KONSEP KEPERAWATAN TERAPI BERMAIN

A.  PENGERTIAN BERMAIN
Bermain adalah cara alamiah bagi anak mengungkapkan konflik dalam dirinya yang tidak disadari.(wholey and Wong,1991).
Bermain adalah suatu kegiatan yang dilakukan sesuai dengan keinginan untuk memperoleh kesenangan.(Foster,1989)
Bermain adalah kegiatan yang dilakukan untuk kesenangan yang ditimbulkan tanpa mempertimbangkan hasil akhir (Hurlock)
Jadimkesimpulannya bermain adalah cara untuk memperoleh kesenangan tanpa mempertimbangkan hasil akhir.

B.   KATEGORI BERMAIN

1. Bermain aktif
    Yaitu anak banyak menggunakan energi inisiatif dari anak sendiri.
    Contoh : bermain sepak bola.
2. Bermain pasif
    Energi yang dikeluarkan sedikit,anak tidak perlu melakukan aktivitas (hanya  melihat) Contoh : memberikan support.

C.   CIRI-CIRI BERMAIN

  1. Selalu bermain dengan sesuatu atau benda
  2. Selalu ada timbal balik interaksi
  3. Selalu dinamis
  4. Ada aturan tertentu
  5. Menuntut ruangan tertentu

D.   KLASIFIKASI BERMAIN MENURUT ISI

  1. Social affective play
Anak belajar memberi respon terhadap respon yang diberikan oleh lingkungan dalam bentuk permainan,misalnya orang tua berbicara memanjakan anak tertawa senang,dengan bermain anak diharapkan dapat bersosialisasi dengan lingkungan.
  1. Sense of pleasure play
Anak memproleh kesenangan dari satu obyek yang ada disekitarnya,dengan bermain dapat merangsang perabaan alat,misalnya bermain air atau pasir.
  1. Skill play
Memberikan kesempatan bagi anak untuk memperoleh ketrampilan tertentu dan anak akan melakukan secara berulang-ulang misalnya mengendarai sepeda.
  1. Dramatika play role play
Anak berfantasi menjalankan peran tertentu misalnya menjadi ayah atau ibu

      MENURUT KARAKTERISTIK SOSIAL
1.      Solitary play
Jenis permainan dimana anak bermain sendiri walaupun ada beberapa orang lain yang bermai disekitarnya. Biasa dilakukan oleh anak balita Todler.
2.      Paralel play
Permainan sejenis dilakukan oleh suatu kelompok anak masing-masing mempunyai mainan yang sama tetapi yang satu dengan yang lainnya tidak ada interaksi dan tidak saling tergantung, biasanya dilakukan oleh anak preschool
Contoh : bermain balok
3.      Asosiatif play
Permainan dimana anak bermain dalam keluarga dengan aktifitas yang sama tetapi belum terorganisasi dengan baik,belum ada pembagian tugas,anak bermain sesukanya.
4.      Kooperatif play
Anak bermain bersama dengan sejenisnya permainan yang terorganisasi dan terencana dan ada aturan tertentu. Bissanya dilakukanoleh anak usia sekolah Adolesen

E.   FUNGSI BERMAIN

Anak dapat melangsungkan perkembangannya
  1. PERKEMBANGAN SENSORI MOTORIK
Membantu perkembangan gerak dengan memainkan obyek tertentu,misalnya meraih pensil.
  1. PERKEMBANGAN KOGNITIF
Membantu mengenal benda sekitar(warna,bentuk kegunaan)
  1. KREATIFITAS
Mengembangkan kreatifitas mencoba ide baru misalnya menyusun balok.
  1. PERKEMBANGAN SOSIAL
Diperoleh dengan belajar berinteraksi dengan orang lain dan mempelajari belajar dalam kelompok.
  1. KESADARAN DIRI(SELF AWARENESS)
Bermain belajar memahami kemampuan diri kelemahan dan tingkah laku terhadap orang lain.
  1. PERKEMBANGAN MORAL
Intraksi dengan orang lain bertingkah laku sesuai harapan teman menyesuaikan dengan aturan kelompok.
Contoh : dapat menerapkan kejujuran.
  1. TERAPI
Bermain kesempatan pada anak untuk mengekspresikan perasaan yang tidak enak misalnya : marah,takut,benci.
  1. KOMUNIKASI
Bermain sebagai alat komunikasi terutama bagi nak yang belum dapat mengatakan secara verbal, misalnya : melukis,menggambar,bermain peran.

F.   FAKTOR YANG MEMPENGARUHI AKTIVITAS BERMAIN

  1. Tahap perkembangan,tiap tahap mempunyai potensi/keterbatasan
  2. Status kesehatan,anak sakit→ perkembangan psikomotor kognitif terganggu
  3. Jenis kelamin
  4. Lingkungan → lokasi,negara,kultur.
  5. Alat permainan → senang dapat menggunakan
  6. Intelegensia dan status social ekonomi

G. TAHAP PERKEMBANGAN BERMAIN

  1. Tahap eksplorasi
Merupkan tahapan menggali dengan melihat cara bermain
  1. Tahap permainan
Setelah tahu cara bermain,anak mulai masuk dalam tahap perminan.
  1. Tahap bermin sungguhan
Anak sudah ikut dalam perminan.
  1. Tahap melamun
Merupakan tahapan terakhir anak membayangkan permainan berikutnya.

H.   KARAKTERISTIK BERMAIN SESUAI TAHAP PERKEMBANGAN

1 BULAN

VISUAL    : Lihat dengan jarak dekat
                    Gantungkan benda yang terang dan menyolok
AUDITORI            : Bicara dengan bayi, menyanyi,musik,radio,detik jam
TAKTIL     : Memeluk,menggendong,memberi kesenangan
KINETIK   : Mengayun,naik kereta dorong

2-3 BULAN
VISUAL    : Buat ruangan menjadi tenang,gambar,cermin ditembok
                          Bawa bayi ke ruangan lain
                          Letakkan bayi agar dapat memandang disekitar
      AUDITORI : Bicara dengan bayi,beri mainan bunyi,ikut sertakan dalam pertemuan keluarga.
      TAKTIL    : Memandikan ,mengganti popok,menyisir rambut dengan lembut,gosok dengan lotion/bedak
      KINETIK   : Jalan dengan kereta,gerakan berenang,bermain air

4-6 BULAN
VISUAL    : Bermain cermin,anak nonton TV
                    Beri mainan dengan warna terang
AUDITORI            : Anak bicara,ulangi suara yang dibuat,panggil nama,
                    Remas kertas didekat telinga,Pegang mainan bunyi.
TAKTIL     : Beri mainan lembut/kasar,mandi cemplung/cebur
KINETIK   : Bantu tengkurap,sokong waktu duduk

6-9 BULAN
VISUAL    : Mainan berwarna,bermain depan cermin,”ciluk ….ba”.
                          Beri kertas untuk dirobek-robek.
       AUDITORI           : Panggil nama “Mama …Papa,dapat menyebutkan bagian tubuh,
                             Beri tahu yang anda lakukan,ajarkan tepuk tangan dan beri perintah sederhana.
       TAKTIL       : Meraba bahan bermacam-macam tekstur,ukuran,main air mengalir
                            Berenang
       KINETIK     : Letakkan mainan agak jauh lalu suruh untuk mengambilnya.

9-12 BULAN
VISUAL       : Perlihatkan gambar dalam buku. Ajak pergi ke berbagai tempat
                       Bermain bola, Tunjukkan bangunan agak jauh.
AUDITORI   : Tunjukkan bagian tubuh dan sebutkan,
                        Kenalkan dengan suara binatang
TAKTIL        : Beri makanan yang dapat dipegang
                       Kenalkan dingin,panas dan hangat.
KINETIK      : Beri mainan

Mainan yang dianjurkan untuk Bayi 6-12 bulan

·          Blockies warna-warni jumlah,ukuran.
·          Buku dengan gambar menarik
·          Balon,cangkir dan sendok
·          Boneka bayi
·          Mainan yang dapat didorong dan ditarik
TODLER ( 2-3 TAHUN )
·          Mulai berjalan,memanjat,lari
·          Dapat memainkan sesuatu dengan tangannya
·          Senang melempar,mendorong,mengambil sesuatu
·          Perhatiannya singkat
·          Mulai mengerti memiliki “ Ini milikku ….”
·          Karakteristik bermain “Paralel Play”
·          Toddler selalu brtengkar saling memperebutkan mainan/sesuatu
·          Senang musik/irama

 

Mainan Untuk Toddler

·          Mainan yang dapat ditarik dan didorong
·          Alat masak
·          Malam,lilin
·          Boneka,Blockies,Telepon,gambar dalam buku,bola,dram yang dapat dipukul,
                     krayon,kertas.

PRE-SCHOOL

·          Cross motor and fine motors
·          Dapat melompat,bermain dan bersepeda.
·          Sangat energik dan imaginative
·          Mulai terbentuk perkembangan moral
·          Mulai bermain dengan jenis kelamin dan bermain dgn kelompok
·          Karakteristik bermain
·          Assosiative play
·          Dramatic play
·          Skill play
·          Laki-laki aktif bermain di luar
·          Perempuan didalam rumah

 

Mainan untuk Pre-school

·          Peralatan rumah tangga
·          Sepeda roda Tiga
·          Papan tulis/kapur
·          Lilin,boneka,kertas
·          Drum,buku dengan kata simple,kapal terbang,mobil,truk

USIA SEKOLAH

§   Bermain dengan kelompok dan sama dengan jenis kelamin
§   Dapat belajar dengan aturan kelompok
§   Belajar Independent,cooperative,bersaing,menerima orang lain.
§   Karakteristik “Cooperative Play”
§   Laki-laki : Mechanical
§   Perrempuan : Mother Role

 

Mainan untuk Usia Sekolah

6-8 TAHUN
Kartu,boneka,robot,buku,alat olah raga,alat untuk melukis,mencatat,sepeda.

8-12 TAHUN
Buku,mengumpulkan perangko,uang logam,pekerjaan tangan,
kartu,olah raga bersama,sepeda,sepatu roda.

BERMAIN DI RUMAH SAKIT

TUJUAN

  1. Melanjutkan tugas kembang selama perawatan
  2. Mengembangkan kreativitas melalui pengalaman permainan yang tepat
  3. Beradaptasi lebih efektif terhadap stress karena sakit atau dirawat
PRINSIP
  1. Tidak banyak energi,singkat dan sederhana
  2. Mempertimbangkan keamanan dan infeksi silang
  3. Kelompok umur sama
  4. Melibatkan keluarga/orang tua.
UPAYA PERAWATAN DLM PELAKSANAAN BERMAIN
  1. Lakukan saat tindakan keperawatan
  2. Sengaja mencari kesempatan khusus
BEBERAPA HAL YANG PERLU DIPERHATIKAN
  1. Alat bermain
  2. Tempat bermain
PELAKSANAAN BERMAIN DI RS DIPENGARUHI OLEH :
  1. Faktor pendukung
Pengetahuan perawat,fasilitas kebijakan RS,kerjasama Tim dan keluarga
  1. Faktor penghambat
Tidak semua RS mempunyai fasilitas bermain.

Tidak ada komentar: