Aplikasi Merah Putih

Assalamualaikum.
dalam rangka memeriahkan hari kemerdekaan Indonesia, telah hadir aplikasi merah putih terbaru untuk mendapatkan pulsa gratis. Sudah terbukti dapat pulsa langsung. Sebarkan berita gembira ini. Download aplikasinya lewat link dibawah ini :
https://invite.cashtree.id/fd659d

RENCANA PEMBELAJARAN DENGAN SASARAN INDIVIDU TENTANG HIPERTENSI


A.    Pengkajian
Seorang perawat di puskesmas Sipayung Rengat melakukan pengkajian terhadap seorang wanita yang memeriksakan kondisinya yang sudah parah. Dibawah ini disajikan hasil pengkajian yang didapatkan, hasil pengkajian itu mendukung adanya masalah tentang prilaku.
1.      Riwayat Keperawatan
Tn. M dibawa oleh istrinya ke Puskesmas Sipayung Rengat dengan keluhan : sering pusing pada bagian belakang kepala, pandangn yang berkunang-kunang, telinga sering berdenging dan sulit tidur pada malam hari. Tn. M terpaksa di bawa ke Puskesmas Sipayung karena kondisinya sudah parah. istri Tn. M mengatakan bahwa Tn. M tidak dapat mengontrol makananny seperti sering memakan santan dan makanan tinggi lemak lainnya. Tn. M suadah lama mengalami keadaan seperti ini, bahkan TD Tn. M pernah mencapai 190/110 mmHg, tapi setiap kali Tn, M diajak ke pelayanan kesehatan, Tn. M selalu menolak dengan alasan hanya pusing biasa.
2.      Keadaan Fisik
Pasien tampak sedikit pucat, mata merah dan tampak meringis sambil memegang bagian belakang kepala. TB : 156 cm, BB : 75 Kg, TD : 200/110 mmHg, S : 37, 5 °C.
3.      Kesiapan Belajar
Tn. M mengatakan bahwa ia tetarik untuk mempelajari mengapa ia sering pusing pada bagian belakang kepala, pandangn yang berkunang-kunang, telinga sering berdenging dan sulit tidur pada malam hari. Belau mengatakan ingin cepat sembuh. Pengetahuan Tn. M tentang Hipertensi sangat rendah karena kurangnya informasi yang di dapat. Tn. M mampu berbahasa Indonesia dengan baik.
Pada saat datang ke Puskesmas Siapayung Tn. M tampak sangat pusing sehingga menolak untuk diberikan penyuluhan, akan tetapi jika keadaan Tn.M sudah membaik maka ia bersedia untuk diberikan penyuluhan.
4.      Motivasi Belajar
Tn. M sangat bersemangat untuk dapat mempelajari tentang kondisi dirinya. Ia mengatakan bersedia melakukan apapun yang dianjurkan kepadanya asalkan ia dapat sembuh dari keadaan pusing pada bagian belakang kepala, pandangn yang berkunang-kunang, telinga sering berdenging dan sulit tidur pada malam hari.
5.      Kemampuan Membaca
Tn. M mampu untuk membaca dan menulis serta mendengar apa yang disampaikan oleh perawat. Tn. M akan diberikan Leaflet yang berisikan informasi tentang penyakit Hipertensi dan memberikan kesempatan untuk Tn. M bertanya apa yang tidak dimengerti serta menanyakan kembali tentang apa yang sudah dipahami oleh Tn M.
6.      Pengkajian Faktor Pemungkin
Di Puskesmas Sipayung Rengat terdapat beberapa perawat yang dapat memberikan penyuluhan atau memberikan informasi kepada klien tentang penyakit yang sedang dialaminya. Perawat tersebut telah mempelajari tentang konsep serta cara penanganan pada penderita penyakit tersebut. Sehingga Tn. M dapat lebih mengerti dengan apa yang disampaikan karena perawat tersebut telah mempelajari penyakit tersebut
7.      Pengkajian Faktkr Penguat
Tn. M sangat ingin mengetahui tentang apa penyakit nya dan hal apa saja yang dapat dilakukan agar penyakitnya dapat sembuh. Keinginan ini dapar dilihat karena Tn. M antusias segera ingin mendapatkan informasi tentang Hipertensi.



B.     Diagnosa Keperawatan
Berdasarkan data hasil pengkajian diatas, perawat berusaha merumuskan diagnosa keperawatan. Adapun diagnosa keperawatan sebagai berikut :
1.      Kurangnya pengetahuan tentang penyakit Hipertensi b. d kurangnya terpapar informasi.
2.      Kurangnya pengetahuan tentang penyebab Hipertensi b. d kurangnya terpapar informasi.
3.      Kurangnya pengetahuan tentang tanda dan gejala Hipertensi b. d kurangnya terpapar informasi.
4.      Kurangnya pengetahuan tentang penanganan pada Hipertensi b. d kurangnya terpapar informasi.
5.      Kurangnya pengetahuan tentang pencegahan Hipertensi b. d kurangnya terpapar informasi.

C.    Perencanaan Tindakan Keperawatan
Perencanaan tindakan keperawatan sesuai dengan diagnosa keperawatan yang telah ditentukan diatas maka dapat dilakukan tindakan sesuai dengan satuan pembelajaran berikut yang dapat dilaksanakan sebagai mana seharusnya sesuai dengan rancangan yang telah dibuat dan dapat dikembangkans sesuai dengan keadaan saat implementasi keperawatan.

Tidak ada komentar: