Hari / tanggal :
Kamis , 1 maret 2011
Nama klien : Ny S
Dx / SP ke / pertemuan ke :
Isolasi sosial / SP kedua / pertemuan kedua
Nama perawat pelaksana : Ega Pamesa
A.PROSES KEPERAWATAN
· Kondisi Klien
Klien masuk RSJ Dr. H.B. Sa’anin Padang sejak 3 hari
yang lalu dengan alasan/keluhan : tidak mau berbicara dengan orang lain dan suka mengurung diri. Beberapa waktu yang
lalu Ny.S bercerai dengan suaminya.
·
Diagnosa
Keperawatan
Isolasi Sosial
·
Tujuan
Khusus
Mengajarkan klien berinteraksi dengan orang lain
yang disenanginya yaitu perawat
·
Tindakan
keperawatan
Mengajarkan pasien berinteraksi
secara bertahap (berkenalan dengan orang pertama -seorang perawat)
B. STRATEGI PELAKSANAAN KOMUNIKASI
SP 2 Pasien: Mengajarkan
pasien berinteraksi secara bertahap (berkenalan dengan orang pertama -seorang perawat.
ORIENTASI
- Salam : ”assalamua’laikum bu, selamat pagi..”
- Evaluasi Validasi : ”bagaimana perasaan ibu hari ini? Bagus!”
”apakah ibu masi
mengingat apa saja kita bicarakan dan kita latih kemaren??”Ya,tepat sekali
ibu,kemaren kita berlatih cara berkenalan dan manfaat yang kita rasakan kalo
kita banyak teman y bu..”
”coba ibu jelaskan lg
bu, bagaimana cara berkenalan,..Bagus ibu senar sekali,pertama kita menyebutkan
salam sambil berjabat tangan , dan terus mengucapkan nama lengkap,nama
pangilan,asal dan hobi selanjutnya kita menyakan nama lengkap , nama panggilan
, asal dan hobi dari teman bicara kita..”
”nah, sesuai janji kita
kmaren saya akan mengajak ibu berkenalan dengan suster Nadia..”
”bagaimana apakah ibu
bersedia??”
- Kontrak : “bagaimana kalau kita berkenalannya sekarang ibu?”
“ibu mau dimana dan berapa lama??”
“baik ibu.”
- Tujuan : “tujuannya ibu berkenalan dengan suster nadia , biar ibu punya
teman baru ,ibu nanti bisa berbincang-bincang sama suster nadia ibu ,atau
kalau ibu mau menanyakan sesuatu bisa bertanya ke suster nadia."
KERJA
- “ibu ini suster Nadia, ibu boleh berkenalan dengan beliau seperti yang kita latih kemaren ibu..”
“mari ibu”
“Bagus ibu, tadi saya melihat ibu berjabatan tangan dengan suster
Nadia dan menyebutkan nama lengkap , nama panggilan ibu , asal dan hoby.”
“selanjutnya bagaimana ibu?? Ibu sudah tau nama lengkap suster nadia
, nama panggilan , asal dan hobi suster nadia??”
“bagus bu.”
“Dengan ibu berkenalan dengan orang lain,ibu telah mendapatkan teman
untuk berbincang-bincang.Ibu bisa menceritakan apa yang ibu rasakan kepada
orang lain dan akan membuat ibu merasa lebih enakan.
“bagaimana kalau kita buatkan jadwal berkenalan ini dalam jadwal
kegiatan harian ibu sehingga ibu punya lebih banyak teman lagi.Ibu bias
berkenalan dengan suster yang ada disini , Apakah ibu setuju??”
“baiklah bu..”
“ini jadwal kegiatan berkenalannya ,saya temple di dinding ya
bu.Setiap ibu berkenalan dengan suster ibu beri tanda B pada kolom ini ya bu”
“bisa ibu??”
“bagus bu.”
TERMINASI
- Evaluasi Subjektif : “bagaimana perasaan ibu setelah berkenalan dengan suster
Nadia??”
“menyenangkan ya bu??”
- Evaluasi Objektif : “Boleh saya tau bu, bagaimana ibu berkenalan dengan suster
Nadia..”
“ya bagus sekali ibu, ibu sudah
bisa berkenalan dengan suster nadia.” “saya lihat tadi ibu enak sekali
berbincang dengan suster nadia.”
- Kontrak : “bagaimana kalau besok kita berkenalan dengan teman sekamar
Ibu??”
“Biar ibu punya teman dikamar,bisa ngobrol-ngobrol.”
“bagaimana ibu?”
“besok saya akan datang lagi jam 9 pagi, atau ibu mau jam brapa dan
dimana??
“baik ibu, saya akan kembali datang jam 9 ke kamar ibu”
“terima kasih bu,sekarang ibu istirahat dulu ya saya permisi dulu”
“assalamua’laikum..”
Tidak ada komentar:
Posting Komentar