Tujuan
tindakan memberikan stimulasi pada anak adalah untuk membantu anak mencapai
tingkat perkembanagan yang optimal atau sesuai dengan yang diharapkan. Tindakan
ini meliputi berbagai aktivitas untuk merangsang perkembangan anak, seperti
latihan gerak, berbicara, berpikir, kemandirian dan sosialisasi. Stimulasi
dilakukan oleh orang tua (keluarga) setiap ada kesempatan atau sehari - hari.
Stimulasi disesuaikan dengan umur dan prinsip stimulasi.
Tindakan pemberian stimulasi dilakukan dengan prinsip bahwa stimulasi
merupakan ungkapan kasih sayang, bermain dengan anak, berbahagia bersama;
stimulasi dilakukan bertahap dan berkelanjutan, dan mencakup empat bidang kemampuan
perkembangan stimulasi dimulai dari tahap yang sudah dicapai oleh anak;
stimulasi dilakuakan dengan wajar, tanpa paksaan atau hukuman atau marah
apabila anak tidak mampu melakukannya. Memberikan pujian bila anak berhasil;
stimulasi dilengkapi dengan alat bantu sederhana dan mudah didapat,
misalnya mainan yang dibuat sendiri dari bahan bekas, alat yang ada dirumah
atau benda yang ada dilingkungan sekitar.
|
Bayi umur 0 – 3 bulan
Tugas
perkembangan ( keterampilan yang harus dicapai ) :
Dapat menggerakkan kedua lengan dan kaki sama
mudahnya ( GK )
Bereaksi dengan melihat kearah sumber cahaya (
GH )
Mengoceh dan bereaksi terhadap suara ( BBK )
Bereaksi senyum terhadap ajakan ( BM )
Stimulasi yang
diperlukan pada bayi 0 – 3 bulan
Y
Bergaul dan mandiri
Ajaklah bayi anda berbicara dengan lembut, dibuai,
dipeluk, dinyanyikan lagu, dan lain lain
Y
Bicara, bahasa dan kecerdasan
Ajaklah bayi anda berbicara, mendengarkan berbagai
suara ( suara burung, radio, dan lain lain )
Y
Gerak kasar
Latih bayi anda mengangkat kepala pada posisi
telungkup dan memperhatikan benda bergerak
Y
Gerak halus
Latih bayi anda mengenggam benda kecil
Bayi umur 3 – 6 bulan
Tugas
perkembangan ( keterampilan yang haus dicapai )
Menegakkan kepala pada saat telungkup ( GK )
Meraih benda yang terjangkau ( GH )
Menengok kearah sumber suara ( BBK )
Mencari benda yang dipindahkan ( BM )
Stimulasi yang
diperlukan pada bayi 3 – 6 bulan :
Y
Bergaul dan mandiri
Latih bayi anda mencari sumber suara
Y
Bicara, bahasa dan kecerdasan
Latih bayi anda menirukan suara/bunyi/kata
Y
Gerak kasar
Latih bayi anda menyangga leher dengan kuat
Y
Gerak halus
Latih bayi anda meraup benda kecil
Bayi umur 6 – 9 bulan
Tugas perkembangan ( keterampilan yang harus
dicapai )
Ketika didudukkan dapat bertahan dengan kepala
tegak ( GK )
Memindahkan benda dari tangan satu ketangan yang
lain ( GH )
Tertawa/ berteriak melihat benda menarik ( BBK )
Makan biskuit tanpa dibantu ( BM )
Stimulasi yang
diperlukan bayi 6 – 9 bulan
Y
Gerak kasar
Latih anak berjalan dengan berpegangan
Y
Gerak halus
Latih anak memasukkan dan mengeluarkan benda dari wadah
Y
Bicara, bahasa dan kecerdasan
Latih anak menirukan kta kata
Y
Bergaul dan mandiri
Ajak anak bermain dengan orang lain
Bayi umur 9-12 bulan
Tugas
perkembangan
Berjalan dengan berpegangan ( GK )
Dapat meraup benda benda kecil ( GH )
Mengatakan dua suu kata yang sama ( BBK )
Bereaksi terhadap permainan “ ciluk ba “ ( BM )
Stimulasi yang
diperlukan
Y
Gerak kasar
Latih anak berjalan sendiri
Y
Gerak halus
Ajak anak menggelinding bola
Gelindingan bola kearah anak dan inta agar ia mengelindingkannya kembali
Y
Bicara, bahasa dan kecerdasan
Latih anak menirukan kata kata
Kenalkan kata kata baru sambil menunjukkan gambarnya.
Y
Bergaul dan mandiri
Ajak anak mengikuti kegiatan keluarga, misalnya makan bersama
Bayi umur 12 – 8 bulan
Tugas
perkembangan
Bejalan sndiri tidak jatuh
Mengambil benda kecil dengan ibu jari dan
telunjuk ( GH )
Mengungkapkan keinginan secara sederhana ( BBK )
Minum sendiri dari gelas tidak tumpah ( BM )
Stimulasi yang
diperlukan
Y
Gerak kasar
Latih anak naik turun tangga
Y
Gerak halus
Bermain dengan anak melmpar dan menangkap bola besar kemudian bola kecil
Y
Bicara, bahasa dan kecerdasan
Lath anak menunjuk dan menyebutkan nama nama bagian tubuh
Y
Bergaul dan berbicara
Beri kesempatankepada anak untuk melepaskana pakaiannya sendiri
Bayi umur 18 – 24 bulan
Tugas
prkembangan
Berjalan mundur sedikinya lima langkah ( GK )
Mencorat coret engan alat tulis ( GH )
Menunjukan bagian tubuh dan menyebutkan namanya
( BBK )
Meniru melakukan pekerjaan rumah tangga ( BM )
Stimulasi yang
diperlukan
Y
Gerak kasar
Latih anak berdiri dengan satu kaki
Y
Gerak halus
Ajari anak menggambar bulatan. Garis egutiga dan gambar wajah
Y
Bicara, bahsa dan kecerdasan
Latih anak mengiui perintah sederhana
Y
Bergaul dan mandiri
Latih anak agar mau ditinggalkan untuk sementara waktu
Anak umur 2 – 3 tahun
Tugas
pekembangan
Berdiri dengan satu kaki tanpa berpegangan,
sediitnya dua hitungan ( GK )
Meniru membuat garis lurus ( GH )
Menyatakan keinginan sedikitnya dengan dua kata
( BBK )
Melepas pakaian sendiri ( BM )
Stimulasi yang
diperlukan
Y
Gerak kasar
Latih anak melompat dengan satu kaki
Y
Gerak halus
Ajak anak bermain menyusun dan menumpuk balok
Y
Bicara, bahasa dan kecerdasan
Latih anak mengenal bentuk dan warna
Y
Bergaul dan mandiri
Latih anak mencuci tangan dan kaki serta mengeringkan sendiri
Anak umur 3 – 4 tahun
Tugas perkembangan
Berjalan jinjit ( GK )
Membuat gambar lingkaran ( GH )
Mengenal sedikitnya satu warna ( BBK )
Mematuhi cara permainan sederhana ( BM )
Stimulasi yang
diperlukan anak 3 - 4 tahun
Y
Gerak kasar
Latih anak melopat dengan satu kaki
Y
Gerak halusLatih anak mengunting dan membuat
buku cerita dengan gambar
Y
Bicara, bahasa dan kecerdasan
Latih anak mengenal bentuk dan warna
Y
Bergaul dan mandiri
Latih anak mengenal sopan santun, beterima kasih, mencium tangan dan lain
lain
Anak umur 4 – 5 tahun
Tugas
perkembanagn
Berdiri dengan satu kaki ( GK )
Dapat mengancingkan baju ( GH )
Dapar bercerita sederhana ( BBK )
Dapat mencuci tangan sendiri ( BM )
Stimulasi yang
diperlukan
Y
Gerak kasar
Beri esempatan anak melakukan permainan yang memerlukan ketangkasan dan
kelincahan
Y
Gerak halus
Bantu anak menggambar
Y
Bicara, bahasa dan kecerdasan
Bantu anak mengerti satu eparuh dengan cara membagikan kue / kertas
Y
Bergaul dan mandiri
Latih anak untuk mandiri, misalnya bermain tangga.
Anak umur 5 – 6 tahun
Tugas
perkembangan
Menangkap bola kasti pada jarak 1 meter ( GK )
Membuat gambar egi empat ( GH )
Mengenal angka dan huruf serta menghitung ( BBK
)
Berpakaian sendiri tanpa bantuan ( BM )
Stimulai yang
diperlukan
Y
Gerak kasar
Latih anak naik sepeda
Y
Gerak halus
Latih anak kreatif membuat sesuatu dari lilin/tanah liat
Y
Bicara, bahasa dan kecerdasan
Latih anak mengenl waktu hari, minggu dan bulan
Y
Bergaul dan mandiri
Latih anak bercakap cakap dengan temansebayanya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar