KETERLAMBATAN PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN
(Penyimpangan-penyimpangan dari norma
kelompok usia)
Fasilitas Yankes
|
|
No. Register
|
|
Nama Perawat yang mengkaji
|
|
Tanggal Pengkajian
|
|
1.
DATA KELUARGA
Nama Kepala Keluarga
|
|
Bahasa sehari-hari
|
|
||||||||||
Alamat Rumah & Telp
|
|
Jarak Yankes terdekat
|
|
||||||||||
Agama & Suku
|
|
Alat Transportasi
|
|
||||||||||
2.
DATA ANGGOTA KELUARGA
|
|||||||||||||
NO
|
Nama
|
Hub dgn
KK
|
Umur
|
JK
|
Suku
|
Pendidikan
Terakhir
|
Pekerjaan
Saat Ini
|
Status Gizi (TB,
BB, BMI)
|
TTV (TD,
N, S, P)
|
Status Imunisasi
Dasar (Balita)
|
Alat Bantu/
Protesa
|
||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
LANJUTAN
|
|||||||||||||
NO
|
Nama
|
Penampilan Umum
|
Status Kesehatan Saat Ini
|
Riwayat Penyakit/
Alergi
|
Analisis Masalah
Kesehatan
|
||||||||
|
|
|
|
|
|
||||||||
|
|
|
|
|
|
||||||||
|
|
|
|
|
|
||||||||
|
|
|
|
|
|
||||||||
|
|
|
|
|
|
||||||||
|
|
|
|
|
|
||||||||
|
|
|
|
|
|
||||||||
|
|
|
|
|
|
||||||||
|
|
|
|
|
|
||||||||
|
|
|
|
|
|
||||||||
3.
DATA PENUNJANG KELUARGA
Sanitasi
Lingkungan
Tipe Rumah:
Permanen/tidak permanen*…………………………….
Ventilasi : Cukup/Kurang*…………………………………………
Pencahayaan
Rumah :
Baik/Tidak*…………………………………………….
Saluran
Buang Limbah :
Baik/Cukup/Kurang*…………………………………..
Sumber Air
Bersih : Sehat/Tidaksehat*……………………………………..
Jamban
Memenuhi Syarat :
Ya/Tidak*………………………………………………
Tempat
Sampah Tertutup :
Ya/Tidak*………………………………………………
Rasio Luas Bangunan Rumah dengan
Jumlah Anggota Kleuarga
8m2/orang : Ya/Tidak*…………………………………
|
PHBS
Di Rumah Tangga
Persalinan ditolong oleh tenaga kesehatan
: Ya/Tidak*
Member ASI ekslusif : Ya/Tidak
Menimbang balita tiap bln : Ya/Tidak*
Mengunakan air bersih untuk makan &
minum: Ya /Tidak
Menggunakan air bersih untuk kebersihan
diri: Ya/Tidak*
Mencuci tangan dengan air bersih &
sabun: Ya/Tidak*
Tersedia tempat pembuangan sampah: Ya/Tidak*
Menjaga lingkungan rumah tampak bersih: Ya/Tidak*
Mengkonsumsi lauk dan pauk tiap hari:
Ya/Tidak*
Mengunakan jamban sehat: Ya/Tidak*
Memberantas jentik di rumah sekali seminggu:
Ya/Tidak*
Makan buah dan sayur setiap hari: Ya/Tidak*
Melakukan aktivitas fisik setiap hari:
Ya/Tidak*
Tidak merokok di dalam rumah: Ya/Tidak*
|
4.
KEMAMPUAN KELUARGA MELAKUKAN TUGAS PEMELIHARAAN KESEHATAN
ANGGOTA KELUARGANYA
|
5.
ASKEP KELUARGA
a.
PENGKAJIAN
NO
|
BATASAN
KARAKTERISTIK
|
PENGKAJIAN
|
KETERANGAN
|
1.
|
Perubahan
pertumbuhan fisik
|
|
|
2.
|
Keterlambatan
atau kesulitan dalam menampilkan kemampuan motorik, sosial, kemampuan
mengekspresikan yang khas
|
|
|
3.
|
Afek datar
|
|
|
4.
|
Ketidakmampuan menampilkan aktifitas
perawatan diri atau mempertahankan kontrol diri sesuai dengan tingkat usia
|
|
|
b.
INTERVENSI DAN IMPLEMENTASI
NO
|
INTERVENSI
|
RASIONAL
|
K1
|
K2
|
K3
|
K4
|
K5
|
K6
|
KETERANGAN
|
1
|
Adakan
pertemuan tim untuk mengidentifikasi siswa yang berkebutuhan khusus
|
Untuk
memulai membuat intervensi yang dibutuhkan pada anak dalam komunitas
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
Ajarkan
guru mengenai kondisi masing-masing siswa dan adaptasi yang mungkin
dibutuhkan di ruang kelas
|
Untuk
meningkatkan kebebasan dan keikutsertaan dalam aktifitas untuk siswa yang
berkebutuhan khusus
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
Anjurkan
orang tua, guru, dan anggota staf untuk mengidentifikasi kemampuan sosial
anak dan mendukung anak untuk berpartisipasi dalam aktifitas kelompok dengan
teman sebaya yang juga memperlihatkan keterlambatan pertumbuhan dan perkembangan
|
Untuk
meningkatkan interaksi anak yang mengalami keterlambatan perkembangan
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
Diskusikan
dengan orang tua dan guru kegunaan alat permainan yang sesuai untuk
meningkatkan aktivitas kelompok, termasuk mobil-mobilan, games dan alat-alat
yang bisa digerakkan seperti wayang,
boneka, mainan, dan item lain yang mendukung emosional dan ekspresi yang
kreatif.
|
Memperkenalkan
mainan-mainan yang mendukung anak untuk bermain bersama. Batasan jumlah dari
alat yang tersedia meningkatkan rasa saling berbagi dan interaksi positif
antar teman sebaya
|
|
|
|
|
|
|
|
5
|
Bekerja
dengan orang tua dan guru untuk memulai aktifitas antar anak serta mendorong
interaksi dalam kelompok kecil
|
Kelompok
yang beranggotakan 2 atau 3 anak sangat kondusif untuk interaksi teman sebaya
|
|
|
|
|
|
|
|
6
|
Lakukan
aktifitas khusus untuk anak dengan keterlambatan pertumbuhan dan
perkembangan, atau dukung orang tua dan guru untuk melakukan aktifitas yang
sama, aktifitas yang cocok atau sesuai misalnya membacakan cerita untuk anak,
memperlihatkan film yang mengandung unsur edukasi dan membawa anak rekreasi
|
Memberikan
pengalaman yang menstimulasi anak
|
|
|
|
|
|
|
|
7
|
Bekerja
sama dengan konselor sekolah dan anggota sekolah lainnya untuk
mengembangkan pengajaran untuk orang
tua yang bertujuan meningkatkan kemampuan orang tua dan buat pengajaran ini tersedia untuk anggota
komunitas
|
Untuk
meningkatkan harga diri orang tua, membantu mereka menciptakan lingkungan
rumah yang lebih menstimulasi anak dan membantu mengembangkan harapan yang
realistis tentang perilaku anak mereka
|
|
|
|
|
|
|
|
8
|
Bekerja
dengan orang tua dan guru untuk mempertahankan program yang terstruktur untuk
anak setiap tahunnya
|
Untuk
memastikan kekonsistensian intervensi
|
|
|
|
|
|
|
|
9
|
Lanjutkan
bekerja dengan orang tua dengan meng follow up dengan telepon atau home
visit, melakukan konferensi, dan menyediakan penyerahan laporan
|
Untuk
memonitor perkembangan dan peningkatan anak di rumah dan mempersilahkan orang
tua untuk mengekspresikan kebutuhan
dan perhatian mereka mengenai kesehatan keluarga dan anaknya
|
|
|
|
|
|
|
|
|
TANDA TANGAN KELUARGA
|
|
|
|
|
|
|
|
|
c.
EVALUASI
NO
|
KRITERIA HASIL
|
K1
|
K2
|
K3
|
K4
|
K5
|
K6
|
KETERANGAN
|
1
|
Anak yang memperlihatkan tanda
keterlambatan pertumbuhan dan perkembangan menerima intervensi yang sesuai,
seperti berpartisipasi dalam aktivitas kelompok ( termasuk kelompok kecil)
dan menunjukkan stimulus yang sesuai, dengan buku, alat-alat permainan dan
aktivitas.
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
Anak yang berisiko kekerasan atau
pengabaian menerima bantuan dari layanan perlindungan anak, sesuai kebutuhan.
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
Anak memperlihatkan peningkatan
kemampuan dan bahasa.
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
Orang tua
melaporkan perasaan lebih nyaman dengan kemampuan menjadi orang tua.
|
|
|
|
|
|
|
|
5
|
Orang tua
menyediakan aktifitas dan pengalaman yang lebih menstimulasi untuk anak.
|
|
|
|
|
|
|
|
6
|
Anak berpartisipasi dalam aktifitas
kelompok dan menunjukknan peningkatan perkembangan secara terus menerus.
|
|
|
|
|
|
|
|
d.
TINGKAT KEMANDIRIAN KELUARGA
NO
|
TINGKAT
KEMANDIRIAN
\
|
TK1
|
TK2
|
TK3
|
TK4
|
TK5
|
TK6
|
KETERANGAN
|
1
|
Menerima petugas puskesmas
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
Menerima yankes sesuai rencana
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
Menyesuaikan masalah kesehatan secaara
benar
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
Memanfaatkan faskes sesuai anjuran
|
|
|
|
|
|
|
|
5
|
Melaksanakan perawatan sederhana
sesuai anjuran
|
|
|
|
|
|
|
|
6
|
Melaksanakan tindakan pencegahan
secara aktif
|
|
|
|
|
|
|
|
7
|
Melaksanakan tindakan promotif secara
aktif
|
|
|
|
|
|
|
|
CATATAN
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
Padang,………………
Nama:
NIP:
Tidak ada komentar:
Posting Komentar