HAMBATAN MENJADI ORANG TUA
(Ketidakmampuan orang tua untuk menciptakan
dan memelihara lingkungan yang meningkatkan pertumbuhan dan perekembangan anak
secara optimal)
Fasilitas Yankes
|
|
No. Register
|
|
Nama Perawat yang mengkaji
|
|
Tanggal Pengkajian
|
|
1.
DATA KELUARGA
Nama Kepala Keluarga
|
|
Bahasa sehari-hari
|
|
||||||||||
Alamat Rumah & Telp
|
|
Jarak Yankes terdekat
|
|
||||||||||
Agama & Suku
|
|
Alat Transportasi
|
|
||||||||||
2.
DATA ANGGOTA KELUARGA
|
|||||||||||||
NO
|
Nama
|
Hub dgn
KK
|
Umur
|
JK
|
Suku
|
Pendidikan
Terakhir
|
Pekerjaan
Saat Ini
|
Status Gizi (TB,
BB, BMI)
|
TTV (TD,
N, S, P)
|
Status Imunisasi
Dasar (Balita)
|
Alat Bantu/
Protesa
|
||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
LANJUTAN
|
|||||||||||||
NO
|
Nama
|
Penampilan Umum
|
Status
KesehatanSaat Ini
|
Riwayat Penyakit/
Alergi
|
Analisis Masalah
Kesehatan
|
||||||||
|
|
|
|
|
|
||||||||
|
|
|
|
|
|
||||||||
|
|
|
|
|
|
||||||||
|
|
|
|
|
|
||||||||
|
|
|
|
|
|
||||||||
|
|
|
|
|
|
||||||||
|
|
|
|
|
|
||||||||
|
|
|
|
|
|
||||||||
|
|
|
|
|
|
||||||||
3.
DATA PENUNJANG KELUARGA
Sanitasi
Lingkungan
Tipe Rumah:
Permanen/tidak permanen*…………………………….
Ventilasi : Cukup/Kurang*…………………………………………
Pencahayaan
Rumah :
Baik/Tidak*…………………………………………….
Saluran
Buang Limbah :
Baik/Cukup/Kurang*…………………………………..
Sumber Air
Bersih : Sehat/Tidaksehat*……………………………………..
Jamban
Memenuhi Syarat :
Ya/Tidak*………………………………………………
Tempat
Sampah Tertutup :
Ya/Tidak*………………………………………………
Rasio Luas Bangunan Rumah dengan
Jumlah Anggota Kleuarga
8m2/orang : Ya/Tidak*…………………………………
|
PHBS
Di Rumah Tangga
Persalinan ditolong oleh tenaga kesehatan
: Ya/Tidak*
Member ASI ekslusif : Ya/Tidak
Menimbang balita tiap bln : Ya/Tidak*
Mengunakan air bersih untuk makan &
minum: Ya /Tidak
Menggunakan air bersih untuk kebersihan
diri: Ya/Tidak*
Mencuci tangan dengan air bersih &
sabun: Ya/Tidak*
Tersedia tempat pembuangan sampah: Ya/Tidak*
Menjaga lingkungan rumah tampak bersih: Ya/Tidak*
Mengkonsumsi lauk dan pauk tiap hari:
Ya/Tidak*
Mengunakan jamban sehat: Ya/Tidak*
Memberantas jentik di rumah sekali seminggu:
Ya/Tidak*
Makan buah dan sayur setiap hari: Ya/Tidak*
Melakukan aktivitas fisik setiap hari:
Ya/Tidak*
Tidak merokok di dalam rumah: Ya/Tidak*
|
4.
KEMAMPUAN KELUARGA MELAKUKAN TUGAS PEMELIHARAAN KESEHATAN
ANGGOTA KELUARGANYA
|
5.
V.
ASKEP KELUARGA
a.
PENGKAJIAN
NO
|
BATASAN
KARAKTERISTIK
|
PENGKAJIAN
|
KETERANGAN
|
1.
|
Anak :
perilaku yang merusak,
kegagalan berkembang,
frekuensi kecelakaan dan sakit,
riwayat trauma maupun kekerasan,
kurang kasih sayang,
kecemasan,
prestasi akademik yang buruk,
kemempuan sosial yang buruk,
kecendrungan untuk lari dari rumah.
|
|
|
2.
|
Orang tua :
tampak adanya kekurangan
pertemuan/interaksi dengan anak sesuai dengan yang dibutuhkan,
adanya pengabaian terhadap anak,
menyatakan frustasi karena
ketidakmampuan menjalankan peran,
mengekspresikan ketidak mampuan
mengontrol anak
mengekspresikan hal negatif mengenai
anak,
ketidakadekuatan mempertahankan
kesehatan anak,
ketidaksesuaian mengatur pengasuhan
anak,
ketidakcocokan cara menstimulasi anak
(baik dengan cara sentuhan, mendengarkan, maupun perhatian),
ketidakkonsistenan memberi
asuhan/perawatan,
memberi asuhan yang buruk atau tidak
sesuai
perilaku kekerasan pada anak,
lingkungan rumah yang tidak nyaman,
kurangnya pemberian kasih sayang.
|
|
|
b.
INTERVENSI DAN IMPLEMENTASI
NO
|
INTERVENSI
|
RASIONAL
|
K1
|
K2
|
K3
|
K4
|
K5
|
K6
|
KETERANGAN
|
1
|
Libatkan
orang tua dalam perawatan anak dan bayi
|
Untuk meningkatkan kasih sayang dengan
anak
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
Sediakan
kesempatan untuk melakukan asuhan agar orang tua saling berbagi dengan anak.
|
Partisipasi
dalam perawatan meningkatakan perasaan harga diri orang tua
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
Ajarkan
orang tua mengenai tumbuh kembang, manajemen laktasi, rutinitas perawatan
anak dengan baik, tanda dan gejala penyakit, kebutuhan anak terhadap sentuhan
dan stimulasi sensorik
|
Pengetahuan
mengenai tumbuh kembang yang normal bisa meningkatkan perubanhan menjadi
orang tua yang baik dan benar
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
Demonstrasikan
cara-cara perawatan kepada orang tua (rule model)
|
Kurangnya
pengetahuan dalam praktek perawatan anak dan norma tumbuh kembang anak
berkontribusi secara signifikan adanya kekerasan pada anak. Mendemonstrasikan
kemampuan menjadi orang tua lebih efektif dari pada pengajajaran mengenai teori.
|
|
|
|
|
|
|
|
5
|
Anjurkan
orang tua memberi pertanyaan tentang asuhan terhadap anak dan sediakan
informasi yang sesuai
|
Untuk
menghilangkan kecemasan dan memonitor pengetahuhan yang didapat
|
|
|
|
|
|
|
|
6
|
Puji
orang tua ketika menunjukkan kemampuan menjadi orang tua yang baik
|
Untuk
menyediakan pengutan yang positif
|
|
|
|
|
|
|
|
7
|
Arahkan
orang tua ke kelompok dukungan keluarga dan komunitas lainnya (rujukan)
|
Dukungan
kelompok akan membantu mengurangi isolasi
|
|
|
|
|
|
|
|
8
|
Waspada
terhadap adanya tanda dan gejala kekerasan pada anak, termasuk pengabaian dan
incident kecelakaan, perilaku ketakukan pada anak, laporkan kecurigaan kekerasan pada anak kepada pihak
yang berwenang
|
Melaporkan
kekerasan pada anak adalah pekerjaan professional.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
TANDA TANGAN KELUARGA
|
|
|
|
|
|
|
|
|
c.
EVALUASI
NO
|
KRITERIA HASIL
|
K1
|
K2
|
K3
|
K4
|
K5
|
K6
|
KETERANGAN
|
1
|
Orang tua melakukan kontak mata, fisik
dan komunikasi yang sesuai ketika berinteraksi dengan anak atau bayi.
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
Orang tua menyatakan indikasi kepuasan
terhadap anak dan bayi.
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
Orang tua melakukan teknik memberi
makan, memandikan dan memakaikan pakaian anak dengan benar.
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
Orang tua melakukan rutinitas
pengasuhan anak dengan baik.
|
|
|
|
|
|
|
|
5
|
Orang tua menyatakan pengetahuannya
mengenai norma-norma perkembangan.
|
|
|
|
|
|
|
|
6
|
Orang tua menyediakan aktivitas
bermain untuk anak.
|
|
|
|
|
|
|
|
7
|
Orang tua mengidentifikasi cara
mengekspresikan rasa marah dan frustasi yang tidak membahayakan anak.
|
|
|
|
|
|
|
|
d.
TINGKAT KEMANDIRIAN KELUARGA
NO
|
TINGKAT
KEMANDIRIAN
|
TK1
|
TK2
|
TK3
|
TK4
|
TK5
|
TK6
|
KETERANGAN
|
1
|
Menerima petugas puskesmas
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
Menerima yankes sesuai rencana
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
Menyesuaikan masalah kesehatan secaara
benar
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
Memanfaatkan faskes sesuai anjuran
|
|
|
|
|
|
|
|
5
|
Melaksanakan perawatan sederhana
sesuai anjuran
|
|
|
|
|
|
|
|
6
|
Melaksanakan tindakan pencegahan
secara aktif
|
|
|
|
|
|
|
|
7
|
Melaksanakan tindakan promotif secara
aktif
|
|
|
|
|
|
|
|
CATATAN
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
Padang,………………
Nama:
NIP:
Tidak ada komentar:
Posting Komentar