A. PENGERTIAN BERMAIN
Bermain adalah cara
alamiah bagi anak mengungkapkan konflik dalam dirinya yang tidak
disadari.(wholey and Wong,1991).
Bermain adalah suatu
kegiatan yang dilakukan sesuai dengan keinginan untuk memperoleh kesenangan.(Foster,1989)
Bermain adalah kegiatan
yang dilakukan untuk kesenangan yang ditimbulkan tanpa mempertimbangkan hasil
akhir (Hurlock)
Jadimkesimpulannya
bermain adalah cara untuk memperoleh kesenangan tanpa mempertimbangkan hasil
akhir.
B. KATEGORI BERMAIN
1. Bermain aktif
Yaitu anak banyak menggunakan energi
inisiatif dari anak sendiri.
Contoh : bermain sepak bola.
2. Bermain pasif
Energi yang dikeluarkan sedikit,anak tidak
perlu melakukan aktivitas (hanya melihat) Contoh : memberikan support.
C. CIRI-CIRI BERMAIN
- Selalu bermain dengan sesuatu atau benda
- Selalu ada timbal balik interaksi
- Selalu dinamis
- Ada aturan tertentu
- Menuntut ruangan tertentu
D. KLASIFIKASI BERMAIN MENURUT ISI
- Social affective play
Anak belajar memberi
respon terhadap respon yang diberikan oleh lingkungan dalam bentuk
permainan,misalnya orang tua berbicara memanjakan anak tertawa senang,dengan
bermain anak diharapkan dapat bersosialisasi dengan lingkungan.
- Sense of pleasure play
Anak memproleh kesenangan
dari satu obyek yang ada disekitarnya,dengan bermain dapat merangsang perabaan
alat,misalnya bermain air atau pasir.
- Skill play
Memberikan kesempatan
bagi anak untuk memperoleh ketrampilan tertentu dan anak akan melakukan secara
berulang-ulang misalnya mengendarai sepeda.
- Dramatika play role play
Anak berfantasi
menjalankan peran tertentu misalnya menjadi ayah atau ibu
MENURUT KARAKTERISTIK SOSIAL
1. Solitary play
Jenis permainan dimana
anak bermain sendiri walaupun ada beberapa orang lain yang bermai disekitarnya.
Biasa dilakukan oleh anak balita Todler.
2. Paralel play
Permainan sejenis
dilakukan oleh suatu kelompok anak masing-masing mempunyai mainan yang sama
tetapi yang satu dengan yang lainnya tidak ada interaksi dan tidak saling
tergantung, biasanya dilakukan oleh anak preschool
Contoh : bermain balok
3. Asosiatif play
Permainan dimana anak
bermain dalam keluarga dengan aktifitas yang sama tetapi belum terorganisasi
dengan baik,belum ada pembagian tugas,anak bermain sesukanya.
4. Kooperatif play
Anak bermain bersama dengan
sejenisnya permainan yang terorganisasi dan terencana dan ada aturan tertentu.
Bissanya dilakukanoleh anak usia sekolah Adolesen
E. FUNGSI BERMAIN
Anak dapat melangsungkan
perkembangannya
- PERKEMBANGAN SENSORI MOTORIK
Membantu perkembangan
gerak dengan memainkan obyek tertentu,misalnya meraih pensil.
- PERKEMBANGAN KOGNITIF
Membantu mengenal benda
sekitar(warna,bentuk kegunaan)
- KREATIFITAS
Mengembangkan kreatifitas
mencoba ide baru misalnya menyusun balok.
- PERKEMBANGAN SOSIAL
Diperoleh dengan belajar
berinteraksi dengan orang lain dan mempelajari belajar dalam kelompok.
- KESADARAN DIRI(SELF AWARENESS)
Bermain belajar memahami
kemampuan diri kelemahan dan tingkah laku terhadap orang lain.
- PERKEMBANGAN MORAL
Intraksi dengan orang
lain bertingkah laku sesuai harapan teman menyesuaikan dengan aturan kelompok.
Contoh : dapat menerapkan
kejujuran.
- TERAPI
Bermain kesempatan pada
anak untuk mengekspresikan perasaan yang tidak enak misalnya :
marah,takut,benci.
- KOMUNIKASI
Bermain sebagai alat
komunikasi terutama bagi nak yang belum dapat mengatakan secara verbal,
misalnya : melukis,menggambar,bermain peran.
F. FAKTOR YANG MEMPENGARUHI AKTIVITAS BERMAIN
- Tahap perkembangan,tiap tahap mempunyai potensi/keterbatasan
- Status kesehatan,anak sakit→ perkembangan psikomotor kognitif terganggu
- Jenis kelamin
- Lingkungan → lokasi,negara,kultur.
- Alat permainan → senang dapat menggunakan
- Intelegensia dan status social ekonomi
G. TAHAP PERKEMBANGAN BERMAIN
- Tahap eksplorasi
Merupkan tahapan menggali
dengan melihat cara bermain
- Tahap permainan
Setelah tahu cara
bermain,anak mulai masuk dalam tahap perminan.
- Tahap bermin sungguhan
Anak sudah ikut dalam
perminan.
- Tahap melamun
Merupakan tahapan
terakhir anak membayangkan permainan berikutnya.
H. KARAKTERISTIK BERMAIN SESUAI TAHAP PERKEMBANGAN
1 BULAN
VISUAL : Lihat dengan jarak dekat
Gantungkan
benda yang terang dan menyolok
AUDITORI : Bicara dengan bayi,
menyanyi,musik,radio,detik jam
TAKTIL : Memeluk,menggendong,memberi kesenangan
KINETIK : Mengayun,naik kereta dorong
2-3 BULAN
VISUAL : Buat ruangan menjadi tenang,gambar,cermin
ditembok
Bawa bayi ke ruangan lain
Letakkan bayi agar dapat memandang disekitar
AUDITORI : Bicara dengan bayi,beri mainan bunyi,ikut sertakan dalam
pertemuan keluarga.
TAKTIL : Memandikan ,mengganti popok,menyisir
rambut dengan lembut,gosok dengan lotion/bedak
KINETIK :
Jalan dengan kereta,gerakan berenang,bermain air
4-6
BULAN
VISUAL : Bermain cermin,anak nonton TV
Beri mainan dengan warna terang
AUDITORI : Anak bicara,ulangi suara yang
dibuat,panggil nama,
Remas kertas didekat telinga,Pegang mainan
bunyi.
TAKTIL : Beri mainan lembut/kasar,mandi
cemplung/cebur
KINETIK : Bantu tengkurap,sokong waktu duduk
6-9 BULAN
VISUAL : Mainan berwarna,bermain depan
cermin,”ciluk ….ba”.
Beri kertas untuk dirobek-robek.
AUDITORI : Panggil nama
“Mama …Papa,dapat menyebutkan bagian tubuh,
Beri tahu yang
anda lakukan,ajarkan tepuk tangan dan beri perintah sederhana.
TAKTIL : Meraba bahan bermacam-macam
tekstur,ukuran,main air mengalir
Berenang
KINETIK : Letakkan mainan agak jauh lalu suruh
untuk mengambilnya.
9-12
BULAN
VISUAL : Perlihatkan gambar dalam buku. Ajak
pergi ke berbagai tempat
Bermain bola, Tunjukkan bangunan agak jauh.
AUDITORI : Tunjukkan bagian tubuh dan sebutkan,
Kenalkan dengan suara binatang
TAKTIL : Beri makanan yang dapat dipegang
Kenalkan dingin,panas dan hangat.
KINETIK : Beri mainan
Mainan yang dianjurkan untuk Bayi 6-12 bulan
·
Blockies
warna-warni jumlah,ukuran.
·
Buku
dengan gambar menarik
·
Balon,cangkir
dan sendok
·
Boneka
bayi
·
Mainan
yang dapat didorong dan ditarik
TODLER
( 2-3 TAHUN )
·
Mulai
berjalan,memanjat,lari
·
Dapat
memainkan sesuatu dengan tangannya
·
Senang
melempar,mendorong,mengambil sesuatu
·
Perhatiannya
singkat
·
Mulai
mengerti memiliki “ Ini milikku ….”
·
Karakteristik
bermain “Paralel Play”
·
Toddler
selalu brtengkar saling memperebutkan mainan/sesuatu
·
Senang
musik/irama
Mainan Untuk Toddler
·
Mainan
yang dapat ditarik dan didorong
·
Alat
masak
·
Malam,lilin
·
Boneka,Blockies,Telepon,gambar
dalam buku,bola,dram yang dapat dipukul,
krayon,kertas.
PRE-SCHOOL
·
Cross
motor and fine motors
·
Dapat
melompat,bermain dan bersepeda.
·
Sangat
energik dan imaginative
·
Mulai
terbentuk perkembangan moral
·
Mulai
bermain dengan jenis kelamin dan bermain dgn kelompok
·
Karakteristik
bermain
·
Assosiative play
·
Dramatic play
·
Skill play
·
Laki-laki
aktif bermain di luar
·
Perempuan
didalam rumah
Mainan untuk Pre-school
·
Peralatan
rumah tangga
·
Sepeda
roda Tiga
·
Papan
tulis/kapur
·
Lilin,boneka,kertas
·
Drum,buku
dengan kata simple,kapal terbang,mobil,truk
USIA SEKOLAH
§ Bermain dengan kelompok dan sama
dengan jenis kelamin
§ Dapat belajar dengan aturan kelompok
§ Belajar Independent,cooperative,bersaing,menerima
orang lain.
§
Karakteristik
“Cooperative Play”
§
Laki-laki
: Mechanical
§
Perrempuan
: Mother Role
Mainan untuk Usia Sekolah
6-8
TAHUN
Kartu,boneka,robot,buku,alat
olah raga,alat untuk melukis,mencatat,sepeda.
8-12
TAHUN
Buku,mengumpulkan
perangko,uang logam,pekerjaan tangan,
kartu,olah
raga bersama,sepeda,sepatu roda.
BERMAIN DI RUMAH SAKIT
TUJUAN
- Melanjutkan tugas kembang selama perawatan
- Mengembangkan kreativitas melalui pengalaman permainan yang tepat
- Beradaptasi lebih efektif terhadap stress karena sakit atau dirawat
PRINSIP
- Tidak banyak energi,singkat dan sederhana
- Mempertimbangkan keamanan dan infeksi silang
- Kelompok umur sama
- Melibatkan keluarga/orang tua.
UPAYA PERAWATAN DLM PELAKSANAAN
BERMAIN
- Lakukan saat tindakan keperawatan
- Sengaja mencari kesempatan khusus
BEBERAPA HAL YANG PERLU DIPERHATIKAN
- Alat bermain
- Tempat bermain
PELAKSANAAN BERMAIN DI RS DIPENGARUHI
OLEH :
- Faktor pendukung
Pengetahuan
perawat,fasilitas kebijakan RS,kerjasama Tim dan keluarga
- Faktor penghambat
Tidak semua RS mempunyai
fasilitas bermain.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar