1.
Kondisi Klien :
- Klien mengatakan sudah tidak mendengar suara-suara lagi
2.
Diagnosa Keperawatan :
- Resiko mencederai orang lain, lingkungan berhubungan dengan halusinasi dengar
3.
Tujuan :
- Klien dapat mengetahui cara-cara untuk mengontrol halusinasinya
4.
Tindakan Keperawatan :
·
Diskusikan dengan klien cara
yang dilakukan selama ini untuk mengontrol halusinasi
·
Diskusikan manfaat dan cara
yang selama ini dilakukan
·
Beri
kesempatan pada klien untuk mendemontrasikan cara mengontrol halusinasi
5. Strategi Pelaksanaan
1.
Fase Orientasi :
a.
Salam terapeutik :
·
Selamat pagi, Ibu S?
·
Bagaimana khabarnya hari ini?
Ibu S sudah mandi belum? Apakah Ibu S sudah makan ?
b.
Validasi :
·
Bagaimana
perasaan Ibu S hari ini?”
c.
Kontrak :
·
Sesuai dengan kontrak kita
kemarin, hari ini saya akan berincang-bincang di ruang tamu mengenai caranya
mengontrol suara-suara yang sering Ibu S dengar dulu agar suara-suara itu tidak
muncul lagi. Kita nanti akan
berbincang-bincang + 15 menit. Bagaimana, Ibu S setuju?”
2.
Fase Kerja
·
”
Kita bisa berbincang-bincang sekarang?”
·
Kalau Ibu S mendengar
suara-suara yang kata Ibu S kemarin mengganggu dan membuat Ibu S jengkel. Apa
yang Ibu S lakukan pada saat itu?” Apa yang telah Ibu S lakukan itu sudah
bagus.
·
Saya punya berbagai alternatif
untuk mengendalikan agar suara-suara itu tidak muncul lagi.
·
Yang pertama adalah kalau Ibu S
mendengar suara-suara itu lagi langsung katakan dalam hati…Saya tidak mau
dengar… Pergi! Pergi! Coba Ibu
S lakukan seperti apa yang saya lakukan tadi. Bagus, ya
seperti itu cara yang pertama.”
·
Cara yang kedua adalah Ibu S
langsung pergi ke perawat. Katakan pada perawat bahwa Ibu S mendengar
suara-suara. Nanti perawat akan mengajak Ibu S ngobrol sehingga suara itu akan
hilang dengan sendirinya.
·
Cara ketiga adalah Ibu S
menyibukkan diri dengan berbagai kegiatan yang bermanfaat. Jangan biarkan waktu luang untuk melamun
saja. Coba sekarang Ibu S sebutkan kegiatan yang biasa Ibu S lakukan dari
bangun tidur sampai tidur lagi. Saya akan tulis di kertas atau Ibu S yang mau
nulis. Nah kira-kira kegiatan
ini yang bisa dilakukan disini apa saja?”
Kegiatan yang bisa dilakukan disini coba Ibu S lakukan, ya?”
·
Cara
yang keempat adalah dengan minum obat secara teratur. Tolong nanti Ibu S minta
obat kepada perawat jika waktu pemberian obat sudah tiba.
·
Cara
yang terakhir dengan berdoa sebelum tidur.” Dari semua cara itu, mana yang akan Ibu S
coba dahulu. Bagus.”
3.
Fase Terminasi
·
Evaluasi subyektif:Bagaimana perasaan Ibu S setelah kita berbincang-bincang?”
·
Evaluasi obyektif:Jadi ada 5 cara untuk mengontrol suara-suara yang sering Ibu S
dengar. Pertama menghardik suara-suara itu, kedua memanggil perawat, ketiga
jangan melamun, keempat minum obat teratur dan berdoa sebelum tidur.
·
Tindak lanjut:Ibu S, nanti kalau Ibu S mendengar suara-suara lagi, langsung Ibu S
coba cara yang telah dipilih tadi.”
·
Kontrak yang akan datang:Saya kira cukup dulu pembicaraan kita hari ini Ibu S. Besok kita
ketemu lagi untuk membicarakan tentang obat-obat yang Ibu S minum untuk
mengatasi suara-suara yang sering Ibu S dengar. Bagaimana kalau besok kita
berbincang-bincang disini lagi dalam waktu yang sama. Setuju?”
·
Baiklah Ibu S, terima kasih
atas waktunya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar