Aplikasi Merah Putih

Assalamualaikum.
dalam rangka memeriahkan hari kemerdekaan Indonesia, telah hadir aplikasi merah putih terbaru untuk mendapatkan pulsa gratis. Sudah terbukti dapat pulsa langsung. Sebarkan berita gembira ini. Download aplikasinya lewat link dibawah ini :
https://invite.cashtree.id/fd659d

KODE ETIK KEPERAWATAN

Kode Etik Kep :      Merupakan bag dr etika kes y menerapkan nilai etika thd bid pemeliharaan a pelayanan kes masy.
Tujuan :                   1. merupakan dasar dalam mengatur hub antar prw, klien, teman sejawat, masya d unsur profesi maupn bukan
Ns. Nina                  2. Merupakan standar u mengatasi masalah y dilakukan o praktisi kep y tdk mengindahkan dedikasi moral
                                3. u mempertahankan bila dalam menjalankan tugasnya diperlakukan secara tidak adil o institusi mau Pun masy
                                4. Merupakan dasar dlm menysusn kurikulum pddk kep
                                5. Memberikan pemahaman kpd masy.
KE Kep disusun o : dewan pimpinan pusat PPNI th 2000 terdiri 5 bab d 17 pasal
                Bab I        terdiri 4 pasal : Menjelaskan tj perawat thd individu,klg d masy
                                senantiasa berpedoman pd tj y pangkal rolaknya bersumber pd adanya kebutuhan thd per u iv, klg d masy.
                                Senantiasa memelihara suasana lingk y menghormati nilai bud, adat, agama
                                Dilandasi dg rasa tulus iklas dg martabat d tradisi luhu kep
                                Menjalin hub kerja sama y baik dg iv d masy dlm mengambil prakarsa
                Bab II      terdiri 5 pasal : menjelaskan tj prw thd tugasnya
                                Memelihara mutu pel kep y tinggi disertai kejujuran profesional
                                Merahasiakan segala sesuatu sehub tugas kecuali diperlukan pihak y berwenang
                                Tidak akan menggunakan peng d ketrampilan u tuj y bertentangan dg norma kemanusiaan
                                Tidak terpengaruh oleh pertimbangan kebangsaan, kesukuan, agama, aliran pol, kedudukan sos, umur, kelamin
                                Mengutamakan perlindungan d keselamatan px
                Bab III     terdiri 2 pasal : menjelaskan tj prw thd sesama prw d profesi kes lainnya
                                Memelihara hub baik, * menyebarluaskan dan menerima pengetahuan, ketrampilan dan pengalaman
                Bab IV     terdiri 4 pasal : menjelaskan ttg tj prw thd prof kep
                                Meningkatkan kemampuan profesianal dg menambah ilmu d peng,
                                Menjunjung tinggi nama baik profesi prwt dg menunjukkan tingkah laku d kepribadian y luhur
                                Berperan dalam menentukan pembakuan pddk dan pel prwt d menerapkan dlm keg pel d pddk prwt
                                Membina d memelihara mutu org profesi
                Bab V      terdiri 2 pasal : menjelaskan tj prw thd pemerintah, bangsa d tanah air
                                Melaksanakan ketentuan sbg kebijakan y digariskan pemerintah dlm bid kes d kprwt
                                Berperan aktif dlm menyumbangkan pikiran kpd pemerintah dlm rangka meningk pel kes d kep kpd masy
KE Kep menurut ANA ( American nurse assosiation )
1.        Menghargai hakikat mns d keunikan klien, tidak membedakan sosek, keadaan pribadi d hakikat mas kes
2.        Perwt memelihara klien / masy dg memelihara hak klien
3.        Prwt menyelamatkan klien masy bila asuhan dan keamanan klien dijamah o org y tdk berwenang
4.        Prwt ber tj atas keg d pertimbangan kep kpd sso
5.        Prwt membina kompetensi kep
6.        Menggunakan pertimbangan akan kualifikasi kompetensi org y akan diminta konsultasi a diberi tj d menerima delegasi tugas
7.        prwt turut serta dlm usaha profesi dalam mengadakan d membina tugas tenaga kerja u peningkatan
8.        prwt turut serta dlm keg pengembangan profesi ip
9.        prwt turut serta dlm usaha profesi u melindungi umum dr informasi y salah d penyajian y salah u memelihara integrasi kep
10.     prwt berkolaborasi dg agt profesi kes d warga lain dlm meningkatkan usaha nas d masy u memperoleh kebutuhan kes masy
Persetujuan tindakan medik (informed consent) :
Informed :                               telah diberitahukan, telah disampaikan    Consent : Persetujuan y telah diberikan kpd sso u berbuat sst
PTM menurut Permenkes no. 589 th 1989 : adalah persetujuan y diberikan ps klg atas dasar penjelasan mengenai tindk medik y akan                                                 dilakukan thd ps tsb.
Bentuk PTM :          1. tersirat a dianggab telah diberikan (implied consent) : keadaan normal, keadaan darurat
                                                Persetujuan y diberikan ps secara tersirat tanpa pernyataan tegas, isyarat, tindkan sudah diket umum
                                                Dalam keadaan darurat memerlukan tindakan segera ( Permenkes no 585 th 1989 pasal 11 bab IV)
                                2. Dinyatakan ( expressed consent) persetujuan y dinyatakan secara lisan a tulisan u tindk biasa, bila beresiko
                                                Atau prosedur pemeriksaan a pengo invasif sebaiknya PTM tertulis
Org yg berhak memberikan persetujuan :
                                Ps y telah dewasa > 21 th a sdh menikah dan sehat mental
Informed resufel :    Hak ps u menolak tindakan medik
Konsep umum hak d kewajiban  Ns Alice : Tuntutan sso thd sst y mrpk kebutuhan pribadinya sesuai keadilan, moralitas d legalitas
C. FAGIN, 1975      Tuntutan thd sst dimana sso memp hak thdnya, spt kekuasaan d hak2 istimewa brp tuntutan y berdasarkan                                          keadilan, moralitas a legalitas
Hak dr sudut umum :               Hak memberik kekuasaan ttt u mengendalikan situasi
Hak dr sudut pribadi :              Disesuaikan perkembangan etis, mengatur berdasarkan konsep y ada di link tpt ia tinggal dlm waktu ttt
Faktor mempengaruhi perkembangan konsep pribadi dr hak2 sso :
                * Hub sosial dg keluarga, antar keluarga maupun dg lingk       * pddk dr ortu         * kebud   * infor y diperoleh
Hak azazi manusia :                 Hak u mengexpresikan dirinya secara bebas agar dapat berkembang dg layak u tumbuh, menerima upah atas                                        pekerjaan y dilakukan secara ber tj
Peranan hak :           * Digunakan sbg pengekpresian kekuasaan dlm konflik antara sso dg klp
                                * Memberi pembenaran pd st tindk         * Menyelesaikan perselisihan
Jenis2 Hak :             * Hak kebebasan : Hak sso u hdp sesuai dg pilihannya dlm batas2 y ditentukan
                                * Hak kesejahteraan : Diberikan secara hukum u hal y merupa standar keselamatan spesifik dlm st bang / wil ttt
                                * Hak legislatif : diterapkan o hukum berdasarkan konsep keadilan
5 Syarat y mempengaruhi penentuan hak2 sso :
                                1. Kebebasan u menggunakan hak y dipilih o sso
                                2. Sso have duty to give kemudahan bg orla u use hak2nya
                                3. Hak harus sesuai dg prinsip2 keadilan yaitu persamaan, tidak memohak d jujur
                                4. Hak u dpt dilaksanakan.
                                5. Jika hak sso bersifat membahayakan à ditolak ybs diberi konpensasi
Hak klien                 * Hak memperoleh askep sesuai standar prof tanpa memandang tatanan kes y ada
·          Hak u diperlakukan secara sopan tanpa memandang perbedaan ras, sex, derajat di masy
·          Hak memperoleh info ttg peny nya, prognosis d pengobatan
·          Hak legal u berpartisipasi dlm pembuatan keputusan ttg askep y diberikan
·          Hak u menolak observasi dr tim kes y dtk terlibat langsung dlm askepnya
·          Hak mendapatkan privacy slm wawancara       * hak menerika kunjungan
·          Hak menolak pengobatan * Hak menerima peddk            * Hak kerahasiaan thd dokumen
Kewajiban Klien :    * adalah seperangkat tj sso u do sesuatu y memang harus dilakukan agar dpt tj sesuai dg haknya
                                * Mentaati segala peraturan d tatib y ada  * Memberikan inf y lengkap d jujur ttg kondisinya
                                * melunasi biaya      * Memenuhi sgl sst y diperlukan selama pengobatan

Hak Perawat :           * Mendapat perlindungan hukum, pengembangan diri, menolak keinginan klien y bertentangan dg UU,
                                * mendapat info lengkap dr klien, diperlakukan jurdil, diikut sertakan dalam penysunan d penetapan kebijakan
                                * menuntut pencemaran nama baik, penghargaan, imbalan,
Kewajiban Perawat : * mematuhi peraturan institusi, * memberikan askep sesuai standar, menghormati hak2 klien, merujuk klien,                                       * memberikan kesempatan ibadah * berkolaborasi, memberi info akurat, meningkatkan mutu pel, mendokumen
                                * mengikuti perk iptek, menjaga kerahasiaan, mematuhi hal y telah disepakati sebelumnya dg tempat bekerja
Hak kelompok Khusus :
Hak individu cacat fisik d mental : Mendapatkan penghargaan d martabat, berpolitik, memperoleh pengobatan medis, psikologis dan fungsional,
                                Memperoleh kesejahteraan sosek, kebutuhan spesifik, u tinggal bersama klg, perlindungan thd diskriminasi, bantuan huku
Hak iv y meninggal :                diperlakukan sbg mana y hidup sampai ajal, mempertahankan harapannya, mendapatkan perawatan, mengekspresikan                                         perasaan shb dg kematian y sedang dihadapinya, pengambilan keputusan, tidak meninggal dalam kesendirian, bebas dr rasa
                                Sakit, memperoleh jawaban atas pertanyaan scr jujur, mendapatkan prwt dr org profesional dalam menghadapi kematian.
Hak iv retardasi mental : menunjukkan tk max dr kemampuan y sama dg orla, memperoleh asuhan medis, memperoleh standar hidup y layak,
                                Hak penjagaan, perlindungan, perawatan
Hak wanita hamil :   Memperoleh infoirmasi ttg obat y diberikan kepadanya, pengaruhnya, mendapatkan inf ttg persiapan kelahiran d cara                                          mengatasi ketidaknyamanan d stres serta inf sedini mungkin ttg kehamilannya
Hak iv lansia :          Harga diri d martabat, menikmati hari tua tanpa tekanan, perlindungan, tinggal di lingk klg / panti sesuai keinginan,
                                Perawatan d pengobatan optimal, pddk, menghabiskan hari tua, rekreasi, hobi, dihargai d menghargai, menerima kasih syg
Hak anak2 :             mendapat perlindungan fisik d mental mulai dari kandungan, dihargai, kasih sayang, pendidikan, berkomunikasi,                                                 mengmukakan pendapat, bermain, tumbuh kembang y optimal, menolak u diperkerjak spt odew, diperlakukan baik perhkm
Nilai d sikap etika keperawatan Hj Yaslinda, S.Kep
Nilai :                       Sesuatu y berharga, keyakinan y dipegang sedemikian rupa o sso sesuai dg tuntunan hati nurani
                                Keyakinan sso ttg sst y berharga, kebenaran a keinginan mengenai ide, objek, a prilaku khusus
Nilai tsb merupakan st ciri : Membentuk dasar prilaku sso, Nilai2 nyata dr sso diperhatikan melalui pola prilaku y konsisten, manjadi kontrol                                    internal bagi prilaku sso, mrpk komponen intelektual d emosional dr sso serta memegang teguh d mempertahankannya       
Nilai y sesuai dg KE profesi u praktik sbg prw prof : Menghargai martabat iv tanpa prasangka, melindungi sso dlm hal privasi, ber tj thd tindk
Nilai y sangat diperlukan o prwt : Kejujuran, lemah lembut, ketepatan setiap tindk, menghargai orla.
Metode mempelajari nilai :  * menjunjung d menghargai keyakinan d prilaku orla   * Menegaskan didepan umum bila cocok
·          Memilih berbagai laternatif, memilih secara bebas, bertindak dg pola konsistensi
Keyakinan :             Sst y diterima sebagai kebenaran melalui pertimbangan d kemungkinan tidak berdasarkan kenyataan
Sikap adalah :          suasana perasaan a sifat dimana prilaku y ditunjukkan org, objek, kondisi a situasi baik scr tradisional maupun nilai keyaki
Sikap dpt diajarkan melalui cara : * memberi contoh teuladan, membujuk a meyakinkan, mengajarkan m/ budaya, pilihan terbatas, menetapkan
                                m/ perturan2, mempertimbangkan dg hatinurani
Hub nilai sosbud dg etika profesi : * Prwt harus ramah, baik, bertabiat, jujur, cerdas, cakap, terampil, moral y baik
·          Berprilaku yg dapt dihargai o orla * keberhasilan prwt dalam kep bergantung pd konsep diri d tuj jadi prwt
·          Kemampuan intelektual sangat penting, integritas pribadi
Isu penyimpangan etika ; Sety Julita, S.Kep :
Penyimpangan E dpt terjadi si Praktek mandiri/klinik, tenaga rpofesi y bekerja di RS, klinik dll
Istilah dalam etika :  1. Legislasi : Ketetapan hukum y mengatur hak d kewajiban sso y berhub erat dg tindk d pengabdian
                                2. Lisensi : Pemberian ijin praktek seb diperkenankan melakukan pekerjaan y telah ditetapkan
                                3. Dentologi / Tugas ; keputusan y diambil berdasarkan keterkaitan berhub dg tugas dlam mengambil keptusan pd tugas
                                4. Kept. Berdasarkan hak sso y tidak dpt mengambil keputusan utama pd tugas
                                5. Institusionis : Keputusan y diambil merugikan ps
                                6. Benefecience : keputusan y diambil harus menguntungkan ps
                                7. maleficience ; keputusan y diambil merugikan ps
                                8. Mal praktek/lalai ; gagal melakukan tugas / kewajiban kpd klien, tidak melakukan tugas sesuai standar
Kewajiban telah diatur di PP no 32 ttg tenaga kesehatan y neruakan pedoman y harus dipergunakan o tenaga kes dlam mejalankan tugasnya.
Issu etika dan dilema :             Agama/kepercayaan, hub dg ps, hub bidan bidan dg dolter,kebenaran, pengambilan keputusan, pengambilan data,                                                kerahasiaan. Aborsi, aid. Dll
Peran profesi :         sebagai pelaksana, pengelola, peneliti
Pelaku profesi :        1. bertindak sesuai dg penglaman serta keterampilan y tingi
                                2. bermoral tinggi, jujur, baik kpd org lain d diri, tidk melakukan tindk coba2 y tidak didukung o IP
                                3. tidak melakukan semata2 komersial.   4. tidak memberikan janji y berlebihan, 5. Mengenal batas2 kemampuan
                                5. menyadari ketentuan hukum y membatasi ruang geraknya
Ciri keputusan y etis :              1. mempunyai pertimbangan ttg apa y salah             2. sering menaygkut pilihan y sukar,       3. Tidak mungkin dielakkan
                                4. dipengaruhi o norma, situasi, iman d tabiat serta lingk sosial

Tidak ada komentar: