1. Pengkajian
Seorang anak laki-laki berumur 6
tahun datang ke Puskesmas dengan keluhan badannya penuh dengan kurap. Dibawah
ini disajikan hasil pengkajian yang didapat. Hasil pengkajian itu mendukung
adanya masalah tinea circinata.
Pengkajian Faktor
predisposisi
a. Riwayat Keperawatan
An.
A berumur 10 tahun, tinggal di Sungai Empat, Inhil. An. A merupakan anak ke-2.
An. A adalah murid kelas 1 SD. Ia tinggal bersama ayah dan ibunya serta dua
orang saudara kandungnya. Ayahnya bernama Karno dan ibunya bernama Siah. Karno
bekerja sebagai petani dan ibunya bekerja sebagai ibu rumah tangga. Kira-kira
pendapatan perharinya Rp. 15.000.
Keluarga
karno merupakan penganut agama islam dan didaerahnya mempunyai kepercayaan adat
yang sangat kuat. Biasanya orang-orang
akan melakukan sesuatu sesuai dengan petunjuk pemuka adat.
An.
A dibawa ke Puskesmas karena terdapat kurap di bagian perut dan punggungnya.
Dahulunya sedikit tetapi makin lama makin banyak Dan tidak diobati. Siah
mengatakan An. A selalu mandi berenang di parit di belakang rumahnya.
b. Keadaan
Fisik
Di
bagian perut dan punggung An. A banyak terdapat kurap. Mula-mula kurap dibadan
An. A sedikit dan tidak diobati karena dianggap akan sembuh sendiri dan merupakan
hal yang biasa terjadi pada anak-anak. An. A sering mengeluh gatal-gatal dan ia
sering menggaruk-garuk dengan tangannya.
c. Kesiapan
Belajar
Keluarga
Karno mengatakan tertarik untuk mempelajari tentang penyakit kurap. Karno dan
Siah mengatakan tidak mengerti tentang apa itu kurap, komplikasi dan cara
pencegahannya.
d. Motivasi
Belajar
Keluarga
Karno terlihar antusias dan termotivasi untuk mempelari masalah kurap. Karno
mengatakan akan berusaha belajar untuk kebaikan anaknya dan masalah pada anaknya
dapat teratasi.
e. Kemampuan
Membaca
Karno
memiliki kemampuan membaca dan menulis karena pernah menamatkan pendidikan
sampai SMP. Siah mempunyai sedikit keterampilan membaca karena menamatkan sampai
SD. Sedangkan An. A belum pandai dalam hal membaca dan menulis.
·
Pengkajian Faktor Pemungkin
Di Puskesmas An. A mendapat pelayanan
dari petugas kesehatan yang telah memiliki keterampilan memberikan penyuluhan
kesehatan dengan baik, karena sering dilakukan pelatihan untuk hal tersebut.
Alat Bantu penyuluhan yaitu leaflet dan gambar. Lagi pula rumah Karno mendukung
untuk dilakukannya penyuluhan kerana letaknya yang dekat dengan puskesmas dan bisa
di tempuh dengan jalan kaki.
·
Pengkajian Faktor Penguat
Keluarga Karno sangat mendukung jika
An. A dibawa ke Puskesmas untuk mendapatkan pelayanan kesehatan yang lebih baik
serta mendapat penyuluhan kesehatan dari petugas kesehatan.
2. Diagnosa
Keperawatan
Berdasarkan
data dan hasil pengkajian yang didapat, dapat ditegakkan diagnosa keperawatan
sebagai berikut :
§
Kurang pengetahuan keluarga Karno tentang
penyakit Kurap b.d kurang terpaparnya informasi.
§
Kurang pengetahuan keluarga Karno tentang
penyebab penyakit Kurap b.d kurangnya informasi
§
Kurang pengetahuan keluarga Karno tentang cara
mengatasi penyakit Kurap b.d kurang informasi.
3. Perencanaan Tindakan
SATPEL
Diagnosa Keperawatan :
Kurang
pengetahuan Keluarga Karno tentang Penyakit Kurap b.d kurang terpaparnya
informasi.
a.
Tujuan Pembelajaran
1. Tujuan
Umum
Setelah mendapatkan pendidikan kesehatan, keluarga Karno
mendapatkan gambaran dan mampu memahami tentang penyakit Kurap.
2 Tujuan Khusus
Setelah menerima pendidikan kesehatan selama 1 X 60
menit keluara Karno mampu :
a.
memahami tentang pengertian penyakit kurap
b.
memahami tentang penyebab penyakit kurap
c.
memahami tentang tanda dan gejala penyakit kurap
d.
memahami tentang komplikasi penyakit kurap
e.
memahami tentang cara mencegah penyakit kurap
- Materi belajar
1.
Pengetian penyakit kurap
2.
Penyebab penyakit kurap
3.
Tanda dan Gejala penyakit kurap
4.
Komplikasi penyakit kurap
5.
Cara Mencegah penyakit kurap
- Metode Belajar
1.
Metode Diskusi
Metode ini digunakan untuk pencapaian materi
2.
Metode Demonstrasi
Metode
ini digunakan untuk mencapai tujuan dari promosi kesehatan tentang penyakit
kurap sehingga bisa dipahami keluarga Karno.
- Alat Bantu Belajar
1.
Leaflet yang berisi penjelasan dalam gambar dan tulisan
tentang penyakit kurap.
2.
Gambar Penderita penyakit kurap
- Evaluasi Belajar
Evaluasi belajar akan dilakukan selama proses belajar dan
pada akhir dari proses kesehatan. Cara evaluasi akan dilakukan dengan
mengajukan pertanyaan lisan :
§
Jelaskan pengertian dari penyakit kurap
§
Sebutkan penyebab penyakit kurap
§
Sebutkan Tanda dan Gejala penyakit kurap
§
Sebutkan komplikasi penyakit kurap
§
Sebutkan cara mencegah penyakit kurap
Tidak ada komentar:
Posting Komentar