Aplikasi Merah Putih

Assalamualaikum.
dalam rangka memeriahkan hari kemerdekaan Indonesia, telah hadir aplikasi merah putih terbaru untuk mendapatkan pulsa gratis. Sudah terbukti dapat pulsa langsung. Sebarkan berita gembira ini. Download aplikasinya lewat link dibawah ini :
https://invite.cashtree.id/fd659d

MAKALAH SISTEM PENDOKUMENTASIAN PACS



BAB I
PENDAHULUAN

1.1  Latar Belakang
Era globalisasi dan era informasi telah masuk ke seluruh penjuru dunia, termasuk Negara berkembang seperti Indonesia. Hal ini telah membuat tuntutan-tuntutan baru di segala sektor dalam negara kita, tidak terkecuali dalam sektor pelayanan kesehatan. Era globalisasi dan informasi seakan telah membuat standar baru yang harus dipenuhi oleh seluruh pemain di sektor ini. Hal tersebut telah membuat dunia keperawatan di Indonesia tertantang untuk terus mengembangkan kualitas pelayanan keperawatan yang berbasis teknologi informasi.
Dokumentasi keperawatan adalah bagian yang penting dari dokumentasi  klinis. Namun pada saat ini, asuhan  keperawatan  yang dilakukan masih bersifat manual dan konvensional, belum disertai dengan sistem /perangkat tekhonolgi yang memadai. Contohnya dalam hal pendokumentasian asuhan keperawatan masih manual, sehingga perawat mempunyai potensi yang besar terhadap proses terjadinya kelalaian dalam praktek.
Kita sebagai calon perawat masa depan mau tidak mau harus mengikuti perkembangan kemajuan teknologi khususnya bidang komputerisasi agar hal tersebut dapat mempermudah dalam pekerjaan, dan tidak dapat dipungkiri perkembangan komputerisasi dalam keperawatan membawa efek positif dan efek negative.
Dengan adanya kemajuan teknologi informasi dan komunikasi, maka sangat penting bagi perawat untuk memiliki sistem pendokumentasian asuhan yang lebih canggih dengan memanfaatkan perkembangan tehnologi informasi. Pendokumentasian keperawatan dengan menggunakan  komputer diharapkan akan membantu meningkatkan dokumentasi keperawatan yang  berkualitas.

1.2  Rumusan Masalah
1.      Apa yang dimaksud dengan system dokumentasi secara umum?
2.      Bagaimana system pendokumentasian dengan menggunakan gambar pengarsipan dan sistem komunikasi (PACS)?
3.      Apa saja jenis gambar PACS?
4.      Bagaimana cara penggunaan PACS?
5.      Bagaimana arsitektur PACS?
6.      Bagaimana sistem querry dan image retrieval PACS?
7.      Bagaimana gamber arsip dan backup PACS?
8.      Bagaimana Intergrasi PACS?
9.      Bagaimana sejarah PACS?
10.  Apa keprihatinan peraturan dalam penggunaan PACS?

1.3  Tujuan
1.      Untuk mengetahui system dokumentasi secara umum?
2.      Untuk mengetahui system pendokumentasian dengan menggunakan gambar pengarsipan dan sistem komunikasi (PACS)?
3.      Untuk mengetahui saja jenis gambar PACS?
4.      Untuk mengetahui cara penggunaan PACS?
5.      Untuk mengetahui arsitektur PACS?
6.      Untuk mengetahui sistem querry dan image retrieval PACS?
7.      Untuk mengetahui gambar arsip dan backup PACS?
8.      Untuk mengetahui Intergrasi PACS?
9.      Untuk mengetahui sejarah PACS?
10.  Untuk mengetahui peraturan dalam penggunaan PACS?

BAB II
PEMBAHASAN

2.1  Sistem Dokumentasi
Potter (2005) mendefenisikan dokumentasi sebagai segala sesuatu yang tercetak atau tertulis yang dapat diandalkan sebagai catatan tentang bukti bagi individu yang berwenang . Dokumentasi keperawatan juga merupakan salah satu bentuk upaya membina dan mempertahankan akontabilitas perawat dan keperawatan (Webster New World Dictionary dalam Marelli (1996).  Pelaksanaan dokumentasi proses keperawatan juga sebagai salah satu alat ukur untuk mengetahui, memantau dan menyimpulkan suatu pelayanan asuhan  keperawatan yang diselenggarakan di rumah sakit (Fisbach, 1991).
Computerized nursing documentation adalah  suatu modul keperawatan yang dikombinasikan dengan sistem komputer rumah sakit ke staf perawat. Dengan sistem yang terkomputerisasi ini perawat dapat melakukan akses ke   laboratorium, radiologi, fisioterapi, dan disiplin yang lain, seperti ahli gizi, fisioterapi, dan disiplin ilmu lain seperti ahli gizi, fisioterapis, occupational therapies.
Pemikiran tentang dokumentasi keperawatan yang terkomputerisasi di buat dalam rangka memudahkan dan mempercepat pendoukmentasian asuhan keperawatan yang dibuat. Dengan sistem ini perawat lebih dapat  menghemat waktu dan perawat akan lebih sering berada di samping pasien. Dengan  dokumentasi yang terkomputerisasi ini pencatatan dapat dilakukan akurat dan lengkap

2.2  Gambar Pengarsipan Dan Sistem Komunikasi
Sebuah gambar pengarsipan dan sistem komunikasi (PACS) adalah pencitraan medis, teknologi yang menyediakan penyimpanan ekonomis, dan akses mudah ke gambar dari beberapa modalitas gambar Elektronik dan laporan ditularkan melalui digital PACS; ini menghilangkan kebutuhan untuk secara manual file, mengambil, atau jaket transportasi film. Format universal untuk penyimpanan foto PACS dan transfer DICOM (Digital Imaging dan Komunikasi di Pengobatan). Non-data gambar, seperti scan dokumen, dapat dimasukkan dengan menggunakan format standar industri konsumen seperti PDF (Portable Document Format) , setelah dikemas dalam DICOM. Sebuah PACS terdiri dari empat komponen utama: modalitas pencitraan seperti X-ray computed tomography (CT) dan Magnetic Resonance Imaging (MRI), sebuah dijamin jaringan untuk transmisi informasi pasien, workstation untuk menafsirkan dan meninjau gambar, dan arsip untuk penyimpanan dan pengambilan gambar dan laporan. Dikombinasikan dengan tersedia dan muncul web teknologi, PACS memiliki kemampuan untuk memberikan akses yang tepat dan efisien untuk gambar, interpretasi, dan data yang terkait. PACS memecah hambatan fisik dan waktu yang terkait dengan tradisional berbasis film pengambilan gambar, distribusi, dan layar.

A.    Jenis-jenis Gambar PACS
    Kebanyakan PACSs menangani gambar dari berbagai instrumen pencitraan medis, termasuk ultrasound (US) , magnetic resonance (MR) , positron emission tomography (PET) , computed tomography (CT) , endoskopi (Endo) , mammogram (MG) ​​, Digital radiografi (DR) , dihitung radiografi (CR) oftalmologi, dll jenis Tambahan format gambar yang selalu ditambahkan. Daerah klinis di luar radiologi; kardiologi, onkologi, gastroenterologi dan bahkan laboratorium yang menciptakan gambar medis yang dapat dimasukkan ke dalam PACS

B.     Penggunaan PACS
PACS memiliki empat menggunakan utama:
  • Pengganti hard copy: PACS menggantikan hard copy didasari maksud untuk mengatur gambar medis, seperti arsip film. Dengan harga penurunan penyimpanan digital, PACSs memberikan biaya tumbuh dan keuntungan ruang angkasa arsip film di samping akses cepat ke gambar sebelumnya di lembaga yang sama. Salinan digital yang disebut sebagai Soft-copy.
  • Remote akses: Ini memperluas kemungkinan sistem konvensional dengan memberikan kemampuan off-site melihat dan pelaporan ( pendidikan jarak jauh , telediagnosis ). Hal ini memungkinkan praktisi di lokasi fisik yang berbeda untuk mengakses informasi yang sama secara bersamaan untuk teleradiology .
  • Gambar platform integrasi elektronik: PACS menyediakan platform elektronik untuk gambar radiologi berinteraksi dengan lainnya sistem otomatisasi medis seperti Sistem Informasi Rumah Sakit (HIS), Rekam Medis Elektronik (EMR), Perangkat Lunak Praktik Manajemen , dan Sistem Informasi Radiologi (RIS).
  • Radiologi Manajemen Workflow: PACS digunakan oleh personel radiologi untuk mengelola alur kerja ujian pasien.
PACS ditawarkan oleh hampir semua pabrikan besar peralatan pencitraan medis, perusahaan IT medis dan banyak perusahaan software independen. Dasar PACS perangkat lunak dapat ditemukan bebas di Internet.

C.    Arsitektur PACS 
Arsitektur adalah pelaksanaan fisik fungsi yang diperlukan, atau apa yang melihat dari luar. Ada pandangan yang berbeda, tergantung pada pengguna. Sebuah radiolog biasanya melihat stasiun melihat, teknolog workstation QA, sementara PACS administrator mungkin menghabiskan sebagian besar waktu mereka di ruang komputer iklim-dikontrol. Pandangan komposit agak berbeda untuk berbagai vendor.
Biasanya PACS terdiri dari banyak perangkat. Langkah pertama dalam sistem PACS khas adalah modalitas. Modalitas biasanya computed tomography (CT), USG, kedokteran nuklir, positron emission tomography (PET), dan pencitraan resonansi magnetik (MRI). Tergantung pada fasilitas alur kerja modalitas yang paling mengirim ke jaminan kualitas (QA) workstation atau kadang-kadang disebut gateway PACS. Workstation QA sebuah pos pemeriksaan untuk memastikan demografi pasien sudah benar serta atribut penting lainnya dari studi. Jika informasi studi adalah benar gambar yang dikirimkan ke arsip untuk penyimpanan. Perangkat penyimpanan sentral (arsip) menyimpan gambar dan dalam beberapa kasus laporan, pengukuran dan informasi lain yang tinggal dengan gambar. Langkah berikutnya dalam alur kerja PACS adalah workstation membaca. Workstation membaca ulasan ahli radiologi di mana studi pasien dan merumuskan diagnosis mereka. Biasanya terkait dengan workstation membaca adalah paket melaporkan bahwa membantu ahli radiologi dengan mendikte laporan akhir. Perangkat lunak pelaporan adalah opsional dan ada berbagai cara di mana dokter lebih memilih untuk mendikte laporan mereka. Tambahan untuk alur kerja yang disebutkan, biasanya ada CD / DVD authoring software yang digunakan untuk membakar studi pasien untuk distribusi ke pasien atau dokter merujuk. Diagram di atas menunjukkan alur kerja umum di pusat-pusat pencitraan yang paling dan rumah sakit. Perhatikan bahwa bagian ini tidak mencakup integrasi dengan Sistem Informasi Radiologi, Sistem Informasi Rumah Sakit dan lainnya seperti front-end sistem yang berhubungan dengan alur kerja PACS.
PACS lebih dan lebih mencakup antarmuka berbasis web untuk memanfaatkan internet atau Wide Area Network sebagai sarana komunikasi mereka, biasanya melalui VPN (Virtual Private Network) atau SSL (Secure Socket Layer). Perangkat lunak sisi client dapat menggunakan ActiveX , JavaScript dan / atau Java Applet . Lebih kuat PACS klien adalah aplikasi lengkap yang dapat memanfaatkan sumber daya penuh dari komputer mereka mengeksekusi dan tidak terpengaruh oleh seringnya tanpa pengawasan Web Browser dan update Jawa. Sebagai kebutuhan untuk distribusi gambar dan laporan menjadi lebih luas ada dorongan untuk sistem PACS untuk mendukung DICOM 18 bagian dari standar DICOM. Akses ke web DICOM Objects (Wado) menciptakan standar yang diperlukan untuk mengekspos gambar dan laporan melalui web melalui medium yang benar-benar portabel. Tanpa melangkah di luar fokus dari arsitektur PACS, Wado menjadi solusi untuk lintas platform dan kemampuan dapat meningkatkan distribusi gambar dan laporan untuk merujuk dokter dan pasien.
PACS cadangan gambar adalah bagian penting, tapi kadang-kadang diabaikan, Arsitektur PACS (lihat di bawah). HIPAA mensyaratkan bahwa salinan cadangan dari gambar pasien dilakukan dalam kasus kehilangan gambar dari PACS. Ada beberapa metode cadangan gambar, tetapi mereka biasanya melibatkan secara otomatis mengirimkan salinan gambar ke komputer yang terpisah untuk penyimpanan, sebaiknya off-situs.

D.    query (C-MENCARI) dan Image Retrieval (C-PINDAHKAN)
Komunikasi dengan server PACS dilakukan melalui DICOM benda yang mirip dengan gambar DICOM, tapi dengan tag yang berbeda. Sebuah permintaan biasanya terlihat sebagai berikut:
  • Klien menetapkan koneksi jaringan ke server PACS.
  • Klien menyiapkan objek query yang merupakan objek DICOM dataset kosong.
  • Klien mengisi objek query dengan kunci yang harus dicocokkan. Misalnya untuk query untuk ID pasien, pasien tag ID diisi dengan ID pasien.
  • Klien membuat tag kosong (tag dengan nilai string panjang nol) untuk semua tag yang ingin menerima dari server. Misalnya jika klien ingin menerima ID yang dapat digunakan untuk menerima gambar (lihat pengambilan gambar) harus membuat tag SOPInstanceID (0008,0018) dalam objek query.
  • Obyek query dikirim ke server.
  • Server mengirim kembali ke klien daftar objek respon DICOM.
  • Klien ekstrak tag yang menarik dari objek respon DICOM.
Gambar diambil dari server PACS melalui permintaan C-PINDAH, seperti yang didefinisikan oleh protokol jaringan DICOM. Permintaan ini menentukan di mana sebuah contoh gambar harus dikirim melalui sebuah identifier dikenal sebagai tujuan Judul Aplikasi Badan (AE Judul). Server harus dikonfigurasi dengan pemetaan Judul AE ke alamat TCP / IP dan port, dan sebagai akibatnya server harus mengetahui terlebih dahulu seluruh judul AE yang pernah akan diminta untuk mengirim foto ke perangkat yang meminta penelitian.
Biasanya seorang radiolog adalah mencari untuk studi sebelumnya pada pasien untuk membandingkan perkembangan dari beberapa patologi. Dalam beberapa kasus sebelumnya studie (s) dapat pada arsip off-situs atau perangkat penyimpanan jangka panjang. Pada contoh yang digunakan, radiolog atau radiologi teknis harus query off-situs atau arsip jangka panjang untuk ujian sebelumnya (s). Arsip menerima C-MENCARI dan jika C-MENCARI berhasil arsip memanggil C-PINDAHKAN pada studi untuk Judul AE disebut, pada gilirannya mengirim studi dari arsip ke perangkat yang meminta penelitian.

E.     Gambar arsip dan backup PACS
Gambar medis digital biasanya disimpan secara lokal pada PACS untuk pengambilan. Hal ini penting (dan diperlukan di Amerika Serikat oleh bagian Administrasi Aturan Perlindungan Keamanan dari HIPAA ) bahwa fasilitas memiliki sarana untuk memulihkan gambar dalam hal suatu kesalahan atau bencana. Sementara fasilitas masing-masing berbeda, tujuan dalam gambar back-up adalah untuk membuatnya otomatis dan mudah dijalankan mungkin. Harapannya adalah bahwa salinan tidak akan pernah diperlukan, tetapi, seperti dengan pemulihan bencana dan kelangsungan bisnis perencanaan, mereka harus tersedia jika diperlukan.
Idealnya, salinan gambar harus dialirkan off-situs sebagai mereka diciptakan. (Jika menggunakan internet , Teknis Aturan Keamanan Perlindungan bagian dari HIPAA mensyaratkan bahwa gambar akan dienkripsi selama transmisi.) Tergantung pada bandwidth upload dan volume gambar, ini mungkin tidak praktis jika sistem back-up tidak dapat dikonfigurasi untuk menyempurnakan penggunaan bandwidth dan frekuensi back-up. Pilihan lainnya termasuk removable media (hard drive, DVD atau media lain yang dapat menampung gambar banyak pasien ') yang secara fisik ditransfer off-situs. Isi salinan ini harus dilindungi melalui enkripsi dari paparan personil yang tidak sah atau hukuman kaku dapat dinilai.
Gambar dapat disimpan baik secara lokal dan remote off-line media seperti tape atau media optik, atau sebagian atau secara eksklusif pada hard disk ("berputar") media. Yang terakhir ini menjadi lebih umum. Hard drive dapat dikonfigurasi dan melekat ke server PACS dalam berbagai cara, baik sebagai penyimpanan langsung terpasang (DAS), Network Attached Storage (NAS), atau melalui Storage Area Network (SAN).
Namun penyimpanan terpasang, drive sendiri biasanya dikonfigurasi sebagai Redundant Array of Inexpensive (atau Independen) Disc RAID , yang dapat dikonfigurasi untuk menyediakan kombinasi akses disk lebih cepat atau perlindungan terhadap kegagalan satu (atau bahkan dua) disc dalam array RAID fisik. Biasanya, drive gagal mungkin secara fisik diganti ( hot swapping ) tanpa gangguan layanan. Karena biaya komputer telah jatuh, beberapa situs memilih untuk Arsip sepenuhnya berlebihan, bukan hanya melindungi drive melalui RAID. Selanjutnya, penggerebekan yang rapuh dan dapat dianggap tak berguna oleh salah satu hit pada controller.
Data yang tersimpan pada disk juga dapat mundur ke tape atau media optik atau disalin, secara real time, ke disk, lebih lambat murah di mesin lain di lokasi lain. Beberapa situs membuat dua backup tersebut dan menghapusnya dari situs pada basis yang bergilir.
Dalam hal bahwa perlu untuk merekonstruksi PACS sebagian atau seluruhnya dari back-up gambar, beberapa cara cepat mentransfer semua gambar kembali ke PACS diperlukan, sebaiknya sementara PACS terus menerima dan memberikan gambar saat ini.
Infrastruktur back-up juga dapat mampu mendukung migrasi dari gambar ke PACS yang baru. Karena volume tinggi gambar yang perlu diarsipkan pusat rad banyak yang bermigrasi ke sistem mereka Awan berbasis PACS .


F.     Integrasi PACS



Sebuah PACS penuh harus memberikan titik akses tunggal untuk gambar dan data yang terkait. Artinya, harus mendukung semua modalitas digital, di semua departemen, di seluruh perusahaan.
Namun, sampai PACS penetrasi selesai, pulau individu digital imaging belum terhubung ke pusat PACS mungkin ada. Ini mungkin mengambil bentuk jaringan, lokal modalitas-modalitas spesifik, workstation dan penyimpanan (apa yang disebut "mini-PACS"), atau dapat terdiri dari sekelompok kecil modalitas langsung terhubung ke workstation membaca tanpa penyimpanan jangka panjang atau manajemen. Sistem seperti ini juga sering tidak terhubung ke sistem informasi departemen. Secara historis, USG, Kedokteran Nuklir dan Cath Kardiologi Labs sering departemen yang mengadopsi pendekatan semacam itu.
Baru-baru ini, Full Lapangan mamografi digital (FFDM) telah mengambil pendekatan yang serupa, terutama karena ukuran gambar yang besar, sangat khusus dan persyaratan alur kerja membaca layar, dan intervensi oleh regulator. Penyebaran cepat dari FFDM di AS berikut DMIST studi telah menyebabkan integrasi Mamografi digital dan PACS menjadi lebih umum.
Semua PACS, apakah mereka rentang seluruh perusahaan atau lokal dalam sebuah departemen, juga harus antarmuka dengan sistem informasi rumah sakit yang ada: sistem informasi Rumah Sakit (HIS) dan Sistem Informasi Radiologi (RIS). Ada beberapa data mengalir ke PACS sebagai masukan untuk prosedur berikutnya dan kembali ke HIS sebagai masukan hasil yang sesuai:
Dalam: Identifikasi Pasien dan Pesanan untuk pemeriksaan. Data ini dikirim dari HIS ke RIS melalui antarmuka integrasi, di sebagian besar rumah sakit, melalui HL7 protokol. Pasien ID dan Pesanan akan dikirim ke Modalitas (CT, MR, dll) melalui DICOM protocol (Worklist). Gambar akan dibuat setelah gambar scanning dan kemudian diteruskan ke PACS Server. Laporan Diagnosis dibuat berdasarkan gambar diambil untuk menyajikan dari Server PACS oleh dokter / ahli radiologi dan kemudian disimpan ke Sistem RIS.
Out: Diagnosis Laporan dan Gambar dibuat sesuai. Laporan diagnosis dikirim kembali ke HIS melalui HL7 biasanya dan Gambar yang dikirim kembali ke HIS melalui DICOM biasanya jika ada DICOM Viewer yang terintegrasi dengan HIS di rumah sakit (Dalam sebagian besar kasus, Dokter Klinik mendapat pengingat Laporan Diagnosis datang dan kemudian gambar pertanyaan dari PACS Server).
Antarmuka antara beberapa sistem menyediakan dataset lebih konsisten dan lebih handal:
  • Kurang risiko memasuki ID pasien yang salah untuk studi - modalitas yang mendukung DICOM worklists dapat mengambil informasi pasien mengidentifikasi (nama pasien, nomor pasien, nomor aksesi) untuk kasus-kasus yang akan datang dan sekarang bahwa untuk teknolog, mencegah kesalahan entri data selama akuisisi. Setelah akuisisi selesai, PACS dapat membandingkan data gambar yang tertanam dengan daftar jadwal studi dari RIS, dan dapat bendera peringatan jika data gambar tidak sesuai dengan studi yang dijadwalkan.
  • Data disimpan dalam PACS dapat ditandai dengan identifikasi pasien yang unik (seperti nomor jaminan sosial atau nomor NHS) yang diperoleh dari HIS. Menyediakan metode dari datasets dari beberapa rumah sakit, dimana pusat yang berbeda menggunakan sistem ID secara internal.
Sebuah antarmuka juga dapat meningkatkan pola alur kerja:
  • Ketika studi telah dilaporkan oleh ahli radiologi PACS dapat menandainya sebagai telah dibaca. Hal ini untuk menghindari ganda yang tidak perlu membaca. Laporan dapat menempel pada gambar dan dapat dilihat melalui antarmuka tunggal.
  • Peningkatan penggunaan penyimpanan online dan penyimpanan nearline dalam arsip gambar. PACS dapat memperoleh daftar janji dan penerimaan di muka, memungkinkan gambar yang akan pra-diambil dari off-line penyimpanan atau dekat-line penyimpanan ke penyimpanan disk online.
Pengakuan tentang pentingnya integrasi telah menyebabkan sejumlah pemasok untuk mengembangkan terintegrasi RIS / PACS. Ini mungkin menawarkan sejumlah fitur canggih:
  • Dikte laporan dapat diintegrasikan ke dalam sistem tunggal. Pencatatan secara otomatis dikirim ke workstation penulis transkrip untuk mengetik, tetapi juga dapat dibuat tersedia untuk akses oleh dokter, menghindari penundaan mengetik untuk hasil penting, atau diingat dalam kasus kesalahan mengetik.
  • Menyediakan alat tunggal untuk kontrol kualitas dan tujuan audit. Gambar Ditolak dapat ditandai, sehingga analisis nanti (yang mungkin diperlukan berdasarkan undang-undang proteksi radiasi). Beban kerja dan turn-sekitar waktu dapat dilaporkan secara otomatis untuk tujuan manajemen.

G.    Sejarah PACS
Prinsip-prinsip PACS pertama kali dibahas pada pertemuan ahli radiologi pada tahun 1982. Berbagai orang dikreditkan dengan mata uang dari PACS panjang. Kardiovaskular ahli radiologi Dr Andre Duerinckx melaporkan pada 1983 bahwa ia pertama kali menggunakan istilah tersebut pada tahun 1981.  Dr Samuel Dwyer, meskipun, kredit Dr Judith M. Prewitt untuk memperkenalkan istilah.
Dr Harold Kaca, seorang ahli fisika medis yang bekerja di London pada awal tahun 1990 pembiayaannya dijamin pemerintah Kerajan Inggris dan dikelola proyek selama bertahun-tahun yang mengubah Rumah Sakit Hammersmith di London sebagai rumah sakit filmless pertama di Inggris.Dr Kaca meninggal beberapa bulan setelah proyek datang hidup tetapi dikreditkan dengan menjadi salah satu pelopor dari PACS.
Skala besar pertama PACS instalasi adalah pada tahun 1982 di University of Kansas, Kansas City. Ini instalasi pertama menjadi lebih dari sebuah pengalaman mengajar dari apa yang tidak boleh lakukan, bukan apa yang harus dilakukan dalam instalasi PACS.

H.    Keprihatinan Peraturan PACS
Dalam PACS AS diklasifikasikan sebagai Medical Devices, dan karenanya jika untuk dijual diatur oleh USFDA . Pada umumnya mereka tunduk pada Kelas 2 kontrol dan karenanya memerlukan 510 (k) , meskipun masing-masing komponen PACS dapat dikenakan kontrol umum kurang ketat. Beberapa aplikasi spesifik, seperti penggunaan mamografi untuk interpretasi primer, adalah tambahan diatur  dalam lingkup Undang-Undang Standar Kualitas Mamografi.


BAB III
PENUTUP

3.1 Kesimpulan
Computerized nursing documentation adalah  suatu modul keperawatan yang dikombinasikan dengan sistem komputer rumah sakit ke staf perawat. Dengan sistem yang terkomputerisasi ini perawat dapat melakukan akses ke   laboratorium, radiologi, fisioterapi, dan disiplin yang lain, seperti ahli gizi, fisioterapi, dan disiplin ilmu lain seperti ahli gizi, fisioterapis, occupational therapies.
Sebuah gambar pengarsipan dan sistem komunikasi (PACS) adalah pencitraan medis, teknologi yang menyediakan penyimpanan ekonomis, dan akses mudah ke gambar dari beberapa gambar Elektronik dan laporan ditularkan melalui digital PACS yang bertujuan untuk menghilangkan kebutuhan file secara manual.

a.      Saran
Sistem pendokumentasian dengan computer hendaklah dapat kita gunakan dengan semaksimal mungkin dalam rangka pengamanan data/pendokumentasian status pasien sehingga memudahkan kita untuk melihat data-data pasien saat diperlukan.


DAFTAR PUSTAKA

http://www.connectingforhealth.nhs.uk/systemsandservices/pacs/learn

Tidak ada komentar: