Session Objectives
•
Mampu memahami cara penilaian perkembangan anak
•
Mengidentifikasi keterlambatan perkembangan secara dini
Denver Developmental Screening Test II
•
Personal sosial : tugas yang menunjukkan kemampuan anak
menuyesuaikan diri dengan lingkungan, cara anak bergaul dg orang lain dan
mengururs dirinya sendiri
•
Motorik halus : Tugas yang menunjukkan kemampuan anak
melihat dan menggunkan tangannya untuk mengambil obyek dan menggambar
•
Bahasa : tugas yang menunjukkan kemampuan anak
mendengar, menjalankan perintah dan berbicara
•
Motorik kasar : tugas yang menunjukkan kemampuan anak
bergerak seperti duduk, berdiri, berjalan dan melompat
Penggunaan DDST II
•
Penyaringan anak-anak tanpa gejala gangguan
perkembangan
•
Memastikan perkiraan dg suatu pengukuran yang obyektif
•
Memantau anak-anak resiko tinggi yaitu anak dengan
sejarah adanya kesulitan pada periode perinatal
•
Untuk memeriksa perkembangan anak usia bayi baru lahir
sampai dengan umur 6 tahun
Bahan Baku test
•
Blanko test
©
Digunakan untuk merekam hasil pelaksanaan test
©
Test terdiri dari 105 macam tugas (item) yang
digambarkan dengan balok/batangan berisi tugas yang harus dikerjakan oleh anak
yang diperiksa (Lihat contoh)
•
Test kit
§
Benang wol merah
§
Manik-manik (permen tic tac-kismis)
§
Icik-icik dengan pegangan kecil
§
8 buah kubus ukuran panjang, lebar dan tebal 2.5
cm, warna merah, biru, kuning, dan hijau, masing-masing 2 buah
§
Botol warna bening dengan lubang botol diameter
2 cm
§
Bel kecil
§
Bola tenis
§
Kertas
§
Pensil
Pelaksanaan Test
•
Penting untuk anak
-
Dibutuhkan kerjasama yang aktif dari anak shg anak
harus merasa aman dan senang.
-
Anak tidak sedang sakit
-
Anak tidak ngantuk, lapar, haus, sedang marah, rewel
-
Ruangan cukup luas, cukup ventilasi dan kesan
mennyenangkan bagi anak.
-
Ajak anak bermain.
•
Penting untuk orang tua (Pelaksanaan test)
-
Diberitahu bahwa ini bukan test IQ
-
Beritahu tujuan test
-
Beritahu ortu bahwa Pemeriksa tidak mengharapkan anak
dapat melakukan semua tugas yang diberikan kepada anak
Cara menghitung umur anak (pelaksanaan test)
•
Rumus : umur = tanggal pada waktu test dikurangi
tanggal lahir
•
Contoh :
•
Tanggal test
1990 3 13
•
Tanggal lahir
1989 1 5
•
Umur =
1 2 8
Cara membuat garis umur
•
Gunakan tanda umur pada blangko test yang terletak
diatas dan bawah sebagai petunjuk. Tarik garis lurus memotong ke empat sektor
pada blangko test sesuai umur anak.
Cara memberikan test
•
Pemeriksa dapat memberikan satu atau 2 mainan bahan tes
pada anak selama wawancara dengan orangtua.
•
Mulai dengan memebrikan tugas kepada anak yang
sekiranya dapat dilakujan dengan mudah shg anak mendapatkan kepercayaan diri.
•
Mulailah dengan sektor personal sosial, motorik halus,
bahasa dan motorik kasar
Jumlah tugas yang diberikan
•
Berbeda tergantung umur dan kemampuan anak
•
Untuk tiap sektor mulai dg tugas yang berada disbelah
kiri garis umur, teruskan ke kanan sampai tugas yang berada disebelah garis
umur
•
Usahakan agar semua tugas yang dipototng garis umur
dicobakan/ditest
Kesempatan anak mencoba
•
Beri kesempatan anak mencoba 3 x untuk setiap tugas
yang diberikan sebelum dinilai gagal
Hindari pertanyaan yang mengarah
•
Lakukan dengan “ Apakah dia dapat minum dengan cangkir?
•
Apakah anak memegang sendiri?
Cara penilaian
•
Tiap tugas yang diberikan, dinilai pada balok yang
berada 50%
Penilaian lambat perkembangan
•
Suatu kelambatan bila anak gagal melakukan tugas yang
berada di sebekah kiri garis umur yaitu anak gagal untuk melakukan tugas yang
90% dari anak normal dapat melakukannya pada umur yang lebih muda.
•
Kelambatan ditandai dengan mengarsir gelap pada gambar
balok sebelah kanan ari tugas yang gagal.Tapi bila garis umur menyentuh sebelah
kanan dari balok tugas tersebut, tidak diangap kelambatan.
Cara interpretasi hasil test
•
Langkah 1 : tiap kelambatan beri arsir gelap pada sisi
kanan balok
•
Langkah 2 : Hitung berapa sektor yang mempunyai 2 atau
3 kelambatan
•
Langkah 3 : Hitung berapa sektor yang mempunyai 1
kelambatan dan tugas-tugas yang diterjang garis umur tidak ada yang lulus
•
Langkah 4 : gunakan rumus dibawah ini
abnormal
: Bila 2 sektor atau lebih mempunyai 2 kelambatan /lebih
Abnormal : Bila 1
sektor mempunyai 2 kelambatan atau lebih dan pada sector tersebut tugas-tugas
yang diterjang garis umur semua gagal
Meragukan
: Bila 1 sektor mempunyai 2 kelambatan atau lebih
Meragukan : Bila 1
sektor atau lebih mempunyai 1 kelambatan dan dalam sektor tersebut tugas-tugas
yang diterjang garis umur gagal semua
Tidak dapat di test :
Bila anak menolak melakukan tugas-tugas yang diberikan pemeriksa, sehingga
hasil tes menjadi tanda tanya atu abnormal
Normal : nila kondisi
yang disebutkan diatas tidak ada
Yang perlu dicatat
•
Kerjasama
•
Lama perhatian
•
Perilaku verbal
•
Percaya pada diri sendiri
•
Hubungan anatra anak dan orang tua
•
Kebiasaan lain
Cara melakukan pemeriksaan
1. Menatap muka pemeriksa
•
Tidurkan anak telentang, pemeriksa berhadapan dgn anak
dalam jarak 30 cm
•
Skor : lulus bila anak menatap muka pemeriksa
2. Membalas senyum pemeriksa
•
Senyum dan bicara dengan anak, jangan menyentuh
•
Skor : Lulus bila anak membalas senyum atau dpt ditanyakan
kpd orang tua
3. Tersenyum spontan pada wajah yang dikenal
•
Perhatikan apakah selama pemeriksaan anak tersenyum
kepada pemeriksa/ orang tua tanpa dirangsang
•
Skor : Lulus bila nak tersenyum atas kemauan sendiri
•
Dsb. Lihat lembar pemeriksaan
Tidak ada komentar:
Posting Komentar