ASUHAN KEPERAWATAN ANAK KEKURANGAN ENERGI PROTEIN (KEP)

1.      Pengertian
a.       Pengertian Masalah Kesehatan
Masalah kesehatan adalah keadaan yang menghambat pemantapan kesehatan atau peningkatan kesehatan atau penyembuhan. Masalah kesehatan dapat menjadi masalah perawatan bila masalah tersebut dapat diperbaiki melalui tindakan perawatan. (Bailon, SG dan Maglaya A.S. 1978, hal.45)
b.      Pengertian KEP
Kurang Energi Protein (KEP) adalah keadaan kurang gizi yang disebabkan rendahnya konsumsi energi dan protein dalam makanan sehari-hari sehingga tidak memenuhi Angka Kebutuhan Gizi (AKG). (Mansjoer, 2000, hal. 512)
Sebelum membahas tentang KEP lebih lanjut terlebih dahulu memberikan gambaran tentang Kurang Energi Protein (KEP) meliputi :
1)      Klasifikasi KEP (Depkes RI, 1999)
Untuk tingkat Puskesmas penentuan KEP yang dilakukan dengan menimbang berat badan anak dibandingkan dengan umur dan menggunakan KMS dan tabel berat badan per umur buku median Kho – NCHS.
a)      KEP ringan bila hasil penimbangan berat badan KMS terletak pada pita warna kuning.
b)      KEP sedang bila hasil penimbangan berat badan pada KMS terletak di Bawah Garis Merah (BGM)
c)      KEP berat/gizi buruk bila hasil penimbangan berat badan per umur < 60% baku median WHO – NCHS. Pada KMS tidak ada garis pemisah KEP berat/gizi buruk dan KEP sedang, sehingga untuk menentukan KEP berat/gizi buruk digunakan tabel BB/U Baku median WHO-NCHS. 
2)      Pengertian Penyakit Lain yang Kaitannya Kurang Gizi
a)      Marasmus
Adalah suatu penyakit yang disebabkan oleh kekurangan kalori dan protein. Pada marasmus ditandai dengan atropi jaringan, terutama lapisan sub kutan dan badan tampak kurus seperti orang tua (Suriadi dan Yuliani, 2001, hal 196)
b)      Kwashiorkor
Adalah suatu penyakit yang disebabkan oleh kekurangan protein baik dari segi kualitas maupun kuantitasnya. (Suriadi dan Yuliani, 2001, hal 195).
c)      Marasmik-Kwashiorkor
Adalah gambaran klinik merupakan campuran dari beberapa gejala klinik kwashiorkoro dan marasmus, dengan berat badan banding umur < 60% baku median WHO – NCHS disertai edema yang tidak mencolok.

c.       Asuhan Keperawatan Keluarga dengan KEP
Asuhan keperawatan keluarga dengan KEP adalah suatu rangkaian kegiatan yang diberikan melalui praktik keperawatan kepada keluarga dengan anggota keluarga yang mengalami KEP untuk membantu menyelesaikan masalah kesehatan keluarga tersebut dengan menggunakan pendekatan proses keperawatan.

2.      Etiologi
KEP disebabkan oleh masukan energi dan protein yang tidak mencukupi kebutuhannya, yang disebabkan oleh multi faktor yang saling terkait antara lain sebagai berikut :
a.       Masukan yang tidak adekuat
Dihubungkan dengan ketidakmampuan (kemiskinan) penyakit menyebabkan anoreksia, prosedur di RS yang memuaskan bayi dan tekanan psikologis.
b.      Meningkatnya kebutuhan energi karena infeksi, demam, ruda paksa/trauma neoplasma, hipertiroid dan distres pada jantung dan pernafasan.
c.       Meningkatnya energi yang terbuang dapat disebabkan muntah, diare dan sindrome mal absorbsi juga menurunkan retensi energi. (Bute dalam Tsang Nicholas 1988 : 95-96 dikutip dari Kurang Energi Protein KEP dan Pencegahannya, Nestle, 1999)

DOWNLOAD FILE WORD LENGKAP KLIK DISINI !

Tidak ada komentar: