A. KRITERIA KLIEN
1.
Klien
yang sudah mampu berkomunikasi dengan orang lain
2.
Klien
yang sudah mampu memperkenalkan diri
3.
Klien
yang sudah mampu berbicara lancar atau tidak kacau dan dapat dimengerti oleh orang
lain
4.
Klien
yang sudah tahap sp 2 dalam implementasi
5.
Klien
dengan kondisi fisik yang baik
6. Klien yang dengan sikap kooperatif
7. Klien yang telah mengikuti TAK sesi 1, TAK sesi 2,
dan TAK sesi 3
B. PElAKSANAAN
- Hari / tanggal : Kamis,02 Desember 2010
- Tempat : MPKP MERPATI
- Waktu : Mulai pukul 10.00 selama 45 menit – 1 jam
- Jumlah klien : 6 (Enam) orang
C. PENGORGANISASIAN
1. Struktur Organisasi
a. Leader
: Rika Anggraini
a.
Co leader : Nono Fenri
b.
Fasilitator : Hairuddin
Mirwan
Nazaruddin
Nuriansah
Desi Ernawati
Kuntum Khaira
Putri
d. Observer : Riski Kurniadi
Moh. Rio
Dea Rezka Herlen
e. Teknisi : R. Pieba Aguma
f. Dokumentasi : Pujiono
g. Konsumsi : Arlin
f. Keamanan : Okfah
Rian Pratama
Supriadi
2. Uraian Tugas
a.
Tugas Leader
ü Membuka
acara TAKS
ü Memperkenalkan
anggota terapis
ü Menjelaskan
tujuan aktivitas
ü Memberikan
kesempatan kepada klien untuk saling mengenal
ü Menjelaskan
aturan permainan
ü Memberikan
reinforcement
ü Mengaktifkan
kelompok
ü Menutup
jalannya TAKS
b.
Tugas Co Leader
ü Menyampaikan
informasi dari fasilitator kepada leader
ü Mengingatkan
leader bila diskusi menyimpang
c.
Tugas Fasilitator
ü Memfasilitasi
klien yang kurang aktif
ü Menjadi
ide model
d.
Tugas Observer
ü Mengobservasi
jalan diskusi
ü Mencatat
perilaku verbal selama kegiatan berlangsung
ü Melaporkan
jalannya kegiatan TAK
e.
Tugas Keamanan
ü Mengamankan
jalannya terapi dan menjaga klien tetap tertib
D. SETTING TEMPAT
E. MEDIA
1.
Laptop
2.
Spidol
3.
Buku
catatan dan pena
4. Bola
4.
Tempat duduk
5.
Papan nama peserta
F. TAHAPAN
PELAKSANAAN
1. Langkah Kegiatan
a. Persiapan
1)
Memilih klien sesuai kriteria
2)
Mengingatkan kontrak dengan anggota kelompok pada sesi ke 3 TAKS.
3)
Mempersiapkan alat dan tempat pertemuan
b.
Orientasi
1)
Memberikan salam teraupetik
:
a.
Memberikan salam dari terapis
b.
Peserta
dan terapis memakai papan nama
2)
Evaluasi
/ validasi :
a.
Menanyakan perasaan klien saat ini
b.
Menanyakan
apakah telah latihan bercakap-cakap
dengan orang lain
3)
Kontrak :
a)
Menjelaskan tujuan kegiatan yaitu menyampaikan topik tertentu
b)
Menjelaskan aturan permainan
·
Jika ada klien yang akan meninggalkan kelompok harus meminta izin kepada
terapis
·
Lama kegiatan 45 menit
·
Setiap klien mengikuti kegiatan dari awal sampai selesai
c. Tahap Kerja
1)
Menghidupkan
musik dan edarkan bola berlawanan dengan arah jarum jam.
2)
Pada
saat musik dimatikan atau musik
berhenti, anggota kelompok yang memegang
bola mendapat giliran untuk menyampaikan satu topik yang ingin dibicarakan.
Dimulai oleh terapis sebagai contoh. misalnya,”cara yang baik “ atau “cara
mencari teman “.
3)
Tuliskan pada kertas topik yang disampaikan secara berurutan.
4)
Ulangi
a,b, dan c sampai semua anggota kelompok yang
menyampaikan topik yang ingin dibicarakan.
5)
Hidupkan lagi
musik dan edarkan bola. Pada
saat dimatikan, anggota yang memegang
bola memilih topik yang
disukai untuk dibicarakan dari daftar
yang ada.
6)
Ulangi
sampai semua anggota kelompok memilih
topik
7)
Terapis
membantu menetapkan topik yang paling banyak dipilih
8)
Hidupkan lagi musik dan edarkan bola. Pada saat
dimatikan, anggota yang memegang bola menyampaikan pendapat tentang topik yang
dipilih
9)
Ulangi
sampai semua anggota kelompok
menyampaikan pendapat
10)
Beri
pujian untuk tiap hari keberhasilan anggota kelompok dengan memberi tepuk
tangan.
d. Tahap Terminasi
1)
Evaluasi
a)
Menanyakan
perasaan klien setelah mengikuti TAK
b)
Memberikan
pujian atas keberhasilan kelompok
2)
Rencana
tindak lanjut
a)
Menganjurkan
tiap anggota kelompok melatih memperkenalkan diri kepada orang lain dikehidupan
sehari – hari.
b)
Memasukkan
kegiatan memperkenalkan diri pada jadwal kegiatan harian klien
3)
Kontrak
yang akan datang
a)
Menyepakati
kegiatan berikut, yaitu berkenalan membicarakan masalah pribadi
b)
Menyepakati waktu dan tempat
2. Evaluasi dan Dokumentasi
Evaluasi dilakukan
saat proses TAK berlangsung khususnya pada tahap kerja.
Aspek yang dievaluasi adalah kemampuan klien sesuai dengan tujuan TAK. Untuk TAKS Sesi 4, dievaluasi
kemampuan klien menyampaikan, memilih, dan memberi pendapat tentang topik
percakapan serta kemampuan non
verbal dengan menggunakan formulir
evaluasi berikut :
Sesi 4 : TAKS
Menyampaikan Dan Membicarakan Topik Tertentu
a). Kemampuan Verbal :
Menyampaikan topik
NO
|
Aspek yang dinilai
|
Nama Klien
|
|||||
Tn.Z
|
Tn.Sy
|
Tn.I
|
Tn.FR
|
Tn.Su
|
Tn.A
|
||
1
|
Menyampaikan topik dengan jelas
|
|
|
|
|
|
|
2
|
Menyampaikan topik secara ringkas
|
|
|
|
|
|
|
3
|
Menyampaikan topik yang relevan
|
|
|
|
|
|
|
4
|
Menyampaikan topik secara spontan
|
|
|
|
|
|
|
|
Jumlah
|
|
|
|
|
|
|
b). Kemampuan Verbal : Memilih topik
NO
|
Aspek yang dinilai
|
Nama Klien
|
|||||
Tn.Z
|
Tn.Sy
|
Tn.I
|
Tn.F
|
Tn.Su
|
Tn.A
|
||
1
|
Memilih topik dengan jelas
|
|
|
|
|
|
|
2
|
Memilih topik secara ringkas
|
|
|
|
|
|
|
3
|
Memilih topik yang relevan
|
|
|
|
|
|
|
4
|
Memilih topik secara spontan
|
|
|
|
|
|
|
|
Jumlah
|
|
|
|
|
|
|
c). Kemampuan verbal : Memberi pendapat
NO
|
Aspek yang dinilai
|
Nama Klien
|
|||||
Tn.Z
|
Tn.Sy
|
Tn.I
|
Tn.F
|
Tn.Su
|
Tn.A
|
||
1
|
Menyampaikan pendapat dengan jelas
|
|
|
|
|
|
|
2
|
Menyampaikan pendapat secara ringkas
|
|
|
|
|
|
|
3
|
Menyampaikan pendapat yang relevan
|
|
|
|
|
|
|
4
|
Menyampaikan pendapat secara spontan
|
|
|
|
|
|
|
|
Jumlah
|
|
|
|
|
|
|
d). Kemampuan
Nonverbal :
NO
|
Aspek yang dinilai
|
Nama Klien
|
|||||
Tn.Z
|
Tn.Sy
|
Tn.I
|
Tn.F
|
Tn.Su
|
Tn.A
|
||
1
|
Kontak
mata
|
|
|
|
|
|
|
2
|
Duduk tegak
|
|
|
|
|
|
|
3
|
Menggunakan bahasa tubuh yang sesuai
|
|
|
|
|
|
|
4
|
Mengikuti kegiatan dari awal sampai
akhir
|
|
|
|
|
|
|
|
Jumlah
|
|
|
|
|
|
|
PROSES EVALUASI
1.
Evaluasi
Struktur
a. Peserta 6 orang
b.
Setting
tempat klien baik berbentuk lingkaran dengan suasana tenang dan tidak ada yang mondar-mandir
c.
Mahasiswa dapat melakukan kegiatan
sesuai peran dan tugasnya masing-masing
d.
Fasilitas lengkap
2. Evaluasi Proses
a.
Klien
tidak ada yang meninggalkan ruangan
b.
Semua
klien aktif dan dapat memberikan tanggapan dengan segera secara keseluruhan
3. Evaluasi Hasil
a.
Klien dapat mengungkapkan perasaan
setelah berkenalan dengan anggota kelompok
b.
Klien mampu bersosialisasi dengan
lingkungan sekitar dan klien dapat mengungkapkan perasaan setelah TAKS
G. ANTISIPASI MASALAH
1.
Jika
klien ingin ke kamar mandi atau toilet harus izin terapis
2.
Jika
klien yang direncanakan tiba-tiba tidak mau ikut, perawat perlu menanyakan
alasannya. Jika sulit diberi pengertian tidak dilibatkan dalam kelompok
3.
Jika
ada klien yang mengganggu jalannya acara terapis akan dikeluarkan dari kelompok
4.
Jika
ada dalam anggota saling mempertahankan argumentasinya Leader berperan dalam
meluruskannya.
LAMPIRAN
LAPORAN OBSERVER
EVALUASI TAKS SESI 5
KEMAMPUAN BERCAKAP- CAKAP MASALAH
PRIBADI
a. Kemampuan verbal: Memilih topik
NO
|
Aspek yang dinilai
|
Nama Klien
|
|||||
Tn.Z
|
Tn.Sy
|
Tn.I
|
Tn.FR
|
Tn.Su
|
Tn.A
|
||
1
|
Menyampaikan topik dengan jelas
|
√
|
√
|
√
|
√
|
-
|
√
|
2
|
Menyampaikan topik secara ringkas
|
√
|
√
|
√
|
√
|
-
|
√
|
3
|
Menyampaikan topik yang relevan
|
√
|
√
|
√
|
√
|
-
|
√
|
4
|
Menyampaikan topik secara spontan
|
√
|
√
|
√
|
√
|
-
|
√
|
|
Jumlah
|
4
|
4
|
4
|
4
|
-
|
4
|
b). Kemampuan Verbal : Memilih topik
NO
|
Aspek yang dinilai
|
Nama Klien
|
|||||
Tn.Z
|
Tn.Sy
|
Tn.I
|
Tn.F
|
Tn.Su
|
Tn.A
|
||
1
|
Memilih topik dengan jelas
|
√
|
√
|
√
|
√
|
-
|
√
|
2
|
Memilih topik secara ringkas
|
√
|
x
|
x
|
√
|
-
|
√
|
3
|
Memilih topik yang relevan
|
√
|
√
|
√
|
√
|
-
|
√
|
4
|
Memilih topik secara spontan
|
x
|
√
|
√
|
√
|
-
|
x
|
|
Jumlah
|
3
|
3
|
3
|
4
|
-
|
3
|
c). Kemampuan verbal : Memberi pendapat
NO
|
Aspek yang dinilai
|
Nama Klien
|
|||||
Tn.Z
|
Tn.Sy
|
Tn.I
|
Tn.F
|
Tn.Su
|
Tn.A
|
||
1
|
Menyampaikan pendapat dengan jelas
|
√
|
x
|
√
|
x
|
-
|
√
|
2
|
Menyampaikan pendapat secara ringkas
|
x
|
√
|
√
|
√
|
-
|
√
|
3
|
Menyampaikan pendapat yang relevan
|
√
|
√
|
√
|
√
|
-
|
√
|
4
|
Menyampaikan pendapat secara spontan
|
√
|
√
|
√
|
√
|
-
|
√
|
|
Jumlah
|
3
|
3
|
4
|
3
|
-
|
4
|
d). Kemampuan
Nonverbal :
NO
|
Aspek yang dinilai
|
Nama Klien
|
|||||
Tn.Z
|
Tn.Sy
|
Tn.I
|
Tn.F
|
Tn.Su
|
Tn.A
|
||
1
|
Kontak
mata
|
√
|
√
|
√
|
√
|
-
|
√
|
2
|
Duduk tegak
|
√
|
√
|
√
|
√
|
-
|
√
|
3
|
Menggunakan bahasa tubuh yang sesuai
|
√
|
√
|
√
|
√
|
-
|
√
|
4
|
Mengikuti kegiatan dari awal sampai
akhir
|
√
|
√
|
√
|
√
|
-
|
√
|
|
Jumlah
|
4
|
4
|
4
|
4
|
-
|
4
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar