1.
Ketenagaan
a.
Keperawatan
Tingkat
Pendidikan
|
Jenis
Kelamin
|
Masa
Kerja
|
Kompetensi
yang pernah di miliki
|
Status
Marital
|
Ket
|
|
M
|
BM
|
|||||
S 1 Kep.
|
|
|
|
|
|
|
D III Kep.
|
|
|
|
|
|
|
SPK/Sederajat
|
|
|
|
|
|
|
b.
Non Keperawatan
Tingkat Pendidikan
|
Jenis
Kelamin
|
Masa
Kerja
|
Kompetensi
yang pernah di miliki
|
Status
Marital
|
Ket
|
|
M
|
BM
|
|||||
S 1
|
|
|
|
|
|
|
D III
|
|
|
|
|
|
|
SLTA/Sederajat
|
|
|
|
|
|
|
c.
Distribusi Perawat Berdasarkan Penjadwalan
· Pagi
: Orang
· Siang
: Orang
· Malam : Orang
· 24
Jam : Orang
· On
Coll : Orang
d.
Pengembangan Staf Dan Perencanaan
i.
Formal :
1)
Perencanaan :
· Staf
yang akan di beri kesempatan untuk mengikuti pendidikan lanjutan …….Orang
· Staf
yang diberi kesempatan Mengikuti Pelatihan Keperawatan …….Orang
2)
Pelaksanaan :
· Staf
yang telah/sedang mengikuti pendidikan lanjutan …….Orang
· Staf
yang telah Mengikuti Pelatihan Keperawatan …….Orang
ii.
Non Formal
1)
Perencanaan :
· Staf
yang akan di beri pelatihan dengan sistem mentoring …….Orang
2)
Pelaksanaan :
· Staf
yang telah di beri pelatihan dengan sistem mentoring …….Orang
2.
Sistem pengorganisasian ASKEP
|
Fungsional
|
|
TIM
|
|
Total care
|
|
Modular care
|
|
Primary care
|
3.
Pengklasifikasian pasien
|
Self care
|
|
Minimal care
|
|
Intermediate care
|
|
Intensive care
|
4.
Motivasi staf
Hirarki Need
|
Ya
|
Tidak
|
Apakah Anda memiliki penghasilan
yang sesuai
|
|
|
Apakah ada perencanaan kenaikan
penghasilan
|
|
|
Apakah kerja sama dalam TIM
telah Anda anggap cukup
|
|
|
Apakah posisi Anda sekarang
sesuai dengan keinginan
|
|
|
Apakah Anda sering mendapat
tantangan dalam kerja
|
|
|
Two Faktor
|
|
|
Apakah Anda merasa puas dalam
bekerja
|
|
|
Lingkungan kerja Anda cukup
kondusif
|
|
|
Learned
|
|
|
Lingkungan kerja Anda cukup
bersahabat
|
|
|
Apakah Anda pernah membimbing
orang lain orang lain
|
|
|
Apakah Anda punya kesempatan
belajar dari pengalaman dalam merawat pasien
|
|
|
Equity
|
|
|
Apakah pimpinan Anda
memperlakukan Anda secara adil dan sesuai dengan nilai-nilai yang Anda anut
|
|
|
Apakah Anda pernah dipromosikan,
mendapat pengakuan, dan kenaikan penghasilan
|
|
|
Apakah Anda akan bekerja keras
|
|
|
Apakah dengan kerja keras Anda
akan berhasil
|
|
|
Reinforcement
|
|
|
Apakah Anda pernah mendapat
teguran dari atasan
|
|
|
Apakah teguran tersebut telah
mendorong Anda untuk bekerja lebih baik
|
|
|
Apakah Anda pernah mendapat
reinforcement
|
|
|
Goal setting
|
|
|
Anda memahami falsafah, visi dan
misi ruangan
|
|
|
5.
Masalah motivasi dan penyelesaian
Pembagian tugas
|
Ya
|
Tidak
|
Apakah anda memiliki job
description yang jelas untuk Anda dan bawahan
|
|
|
Apakah Anda memiliki penjabaran
tentang standar pelaksanaan kerja
|
|
|
Apakah Anda telah menyusun
tujuan yang jelas
|
|
|
Apakah bawahan Anda melaksanakan
rencana yang telah Anda susun
|
|
|
Hambatan dalam pelaksanaan
|
|
|
Apakah Anda telah melaksanakan
seleksi bawahan
|
|
|
Apakah telah melakukan
pembaharuan tentang penugasan
|
|
|
Apakah Anda berusaha menciptakan
lingkungan kerja yang sehat
|
|
|
Rewards
|
|
|
Apakah Anda sudah cukup
memberikan penghargaan / pujian pada bawahan Anda
|
|
|
Apakah penghargaan / pujian yang
Anda berikan secara adil
|
|
|
Apakah Anda telah berusaha
meningkatkan SDM bawahan
|
|
|
Apakah Anda memberikan tugas
pada bawahan sesuai dengan peran
|
|
|
Apakah Anda telah mengupayakan
kerja sama antara bawahan dengan atasan
|
|
|
6.
Pendokumentasian askep
a. Pengkajian
|
Ya
|
Tidak
|
Pengumpulan data dan
pencatatan informasi tentang pasien secara sistematis
|
|
|
Di dalam mengkaji:
-
Mengspesifikasikan masalah
|
|
|
-
membuat alternatif tindakan
|
|
|
-
membantu pasien membuat pilihan tentang askep
|
|
|
Pengkajian awal keperawatan
yang anda lakukan waktu pasien masuk :
-
pemeriksaan fisik
|
|
|
-
riwayat kesehatan
|
|
|
Apakah setiap perawat
bertanggung jawab membuat pengkajian
|
|
|
Apakah setiap perawat saling
membantu dalam mengkaji pasien
|
|
|
Apakah pengkajian dapat
berfungsi sebagai komunikasi antar perawat
|
|
|
Apakah ada hambatan dalam
melakukan pengkajian keperawatan yang efisien dan sistematis
|
|
|
Apakah pengkajian yang
dilakukan mengganggu kenyamanan pasien
|
|
|
Adakah kesulitan dalam
melakukan pengkajian terhadap pasien
|
|
|
Apakah pernah mendapatkan
pelatihan pengkajian keperawatan yang efektif
|
|
|
Data diperoleh melalui :
-
wawancara
|
|
|
-
observasi
|
|
|
-
rekam medis
|
|
|
b. Identifikasi masalah
|
|
|
Apakah identifikasi masalah
berdasarkan data / informasi :
-
proses pemikiran yang utama
|
|
|
-
sesuai dengan gejala fisik
|
|
|
-
dianalisis
|
|
|
Apakah identifikasi masalah
keperawatan :
-
mencegah perbedaan pandangan
|
|
|
-
dapat mendorong perawat pelaksana
|
|
|
-
memfasilitasi
|
|
|
-
efektif
|
|
|
Dalam menetapkan diagnosa
keperawatan :
-
aspek legal, standard
|
|
|
-
dokumentasi
|
|
|
c. Intervensi
|
|
|
Dalam membuat intervensi
dibutuhkan pengetahuan:
-
interpersonal
|
|
|
-
philosophy
|
|
|
-
perasaan
|
|
|
Langkah-langkah dalam membuat
intervensi :
-
prioritas
|
|
|
-
tujuan
|
|
|
-
pencatatan
|
|
|
Intervensi membutuhkan :
-
komunikasi
|
|
|
-
supervisi
|
|
|
-
delegasi
|
|
|
-
nursing order
|
|
|
d. Implementasi Askep
|
|
|
Menggunakan rencana askep untuk
pengorganisasian askep
|
|
|
Menggunakan rencana askep dalam
orientasi
|
|
|
Menggunakan rencana askep dalam
supervisi
|
|
|
Menggunakan rencana askep dalam
kesinambungan perawatan pasien
|
|
|
Menetapkan diagnosa keperawatan
|
|
|
e. Evaluasi
|
|
|
Evaluasi askep pasien
-
dilakukan setiap hari
|
|
|
-
dievaluasi setiap implementasi
|
|
|
Quality asssurance
-
proses review menggunakan chart
|
|
|
-
proses review terhadap pasien selama dirawat
|
|
|
-
tanggung jawab staf keperawatan
|
|
|
f. Perencanaan kelompok askep
|
|
|
Melaksanakan conference setiap
hari
-
sebelum bekerja
|
|
|
-
sesudah bekerja
|
|
|
Hal-hal yang disampaikan di
dalam conference :
-
tentang pekerjaan
|
|
|
-
pelaporan
|
|
|
-
pemecahan masalah
|
|
|
-
perencanaan askep
|
|
|
Tujuan conference :
-
merencanakan askep secara individu
|
|
|
-
koordinasi jenis pelayanan
|
|
|
-
meningkatkan semangat kerjasama
|
|
|
-
meningkatkan pemahaman staf
|
|
|
Perencanaan conference :
-
memilih waktu yang tepat
|
|
|
-
memilih pasien
|
|
|
-
fokus askep individu
|
|
|
Pelaksanaan :
-
pimpinan bertanggung jawab memimpin conference
|
|
|
-
seluruh staf berpartisipasi
|
|
|
-
kesempatan menyampaikan pendapat
|
|
|
-
membuat evaluasi dan ringkasan
|
|
|
-
menggunakan nursing order
|
|
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar