KETERLAMBATAN PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN



KETERLAMBATAN PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN
(Penyimpangan-penyimpangan dari norma kelompok usia)

Fasilitas Yankes

No. Register

Nama Perawat yang mengkaji

Tanggal Pengkajian


1.       DATA KELUARGA
Nama Kepala Keluarga

Bahasa sehari-hari

Alamat Rumah & Telp

Jarak Yankes terdekat

Agama & Suku

Alat Transportasi


2.       DATA ANGGOTA KELUARGA
NO
Nama
Hub dgn
KK
Umur
JK
Suku
Pendidikan
Terakhir
Pekerjaan
Saat Ini
Status Gizi (TB,
BB, BMI)
TTV (TD,
N, S, P)
Status Imunisasi
Dasar (Balita)
Alat Bantu/
Protesa
























































































































LANJUTAN
NO
Nama
Penampilan Umum
Status Kesehatan Saat Ini
Riwayat Penyakit/ Alergi
Analisis Masalah Kesehatan











































































3.       DATA PENUNJANG KELUARGA
Sanitasi Lingkungan
Tipe Rumah:
Permanen/tidak permanen*…………………………….
Ventilasi :  Cukup/Kurang*…………………………………………
Pencahayaan Rumah :
Baik/Tidak*…………………………………………….
Saluran Buang Limbah :
Baik/Cukup/Kurang*…………………………………..
Sumber Air Bersih :     Sehat/Tidaksehat*……………………………………..
Jamban Memenuhi Syarat :
Ya/Tidak*………………………………………………
Tempat Sampah Tertutup :
Ya/Tidak*………………………………………………
Rasio Luas Bangunan Rumah dengan Jumlah Anggota Kleuarga
8m2/orang : Ya/Tidak*…………………………………
PHBS Di Rumah Tangga
 Persalinan ditolong oleh tenaga kesehatan :  Ya/Tidak*
 Member ASI ekslusif : Ya/Tidak
 Menimbang balita tiap bln :  Ya/Tidak*
 Mengunakan air bersih untuk makan & minum: Ya /Tidak
 Menggunakan air bersih untuk kebersihan diri:  Ya/Tidak*
 Mencuci tangan dengan air bersih & sabun: Ya/Tidak*
 Tersedia tempat pembuangan sampah: Ya/Tidak*
 Menjaga lingkungan rumah tampak bersih:  Ya/Tidak*
 Mengkonsumsi lauk dan pauk tiap hari: Ya/Tidak*
 Mengunakan jamban sehat: Ya/Tidak*
 Memberantas jentik di rumah sekali seminggu: Ya/Tidak*
 Makan buah dan sayur setiap hari: Ya/Tidak*
 Melakukan aktivitas fisik setiap hari: Ya/Tidak*
 Tidak merokok di dalam rumah: Ya/Tidak*


4.       KEMAMPUAN KELUARGA MELAKUKAN TUGAS PEMELIHARAAN KESEHATAN ANGGOTA KELUARGANYA
  • Adakah anggota keluarga yang mengalami masalah kesehatan atau sakit saat ini: Tidak  Ada, yaitu…………………….
  • Apakah ada anggota keluarga yang pernah terkena masalah kesehatan yang sama dengan pasien sebelumnya: Tidak Ya….
  • Siapa yang membantu jika ada anggota keluarga yang menderita sakit: Semua anggota  Hanya ibu Lainnya……………
  • Adakah perhatian keluarga kepada anggota keluarga yang menderita ketika sakit: Ada Tidak ada, sebab……………….
  • Apakah keluarga mengetahui masalah kesehatan yang dialami pasien: Ya  Tidak, sebab………………………………..
  • Apakah keluarga mengetahui penyebab masalah kesehatan yang dialami pasien: Ya  Tidak, sebab……………………..
  • Apakah keluarga mengetahui tanda dan gejala masalah kesehatan yang dialami pasien: Ya  Tidak, sebab………………
  • Apakah keluarga mengetahui akibat maslah kesehatan yang dialami pasien bila tidak diobati/dirawat: Ya Tidak
  • Pada siapa keluarga bisa menggali informasi tentang masalah kesehatan keluarganya: Keluarga Tetangga Kader Tenaga kesehatan, yaitu………………………
  • Keyakinan keluarga tentang masalah kesehatan tersebut: Tidak perlu ditangani karena akan sembuh sendiri biasanya Perlu berobat ke fasilitas yankes  Tidak terpikir sebab…………………..
  • Apakah keluarga melakukan upaya peningkatan kesehatan anggota secara aktif: Ya  Tidak, jelaskan………………….
  • Apakah keluarga mengetahui kebutuhan pengobatan masalah kesehatan yang dialami pasien: Ya  Tidak……………
  • Apakah keluarga dapat melakukan cara merawat anggota keluarga dengan masalah kesehatan yang dialami pasien: Ya Tidak, yaitu…………………..
  • Apakah keluarga dapat melakukan pencegahan masalah kesehatan yang dialami pasien: Ya  Tidak, sebab……………..
  • Apakah keluarga mampu memelihara atau memodifikasi lingkungan yang mendukung kesehatan anggota keluarga yang mengalami maslah kesehatan: Ya  Tidak, sebab…………………………….
  • Apakah keluarga mampu menggali dan memanfaatkan sumber di masyarakat untuk mengatasi masalah kesehatan pada anggota keluarganya: Ya Tidak, sebab………………………………


5.    ASKEP KELUARGA
a.       PENGKAJIAN
NO
BATASAN KARAKTERISTIK
PENGKAJIAN
KETERANGAN
1.
Perubahan pertumbuhan fisik


2.
Keterlambatan atau kesulitan dalam menampilkan kemampuan motorik, sosial, kemampuan mengekspresikan yang khas


3.
Afek datar


4.
Ketidakmampuan menampilkan aktifitas perawatan diri atau mempertahankan kontrol diri sesuai dengan tingkat usia



b.       INTERVENSI DAN IMPLEMENTASI
NO
INTERVENSI
RASIONAL
K1
K2
K3
K4
K5
K6
KETERANGAN
1
Adakan pertemuan tim untuk mengidentifikasi siswa yang berkebutuhan khusus
Untuk memulai membuat intervensi yang dibutuhkan pada anak dalam komunitas







2
Ajarkan guru mengenai kondisi masing-masing siswa dan adaptasi yang mungkin dibutuhkan di ruang kelas
Untuk meningkatkan kebebasan dan keikutsertaan dalam aktifitas untuk siswa yang berkebutuhan khusus







3
Anjurkan orang tua, guru, dan anggota staf untuk mengidentifikasi kemampuan sosial anak dan mendukung anak untuk berpartisipasi dalam aktifitas kelompok dengan teman sebaya yang juga memperlihatkan keterlambatan  pertumbuhan dan perkembangan
Untuk meningkatkan interaksi anak yang mengalami keterlambatan perkembangan







4
Diskusikan dengan orang tua dan guru kegunaan alat permainan yang sesuai untuk meningkatkan aktivitas kelompok, termasuk mobil-mobilan, games dan alat-alat yang bisa digerakkan  seperti wayang, boneka, mainan, dan item lain yang mendukung emosional dan ekspresi yang kreatif.
Memperkenalkan mainan-mainan yang mendukung anak untuk bermain bersama. Batasan jumlah dari alat yang tersedia meningkatkan rasa saling berbagi dan interaksi positif antar teman sebaya







5
Bekerja dengan orang tua dan guru untuk memulai aktifitas antar anak serta mendorong interaksi dalam kelompok kecil
Kelompok yang beranggotakan 2 atau 3 anak sangat kondusif untuk interaksi teman sebaya







6
Lakukan aktifitas khusus untuk anak dengan keterlambatan pertumbuhan dan perkembangan, atau dukung orang tua dan guru untuk melakukan aktifitas yang sama, aktifitas yang cocok atau sesuai misalnya membacakan cerita untuk anak, memperlihatkan film yang mengandung unsur edukasi dan membawa anak rekreasi
Memberikan pengalaman yang menstimulasi anak







7
Bekerja sama dengan konselor sekolah dan anggota sekolah lainnya untuk mengembangkan  pengajaran untuk orang tua yang bertujuan meningkatkan kemampuan orang tua dan  buat pengajaran ini tersedia untuk anggota komunitas
Untuk meningkatkan harga diri orang tua, membantu mereka menciptakan lingkungan rumah yang lebih menstimulasi anak dan membantu mengembangkan harapan yang realistis tentang perilaku anak mereka







8
Bekerja dengan orang tua dan guru untuk mempertahankan program yang terstruktur untuk anak setiap tahunnya
Untuk memastikan kekonsistensian intervensi







9
Lanjutkan bekerja dengan orang tua dengan meng follow up dengan telepon atau home visit, melakukan konferensi, dan menyediakan penyerahan laporan
Untuk memonitor perkembangan dan peningkatan anak di rumah dan mempersilahkan orang tua  untuk mengekspresikan kebutuhan dan perhatian mereka mengenai kesehatan keluarga dan anaknya








TANDA TANGAN KELUARGA









c.     EVALUASI
NO
KRITERIA HASIL
K1
K2
K3
K4
K5
K6
KETERANGAN
1
Anak yang memperlihatkan tanda keterlambatan pertumbuhan dan perkembangan menerima intervensi yang sesuai, seperti berpartisipasi dalam aktivitas kelompok ( termasuk kelompok kecil) dan menunjukkan stimulus yang sesuai, dengan buku, alat-alat permainan dan aktivitas.







2
Anak yang berisiko kekerasan atau pengabaian menerima bantuan dari layanan perlindungan anak, sesuai kebutuhan.







3
Anak memperlihatkan peningkatan kemampuan dan bahasa.







4
Orang tua melaporkan perasaan lebih nyaman dengan kemampuan menjadi orang tua.







5
Orang tua menyediakan aktifitas dan pengalaman yang lebih menstimulasi untuk anak.







6
Anak berpartisipasi dalam aktifitas kelompok dan menunjukknan peningkatan perkembangan secara terus menerus.









d.    TINGKAT KEMANDIRIAN KELUARGA

NO
TINGKAT KEMANDIRIAN
\
TK1
TK2
TK3
TK4
TK5
TK6
KETERANGAN
1
Menerima petugas puskesmas







2
Menerima yankes sesuai rencana







3
Menyesuaikan masalah kesehatan secaara benar







4
Memanfaatkan faskes sesuai anjuran







5
Melaksanakan perawatan sederhana sesuai anjuran







6
Melaksanakan tindakan pencegahan secara aktif







7
Melaksanakan tindakan promotif secara aktif








CATATAN
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………

Padang,………………




Nama:
NIP:

Tidak ada komentar: