BAB
II
PELAKSANAAN
PENILAIAN KINERJA
A. BAHAN
DAN PEDOMAN
Bahan
yang dipakai pada penilaian kinerja Puskesmas adalah hasil pelaksanaan
pelayanan kesehatan manajemen Puskesmas dan mutu pelayanan, sedangkan dalam
pelaksanaannya mulai dari pengumpulan data, pengolahan data, analisis
hasil/masalah sampai dengan penyusunan laporan berpedoman pada Buku Pedoman
penilaian kinerja Puskesmas dari Direktorat Jenderal Bina Kesehatan Masyarakat
Departemen Kesehatan R.I. th 2006.
B. TEKNIS
PELAKSANAAN
Teknis pelaksanaan penilaian kinerja
Puskesmas di Kabupaten Indragiri Hulu tahun 2010 sbb:
1. Pengumpulan
Data
Pengumpulan data
dilaksanakan dengan memasukkan data hasil kegiatan Puskesmas th 2010 ( Jan s/d
Des 2010 ) dengan variable dan sub variabel yang terdapat dalam forum penilaian
kinerja Puskesmas tahun 2010.
2. Pengolahan
Data
Setelah proses
pengumpulan data selesai, dilanjutkan dengan penghitungan sbb :
a. Penilaian
Cakupan Kegiatan Yankes Cakupan sub variabel dan variabel. Cakupan sub variabel
(SV) dihitung dengan membagi hasil pencapaian (H) dgn target sasaran (T)
dikalikan 100 atau SV (%) = H x 100% T Cakupan variabel (V) dihitung dgn
menjumlah seluruh nilai sub variabel ( Σ SV ) kemudian dibagi
dengan jumlah variabel ( n ) atau V (%) = Σ SV n
Jadi nilai cakupan kegiatan Yankes
adalah Rerata per jenis kegiatan. Kinerja cakupan pelayanan di kelompokkan sebagai
berikut :
1. Kelompok
I (kinerja baik) : Tingkat pencapaian hasil ≥ 91 %
2. Kelompok
II (kinerja cukup) : Tingkat pencapaian hasil 81 – 90 %
3. Kelompok
III (kinerja kurang) : Tingkat pencapaian hasil ≤ 80 %
b. Penilaian
Kegiatan Manajemen Puskesmas
Penilaian
kegiatan manajemen Puskesmas dikelompokkan menjadi 4 kelompok :
1.
Manajemen Operasional Puskesmas
2.
Manajemen alat dan obat
3.
Manajemen keuangan
4.
Manajemen ketenagaan
Penilaian kegiatan manajemen Puskesmas
dengan mempergunakan skala nilai sebagai berikut :
1. Skala
1 nilai 4
2. Skala
2 nilai 7
3. Skala
3 nilai 10
Nilai masing-masing kelompok manajemen
adalah rata-rata nilai kegiatan masing-masing kelompok manajemen.
1. Skala
1 Nilai 4
2. Skala
2 Nilai 7
3. Skala
3 Nilai 10
Cara Penilaian :
a. Nilai
mutu dihitung sesuai dengan hasil pencapaian Puskesmas dan dimasukkan ke dalam
kolom yang sesuai.
b. Hasil
nilai skala di masukkan ke dalam kolom nilai akhir tiap variable
c. Hasil
rata – rata nilai variabel dalam satu komponen merupakan nilai akhir mutu
d. Nilai
mutu pelayanan dikelompokkan menjadi :
1.
Baik : Nilai rata – rata > 8,5
2.
Cukup : Nilai 5,5 – 8,4
3. Kurang : Nilai < 5,5
Tidak ada komentar:
Posting Komentar