A. Latar Belakang
Sehubungan
dengan hasil pengkajian komunitas kepada anak usia kanak-kanak yang telah dilaksanakan Mahasiswa Akademi
Kesehatan Dinas Kesehatan Propinsi Riau di TK Pembina pada tanggal 11 juli 2011 didapatkan
hasil bahwa dari 46 anak sekolah 26 diantaranya mengalami masalah kebersihan . dan hasil wawancara kapada
beberapa anak sekolah bahwa mereka tidak mencuci tangannya menggunakan sabun
setelah bermain, BAB, makan. Untuk itu perlu diberikan penyuluhan tentang cara
mencuci tangan yang benar.
Dari hasil kesepakatan bersama guru
pengajar di TK PEMBINA P.reba bahwa pada tanggal 12 juli 2011 diadakan penyuluhan dan demonstrasi tentang
mencuci tangan yang benar dengan menggunakan sabun.
B. Proses
Keperawatan Komunitas
1. Tujuan Umum
Setelah mengikuti
penyuluhan dan demonstrasi kesehatan, anak-anak
mampu mengetahui tentang cara mencuci tangan yang benar.
2. Tujuan Khusus
Setelah
mengikuti penyuluhan dan demonstrasi kesehatan, kanak-kanak TK PEMBINA P.Reba mampu
:
a. Menyebutkan
pengertian cuci tangan yang benar
b. Menyebutkan
alasan harus mencuci tangan yang benar
c. Menyebutkan
waktu mencuci tangan yang benar
d. Menyebutkan
cara cuci tangan yang benar
e. Menyebutkan
penyakit yang dapat dicegah dengan cuci tangan yang benar
f. Mempraktikkan
cara cuci tangan yang benar
C. Pelaksanaan
Kegiatan
1. Topik
atau Judul Kegiatan
Penyuluhan dan demonstrasi tentang
cuci tangan yang benar.
2. Sasaran
atau Target
Kanak-kanak TK NEGERI PEMBINA P.Reba.
3. Metode
a) Ceramah
b) Praktek
b) Tanya
Jawab
4. Media
dan Alat
a) Infocus
b) Leaflet
5. Waktu
dan Tempat
Hari/Tanggal : Selasa, 12
juli 2011.
Waktu : 08.30
s.d 09.30 WIB
Tempat : Di
lapangan TK PEMBINA P.Reba
6. Setting Tempat
Keterangan :
: Moderator :
: Presenter
: Fasilitator
: Observer
7. Susunan Kegiatan
No.
|
Acara
|
Metode
|
Waktu
|
1.
2.
3.
4.
5.
|
Pembukaan
Persentasi
Demonstrasi
Tanya
jawab
Penutup
|
Ceramah
Ceramah
Praktek
Diskusi
Ceramah
|
5
menit
10
menit
15
menit
10
menit
5
menit
|
D. Uraian
Tugas
Persiapan
a. Penanggung
Jawab : febri arda suryadi
Tugas : Mengkoordinir acara
b. Moderator : Ika fitria sari
Tugas : 1) Membuka
acara
2) Menyampaikan tujuan
3) Kontrak waktu pelaksanaan
4) Memimpin jalannya kegiatan
c. Presenter : Anggun Sasmi
Tugas : 1) Memberikan
penyuluhan
2) Mempraktekkan bahan penyulahan
d. Observer : Meta Afriani
Tugas : 1) Mengamati
jalannya kegiatan
2) Menyimpulkan hasil kegiatan
e. Fasilitator : Ardianto
Aprilyoni
dwi wulandari
Bambang irawan
Dwi
santoso
Elisa
afrida
holidin
Herlina
M.Asmariansyah
E. Evaluasi Kegiatan
1. Evaluasi
Struktur
a. 100
% Anak-anak TK hadir
b. Tempat
dan alat tersedia sesuai dengan acara
c. Peran
dan tugas mahasiswa sesuai rencana
2. Evaluasi
Proses
a. Pelaksanaan
kegiatan sesuai dengan waktu yang direncanakan
b. Peserta
berperan aktif dalam pertemuan
3. Evaluasi
Hasil
a.Anak-anak TK mampu menyebutkan pengertian cuci tangan yang benar
b.Anak –anak TK mampu menyebutkan alasan harus mencuci tangan yang
benar
c. Anak-anak TK mampu menyebutkan waktu mencuci tangan yang benar
d. Anak-anak
TK mampu menyebutkan cara- cara cuci tangan yang benar
e. Anak-anak
TK mampu menyebutkan penyakit yang dapat dicegah dengan
cuci tangan yang benar
f. Anak-anak
TK mampu mempraktikkan cara cuci tangan yang benar
MENCUCI TANGAN YANG
BENAR
A. Pengertian
Cuci tangan yang benar adalah
salah satu tindakan kebersihan diri dengan membersihkan tangan dan jari menggunakan
air sabun untuk membersihkan dari kuman-kuman penyakit
B. Alasan Mencuci Tangan Dengan Sabun
1. Air
bersih yang mengalir dapat membersihkan kotoran dan kuman
2. Sabun
dapat membersihkan kotoran dan kuman karena tanpa sabun kotoran masih tertinggal
ditangan
3. Air
kotor banyak mengandung kuman dan bakteri penyakit
C. Waktu Mencuci Tangan Yang Benar
1. Sebelum
dan setelah makan
2. Sebelum
memegang makanan
3. Setelah
bermain dan berolahraga
4. Setelah
buang ingus
5. Setelah
BAK dan BAB
6. Setelah
menyentuh hewan peliharaan
7. Sebelum
mengobati luka
D. Cara Mencuci Tangan Yang Benar
1. Basahkan
rata kedua telapak tangan dengan air mengalir
2. Sabunkan
sampai berbuih
3. Usapkan
kedua telapak tangan hingga sabun benar-benar rata keseluruh telapak tangan
4. Ratakan
sabun ke celah-celah jari.
5. Bersihkan
kuku jari dengan cara menggaruk-garuk jari ketelapak tangan
6. Bilas
tangan dengan air mengalir hingga hilang semua sabun
7. Keringkan
tangan menggunakan lap tangan
E. Akibat Tidak Mencuci Tangan
1. Diare
atau mencret
2. Infeksi
cacing
3. Infeksi
mata
4. Infeksi
kulit
LAPORAN HASIL KEGIATAN
PENYULUHAN DAN DEMONSTRASI KESEHATAN TENTANG CUCI TANGAN YANG BENAR
DI TK NEGERI PEMBINA
P.REBA
1. Tahap
Persiapan
Tahap pesiapan dari kegiatan
ini adalah pembuatan pre planning, persiapan penyajian slide power point dan alat peraga,
tempat dan alat-alat lainnya disiapkan oleh anggota kelompok sesuai dengan
tanggung jawab masing-masing. Pemberitahuan penyuluhan dilakukan pada tanggal 11
juli 2011 kepada para guru dan anak-anak TK Pembina.
Pembuatan slide power point dimulai pada
hari senin,11 juli 2011setelah pre planning disetujui oleh CI. Kemudian
dilakukan pengecekan tugas masing-masing anggota, kendala yang ada dihadapi
langsung oleh penanggung jawab kegiatan.
2. Tahap Pelaksanaan
Acara
dilaksanakan hari Selasa,12 juli 2011 pada pukul 08300 WIB, dilaksanakan selama
± 1 Jam. Acara dimulai dengan penyuluhan tentang mencuci tangan yang benar
kemudian di praktekkan langsung oleh presenter. Anak-anak TK mempraktekkan cara
mencuci tangan yang benar.
3. Evaluasi
a. Struktur
- Anak-anak
yang hadir sebanyak 80 murid yang
terdiri dari murid TK .
- Setting
tempat sudah sesuai dengan rencana yang telah dibuat dan perlengkapan yang
digunakan selama penyuluhan (slide power point dan alat peraga), tersedia dan
sudah digunakan sebagaimana mestinya.
- Peran
mahasiswa sesuai dengan perencanaan,
presenter, penanggung jawab, moderator, observer dan fasilitator sesuai dengan
perencanaan.
- Penggunaan
bahasa sudah komunikatif dalam penyampaian, siswa-siswi cukup paham dengan apa
yang disampaikan dan mahasiswa memfasilitasi murid selama jalannya penyuluhan.
b. Proses
Pelaksanaan kegiatan pukul 08.30
s.d 09.30 WIB sesuai dengan jadwal yang direncanakan. Anak-anak yang diberi
penyuluhan mengikuti penyuluhan dari awal hinggga akhir.
c. Hasil
1) 75
% siswa-siswi dapat menyebutkan tentang pengertian cuci tangan yang benar
2) 75
% siswa-siswi dapat menyebutkan alasan mencuci tangan yang benar
3) 50
% siswa-siswi dapat menyebutkan waktu mencuci tangan yang benar
4) 50
% siswa-siswi dapat menyebutkan cara mencuci tangan yang benar
5) 50
% siswa-siswi dapat menyebutkan penyakit yang dapat dicegah dengan cuci tangan
yang benar
6) 100
% mempraktekkan cara mencuci tangan yang benar
Tidak ada komentar:
Posting Komentar