DIAGNOSA : MENYUSUI TIDAK EFEKTIF
|
NOC PRIORITAS :
§
Penciptaan menyusui : bayi
§
Penciptaan menyusui : ibu
§
Pemeliharaan menyusui
§
Menyusui : penyapihan
§
Pengetahuan : menyusui
|
NIC PRIORITAS :
§
Bantuan menyusui
§
Dukungan emosional
§
Perawatan kanguru
§
Konseling laktasi
§
Supresi laktasi
§
Manajemen nutrisi
§
Pengajaran : individu
§
Pengajaran : perawatan bayi
§
Konsultasi via telepon
§
Manajemen berat badan
§
Pendidikan orang tua : bayi
|
MENYUSUI TIDAK EFEKTIF
Definisi: keadaan dimana ibu, bayi atau anak
mengalami ketidakpuasan atau kesukaran dalam proses menyusui
Batasan Karakteristik:
§ Ketidakpuasan
proses menyusui
§ Menghisap
tidak ditopang pada payudara
§ Bayi tidak mau pada posisi menyusu
§ Tidak
responsif pada tindakan kenyamanan
§ Lecet pada putting susu terus menerus selama
satu minggu pertama menyusui
§ Dari
hasil observasi : asupan bayi tidak adequat
§ Ketidakcukupan
pengosongan masing-masing payudara setiap kali menyusui
§ Bayi menggeliat dan menangis saat disusui
§ Bayi memperlihatkan rewel dan menangis
dalam jam-jam pertama setelah menyusui
§ Ketidakadequatan suplai ASI yang dirasakan
atau aktual
§ Tidak terlihat tanda-tanda pengeluaran
oksitosin
§ Menghisap pada payudara tidak terus
menerus
Faktor-faktor yang berhubungan:
§ Pasangan/
keluarga yang tidak mendukung
§ Riwayat
pembedahan payudara
§
Penerimaan
bayi terhadap makanan tambahan dengan putting buatan
§ Prematur
§ Riwayat
kegagalan menyusui
§ Lemahnya
refleks menghisap bayi
§ Payudara
ibu yang tidak normal
§ Kecemasan
atau ambivalensi ibu
§ Terhentinya
proses menyusui
§ Bayi
yang tidak normal
§ Kurangnya
pengetahuan
NOC 1 :
Penciptaan Menyusui : Bayi (1000 )
Definisi: memposisikan bayi yang lebih baik untuk
menghisap nutrisi dari payudara ibu selama 2 sampai 3 minggu pertama
|
||||||
Penciptaan Menyusui : bayi
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
|
Indicator
100001
100002
100003
100004
100005
100006
100007
100008
100009
100010
100011
100012
|
Posisi dan
kesiapan menyusui lebih baik
Mulut bayi
tetap di areola
Tekanan pada
areola lebih baik
Penempatan
lidah dan menghisap tepat
Mengecap dapat
didengar
Mengecap
minimal 5 sampai 10 menit tiap payudara
Minimal
menyusui 8 kali tiap hari ( sesuai kebutuhan)
Buang air kecil
6 kali atau lebih tiap hari (setelah bayi berumur 2 sampai 3 hari)
Buang air besar
2 kali atau lebih tiap hari lunak, kuning
Penambahan
berat badan sesuai umur
Kepuasan bayi
seteah menyusui
Lain ……….(spesifik)
|
|
|
|
|
|
1 : tidak adequat
2 : sedikit adequat
3 : adequat sebagian
4 : adequat banyak
5 : adequat total
NOC 2 :
Penciptaan Menyusui : Ibu (1001)
Definisi: menciptakan ibu pada posisi yang lebih baik bagi
bayi untuk menghisap nutrisi dari payudara selama 2 sampai 3 minggu pertama
|
||||||
Penciptaan Menyusui : ibu
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
|
Indicator
100101
100102
100103
100104
100105
100106
100107
100108
100109
100110
100111
100112
100113
100114
100115
100116
100117
100118
100119
|
Posisi nyaman selama perawatan
Sokong payudara dengan
penyangga
Payudara penuh diutamakan untuk
menyusui
Refleks pengeluaran air susu
Kebocoran payudara kontralateral
Pengenalan terhadap pengecapan bayi
Menghentikan pengisapan sebelum
memindahkan bayi dari payudara
Putting bebas dari tenderness
Menghindari penggunaan putting buatan pada bayi
Menghindari pemberian air pada bayi
Makanan tambahan sesuai dengan umur dan status kesehatan bayi
Mengerti temperamen bayi
Pengenalan tanda-tanda awal kelaparan
Kemampuan untuk memakai pompa
Penyimpanan susu sesuai
Pengenalan dukungan keluarga dan masyarakat
Penggunaan dukungan keluarga dan masyarakat sesuai kebutuhan
Kepuasan dengan proses menyusui
Lain ……….(spesifik)
|
|
|
|
|
|
1 : tidak adequat
2 : sedikit adequat
3 : adequat sebagian
4 : adequat banyak
5 : adequat total
NOC 3 :
Pemeliharaan Menyusui (1002)
Definisi: pemberian nutrisi berkelanjutan pada bayi
melalui poses menyusui
|
||||||
Pemeliharaan menyusui
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
|
Indicator
100201
100202
100203
100204
100205
100206
100207
100208
100209
100210
100211
100212
100213
100214
100215
100216
|
Pertumbuhan bayi dalam rentang
normal
Perkembangan bayi dalam rentang
normal
Pengertian keluarga tentang
pertumbuhan bayi
Pengetahuan keluarga tentang
keuntungan dari menyusui berkelanjutan
Kemampuan ibu dalam mengumpulkan dan menyimpan ASI dengan aman, jika
diinginkan
Kemampuan petugas kesehatan untuk menyimpan ASI dalam bentuk cair,
hangat,dengan aman
Payudara ibu bebas dari tenderness
Pengenalan tanda-tanda penurunan suplay ASI
Pengenalan tanda-tanda duktus tersumbat dan mastitis
Penghindaran ibu keluar dari pengobatan dengan petugas kesehatan
Kelanjutan ibu menyusui pada saat kembali bekerja atau sekolah
Penguatan materi tertulis semua petunjuk perawatan
Pengenalan keluarga terhadap dukungan petugas kesehatan dan masyarakat
Ekspresi kepuasan keluarga dengan dukungan yang tersedia
Ekspresi kepuasan keluarga dengan proses menyusui
Lain ……….(spesifik)
|
|
|
|
|
|
1 : tidak adequat
2 : sedikit adequat
3 : adequat sebagian
4 : adequat banyak
5 : adequat total
NOC 4 :
Menyusui : Penyapihan (1002)
Definisi:
proses yang mengarah ke keadaan menyusui tidak diteruskan
|
||||||
Menyusui : Penyapihan
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
|
Indicator
100301
100302
100303
100304
100305
100306
100307
100308
100309
100310
100311
100312
100313
100314
100315
100316
100317
|
Kesadaran bahwa menyusui dapat
diteruskan diluar masa bayi
Pengenalan tanda-tanda kesiapan penyapihan bayi
Pengertian keluarga akan pilihan penyapihan
Pengetahuan tentang keuntungan penyapihan yang berangsur-angsur
Pengetahuan tentang petunjuk penyapihan darurat
Ibu bebas dari duktus tersumbat dan mastitis
Penghindaran pemberian makanan padat sebelum bayi berumur 4 sampai 6
bulan
Penggantian 1 payudara untuk menyusui selama beberapa hari
Pengenalan awal satu makanan padat pada satu waktu
Pengenalan awal makanan padat menggunakan sendok
Sentuhan dan perhatian tambahan pada bayi selama saat penyapihan
Penguatan materi tertulis semua informasi tentang penyapihan
Pengenalan sumber dukungan yang tersedia
Penggunaan sumber yang tersedia
Ekspresi kepuasan keluarga dengan dukungan yang tersedia
Ekspresi kepuasan keluarga dengan proses penyapihan
Lain ……….(spesifik)
|
|
|
|
|
|
1 : tidak adequat
2 : sedikit adequat
3 : adequat sebagian
4 : adequat banyak
5 : adequat total
NOC 5 :
Pengetahuan : Menyusui (1800)
Definisi: perluasan pengetahuan yang disampaikan tentang
laktasi dan pemberian nutrisi pada bayi melalui proses menyusui
|
||||||
Pengetahuan : Menyusui
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
|
Indicator
180001
180002
180003
180004
180005
180006
180007
180008
180009
180010
180011
180012
180013
180014
180015
180016
180017
180018
180019
|
Penjelasan tentang keuntungan
menyusui
Penjelasan fisiologi laktasi
Penjelasan
tentang kandungan ASI, proses kemunduran, susu awal dibanding susu akhir
Penjelasan tanda-tanda awal bayi lapar
Penjelasan tentang teknik yang lebih baik untuk memposisikan bayi pada
payudara
Penjelasan tantang posisi bayi yang lebih baik saat perawatan
Penjelasan tentang hisapan yang bergizi dan tidak bergizi
Penjelasan tentang evaluasi pengecapan bayi
Penjelasan yang lebih baik tentang teknik menghentikan hisapan bayi
Penjelasan tentang tanda-tanda suplay ASI yang adequat
Penjelasan tentang tanda-tanda bayi tersusui secara adequat
Penjelasan tentang evaluasi putting
Penjelasan tentang tanda-tanda mastitis, duktus tersumbat, dan trauma
putting
Penjelasan tentang alasan-alasan menghindari putting buatan dan makanan
tambahan
Penjelasan tentang teknik penyajian dan penyimpanan ASI yang lebih baik
Penjelasan tentang jalan unsur- unsur yang tercerna melalui ASI
Penjelasan tentang kesiapan penyapihan
Penjelasan tentang bagaimana mengakses sistem perawatan kesehatan
Lain ……….(spesifik)
|
|
|
|
|
|
1 : tidak ada
2 : terbatas
3 : sebagian
4 : banyak
5 : luas
NIC 1 : Bantuan Menyusui 1054
Definisi : persiapan ibu baru untuk menyusui
bayinya
Tindakan :
§
Diskusikn dengan orang tua perkiran usaha dan
lama waktu mereka akan melakukan proses menyusui
§
Sediakan kesempatan kontak awal ibu/ bayi untuk
menyusu dalam 2 hari setelah kelahiran
§
Bantu orang tua dalam mengidentifikasi munculnya
tanda-tanda pada bayi sebagai kesempatan untuk praktek menyusui
§
Monitor kemampuan menghisap bayi
§
Anjurkan ibu untuk meminta bantuan dengan usaha
awal kepada perawat, memenuhi 8 sampai 10 menyusu dalam 24 jam
§ Observasi bayi untuk menentukan posisi,
pengecapan yang dapat didengar, dan poa menghisap/ mengecap
§ Monitor kemampuan mulut bayi untuk tetap
pada putting dengan tepat (contoh: ketrampilan
latch on/ mengunci)
§ Instruksikan ibu untuk memonitor hisapan
bayi
§ Anjurkan kenyamanan dan privasi pada usaha
awal menyusui
§ Anjurkan hisapan tak bergizi pada payudara
§ Anjurkan ibu untuk menyusui dengan dua
payudara setiap kali menyusui
§ Anjurkan ibu untuk membiarkan bayi menyusu
selama yang diinginkan
§ Instruksikan ibu pada posisi yang sesuai
§ Instuksikan teknik yang sesuai untuk
menghentikan hisapan
§
Monitor integritas kulit putting
§ Instruksikan pada perawatan putting,
termasuk bagaimana cara mencegah putting sakit
§ Diskusikan penggunaan pompa payudara, jika
bayi tidak mampu untuk mulai menyusu
§ Monitor peningkatan pemenuhan payudara
sebagai respon terhadap perawatan dan atau pemompaan
§ Informasikan ibu pilihan pompa yang
tersedia, jika dibutuhkan untuk mempertahankan laktasi
§ Instruksikan bagaimana mengendalikan
kebuntuan payudara dengan mengosongkan tepat waktu melalui perawatan dan
pemompaan
§
Insruksikan penyimpanan dan pemanasan ASI
§ Sediakan makanan tambahan hanya saat
diperlukan
§ Instruksikan ibu bagaimana cara
menyendawakan bayi baru lahir
§ Instruksikan ibu pada karakteristik normal
dari BAB
§
Monitor kemunduran refleks
§
Instruksikan ibu pada diet seimbang yang baik
selama laktasi
§
Anjurkan ibu untuk mengkonsumsi cairan dan
memuaskan rasa haus
§
Anjurkan ibu untuk menghindari rokok dan pil
kontrasepsi sampai laktasi berjalan dengan baik
§
Instruksikan ibu tentang pertumbuhan bayi
§
Anjurkan penggunaan bra yang nyaman, berbahan
katun, dan mendukung perawatan
§
Instruksikan untuk menghindari penggunaan pads
perawatan yang dilapisi plastik
§
Anjurkan ibu untuk kontak dengan praktisi
kesehatan sebelum melakukan pengobatan apapun selama menyusui
§
Anjurkan ibu untuk menghindari penggunaan pil
kontrasepsi saat menyusui
§ Diskusikan metode alternative tentang
kontrasepsi
§ Anjurkan ibu untuk menghindari sigaret
saat menyusui
§ Identifikasi sistem dukungan ibu untuk
mempertahankan laktasi
§
Anjurkan sering beristirahat
§ Anjurkan melanjutkan laktasi saat kembali
bekerja atau sekolah
§ Sediakan materi tertulis untuk menguatkan
petunjuk yang diberikan saat dirumah
§ Rujuk orang tua ke kelas-kelas atau
kelompok dukungan yang sesuai untuk menyusui
§ Rujuk ibu ke konsultan laktasi, sesuai
keperluan
NIC 2 : Dukungan Emosional (5270)
Definisi : ketetapan atas penentraman hati
kembali, penerimaan, dan dorongan selama waktu stress
Tindakan :
§ Diskusikan dengan pasien
pengalaman-pengalaman emosional
§ Eksplorasi dengan pasien apa yang
mencetuskan emosi
§ Buat pernyataan yang supportive dan
empatik
§ Peluk atau sentuh pasien dengan penuh
dukungan
§ Dukung penggunaan mekanisme pertahanan
yang sesuai
§ Kaji pasien dalam pengenalan perasaan,
seperti cemas, marah, atau sedih
§ Anjurkan pasien untuk menunjukkan perasaan
cemas, marah, atau sedih
§ Diskusikan akibat-akibat dari tidak
berhadapan dengan rasa bersalah dan malu
§
Dengarkan ekspresi perasaan dan keyakinan
§
Fasilitasi identifikasi pasien terhadap pola
respon yang biasa digunakan dalam mengkoping rasa takut
§ Sediakan dukungan selama fase-fase berduka
penolakan, marah, tawar menawar, dan penerimaan
§ Identifikasi fungsi marah, frustasi, dan
amuk bagi pasien
§ Anjurkan berbicara dan menangis penting
untuk menurunkan respon emosional
§ Tetap dengan pasien dan sediakan jaminan
keamanan selama periode cemas
§
Sediakan bantuan dalam pengambilan keputusan
§ Kurangi kebutuhan fungsi kognitif saat
pasien sakit atau lelah
§
Rujuk kepada konsultan, sesuai keperluan
NIC 3 :
Perawatan Kanguru (6840)
Definisi : peningkatan kedekatan antara orang
tua dan bayi preterm yang stabil secara fisiologis dengan mempersiapkan orang
tua dan menyediakan lingkungan untuk kontak kulit dan kulit
Tindakan :
§
Diskusikan reaksi orang tua terhadap bayi lahir
prematur
§
Tentukan bayangan orang tua memiliki bayi
prematur
§
Tentukan dan monitor tingkat kepercayaan diri
orang tua dalam merawat bayi
§ Anjurkan pasien untuk memulai perawatan
bayi
§ Jelaskan tentang perawatan kanguru dan
keuntungannya bagi orang tua
§ Tentukan apakah status fisiologi bayi
sesuai petunjuk untuk ikut serta dalam perawatan kanguru
§ Persiapkan lingkungan tenang, pribadi, dan
bebas sampah
§ Sediakan orang tua dengan kursi yang bisa
untuk berbaring dan berayun
§ Pakaikan baju yang nyaman dan terbuka
bagian depan pada orang tua
§ Instruksikan orang tua bagaiman cara
memindahkan bayi dari inkubator, tempat tidur hangat, atau ayunan dan bagaimana mengelola peralatan dan selang,
sesuai keperluan
§ Posisikan bayi pada posisi
terlentang diatas dada orang tua
§ Bungkus pakaian orang tua atau
tempatkan selimut diatas bayi untuk mempertahankan posisi dan suhu bayi
§ Anjurkan orang tua untuk fokus pada
bayi, dari pada peralatan dan seting teknologi tinggi
§ Anjurkan orang tua untuk
menepuk-nepuk bayi dengan lembut pada posisi terlentang, sesuai keperluan
§ Anjurkan orang tua untuk
mengayun-ayun bayi dengan lembut pada posisi terlentang, sesuai keperluan
§ Anjurkan stimulasi suara pada bayi, sesuai
keperluan
§ Kuatkan kontak mata dengan bayi, sesuai
keperluan
§ Dukung orang tua dalam perawatan dan
pemeliharaan bayi sendiri
§ Anjurkan orang tua untuk memegang bayi
dengan seluruh tangan
§ Anjurkan orang tua untuk mengenali
tanda-tanda perilaku bayi
§ Tunjukkan perubahan status bayi pada orang
tua
§ Instruksikan orang tua untuk menurunkan
aktivitas saat bayi menunjukkan gejala-gejala overstimulasi, distress, atau
pengingkaran
§
Anjurkan orang tua untuk membiarkan bayi tidur
selama perawatan kanguru
§
Anjurkan untuk menyusui selama perawatan
kanguru, sesuai keperluan
§
Anjurkan orang tua untuk memberikan perawatan
kanguru dari 20 menit sampai 2 jam sekali waktu pada dasar yang konsisten,
sesuai keperluan
§
Anjurkan ibu post partum untuk merubah posisi
dan berdiri setiap 90 menit untuk menghindari penyakit trombolitik
§ Monitor reaksi emosional orang tua
terhadap perawatan kanguru
§ Monitor status fisiologis bayi
(contoh: warna, suhu, nadi, dan apnea), dan penghentian perawatan kanguru jika
bayi menjadi terkompromi secara fisologis atau teragitasi
NIC 4 : Konseling Laktasi 5244
Definisi : penggunaan proses bantuan interaktif
untuk membantu dalam mempertahankan keberhasikan proses menyusui
Tindakan :
§
Tentukan pengetahuan dasar tentang menyusui
§
Edukasi orang tua tentang pemberian makan pada bayi
untuk mengambil keputusan
§ Sediakan informasi tentang keuntungan dan
kerugian menyusui
§ Koreksi kesalahpahaman, misinformasi, dan
ketidaktepatan tentang menyusui
§ Tentukan keinginan ibu dan motivasi untuk
menyusui
§
Beri dukungan atas keputusan ibu
§ Beri orang tua materi pendidikan yang
direkomendasikan, sesuai kebutuhan
§ Rujuk orang tua pada kelas-kelas atau
kelompok menyusui
§ Evaluasi pengertian ibu tentang
tanda-tanda bayi ingin menyusu (contoh: rooting, menghisap, dan terjaga)
§ Tentukan frekuensi menyusu berhubungan
dengan kebutuhan bayi
§ Monitor ketrampilan ibu dalam mengunci
bayi pada putting
§ Evaluasi pola menghisap dan mengecap bayi
§
Demonstrasikan pelatihan menghisap, sesuai
keperluan
§ Instruksikan teknik-teknik relaksasi,
termasuk masase payudara
§ Anjurkan cara peningkatan istirahat,
termasuk pengalihan tugas-tugas rumah tangga dan cara meminta bantuan
§ Instruksikan tetap mencatat lama dan
frekuensi sesi perawatan
§ Instruksikan tentang pola BAK dan BAB pada
bayi, sesuai keperluan
§ Instruksikan ibu tentang pertumbuhan bayi
untuk mengidentifikasi pola menyusui yang normal pada bayi
§ Evaluasi keadequatan pengosongan payudara
dengan menyusui
§ Evalusi kualitas dan penggunaan bantuan
dalam menyusui
§ Anjurkan ibu untuk menyusui dengan dua
payudara setiap kali menyusui
§ Tentukan kesesuaian dalam penggunaan pompa
payudara
§
Sediakan rumusan informasi untuk masalah-masalah
ringan temporer
§
Demonstrasikan masase payudara dan diskusikan
keuntungannya untuk meningkatkan suplay
air susu
§
Instruksikan orang tua bagaimana membedakan antara
ketidakcukupan suplay susu yang dirasa dan yang aktual
§
Anjurkan untuk pompa payudara jika suplay susu
rendah
§
Monitor integritas kulit putting
§
Rekomendasikan perawatan putting
§
Monitor kemampuan untuk mengatasi masalah
payudara buntu dengan tepat
§ Evaluasi pengertian tentang saluran susu
tersumbat dan mastitis
§ Instruksikan ibu pentingnya memonitor
tingkat hemoglobin/hematokrit dan fungsi tiroid saat proses menyusui
§ Instruksikan jika menemui gejala
masalah untuk melaporkan kepada praktisi
petugas kesehatan
§ Tunjukkan alat-alat yang tersedia untuk
membantu menyusui yang diikuti bedah payudara, seperti pompa payudara,
bungkusan penghangat, dan perlengkapan perawatan
§ Instruksikan bagaimana menyusui kembali,
sesuai keperluan
§ Anjurkan melanjutkan menyusui setelah
kembali bekerja atau sekolah
§ Diskusikan tanda-tanda kesiapan untuk
menyapih
§
Diskusikan pilihan untuk penyapihan
§
Diskusikan metode memberi makan alternatif
§
Instruksikan ibu untuk berkonsultasi dengan
praktisi kesehatan sebelum menjalani pengobatan selama menyusui, diresepkan
atau tidak
§
Anjurkan ibu untuk menghindari pil kontrasepsi
saat menyusui
§
Diskusikan metode alternative kontrasepsi
§ Anjurkan ibu untuk menghindari sigaret sat
menyusui
§ Anjurkan majikan untuk menyediakan
kesempatan dan memfasilitasi ibu untuk memompa dan menyimpan air susu selama
bekerja
NIC 5 : Supresi :Laktasi 6870
Definisi : memfasilitasi penghentian
produksi susu dan meminimalkan penelanan setelah melahirkan
Tindakan :
§ Beri obat supresi laktasi, jika perlu
§ Monitor tekanan darah selama terapi obat
supresi laktasi
§
Monitor penelanan payudara dan ketidaknyamanan
§
Gunakan bungkusan es pada area poros payudara
selama 20 menit dan di rumah, sesuai keperluan
§
Informasikan pasien bahwa penelanan mungkin
terjadi setelah keluar ASI
§
Beri analgesik, jika dibutuhkan
§ Anjurkan pasien untuk memakai bra yang
mengangkat dan menyokong terus menerus sampai proses laktasi tertekan
§
Gunakan pengikat payudara, sesuai keperluan
§
Instruksikan pasien untuk mencegah stimulasi
payudara
§ Informasikan pasien tentang ovulasi dini
kembali
§
Instruksikan pasien tentang alat kontrasepsi
yang sesuai
NIC 6 : Manajemen Nutrisi 6870
Definisi : bantuan
dengan atau penyediaan keseimbangan masukan pola makan dan cairan
Tindakan :
§ Tanyakan apakah pasien memiliki alergi terhadap
makanan
§
Pastikan makanan kesukaan pasien
§
Tentukan – kolaborasi dengan ahli gizi sesuai
keperluan – jumlah kalori dan jumlah nutrisi
yang dibutuhkan untiuk memenuhi kebutuhan nutrisi
§
Anjurkan masukan kalori yang sesuai untuk jenis
tubuh dan gaya
hidup
§ Anjurkan peningkatan masukan besi lewat
makanan, sesuai keperluan
§ Anjurkan peningkatan masukan protein,
besi, dan vitamin C sesuai keperluan
§ Tawarkan makanan kecil (contoh : sering
minum, dan buah segar/ jus buah) sesuai keperluan
§ Beri makanan ringan, kental dan lunak
sesuai keperluan
§
Sediakan pengganti gula sesuai keperluan
§
Yakinkan bahwa diit termasuk makanan tinggi
serat untuk mencegah konstipasi
§
Tawarkan bumbu dan rempah-rempah sebagai
alternatif garam
§
Sediakan pasien dengan makanan tinggi protein,
tinggi kalori dan minuman siap saji, sesuai keperluan
§
Sediakan pilihan makanan
§
Atur diit sesuai gaya hidup pasien sesuai
keperluan
§ Ajarkan pasien bagaimana menjaga makanan
sehari-sehari sesuai kebutuhan
§ Monitor laporan in take untuk kalori dan
kandungan nutrisi
§ Timbang pasien pada interval yang sesuai
§ Anjurkan pasien untuk memakai gigi palsu
yang dipasang denagn baik dan atau mendapatkan perawatan gigi
§ Sediakan informasi yang sesuai dengan
kebutuhan nutrisi dan bagaimana memenuhinya
§ Anjurkan persiapan makanan yang aman dan
teknik pemeliharaan yang aman.
§ Tentukan kemampuan pasien untuk memenuhi
kebutuhan nutrisi
§
Bantu pasien dalam menerima bantuan dari
prograrm nutrisi masyarakat yang tepat , sesuai kebutuhan
NIC 7 : Pengajaran : Individu 5606
Definisi : perencanaan, implementasi, dan
evaluasi program pengajaran yang disusun untuk memenuhi kebutuhan utama pasien
Tindakan :
§
Bangun hubungan
§
Bangun kredibilitas pengajar, sesuai keperluan
§
Tentukan kebutuhan pembelajaran pasien
§ Nilai tingkat umum pengetahuan dan
pengertian pasien
§
Nilai tingkat pendidikan pasien
§
Nilai kemampuan/ ketidakmampuan kognitif,
psikomotor, dan afektif pasien
§
Tentukan kemampuan pasien untuk belajar
informasi khusus ( contoh : tingkat perkembangan, status fisiologi, orientasi,
nyeri, lelah, ketidakpenuhan kebutuhan dasar, status emosional, dan adaptasi
terhadap penyakit)
§
Tentukan motivasi pasien untuk belajar informasi
khusus (contoh : keyakinan kesehatan, kegagalan dalam memenuhi suatu kebutuhan
di masa lampau, pengalaman buruk dengan perawatan kesehatan/ pembelajaran,
tujuan yang berlawanan)
§ Tingkatkan kesiapan pasien untuk belajar,
sesuai keperluan
§ Susun tujuan pembelajaran yang realistik,
saling menguntungkan dengan pasien
§ Identifikasi sasaran pembelajaran yang
perlu untuk meraih tujuan
§
Tentukan urutan penyajian informasi
§
Nilai gaya
pembelajaran pasien
§ Pilih metode/ strategi pengajaran yang
sesuai
§
Pilih materi pendidikan yang sesuai
§
Sesuaikan isi dengan kemampuan dan
ketidakmampuan kognitif, psikomotor, dan afektif pasien
§
Sesuaikan instruksi untuk memfasilitasi
pembelajaran
§
Sediakan lingkungan yang kondusif untuk
pembelajaran
§
Instruksikan pasien, saat diperlukan
§ Evaluasi pencapaian sasaran yang
dinyatakan pasien
§ Umpan balik tingkah laku, sesuai keperluan
§
Koreksi misinterpretasi informasi, sesuai
keperluan
§
Sediakan waktu bagi pasien untuk bertanya dan
diskusi dengan penuh perhatian
§ Pilih metode/ strategi pembelajaran baru,
jika metode sebelumnya tidak efektif
§ Rujuk pasien ke agensi atau spesialis lain
untuk menemukan sasaran pembelajaran sesuai keperluan
§ Dokumentasikan isi yang ada, materi
tertulis, dan pengertian pasien tentang informasi atau perilaku pasien yang
mengindikasikan pembelajaran pada catatan medik tetap
§ Libatkan keluarga/ orang berarti, sesuai
keperluan
NIC 8 : Pengajaran : Nutrisi Bayi 5626
Definisi : intruksi tentang nutrisi dan praktek menyusui selama tahun
pertama kehidupan
Tindakan :
§
Sediakan orang tua dengan materi tertulis yang
sesuai untuk mengidentifikasi kebutuhan pengetahuan
§ Instruksikan orang tua / pemberi perawatan
terhadap bayi 0-3 bulan untuk :
Ø Hanya memberi ASI atau susu formula selama
tahun petama ( bukan makanan padat sebelum 4 bulan)
Ø Selalu memegang bayi saat memberi lewat
botol
Ø Jangan pernah menyangga atau memberi lewat
botol saat di tempat tidur
Ø Batasi masukan air sampai ½ oz sampai 1 oz
sekali waktu, 4 oz per hari
Ø Hindari penggunaan sirup madu atau jagung
Ø Biarkan menghisap tak bergizi
Ø Buang sisa susu dan bersihkan botol setiap
setelah menyusui
§ Instruksikan orang tua / pemberi perawatan
terhadap bayi 04-6 bulan untuk :
Ø Kenalkan makanan padat tanpa tambaha garam
atau gula
Ø Kenalkan sereal bayi besi terfortifikasi
Ø Kenalkan satu makanan sekali waktu
Ø Hindari pemberian jus atau minuman manis
Ø Berikan makanan hanya dengan sendok
§ Instruksikan orang tua / pemberi perawatan
terhadap bayi 7-9 bulan untuk :
Ø Kenalkan makanan dengan jari saat bayi
dapat duduk
Ø Kenalkan gelas saat bayi dapat duduk
Ø Beri makan pada bayi bersamaan dengan
waktu makan keluarga
Ø Biarkan bayi mulai makan sendiri dan
observasi agar terhindar dari tercekik
Ø Beri cairan minum setelah makanan padat
Ø Hindari makanan penutup yang bergula dan
mengandung soda
Ø Beri makanan yang bervariasi menurut
piramida makanan
Ø Kenalkan jumlah jus campur yang terbatas
pada sebuah gelas
§ Instruksikan orang tua / pemberi perawatan
terhadap bayi 10-12 bulan untuk :
Ø Beri makanan dan snack yang sehat
Ø Mulai untuk menyapih dari botol
Ø Hindari minuman buah dan susu berasa
Ø Mulai memberi makan di meja
Ø Biarkan bayi untuk makan sendiri
menggunakan sendok
NIC 9 : Konsultasi Via Telepon 8180
Definisi : pertukaran informasi, penyediaan pendidikan dan nasehat
kesehatan, pengelolaan gejala, atau melakukan triase lewat telepon
Tindakan :
§
Identifikasi tujuan panggilan
§
Panggil dengan tenang dengan memberi instruksi
sederhana untuk tindakan, sesuai kebutuhan
§
Peroleh infomasi yang berhubungan dengan
panggilan, kalau perlu (contoh: krisis alam, diagnosa medis, riwayat masa lalu,
dan regiman pengobatan umum)
§
Identifikasi perhatian tentang status kesehatan
§
Peroleh data yang berhubungan dengan keefektifan
pengobatan
§ Tentukan apakah perhatian membutuhkan
evaluasi medis
§ Sediakan instruksi pertolongan pertama
atau petunjuk emergensi untuk keadaan krisis (contoh : instruksi RJP dan
kelahiran)
§ Tetap dengan saluran saat menghubungi
dinas darurat
§ Sediakan petunjuk jelas atau kendaraan ke
RS, sesuai kebutuhan
§ Sediakan instruksi bagaimana mengakses
perawatan yang dibutuhkan
§ Sediakan informasi tentang regimen
pengobatan dan sebagian tanggung jawab diri sendiri, jika perlu, mengarah ke
lingkup praktek dan protokol yang telah dibangun
§ Sediakan informasi tentang terapi dan
pengobatan yang diresepkan, sesuai keperluan
§ Sediakan tentang pendidikan kesehatan/
promosi kesehatan, sesuai keperluan
§ Identifikasi masalah aktual/ potensial
yang berhubungan dengan pelaksanaan perawatan diri
§ Fasilitasi pemecahan masalah tentang
regimen perawatan diri
§ Buat rekomendasi tentang perubahan
regimen, sesuai keperluan
§ Konsul dengan dokter tentang perubahan
dalam perubahan regimen pengobatan, jika perlu
§ Sediakan instruksi tentang persiapan untuk
merencanakan test diagnostik/ prosedur medis
§ Catat hasil test pasien, jika
diindikasikan
§ Bantu pemenuhan resep berdasar pada
protokol yang telah dibangun bersama
§
Jawab pertanyaan
§
Sediakan dukungan emosional, jika dibutuhkan
§
Pertahankan kepercayaan diri
§
Sediakan informasi tentang sumber-sumber
masyarakat, program pendidikan, kelompok pendukung, dan kelompok bantuan diri,
sesuai indikasi
§
Tetapkan waktu dan tanggal untuk perawatan
lanjutan, termasuk konsultasi telepon selanjutnya
§ Catat nasehat, instruksi, dan informasi
lain yang diberikan pada pasien
§ Follow up dengan menelpon klien kembali
jika tidak nyaman dengan komunikasi
NIC 10 : Manajeman Berat Badan 1260
Definisi : fasilitasi pemeliharaan berat badan dan presentase lemak tubuh
optimal
Tindakan :
§ Diskusikan dengan pasien hubungan antara
masukan makanan, latihan, penambahan berat badan, dan kehilangan berat badan
§ Diskusikan dengan pasien kondisi medis
yang mungkin mempengaruhi berat badan
§ Diskusikan dengan pasien kebiasaan dan
adat istiadat dan budaya dan faktor hereditas yang mempengaruhi berat badan
§ Diskusikan resiko yang berhubungan dengan
keadaan berat badan kurang dan lebih
§ Tentukan motivasi pasien dalam merubah
kebiasaan makan
§
Tentukan berat badan ideal pasien
§ Tentukan presentase lemak tubuh ideal
pasien
§ Kembangkan dengan pasien metode untuk
mempertahankan catatan masukan harian
§ Anjurkan pasien untuk menulis tujuan
realistik tiap minggu untuk masukan makanan dan latihan dan untuk menunjukkan
pada mereka bagian mana mereka dapat meninjau ulang tiap hari
§ Anjurkan pasien untuk melabel berat badan
tiap minggu, sesuai keperluan
§ Informasikan pasien tentang kelompok
dukungan tersedia untuk bantuan
§ Bantu dalam mengembangkan rencana makan
yang berimbang dan konsisten dengan tingkat pengeluaran energi
NIC 11: Pendidikan Orang Tua : Bayi 5568
Definisi : instruksi atas pemeliharaan dan perawatan
fisik yang dibutuhkan selama tahun pertama kehidupan
Tindakan :
- Tentukan pengetahuan orang tua dan kesiapan dan kemampuan untuk belajar tentang perawatan bayi
- Monitor kebutuhan pembelajaran keluarga
- Sediakan petunjuk terantisipasi tentang perubahan perkembangan selama tahun pertama kehidupan
- Kaji orang tuan dalam mengartikulasi cara-cara untuk mengintegrasikan bayi ke dalam sistem keluarga
- Ajarkan orang tua ketrampilan merawat bayi bary lahir
- Instruksikan pasien pada rumusan persiapan dan pilihan
- Beri orang tua informasi tentang dot
- Beri informasi tentang makanan padat tambahan pada pola makan selama tahun pertama
- Instruksikan orang tua pada makanan tambahan floride yang sesuai
- Beri informasi tentang pertumbuhan gigi dan kebersihan mulut selama tahun pertama
- Diskusikan tentang alternatif bedtime bottle untuk mencegah nursing bottle caries
- Sediakan petunjuk terantisipasi tentang perubahan pola eliminasi pada tahun pertama
- Instruksikan pasien bagaimana mengobati dan mencegah ruam diapers
- Sediakan petunjuk terantisipasi tentang perubahan pola tidur pada tahun pertama
- Demonstrasikan cara-cara dimana orang tua dapat menstimulasi pertumbuhan
- Anjurkan orang tua untuk memegang, memeluk, memijit, dan menyentuh bayi
- Anjurkan orang tua untuk berbicara dan membaca pada bayi
- Anjurkan orang tua untuk menyediakan suara yang menyenangkan dan stimulasi visual untuk meningkatkan pertumbuhan
- Anjurkan orang tua untuk bermain dengan bayi
- Beri contoh mainan atua benda-benda yang tersedia di rumah di rumah yang dapat digunakan sebagai mainan yang aman
- Anjurkan orang tua untuk mengikuti kelas-kelas bagi orang tua
- Sediakan orang tua dengan materi tertukis yang sesuai untuk mengidentifikasi kebutuhan pengetahuan
- Umpan balik kemampuan orang tua dalam melakukan ketrampilan merawat anak yang telah diajarkan
- Sediakan orang tua dengan dukungan saat belajar ketrampilan merawat bayi
- Bantu orang tua dalam menginterpretasi tanda-tanda bayi, tanda-tanda non verbal, menangis, dan vokalisasi
- Sediakan informasi tentang karakteristik perilaku bayi baru lahir
- Tunjukkan reflaks-refleks pada orang tua dan jelaskan arti orang tua pada perawatan bayi
- Diskusikan kemampuan bayi untuk berinteraksi
- Kaji orang tua dalam mengidentifikasi karakteristik tingkah laku bayi
- Tunjukkann kemampuan dan kekuatan bayi pada orang tua
- Jelaskan dan tunjukkan status bayi
- Tunjukkan teknik-teknik membuat suasana tenang
- Monitor kemampuan orang tua dalam mengenali kebutuhan fisiologis bayi
- Umpan balik peran perilaku pemberi perawatan
- Umpan balik orang tua dalam melakukan perawatan yang baik pada bayi untuk meningkatkan kepercayaan diri
- Sediakan orang tua informasi tentang membuat lingkungan rumah yang aman bagi bayi
- Sediakan orang tua tentang kebutuhan keamanan bagi bayi saat di kendaraan bermotor
- Instruksikan orang tua bagaimana mencari profesional kesehatan
- Tentukan panggilan telepon untuk follow up satu atau dua minggu setelah pertemuan
- Sediakan informasi tentang sumber-sumber masyarakat
Tidak ada komentar:
Posting Komentar