SP 1 PASIEN DENGAN ISOLASI SOSIAL



Ibu S, 35 tahun masuk rumah sakit 3 hari yang lalu diantar keluarga dengan keluhan klien tidak mau berbicara, makan maupun keluar kamar. Klien pasca bercerai 3 bulan sebelum masuk rumah sakit. Klien juga memiliki riwayat KDRT.         

SP1 Pasien: Membina hubungan saling percaya, membantu pasien mengenal penyebab isolasi sosial, mendiskusikan keuntungan berhubungan mengenal orang lain dan kerugian tidak berhubungan dengan orang lain serta mengajarkan cara berkenalan.


ORIENTASI

Salam terapeutik:  Assalamualaikum, selamat pagi bu, perkenalkan saya suster N.
Nama ibu siapa? Senang dipanggil siapa bu?”
”Saya dinas pagi di ruangan  ini dari pk. 07.00-14.00. Selama di rumah sakit ini saya yang akan merawat ibu S?”
Evaluasi/Validasi:Ibu bagaimana kabarnya hari ini ? Bagaimana perasaan ibu hari ini?
Kontrak                 : ” Bagaimana kalau kita bercakap-cakap tentang apa yang ibu rasakan dan sekalian kita latihan cara memperkenalkan diri ? ”
” Berapa lama kita berbicara ?. 20 menit ya...?. Mau dimana...?. disini aja ya.”
Tujuan                   : “Tujuan pertemuan kita kali ini bu agar ibu mengenal keuntungan berhubungan dan kerugian tidak berhubungan dengan orang lain serta agar ibu tau bagaimana caraberkenalan.”



FASE KERJA

“ Bu, kalau d rumah atau d luar biasanya ibu ada berbincang-bincang tidak dengan orang di sekitar ibu??
Biasanya apa saja yang dibincangkan bu?  Hmm begitu ya bu.. Lalu sejak kapan ibu tidak mau berbicara dengan orang lain bu?? Kalau suster boleh tahu kenapa ibu tidak mau berbicara dengan orang lain.? Ibu jangan khawatir saya tidak akan membicarakannya pada orang lain.. oo begitu bu..
Bu, kalau menurut ibu berbincang-bincang dengan orang lain itu menguntungkan tidak?? Misalnya kita ada suatu masalah lalu kita ceritakan pada teman kita, rasanya lebih sedikit lega gak bu??
Lalu kalau kita pendam sendiri bu, rasanya masalah kita itu makin berat ga bu??
Nah!! Jadi kalau kita banyak bergaul hidup kita akan menjadi lebih senang kan bu???”

“Ibu biasanya berkenalan dengan orang lain bagaimana??Nah sekarang kita belajar cara memperkenalkan diri ya bu. Pertama kita sebutkan nama kita, contohnya “Saya S” lalu dilanjutkan dengan umur, tempat tinggal, daerah asal dan hobi ya bu, contohnya “ perkenalkan nama saya S umur saya 35 tahun, saya tinggal di Padang, saya berasal dari Solok dan hobi saya memasak.” Coba ibu ulangi ya...??
Bagus bu,, ibu tidak usah malu ya bu...” Nah, kalau ibu berkenalan dengan orang lain begitu caranya ya bu..”
“Ibu latih setiap hari cara bekenalan yang sudah saya ajarkan tadi ya bu..”





TERMINASI

Evaluasi
      Subjektif          : “Bagaimana Perasaan Ibu Setelah  Mengetahui Keuntungan Berhubungan Dan Kerugian Tidak Berhubungan Dengan Orang Lain Dan Setelah Kita Latihan Memperkenalkan Diri Bu??”
      Objektif           : “ Coba ibu sebutkan lagi keuntungan kita berhubungan dengan orang lain dan kerugian tidak berhubungan dengan orang lain..?? ya benar”
Lalu coba ibu ulangi cara memperkenalkan diri ya bu?? Ya bagus..”

Rencana Tindak Lanjut : “ Ibu ini saya punya lembaran jadwal kegiatan harian, satu untuk ibu satu untuk saya. Nanti ibu latih cara memperkenalkan diri ya bu lalu ibu catat di dalam di dalam jadwal kegiatan ini ya bu,.. Ibu maunya latihan jam berapa saja?? Ya baik, nanti ibu catat  ya bu,,”

Kontrak YAD       : “ Nah bu untuk hari ini sampai disini saja ya bu, kan sudah 20 menit.. Besok saya datang lagi ya bu,, kita latihan cara berkenalan dengan orang pertama yaitu saya ya bu, bagaimana setuju bu?? Ibu maunya latihan di mana bu?? Ibu maunya jam berapa?? Baik bu”

Salam                     : “ Baik,  saya pergi dulu ya bu. Terima kasih bu. Assalamualaikum..”


Tidak ada komentar: