STRATEGI PELAKSANAAN 1 TINDAKAN PERAWATAN PADA PASIEN WAHAM KEBESARAN



ORIENTASI
1. Salam dan perkenalan
            Assalamualaikum Kak,
 perkenalkan nama saya perawat A , saya perawat yang dinas pagi ini di ruang mawar. Saya dinas dari pk 07-14.00 nanti,  saya yang akan mendampingi kakak hari ini. Nama kakak siapa, senangnya dipanggil apa?”
2. Evaluasi dan validasi
            “ Bagaimana kabar kakak sekarang?” “Apa yang kakak rasakan sekarang?” “apakah nyenyak tidurnya semalam?”
3. Kontrak
            “Bisa kita berbincang-bincang tentang apa yang kakak  rasakan sekarang?”
Berapa lama kakak mau kita berbincang-bincang? Bagaimana kalau 15 menit?”

“Dimana enaknya kita berbincang-bincang, kak?”


4. Tujuan
            “Dengan kita berbincang-bincang ini, supaya kita tahu apa yang kakak rasakan dan apa yang ingin kakak inginkan”

KERJA
            Saya mengerti kakak merasa bahwa kakak adalah Miss Universe, tapi setahu saya miss universe sekarang lagi berada di Australia sedang mengunjungi anak-anak korban banjir bandang” “kalau kakak gag percaya coba kakak lihat berita di TV”
“oya, yang di atas kepala kakak itu apa ya kak?”
“coba saya liat kak.. ini mirip daun bukannya kak, dan ini sudah kering pula.
“Bagaimana kalau kita menyisir rambut kakak saja, biar lebih rapi dan tetap keliatan bagus walaupun tidak memakai barang seperti ini”.
“ternyata rambut kakak bagus ya”
“Wahh,, kakak kelihatan cantik dan rapi,, kalau rambutnya di sisir dan dirapikan kakak”
“bagaimana kalau kegiatan menyisir rambut ini, kita masukkan ke dalam daftar kegiatan harian kakak”
“Bagaimana kalau kakak lakukan kegiatan ini, setiap setelah kakak selesai mandi”

TERMINASI
1. Evaluasi Subjektif
            “ Bagaimana perasaan kakak, setelah kita melakukan sisir rambut tadi”?
“terasa lebih bagus dan rapi kan kak?”
2. Evaluasi Objektif
            “Oya, coba kakak ulangi bagaimana cara menyisir rambut kakak tadi”.
“Pelan-pelan aja ya kak, biar lebih rapi”. “Ya, bagus, sepertinya kakak sudah bisa nyisir rambut sendiri”.
3. Rencana Tindak Lanjut
            “ ini ada format kegiatan kakak, nanti kalau kakak menyisir rambut  lagi. Kakak tuliskan ke dalam format ini ya kak”.

4. Kontrak waktu
Bagaimana kalau saya datang kembali hari besok?”
”Kita bercakap-cakap tentang kemampuan yang pernah kakak miliki? Mau di mana kita bercakap-cakap? Bagaimana kalau di sini lagi?”
”kalau begitu, sampai ketemu besok ya kak, saya permisi dulu”
”Assalamualaikum.”

Tidak ada komentar: