELUARGA
|
|
|
|
|
|
|
|
|
c.
EVALUASI
NO
|
KRITERIA HASIL
|
K1
|
K2
|
K3
|
K4
|
K5
|
K6
|
KETERANGAN
|
1
|
Anggota
keluarga mengidentifikasi konflik yang tidak terselesaikan
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
Anggota
keluarga menghadiri dan berpartisipasi dalam tahapan pengobatan keluarga
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
Anggota
keluarga menyatakan keinginan untuk menyelesaikan
konflik atau masalah
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
Anggota
keluarga melaksanakan regimen pengobatan
|
|
|
|
|
|
|
|
7
|
Anggota
keluarga membuat perencanaan untuk
mengikuti penyuluhan mengenai penyakit untuk masa yang akan datang
|
|
|
|
|
|
|
|
d.
TINGKAT KEMANDIRIAN KELUARGA
NO
|
TINGKAT
KEMANDIRIAN
|
TK1
|
TK2
|
TK3
|
TK4
|
TK5
|
TK6
|
KETERANGAN
|
1
|
Menerima petugas puskesmas
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
Menerima yankes sesuai rencana
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
Menyesuaikan masalah kesehatan secaara
benar
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
Memanfaatkan faskes sesuai anjuran
|
|
|
|
|
|
|
|
5
|
Melaksanakan perawatan sederhana
sesuai anjuran
|
|
|
|
|
|
|
|
6
|
Melaksanakan tindakan pencegahan
secara aktif
|
|
|
|
|
|
|
|
7
|
Melaksanakan tindakan promotif secara
aktif
|
|
|
|
|
|
|
|
CATATAN
……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
Padang,………………
Nama:
NIP:
Tidak ada komentar:
Posting Komentar