Aplikasi Merah Putih

Assalamualaikum.
dalam rangka memeriahkan hari kemerdekaan Indonesia, telah hadir aplikasi merah putih terbaru untuk mendapatkan pulsa gratis. Sudah terbukti dapat pulsa langsung. Sebarkan berita gembira ini. Download aplikasinya lewat link dibawah ini :
https://invite.cashtree.id/fd659d

PROPOSAL PRAKTIK KERJA LAPANGAN (PKL) BAB III


BAB III
HASIL PENDATAAN

A.    Whienshild Survey
Whienseld survey adalah suatu cara pengumpulan data dan informasi yang didapat dari hasil pendataan dan survey yang terdiri dari demografi, sejarah, etnik, nilai dan keyakinan masyarakat.
1.      Geografis
a.       Nama Desa          :    Desa Suka Jadi
b.      Luas Wilayah      :    7.000 Ha
c.       Perbatasan          
Utara                   :    Desa Pulau Gelang
Selatan                :    Sei. Indragiri
Barat                   :    Desa Teluk Sungkai
Timur                   :    Desa Pulau Jum’at
d.      Keadaan Wilayah
1)      Letak             :    Di Kecamatan Kuala Cenaku
2)      Iklim              :    Tropis
3)      Curah Hujan  :    Tinggi
4)      Keadaan        :    Berawa-rawa dan Gambut
2.      Demografi Desa Terbagi dari 4 dusun.
a.       Dusun Suka Maju
b.      Dusun Tanjung Rantau
c.       Dusun Tasik Rumbia I
d.      Dusun Tasik Rumbia II
1)      Jumlah Penduduk           :  1073
2)      Jumlah KK                     :  256           
3)      Suku Bangsa                   : Jawa dan Melayu
4)      Agama                            :  Islam (99,8%) dan Kristen (0,2%)
5)      Fasilitas Ibadah
a)      Mesjid                       :  3 Unit
b)      Mushalla                   :  2 Unit
6)      Fasilitas Pendidikan
a)      PAUD                      :  Tidak Ada
b)      SD NEGERI            : 2 Unit
c)      TK                            :  Tidak Ada
d)     MDA                        :  1 Unit
e)      SMP Sederajat          : Tidak Ada
f)       SMA Sederajat         :  Tidak Ada
7)      Fasilitas Kesehatan
Desa Suka Jadi memiliki 2 unit bangunan posyandu yang terletak di Blok A dan di Blok B. 1 pustu yang terdapat di blok A namun tidak dimanfaatkan untuk kegiatan pelayanan kesehatan dengan baik.
3.      Sejarah
Daerah Sukajadi dibuka oleh PT Yunawati yaitu PT sawit namun ditempati pada tahun 1980. Pertama dibuka  bertujuan untuk menanam tanaman pangan seperti sawah. Pada tahun 1980 blok B berisi 25 KK dan Blok C ( sekarang disebut desa Suka Mulya). Dulu Desa Sukajadi disebut desa Blok B Kuala Cenaku 1, dimana Kuala Cenaku dibagi : Blok A, Blok  B, Blok Co dan Blok C1.
Pada saat dibuka Blok A berjumlah 52 KK, Blok B 102 KK dan Blok C dengan jumlah nya 50 KK. Desa Sukajadi merupakan Desa pemekaran yang terletak di wilayah Kecamatan Kuala Cenaku Kabupaten Indragiri Hulu. Dahulu Desa Suka Jadi ini adalah bagian dari Desa Kuala Cenaku, terdapat dua dusun yaitu Dusun Tanjung Rantau dan Blok B, karena selalu banjir maka warga mengungsi keluar daerah ini.
Pada tahun 2000 dimasukkan transmigrasi oleh pemerintah pusat untuk menambah jumlah penduduk di desa Suka Jadi menjadi 4 dusun.
Desa pemekaran ini dipimpin oleh PJS (Penjabat Sementara)
1)      PJS yang pertama mulai tahun 2006 s/d 2007 bernama Ali Akbar (Almarhum). Jumlah 300KK.
2)      Kepala Desa mulai tahun 2007 s/d sekarang jumlah penduduknya 304 KK, 1080 jiwa.
4.      Etnis
Desa Sukajadi Dusun Suka Maju, Dusun Tasik Rumbia I dan Dusun Tasik Rumbia II rata-rata manyarakatnya adalah Pendatang  yaitu trasmingrasi dari pulau jawa, sedangkan Dusun Tanjung Rantau merupakan suku asli dari Desa Sukajadi yaitu melayu, sisanya yaitu suku Batak dan Banjar.
5.      Nilai dan Kenyakinan
Dari data yang didapatkan 99,8% adalah beragama islam dan 0,2% beragama kristen. Hal ini terlihat dengan adanya 3 unit Mesjid dan 2 unit Mushola sebangai tempat ibadah masyarakat daerah Desa Suka jadi.
6.      Lingkungan
Sebagian besar wilayah desa Sukajadi merupakan daerah persawahan dan perkebunan sawit dan nanas. Kondisi jalan didesa Sukajadi sebagian ada yang bersemen dan ada juga yang bergambut. Binatang peliharan masyarakat desa suka jadi adalah ayam dan bebek.
7.      Pelayanan kesehatan dan Sosial
Didesa Suka Jadi, terdapat 1 bidan yaitu terletak di Blok A dan terdapat 2 unit posyandu yang masing-masing terletak di Blok A dan Blok B.
8.      Ekonomi
Sebagian besar penduduk Desa Suka Jadi mata pencarian nya adalah bertani dan berkebun dengan penghasilan rata-rata kurang dari Rp. 1.000.000,-. Pasar sebagai pusat perekonomian desa Suka Maju berada didesa pulau jum’at.
9.      Transportasi dan Keamanan
Cara masyarakat melakukan perjalanan adalah dengan menggunakan sepada motor dan bersepeda. Didesa Suka Jadi belum terdapat pelayanan darurat seperti pemadam kebakaran dan polisi sebagai penjaga keamanan.
10.  Pemerintahan
Desa Suka Jadi dipimpin oleh seorang kepala desa yang dipilih secara langsung oleh warga setiap 6 tahun per periode. Desa Suka Jadi dipimpin oleh kepala desa yaitu Bapak Amir Hamzah yang sudah memimpin selama 2 periode kepemimpinan. Kepala Desa di bantu oleh Sekretaris Desa dan 4 kepala dusun.
11.  Komunikasi
Komunikasi antar warga desa sering dilakukan diwarung, tempat pengajian dan rumah warga. Alat komunikasi jarak jauh didesa Suka Jadi adalah dengan menggunakan Handphone. Sebagai sarana informasi masyarakat sudah menggunakan Televisi.
12.  Pendidikan
Didesa Suka Jadi terdapat sarana pendidikan yaitu 2 unit Sekolah Dasar dan 1 unit MDA. UKS di Sekolah Dasar 11 desa Suka Jadi tidak aktif  lagi.
13.  Rekreasi
Didesa Suka Jadi tidak terdapat tempat untuk rekreasi.

1 komentar:

Destur Purnama Jati mengatakan...

bagus kang, lanjoetken