1.
Pengkajian
Seorang perawat di Pusat Kesehatan Masyarakat ( PUSKESMAS) melakukan
pengkajian terhadap RT 01 RW 01 Desa Pekan Heran yang dimana banyak penderita
DBD. Di bawah ini disajikan sebagai data hasil pengkajian yang di dapat. Hasil
pengkajian itu, mendukung adanya masalah tentang perilaku.
Pengkajian Faktor Predisposisi
a. Riwayat
Keperawatan Komunitas
Warga RT 01 RW 01 Desa Pekan Heran banyak menderita
DBD. lingkungan tempat mereka tinggal tampak kotor. banyak air yang tergenang.
disamping itu banyak sampah yang bertumpukan dimana-mana. Mereka juga tidak
menutup bak mandi mereka dan jarang menguras bak mandi. mereka tidak mengetahui
bahwa tempat – tempat tersebut menjadi tempat berkembang biak nyamuk Aedes
Aegypti. Ditempat air tergenang tersebut banyak terdapat jentik – jentik
nyamuk. Warga RT 01 RW 01 Desa Pekan Heran memiliki perekonomian yang rendah.
mereke rata – rata bekerja sebagai petani.
b. Keadaan Fisik
Saat dilakukan pemeriksaan dilingkungan Warga RT 01 RW
01 Desa Pekan Heran, tampak banyak air tergenang disekitar rumah warga. Mereka
tidak menutup bak mandi. sewaktu ditanya, mereka mengatakan jarang menguras bak
mandi mereka. Disamping itu banyak terdapat tumpukan – tumpukan sampah yang
merupakan tempat nyamuk berkembang biak. Got – got pun banyak terdapat jentik –
jentik nyamuk.
c. Kesiapan Belajar
Warga RT 01 RW 01 Desa Pekan Heran melalui Ketua RT
nya mengatakan bahwa mereka tertarik untuk mengikuti penyuluhan – penyuluhan
tentang pencegahan DBD.
d. Motivasi Belajar
Motivasi belajar Warga RT 01 RW 01 Desa Pekan Heran
untuk mengikuti penyuluhan tentang DBD. mereka tampak bersemangat saat
mendengar akan dilakukan penyuluhan di RT mereka.
e. Kemampuan Membaca
Walaupun warga RT 01 RW 01 Desa Pekan Heran mempunyai
perekonomian rendah, tetapi mereka mempunyai kemampuan membaca yang cukup baik
karena rata – rata mereka tamat SMP.
Pengkajian Faktor Pemungkin.
Di Desa Pekan Heran terdapat balai desa yang dapat
dipergunakan untuk tempat penyuluhan. sehingga warga dapat dikumpulkan dibalai
desa tersebut.
Pengkajian Faktor Penguat
Ketua RT 01 RW 01 Desa Pekan Heran mau bekerja sama
dengan penyuluh dalam melaksanakan penyuluhan, bahkan ia meminta bantuan Kepala
Desa dalam hal peminjaman balai desa. Ia sangat memperhatikan masalah
kebersihan lingkungan di RT nya.
2. Diagnosa Keperawatan Yang Muncul
Berdasarkan data hasil pengkajian yang ditemukan.
Perawat berusaha merumuskan diagnosa keperawatan. Adapun diagnosa keperawatan
tersebut dirumuskan sebagai berikut :
a. Kurang pengetahuan RT 01 RW O1 Desa Pekan
Heran tentangpenyebab DBD b.d kurang terpapar informasi tentang DBD.
b. Kurang Pengetahuan warga RT 01 RW O1 Desa
Pekan Heran tentang tanda dan gejala DBD b.d. kurangnya terpapar informasi
tentang DBD.
c. Kurang pengetahuan warga RT 01 RW O1 Desa
Pekan Heran tentang pencegahan DBD b.d kurang mendapat informasi tentang DBD.
Sesuai dengan teori yang ada, diagnosa keperawatan
pada warga RT 01 RW O1 Desa Pekan Heran dapat juga dirumuskan dengan cara,
kurang pengetahuan diganti menjadi etiologi dan sebuah risiko yang dapat
terjadi warga RT 01 RW O1 Desa Pekan Heran.
Rumusnya
dapat menjadi sebagai berikut :
Risiko tinggi terkena DBD b.d kurang pengetahuan warga RT 01 RW O1 Desa
Pekan Heran tentang DBD.
Rancangan
Pembelajaran Dengan Sasaran Kelompok
Diagnosa Keperawatan :
Kurang
pengetahuan warga RT 01 RW O1 Desa Pekan Heran tentang pencegahan DBD b.d
kurang mendapat informasi tentang DBD.
a. Tujuan Pembelajaran
1. Tujuan Umum
Setelah mendapatkan penyuluhan
tentang DBD warga RT 01 RW O1 Desa Pekan Heran dapat mengerti tentang seluk
beluk DBD dan dapat melakukan pencegahan DBD.
2.
Tujuan Khusus
Setelah menerima penyuluhan
tentang Pencegahan DBD selam 2 x 60 menit warga RT 01 RW O1 Desa Pekan Heran
mampu :
a.
Menjelaskan pengertian DBD
b.
menjelaskan penyebab DBD
c.
menjelaskan ciri – ciri nyamuk Aedes Aegypti
d.
menjelaskan penyebaran demam berdarah
e.
menjelaskan Siklus
hidup penyebaran virus Dengue
f.
menjelaskan gejala
penyakit demam berdarah
g.
menjelaskan Pencegahan
DBD
h.
menjelaskan Pencegahan
Dengan Cara 3M
i.
menjelaskan
Bagaimana Cara melaksanakan "3M"
b. Materi
Belajar
- Pengertian Demam Berdarah Dengue (DBD)
- Penyebab Demam Berdarah
- ciri – ciri nyamuk Aedes Aegypti
- penyebaran demam berdarah
- Siklus hidup penyebaran virus Dengue
- gejala penyakit demam berdarah
- Pencegahan Demam Berdarah Dengue
- Pencegahan DBD Dengan Cara 3M
- Bagaimana Cara melaksanakan 3M
c. Metode Belajar
- Metode Ceramah
Metode belajar yang digunakan adalah metode ceramah
dan dilakukan tanya jawab jika warga kurang mengerti.
- Metode Demonstrasi
Metode ini dilakukan dengan cara langsung turun ke
lingkungan warga dan mencontohkan bagaimana cara – cara pencegahan DBD.
Kemudian warga menerapkan dengan cara membersihkan langsung lingkungan mereka
dengan bersama – sama saat itu juga.
d. Alat Bantu Belajar
- Bahan presentasi tentang DBD dengan menggunakan OHP atau Infokus.
- Peralatan untuk membersihkan lingkungan seperti cangkul, parang, sapu, keranjang samapah, sikat kamar mandi, dan juga bubuk abate.
e. Evaluasi Belajar
Evaluasi
belajar akan dilakukan selama penyuluhan dan pada akhir dari penyuluhan. Cara
evaluasi akan dilakukan dengan cara mengajukan pertanyaan dan demonstrasi
langsung ke lapangan.
1. Pertanyaan Lisan
a. Jelaskan
Pengertian Demam Berdarah Dengue (DBD)
b.Sebutkan Penyebab Demam Berdarah’
c. Sebutkan
ciri – ciri nyamuk Aedes Aegypti
d.
Jelaskan penyebaran demam berdarah
e. Jelaskan
Siklus hidup penyebaran virus Dengue
f. Jelaskan
Pencegahan Demam Berdarah Dengue
g.Jelaskan Pencegahan DBD Dengan Cara 3M
h.Jelaskan Bagaimana Cara melaksanakan 3M
2. Peragaan Demonstrasi
Penyuluh
lagsung turun kelingkungan warga dan mencontohkan cara – cara pencegahan DBD.
Kemudian diikuti oleh warga dan warga langsung membersihkan lingkungan mereka.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar