Aplikasi Merah Putih

Assalamualaikum.
dalam rangka memeriahkan hari kemerdekaan Indonesia, telah hadir aplikasi merah putih terbaru untuk mendapatkan pulsa gratis. Sudah terbukti dapat pulsa langsung. Sebarkan berita gembira ini. Download aplikasinya lewat link dibawah ini :
https://invite.cashtree.id/fd659d

SP 2 Pasien : Melatih pasien mengontrol halusinasi dengan cara kedua: bercakap-cakap dengan orang lain


Orientasi:
·         Salam :
“Assalammu’alaikum D.”
·         Evaluasi dan validasi :
”Bagaimana perasaan D hari ini? Apakah suara-suaranya masih muncul? Apakah sudah dipakai cara yang telah kita latih? Berkurangkan suara-suaranya. Bagus!”
·         Kontrak waktu :
”Sesuai janji kita tadi, saya akan latih cara kedua untuk mengontrol halusinasi. Apakah D masih ingat cara apa yang akan kita latih? Cara kedua mengontrol halusinasi adalah bercakap-cakap dengan orang lain. D mau berapa lama latihannya? Bagaimana kalau selama 20 menit. Mau di mana? Di sini saja? Ok..”
·         Tujuan :
”Latihan bercakap-cakap dengan orang lain ini dilakukan saat halusinasi timbul. Jadi, dengan bercakap-cakap halusinasi itu dapat hilang dengan sendirinya.”

Kerja:
“Kalau D mulai mendengar suara-suara, langsung saja cari teman untuk diajak ngobrol. Minta teman untuk ngobrol dengan D. Contohnya begini; … Tolong, saya mulai dengar suara-suara. Ayo ngobrol dengan saya! Atau kalau ada keluarga misalnya Kakak D, katakan: Kak, ayo ngobrol dengan D. D sedang dengar suara-suara. Begitu D. Coba D lakukan seperti saya tadi lakukan. Ya, begitu. Bagus! D dapat membicarakan hal apa saja yang D ingat. Coba sekali lagi! Bagus! Nah, latih terus ya D!”

Terminasi:
·         Evaluasi subjektif :
“Bagaimana perasaan D setelah latihan ini?”
·         Evaluasi objektif :
”Coba D sebutkan lagi cara yang sudah kita latih tadi. Bagus..Jadi sudah ada berapa cara yang D pelajari untuk mencegah suara-suara itu? Cobalah kedua cara ini kalau D mengalami halusinasi lagi.”
·         Rencana tindak lanjut :
Bagaimana kalau kita masukkan dalam jadwal kegiatan harian D. Mau jam berapa latihan bercakap-cakap? Nah nanti lakukan secara teratur pada saat suara itu muncul.”
·         Kontrak waktu :
Besok pagi saya akan datang lagi. Bagaimana kalau kita latih cara yang ketiga yaitu melakukan aktivitas terjadwal? Mau jam berapa? Bagaimana kalau jam 10.00? Mau di mana/ Di sini lagi? Sampai besok ya. Assalamualaikum”

Tidak ada komentar: