Aplikasi Merah Putih

Assalamualaikum.
dalam rangka memeriahkan hari kemerdekaan Indonesia, telah hadir aplikasi merah putih terbaru untuk mendapatkan pulsa gratis. Sudah terbukti dapat pulsa langsung. Sebarkan berita gembira ini. Download aplikasinya lewat link dibawah ini :
https://invite.cashtree.id/fd659d

Rancangan Pembelajaran Dengan Sasaran Kelompok




1.            Pengkajian
Seorang perawat di Pusat Kesehatan Masyarakat ( PUSKESMAS) melakukan pengkajian terhadap RT 01 RW 01 Desa Pekan Heran yang dimana banyak penderita DBD. Di bawah ini disajikan sebagai data hasil pengkajian yang di dapat. Hasil pengkajian itu, mendukung adanya masalah tentang perilaku.

Pengkajian Faktor Predisposisi

a.   Riwayat Keperawatan Komunitas
Warga RT 01 RW 01 Desa Pekan Heran banyak menderita DBD. lingkungan tempat mereka tinggal tampak kotor. banyak air yang tergenang. disamping itu banyak sampah yang bertumpukan dimana-mana. Mereka juga tidak menutup bak mandi mereka dan jarang menguras bak mandi. mereka tidak mengetahui bahwa tempat – tempat tersebut menjadi tempat berkembang biak nyamuk Aedes Aegypti. Ditempat air tergenang tersebut banyak terdapat jentik – jentik nyamuk. Warga RT 01 RW 01 Desa Pekan Heran memiliki perekonomian yang rendah. mereke rata – rata bekerja sebagai petani.

b.      Keadaan Fisik
Saat dilakukan pemeriksaan dilingkungan Warga RT 01 RW 01 Desa Pekan Heran, tampak banyak air tergenang disekitar rumah warga. Mereka tidak menutup bak mandi. sewaktu ditanya, mereka mengatakan jarang menguras bak mandi mereka. Disamping itu banyak terdapat tumpukan – tumpukan sampah yang merupakan tempat nyamuk berkembang biak. Got – got pun banyak terdapat jentik – jentik nyamuk.

c.       Kesiapan Belajar
Warga RT 01 RW 01 Desa Pekan Heran melalui Ketua RT nya mengatakan bahwa mereka tertarik untuk mengikuti penyuluhan – penyuluhan tentang pencegahan DBD.

d.      Motivasi Belajar
Motivasi belajar Warga RT 01 RW 01 Desa Pekan Heran untuk mengikuti penyuluhan tentang DBD. mereka tampak bersemangat saat mendengar akan dilakukan penyuluhan di RT mereka.

e.       Kemampuan Membaca
Walaupun warga RT 01 RW 01 Desa Pekan Heran mempunyai perekonomian rendah, tetapi mereka mempunyai kemampuan membaca yang cukup baik karena rata – rata mereka tamat SMP.

Pengkajian Faktor Pemungkin.
Di Desa Pekan Heran terdapat balai desa yang dapat dipergunakan untuk tempat penyuluhan. sehingga warga dapat dikumpulkan dibalai desa tersebut.

Pengkajian Faktor Penguat
Ketua RT 01 RW 01 Desa Pekan Heran mau bekerja sama dengan penyuluh dalam melaksanakan penyuluhan, bahkan ia meminta bantuan Kepala Desa dalam hal peminjaman balai desa. Ia sangat memperhatikan masalah kebersihan  lingkungan di RT nya.

2.   Diagnosa Keperawatan Yang Muncul
Berdasarkan data hasil pengkajian yang ditemukan. Perawat berusaha merumuskan diagnosa keperawatan. Adapun diagnosa keperawatan tersebut dirumuskan sebagai berikut :
a.      Kurang pengetahuan RT 01 RW O1 Desa Pekan Heran tentangpenyebab DBD b.d kurang terpapar informasi tentang DBD.
b.      Kurang Pengetahuan warga RT 01 RW O1 Desa Pekan Heran tentang tanda dan gejala DBD b.d. kurangnya terpapar informasi tentang DBD.
c.       Kurang pengetahuan warga RT 01 RW O1 Desa Pekan Heran tentang pencegahan DBD b.d kurang mendapat informasi tentang DBD.

Sesuai dengan teori yang ada, diagnosa keperawatan pada warga RT 01 RW O1 Desa Pekan Heran dapat juga dirumuskan dengan cara, kurang pengetahuan diganti menjadi etiologi dan sebuah risiko yang dapat terjadi warga RT 01 RW O1 Desa Pekan Heran.

            Rumusnya dapat menjadi sebagai berikut :
Risiko tinggi terkena DBD b.d kurang pengetahuan warga RT 01 RW O1 Desa Pekan Heran tentang DBD.


Rancangan Pembelajaran Dengan Sasaran Kelompok

Diagnosa Keperawatan :
Kurang pengetahuan warga RT 01 RW O1 Desa Pekan Heran tentang pencegahan DBD b.d kurang mendapat informasi tentang DBD.

a. Tujuan Pembelajaran
1. Tujuan Umum
    Setelah mendapatkan penyuluhan tentang DBD warga RT 01 RW O1 Desa Pekan Heran dapat mengerti tentang seluk beluk DBD dan dapat melakukan pencegahan DBD.
   
   2. Tujuan Khusus
       Setelah menerima penyuluhan tentang Pencegahan DBD selam 2 x 60 menit warga RT 01 RW O1 Desa Pekan Heran mampu :
a.       Menjelaskan pengertian DBD
b.      menjelaskan penyebab DBD
c.       menjelaskan ciri – ciri nyamuk Aedes Aegypti
d.      menjelaskan penyebaran demam berdarah
e.       menjelaskan Siklus hidup penyebaran virus Dengue
f.       menjelaskan gejala penyakit demam berdarah
g.      menjelaskan Pencegahan DBD
h.      menjelaskan Pencegahan Dengan Cara 3M
i.        menjelaskan Bagaimana Cara melaksanakan "3M"

b. Materi Belajar
  1. Pengertian Demam Berdarah Dengue (DBD)
  2. Penyebab Demam Berdarah
  3. ciri – ciri nyamuk Aedes Aegypti
  4. penyebaran demam berdarah
  5. Siklus hidup penyebaran virus Dengue
  6. gejala penyakit demam berdarah
  7. Pencegahan Demam Berdarah Dengue
  8. Pencegahan DBD Dengan Cara 3M
  9. Bagaimana Cara melaksanakan 3M

c. Metode Belajar
  1. Metode Ceramah
Metode belajar yang digunakan adalah metode ceramah dan dilakukan tanya jawab jika warga kurang mengerti.

  1. Metode Demonstrasi
Metode ini dilakukan dengan cara langsung turun ke lingkungan warga dan mencontohkan bagaimana cara – cara pencegahan DBD. Kemudian warga menerapkan dengan cara membersihkan langsung lingkungan mereka dengan bersama – sama saat itu juga.

d. Alat Bantu Belajar
  1. Bahan presentasi tentang DBD dengan menggunakan OHP atau Infokus.
  2. Peralatan untuk membersihkan lingkungan seperti cangkul, parang, sapu, keranjang samapah, sikat kamar mandi, dan juga bubuk abate.

e. Evaluasi Belajar
            Evaluasi belajar akan dilakukan selama penyuluhan dan pada akhir dari penyuluhan. Cara evaluasi akan dilakukan dengan cara mengajukan pertanyaan dan demonstrasi langsung ke lapangan.

     1. Pertanyaan Lisan
a. Jelaskan Pengertian Demam Berdarah Dengue (DBD)
b.Sebutkan Penyebab Demam Berdarah’
c. Sebutkan ciri – ciri nyamuk Aedes Aegypti
d.      Jelaskan penyebaran demam berdarah
e. Jelaskan Siklus hidup penyebaran virus Dengue
f. Jelaskan Pencegahan Demam Berdarah Dengue
g.Jelaskan Pencegahan DBD Dengan Cara 3M
h.Jelaskan Bagaimana Cara melaksanakan 3M

2. Peragaan Demonstrasi
   Penyuluh lagsung turun kelingkungan warga dan mencontohkan cara – cara pencegahan DBD. Kemudian diikuti oleh warga dan warga langsung membersihkan lingkungan mereka.

Tidak ada komentar: