Topik : Berkenalan dengan anggota kelompok
Terapis : 17 Orang Mahasiswa
Sasaran : 6 Orang Klien
Ruangan :MPKP Merpati
A.
LATAR BELAKANG
Manusia
merupakan makhluk sosial hidup berkelompok, saling berhubungan untuk memenuhi
kebutuhan sosial seperti saling memiliki, butuh pengakuan, penghargaan dan
pernyataan dari satu dengan yang lain saling ketergantungan yang erat sebagai
manusia yang holistik.
Penggunaan
kelompok dalam asuhan keperawatan jiwa member dampak yang positif dalam upaya
promotif, kuratif dan rehabilitative, karena dapat diperoleh dukungan
pendidikan, peningkatan kemampuan pemecahan masalah dan meningkatkan hubungan
interpersonal serta uji relitas. Berbagai uji keperawatan yang dikembangkan
difokuskan pada klien secara individu, kelompok, keluarga mupun komunitas.
Terapi
aktivitas kelompok merupakan salah satu terapi modalisasi yang dilakukan
perawat pada kelompok klien yang mempunyai masalah keperawatan yang sama.
Aktivitas digunakan sebagai terapi, dan kelompok digunakan sebagai target
asuhan.
B.
TUJUAN
1.
Tujuan Umum
Klien mampu
menyampaikan topik pembicaraan tertentu dengan anggota kelompok .
2. Tujuan
Khusus
a)
Menyampaikan topik yang akan dibicarakan.
b)
Memilih
topik yang ingin dibicarakan
c)
Member
pendapat tentang topik yang dipilih
- KRITERIA KLIEN
1. Klien yang sudah mampu berkomunikasi
dengan orang lain
2. Klien yang sudah mampu
memperkenalkan diri
3. Klien yang sudah mampu berbicara
lancar atau tidak kacau dan dapat dimengerti oleh orang lain
4. Klien yang sudah tahap sp 2 dan
implementasi
5. Klien dengan kondisi fisik yang baik
6. Klien yang dengan sikap kooperatif
7. Klien telah mengikuti TAK sesi 1,
TAK sesi 2, dan TAK sesi 3
- PELAKSANAAN KEGIATAN TAK
1.
Langkah Kegiatan
a.
Persiapan
1) Memilih klien
sesuai indikasi , yaitu Isolasi
sosial : Menarik diri
2) Mengingatkan kontrak dengan anggota kelompok pada sesi
3 TAKS.
3) Mempersiapkan
alat dan tempat pertemuan
b.
Orientasi
1) Memberikan
salam teraupetik :
a.
Memberikan
salam dari terapis
b.
Peserta dan terapis memakai papan
nama
2) Evaluasi / validasi
:
a.
Menanyakan
perasaan klien saat ini.
b.
Menanyakan
apakah telah latihan bercakap-cakap
dengan orang lain
3) Kontrak :
a) Menjelaskan
tujuan kegiatan yaitu
memperkenalkan diri
b) Menjelaskan
aturan permainan
· Jika ada
klien yang akan meninggalkan kelompok harus meminta izin kepada terapis
· Lama kegiatan
45 menit
· Setiap klien
mengikuti kegiatan dari awal sampai selesai
c.
Tahap Kerja
1) Menghidupkan kaset pada tape
recorder dan edarkan bola tenis berlawanan dengan arah jarum jam.
2) Pada saat music dimatikan
atau music berhenti, anggota
kelompok yang memegang bola mendapat
giliran untuk menyampaikan satu topik yang ingin dibicarakan. Dimulai oleh
terapis sebagai contoh.Misalnya,”cara yang baik “ atau “cara mencari teman “.
3) Tuliskan pada Flipchart/ whiteboard topic
yang disampaikan secara
berurutan.
4) Ulangi a,b, dan c sampai semua
anggota kelompok yang menyampaikan topic yang
ingin dibicarakan.
5) Hidupkan lagi
kaset dan edarkan bola tenis.
Pada saat dimatikan, anggota yang
memegang bola memilih topik yang
disukai untuk dibicarakan dari daftar
yang ada.
6) Ulangi e sampai semua anggota
kelompok memilih topik
7) Terapis membantu menetapkan topik
yang paling banyak dipilih
8) Hidupkan lagi kaset dan edarkan bola tenis.Pada saat
dimatikan, anggota yang memegang bola menyampaikan pendapat tentang topik yang
dipilih
9) Ulangi h sampai semua anggota
kelompok menyampaikan pendapat
10) Beri pujian untuk tiap hari
keberhasilan anggota kelompok dengan memberi tepuk tangan.
d.
Tahap Terminasi
1) Evaluasi
a) Menanyakan perasaan
klien setelah mengikuti TAK
b) Memberikan
pujian atas keberhasilan kelompok
2) Rencana
tindak lanjut
a) Menganjurkan
tiap anggota kelompok melatih memperkenalkan diri kepada orang lain dikehidupan
sehari – hari.
b) Memasukkan
kegiatan memperkenalkan diri pada jadwal kegiatan harian klien
3) kontrak
yang akan datang
a) Menyepakati
kegiatan berikut, yaitu berkenalan dengan anggota kelompok
b) Menyepakati
waktu dan tempat
e.
Evaluasi dan Dokumentasi
1)
Evaluasi
Evaluasi
dilakukan saat proses TAK berlangsung khususnya pada tahap kerja.Aspek yang
dievaluasi adalah kemampuan klien
sesuai dengan tujuan TAK. Untuk TAKS Sesi 4,
dievaluasi kemampuan klien menyampaikan,memilih,
dan member pendapat tentang topik percakapan serta kemampuan non verbal
dengan menggunakan formulir evaluasi berikut :
Sesi 4 : TAKS
Kemampuan bercakap –cakap
topik tertentu
a). Kemampuan Verbal
: Menyampaikan topik
NO
|
Aspek yang dinilai
|
Nama Klien
|
|||||
Tn.P
|
Tn.Y
|
Tn.A
|
Tn.G
|
Tn.D
|
Tn.H
|
||
1
|
Menyampaikan
topik dengan jelas
|
|
|
|
|
|
|
2
|
Menyampaikan
topik secara ringkas
|
|
|
|
|
|
|
3
|
Menyampaikan
topik yang relevan
|
|
|
|
|
|
|
4
|
Menyampaikan
topik secara spontan
|
|
|
|
|
|
|
|
Jumlah
|
|
|
|
|
|
|
b). Kemampuan Verbal : Memilih topik
NO
|
Aspek yang dinilai
|
Nama klien
|
||||||||||
Tn.P
|
Tn.Y
|
Tn.A
|
Tn.G
|
Tn.D
|
Tn.H
|
|||||||
1
|
Memilih
topik yang jelas
|
|
|
|
|
|
|
|||||
2
|
Memilih topik secara ringkas
|
|
|
|
|
|
|
|||||
3
|
Memilih
topik yang relevan
|
|
|
|
|
|
|
|||||
4
|
Memilih
topik secara spontan
|
|
|
|
|
|
|
|||||
|
Jumlah
|
|
|
|
|
|
|
|||||
c)
Kemampuan
verbal : Memberi pendapat
NO
|
Aspek yang dinilai
|
Nama klien
|
||||||||||
Tn.P
|
Tn.Y
|
Tn.A
|
Tn.G
|
Tn.D
|
Tn.H
|
|||||||
1
|
Menyampaikan
pendapat dengan jelas
|
|
|
|
|
|
|
|||||
2
|
Menyampaikan
pendapat secara ringkas
|
|
|
|
|
|
|
|||||
3
|
Menyampaikan
pendapat yang relevan
|
|
|
|
|
|
|
|||||
4
|
Menyampaikan
pendapat secara spontan
|
|
|
|
|
|
|
|||||
|
Jumlah
|
|
|
|
|
|
|
|||||
d)
Kemampuan
Nonverbal
NO
|
Aspek yang dinilai
|
Nama klien
|
||||||||||
Tn.P
|
Tn.Y
|
Tn.A
|
Tn.G
|
Tn.D
|
Tn.H
|
|||||||
1
|
Kontak mata
|
|
|
|
|
|
|
|||||
2
|
Duduk
tegak
|
|
|
|
|
|
|
|||||
3
|
Menggunakan
bahasa tubuh yang sesuai
|
|
|
|
|
|
|
|||||
4
|
Mengikuti
kegiatan dari awal sampai akhir
|
|
|
|
|
|
|
|||||
|
Jumlah
|
|
|
|
|
|
|
|||||
- PELAKSANAAN
1. Hari / tanggal : Kamis,11 november 2010
2. Tempat : MPKP MERPATI
3. Waktu : 10.00-10.45 wib
4. Jumlah klien : 6 (Enam) orang
F.
PENGORGANISASIAN
1. Struktur Organisasi
a.
Leader
: Shafyuddin
b. Co leader : Rido
Setiawan
c. Fasilitator : Rio
oktrinaldi
Aksiza
Eka Syahputra
Syahri
Rahmadani
Kamisah
Gustina
Puspita Sari
Sherlita
Yulia Ningsih
d. Observer : Herriyadi
Lusi
Ermawati
e. Teknisi : Amri
f. Keamanan : Yazir Arafat
Fahrizal
Karli
Dodi
Hermanto
Boni
Lantinko
Neldawati
Pandi
2. Uraian Tugas
a. Tugas Leader
ü Membuka acara TAKS
ü Memperkenalkan anggota terapis
ü Menjelaskan tujuan aktivitas
ü Memberikan kesempatan kepada klien
untuk saling mengenal
ü Menjelaskan aturan permainan
ü Memberikan reinforcement
ü Mengaktifkan kelompok
ü Menutup jalannya TAKS
b. Tugas Co Leader
ü Menyampaikan informasi dari
fasilitator kepada leader
ü Mengingatkan leader bila diskusi
menyimpang
c. Tugas Fasilitator
ü Memfasilitasi klien yang kurang
aktif
ü Menjadi ide model
d. Tugas Observer
ü Mengobservasi jalan diskusi
ü Mencatat perilaku verbal selama
kegiatan berlangsung
ü Melaporkan jalannya kegiatan TAK
e. Tugas Keamanan
ü Mengamankan jalannya terapi dan
menjaga klien tetap tertib
- MEDIA
1. Speaker
2. Pengeras suara (mic)
3. Spidol
4. Buku catatan dan pena
5. Kamera dokumentasi
6. Kursi 11
- ALOKASI WAKTU
I. ANTISIPASI
MASALAH
1. Jika klien ingin ke kamar mandi atau
toilet harus izin terapis
2. Jika klien yang direncanakan
tiba-tiba tidak mau ikut, perawat perlu menanyakan alasannya. Jika sulit diberi
pengertian tidak dilibatkan dalam kelompok
3. Jika ada klien yang mengganggu
jlannya acara terapis akan dikeluarkan dari kelompok
4. Jika ada dalam anggota saling
mempertahankan argumentasinya Leader berperan dalam meluruskannya.
J. PROSES
EVALUASI
1. Evaluasi Struktur
a. Peserta 10 orang
b. Setting tempat klien baik berbentuk
lingkaran dengan suasana tenang dan tidak ada yang mondar-mandir
c. Mahasiswa dapat melakukan kegiatan
sesuai peran dan tugasnya masing-masing
d. Fasilitas lengkap
2. Evaluasi Proses
a. Klien tidak ada yang meninggalkan
ruangan
b. Semua klien aktif dan dapat
memberikan tanggapan dengan segera secara keseluruhan
3. Evaluasi Hasil
a. Klien dapat mengungkapkan perasaan
setelah berkenalan dengan anggota kelompok
b. Klien mampu bersosialisasi dengan
lingkungan sekitar dank lien dapat mengungkapkan perasaan setelah TAKS
Tidak ada komentar:
Posting Komentar