TERAPI HYPNOBIRTHING DALAM KEPERAWATAN



BAB I
PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang
Menurut Andriana (2007) dasar pertama dari metode Hypnobirthing adalah relaksasi.Relaksasi merupakan kemampuan untuk melampaui pikiran dengan mencapai sebuah momen kedamaian dan ketenangan batin. Relaksasi hanya bisa terjadi ketika pikiran dan tubuh hening; ketika ritme otak berubah dari rekaman betha (berpikir) ke sebuah ritme alpa (relaksasi) sehingga hormonal yang menyebabkan kecemasan menurun. Dengan melakukan latihan relaksasi Hypnobirthing, ibu hamil dituntun secara alamiah untuk meningkatkan ketenangan diri dan menanamkan program atau sugesti positif selama masa kehamilan sampai proses persalinan. Sehingga ibu hamil akan mampu menetralisir semua rekaman yang negatif  di pikiran bawah sadarnya mengenai kehamilan dan proses persalinan dan kemudian menggantinya dengan program positif. Relaksasi yang mendalam juga akan membuat ibu hamil bertambah peka terhadap janinnya. Ia akan mampu  berkomunikasi, bahkan kerjasama dengan janinnya saat hamil maupun saat melahirkan.
Ibu hamil juga akan memperoleh pemahaman tentang bagaimana otot saling bekerja dalam harmoni yang sempurna selama proses persalinan ketika tubuh ibu hamil cukup rileks dan mempunyai kepercayaan. Perempuan memang sudah dirancang untuk melahirkan. Oleh karena itu, belajar rileks adalah langkah positif melatih pikiran ibu hamil untuk menjadi lebih peka dan mampu dengan tenang mengatasi problem sehingga akan terbebas dari rasa takut dan belajar menggunakan naluri alami untuk kelahiran yang tenang dan nyaman (Andriana, 2007).
Teknik Hypnobirthing merupakan salah satu cara yang dapat di aplikasikan oleh ibu hamil untuk memperoleh ketenangan saat menghadapi kehamilan dan persalinan. Metode ini dapat diajarkan pada ibu hamil sebagaimana intervensi keperawatan dengan metode manajemen kecemasan yang lain. Metode Hypnobirthing dapat dilakukan mulai masa kehamilan dapat membantu menurunkan tingkat kecemasan (Mongan, 2007).

B.  Tujuan Penulisan
1.    Untuk mengetahui pengertian terapi Hypnobirthing
2.    Untuk mengetahui Manfaat Hypnobirthing
3.    Untuk mengetahui Teknik dasar Hypnobirthing



BAB II
TINJAUAN PUSTAKA TERAPI HYPNOBIRTHING

A.  PengertianHypnobirthing
Relaksasi untuk persalinan saat ini dikenal luas dengan nama  Hypnobirthing.Hypnobirthing merupakan suatu metode persalinan kolaboratif, bukan metode alternatif (Mongan, 2007) .Hypnobirthing itu sendiri terdiri dari berbagai macam teknik relaksasi yang dapat digunakan oleh para ibu bersalin.
Teknik relaksasi semacam ini sangat bermanfaat untuk mengurangi rasa sakit dan tekanan emosi selama persalinan, tanpa perlu menggunakan obat bius. Teknik relaksasi Hypnobirthingadalah berbagai metode relaksasi yang dapat dilakukan pada ibu hamil(Andriana, 2007).

B.  Sejarah Hypnobirthing
Dalam perkembangan sejarah ilmu hipnosis dunia kesehatan, sejak tahun 1980 Dr.Gantley Dick Read mengembangkan dan menerapkan ilmu hipnosis ke dalam ilmu kebidanan dengan program yang disebut “childbirth without fear”. Penemuan ini kemudian dilanjutkan oleh Marie F. Mongan sejak tahun 1959 dengan program Hypnobirthing..
Di Indonesia, program  ini dikembangkan oleh ibu Lanny Kuswandi, seorang perawat dan bidan yang juga menjadi clinical hypnotherapist sejak tahun 2002. Ia menjadi pakar Hypnobirthing di Indonesia bersama dr. Tb. Erwin Kusuma SpKJ (K), seorang psikiater anak dan pakar medical hypnotherapy, yang mempunyai visi : Let’s change the next generation, started from the pregnant women. Saat ini di Indonesia, Lanny Kuswandi sudah mulai mengembangkan dan memperkenalkan ilmu hipnostetri kepada para bidan dan dokter dengan mengadakan pelatihan-pelatihan.Banyak sekali manfaat yang mereka dapatkan setelah mengikuti pelatihan ini, baik bagi klien, diri sendiri, maupun keluarga.Sudah selayaknya dokter spesialis obstetrik dan ginekologi, perawat, bidan mengenal hipnosis kebidanan (hipnostetri) secara ilmiah.
Pada dasarnya, Hypnobirthing merupakan teknik lama yang dulu sering diajarkan dan dilakukan oleh orang tua kita. Metode Hypnobirthing merupakan salah satu teknik outohipnosis (selfhypnosis) dalam mengahadapi dan menjalani kehamilan serta pesiapan persalinan, sehingga para wanita mampu melaluinya dengan cara alami, lancar, dan nyaman (tanpa rasa sakit). Dan yang lebih penting lagi adalah Hypnobirthing berguna untuk kesehatan jiwa janin dalam kandungan.
Metode Hypnobirthing dikembangkan berdasarkan keyakinan bahwa dengan persalinan holistic/menyeluruh (body, mind, and spirit), klien dan pendamping dapat melalui pengalaman persalinan yang aman, nyaman, tenang dan memuaskan, serta jauh dari rasa takut yang menimbulkan ketegangan dan rasa sakit. Metode Hypnobirthing ini dikembangkan berdasarkan adanya keyakinan bahwa dengan persiapan melahirkan yang cukup, calon ibu akan dapat melalui pengalaman persalinan yang aman, tenang, nyaman, dan memuaskan, jauh dari rasa takut dan cemas yang menimbulkan ketegangan dan rasa sakit.

C.  Keseimbangan Tubuh Dan Pikiran Semasa Hamil
Keseimbangan antara tubuh dan pikiran dibutuhkan untuk mencapai kondisi sehat secara psikologis. Ketika kesehatan psikologis tercapai secara otomatis tubuh kita akan menjadi lebih sehat.Rasa takut dan panik berdampak negatif pada ibu sejak masa kehamilan sampai persalinan.Rasa tenang dan nyaman memberikan pengaruh yang positif bagi ibu, bayi, dan lingkungan sekitar, terutama keluarga. Rasa tenang akan membuat ibu tidak begitu merasa sakit saat bersalin karena tubuh dan pikiran yang tenang mendorong kesehatan dan memancarkan aura ya/ng positif (Andriana, 2007).
Keseimbangan tubuh dan pikiran harus selalu terpelihara, khususnya pada ibu hamil. Tubuh dan pikiran kita akan mecapai kondisi yang sangat sehat dan optimal ketika keduanya bekerja sama secara seimbang dan selaras. Pada ibu hamil keselarasan ini akan mengarah pada kehamilan dan persalinan yang membahagiakan (Andriana, 2007).

D.  Manfaat Hypnobirthing
Menurut Mongan (2007) manfaat yang biasa kita peroleh lewat metode Hypnobirthingyaitu :
1.    Meminimalkan dan menghilangkan rasa takut, ketegangan, sindrom rasa sakit dan kepanikan selama proses persalinan dan periode setelahnya.
2.    Meminimalkan dan menghilangkan keinginan untuk menggunakan obat bius dan obat penghilang rasa sakit saat bersalin
3.    Mempersingkat fase awal proses persalinan yaitu pembukaan yang bias memakan waktu 10 sampai 24 jam (terutama untuk kelahiran anak pertama).
4.    Menghilangkan keletihan yang amat sangat, setelah proses kelahiran bayi, sang ibu tetap bertenaga
5.    Mengurangi kemungkinan terjadinya hiperventilasi saat persalinan berlangsung.mempercepat masa pemulihan pasca persalinan
6.    Membuat proses kelahiran alami menjadi sesuatu yang indah dan tidak traumatis
7.    Mempererat ikatan batin ibu terhadap bayi dan suami.

E.  Teknik dasar Hypnobirthing menurut Andriana  (2007) adalah:
1.    Teknik konsentrasi pikiran
Sebelum mulai mempraktikan Hypnobirthing, anda perlu melatih cara pikiran anda berkonsentrasi. Karena, makin mudah anda berkonsentrasi dan berfokus, makin lancar pula proses latihan Hypnobirthing. Berikut adalah cara – cara dan praktik yang bisa anda coba guna melatih konsentrasi dan fokus pikiran
a)    Teknik pendulum
Jika anda sudah memiliki pendulum, gunakan saja.Jika belum, anda bisa membuatnya sendiri. Ambillah seutas benang yang agak tebal atau tali yang tidak terlalu besar, dengan panjang 15-20 cm.Ikatkan benda seperti klip, batu kerikil, atau cincin pada ujung benang atau tali tersebut, lalu, mulailah melatih konsentrasi anda.
Peganglah ujung tali dengan jemari tangan anda dengan bagian yang berat berada dibawah sehingga anda akan mendapatkan sebuah pendulum yang menggelantung.Tariklah nafas panjang agar pikiran dapat rileks dan terfokus pada pendulum.Tutuplah mata anda saat menarik nafas jika perlu.Bicaralah dan niatkan pada tataran alam bawah sadar anda bahwa anda akan memasuki ala bawah sadar saat ini.Hilangkan semua hal yang ada disekeliling anda, jangan pikirkan hal lain.Lalu, perlahan bukalah mata anda, tetaplah dalam kondisi terfokus.
Tariklah nafas panjang dan embuskan dengan perlahan dan tenang.Dengan pikiran yang tenang, niatkan pendulum untuk bergerak perlahan – lahan, ke kanan ke kiri, ke depan-belakang, atau berputar kekanan lalu ke kiri, tetapi jangan lupa untuk tetap mempertahankan kondisi relaks dan terfokus pada anda.Cobalah beberapa saat, niatkan pendulum untuk bergerak sesuai niat hati anda, baik itu arah maupun kecepatannya.Ketika anda telah mencapai kondisi relaks dan terfokus yang mendalam, pendulum akan bergerak sesuai yang diniatkan oleh suara hati anda.
Lakukan latihan relaksasi dan focus ini untuk beberapa saat.Jika anda telah selesai, niatkan dengan pikiran agar pendulum bergerak makin perlahan hingga akhirnya berhenti.Tunggulah beberapa saat sampai pendulum berhenti sesuai dengan yang anda niatkan.Ketika pendulum telah berhenti, tariklah nafas panjang kedalam, lalu kembalikan kesadaran anda ke lingkungan sekitar.
b)   Teknik bola energi
Teknik ini digunakan untuk melatih fokus dan konsentrasi dengan merasakan adanya gelombang energi yang mengelilingi tubuh anda. Anda tidak memerlukan alat bantu apapun dalam melakukan latihan ini. Mulailah melatih konsentrasi anda.
Ambillah posisi duduk yang paling nyaman untuk anda.Niatkan bahwa anda hendak rileks.Pejamkan mata dan tariklah nafas dengan menggembungkan perut anda (nafas perut), kemudian hembuskan perlahan – lahan.Mulailah memusatkan pikiran anda pada energi di tangan sebelah kanan.Rasakan adanya energi yang mengalir ditangan kanan anda, jadilah energi itu sendiri, bernafaslah seiring kehadiran energi yang anda rasakan.
Arahkan perhatian pada tangan kiri anda, dan lakukan hal yang sama dengan apa yang anda lakukan pada tangan kanan anda. Tetaplah memejamkan mata dan bernafaslah dalam – dalam dengan rileks dan teratur.Pusatkan pikiran dan angkatlah kedua tangan anda secara perlahan. Katupkan kedua telapak tangan tepat di depan dada anda. Rasakan adanya energi yang mengalir dan mulai berbentuk disekeliling tangan anda.
Setelah beberapa saat (sesuka anda) cobalah menarik kedua tangan anda agar menjauh, tetapi jangan terlalu lebar. Lalu pertemukan kembali kedua telapak tangan anda di depan dada. Ulangi irama ini beberapa kali hingga anda dapat merasakan adanya gelombanng atau energi lain yang tak terlihat berada diantara anda kedua telapak tangan anda. Saat anda hendak mempertemukan kedua telapak tangan, akan ada suatu energi yang menghalangi sehingga kedua telapak tangan tidak dapat bertemu.
Tenangkan pikiran anda agar energi ini terbentuk makin besar, dengan menarik tangan anda dan kembali berusaha mempertemukannya.Ulangi gerakan ini beberapa kali hingga anda merasa cukup.Jangan lupa untuk bernafas dalam, yakni bernafas dengan perut, dan tetap terfokus.Jika anda ingin meyudahi gerakan ini, niatkan bahwa anda hendak berhenti.Perlahan – lahan kembalikan posisi tangan anda yang rileks di sisi tubuh.Tariklah nafas panjang dan embuskan beberapa kali.Kembalikan pikiran anda dan kembalikan sadar pada lingkungan sekitar anda.Bukalah mata anda.
c)   Teknik menggerakkan tangan (membutuhkan pendamping agar gerakan bisa dikendali).
Teknik ini melatih focus dan knsentrasi dengan memminta alam bawah sadar atau pikiran anda untuk menggerakkan lengan anda. Latihan ini mirip dengan latihan menggerakkan pendulum dengan pikiran, hanya saja alat Bantu yang digunakan adalah lengan anda sendiri.
Ambillah posisi duduk yang paling nyaman untuk anda.Berkonsentrasilah dan niatkan bahwa anda hendak rileks.Pejamkan mata dan tariklah nafas dengan menggembungakn perut anda (nafas perut), kemudian embuskan nafas perlahan–lahan.Tunggulah beberapa saat dengan tetap bernafas dalam dan teratur.Mulailah latihan dengan mengatak niat pada alam bawah sadar bahwa anda ingin lengan anda bergerak demi ketenangan dan kesehatan.
Tetap lemaskan lengan anda sambil terus memberitahu alam bawah sadar anda tentang hal itu.Berfokuslah, berkonsentrasilah, hilangkan dunia luas dan pikiran yang biasa memenuhi kepala anda, bernafaslah secara teratur dan rileks.Rasakan dalam beberapa saat bahwa ada suatu energi yang menggerakkan lengan anda.Biarkan energi tersebut bergerak sesuai dengan anda yang tenang dan sehat.Jangan ditahan dan jangan dilawan. Biarkan lengan anda bergerak sekalipun tidak beraturan, lalu coba katakan sesuai niat anda bahwa lengan anda akan bergerak keatas, ke bawah, ke kanan, kekiri, ke dada, ke wajah, ke perut dan seterusnya.
Kendalikan ke mana gerakan lengan leat niat anda. Ingat, ikuti saja gerakan tersebut dan jangan keluarkan tenaga sama sekali untuk menggerakkan lengan anda. Biarkan energi menyelaraskan diri dengan alam bawah sadar untuk menuntun arah gerakan lengan anda.Setelah anda merasa latihan ini cukup, katakana dengan suara hati bahwa anda hendak menyudahi latihan ini dan perlahan – lahan biarkan lengan anda berhenti bergerak.
Setelah lengan berhenti bergerak, tariklah nafas panjang beberapa kali untuk mengakhiri latihan.Kembalikan pikiran anda dan kembalilah sadar akan lingkungan sekitar anda.Bukalah mata anda.
Catatan:bagi yang sedang mengalami kesedihan atau depresi yang mendalam, anda dianjurkan melakukan teknik menggerakkan lengan ini dengan didampingi seorang ahli karena terkadang gerakan bisa menjadi tak terkendali akibat rekaman yang ada dalam alam bawah sadar.
d)   Memanjangkan jari tangan
Memanjangkan jari tangan Ini adalah bentuk latihan focus dan konsentrasi, juga latihan sugesti. Anda tidak perlu menggunakan alat Bantu apapun, cukup jari – jari tangan anda sendiri. Ambillah posisi duduk atau tidur, apa pun yang paling nyaman untuk anda. Berkonsentrasilah dan niatkan bahwa anda hendak rileks.Pejamkan mata dan tariklah nafas dengan menggembungkan perut anda (nafas perut), kemudian embuskan nafas pelahan – lahan.
Tunggulah beberapa saat sambil tetap bernafas dalam dan teratur. Sejajarkan kedua lengan anda, dengan telapak tangan terbuka, dan jemari mengarah ke depan. Mulailah berlatih dengan mengatakan kepada alam bawah sadar anda bahwa jari-jari tangan kanan anda akan memanjang melebihi jari–jari tangan kiri. Ulangi kalimat afirmasi tersebut beberapa kali pada alam bawah sadar anda sambil tetap berusaha rileks.Pertahankan kondisi rileks dengan tetap bernafas teratur.Rasakan adanya energi yang mengaliri jari – jari tangan anda.
Setelah lewat beberapa waktu, jika anda merasa sudah cukup, tariklah nafas panjang dan bukalah mata anda.Perhatikan bahwa jari – jari pada tangan kanan anda menjadi lebih panjang disbanding dengan tangan kiri.Atau setidaknya, afirmasi sugesti pada alam bawah sadar anda telah menjadikannya demikian. Cobalah untuk melatih salah satu atau semua teknik focus dan konsentrasi diatas sebagai langkah awal latihan relaksasi anda. Hanya saja ada hal yang perlu anda ingat, hasil dari setiap teknik akan berbeda – beda tergantung bagaimana ketenangan jiwa seseorang.
Jika anda gagal dalam latihan konsentrasi ini, jangan buru–buru berkecil hati dan jangan berpikir bahwa anda tidak akan mampu melakukan relaksasi Hypnobirthing. Semua orang bisa melakukan relaksasi.Sesungguhnya, kemampuan ini didasarkan pada niat yang dalam.Jadi niatkan sedalam–dalamnya dan jangan ragu untuk menerima keberhasilan sekecil apapun.
2.    Relaksasi dengan pernafasan
Bernafas adalah suatu keharusan dalam hidup kita.Seiring setiap tarikan nafas, kita menghirup oksigen dan mengeluarkan karbondioksida. Cara bernafas yang salah akan mengakibatkan tidak maksimalnya pembuangan karbondioksida, yang menyebabkan seseorang jadi mudah kecemasan, panik, depresi, tegang, sakit kepala dan cepat lelah. Karena itulah, sangat penting untuk menyadari cara kita bernafas.
Langkah awal yang bisa anda coba adalah berlatih menjadikan pernafasan sebagai peluang untuk rileks. Cobalah mendeteksi cara kita bernafas dengan: Pejamkan mata dan baringkan tubuh anda.Letakkan tangan kanan anda pada perut, dekat pinggang.letakkan tangan kiri anda pada dada, tepat di tengah.Selagi anda bernafas, rasakan tangan sebelah mana yang lebih terangkat.Tangan pada dada atau tangan pada perut.Jika perut anda yang naik lebih tinggi, artinya anda bernafas dengan perut atau diafragma.Jika perut anda tidak terangkat, atau terangkat sedikit dibandingkan dada, artinya anda bernafas dengan dada.
Langkah – langkah untuk melatih pernafasan dalam: Berbaring atau ambillah posisi yang paling nyaman untuk anda (lebih dianjurkan posisi berbaring). Pastikan tulang punggung anda rata dengan pembaringan.Naikkan lutut anda sedikit dan rentangkan tungkai anda lebih kurang sejauh 20 cm. Rasakan tubuh anda.
Letakkan satu tangan di dada, dan tangan lain di perut. Tariklah nafas perlahan- lahan melalui hidung menuju ke perut dan rasakan aliran udara melalui organ–organ tubuh anda.Dada anda seharusnya hanya terangkat sedikit bersamaan dengan terangkatnya perut.Rasakan kesegaran yang masuk dan embuskan udara melalui mulut sambil berelaksasi. Mulut, lidah, dan rahang anda akan terasa rileks. Tariklah nafas panjang dan perlahan menuju perut anda, lalu keluarkan lagi.
Setelah melatih pernafasan dalam, anda bisa memulai latihan pernafasan untuk melepaskan ketegangan tubuh. Berikut ini langkah langkahnya:
a)    Menghitung nafas
Duduk atau berbaringlah senyaman mungkin dengan tulang punggung tetap lurus serta tangan dan kaki dilemaskan.Tariklah nafas dalam ke arah perut dan tahanlah sebentar, sebelum diembuskan kembali.Saat anda mengembuskan nafas, hitunglah dalam hati, “satu” lalu, tariklah dan embuskan nafas sambil menghitung, “Dua” demikian seterusnya, setiap kali anda menarik dan mengembuskan nafas.
Teruskan menghitung pernafasan anda selama 4 atau 5 menit. Perhatikan bahwa nafas anda akan melambat dengan sendirinya, tubuh jadi rileks dan pikiran anda lebih tenang seiring anda makin sering melakukan latihan pernafasan ini.
b)   Menghela nafas rileks
Setiap hari, anda tentu sesekali menguap atau menghela nafas. Ini adalah tanda  tanda anda tidak mendapatkan cukup oksigen. Menghela nafas atau menguap merupakan cara tubuh untuk menyelaraskan kondisi. Jika anda menghela nafas, latihlah langkah–langkah berikut: Ambillah posisi duduk tegak atau berdiri tegak. Helalah nafas dalam, biarkan semua tekanan keluar dari dada andabersamaan dengan keluarnya nafas panjang. Jangan pikirkan proses menarik nafas.
Biarkan diri anda menarik nafas secara otomatis.Lakukan latihan ini beberapa kali (10-15 kali) dan rasakan bahwa lama kelamaan anda menjadi rileks.Ulangi latihan ini kapan saja anda inginkan.
c)   Melepaskan ketegangan
Melepaskan ketegangan dapat dilakukan dengan langkah berikut: Duduklah dengan nyaman di kursi dengan telapak tangan menyentuh lantai.Tariklah nafas dalam ke arah perut dan katakana kepada diri sendiri, “Menarik nafas rileks.”Lalu, tahanlah sebentar nafas anda, sebelum dikeluarkan.
Keluarkan nafas sambil berkata, “Lepaskan ketegangan.”Tahanlah sejenak, sebelum kembali menarik nafas.Gunakan setiap tarikan nafas sebagai masa untuk menyadari adanya ketegangan pada tubuh anda.Gunakan setiap helaan nafas sebagai kesempatan untuk melepaskan semua ketegangan.Mungkin anda bisa menggunakan imajinasi untuk membuat
gambaran atau merasakan bagaimana kondisi rileks masuk ke tubuh anda sementara ketegangan yang ada pergi
.
3.    Visualisasi
a)    Kenakan pakaian yang longgar
b)   Berbaringlah disuatu tempat yang sepi, tenang dan nyaman
c)    Pejamkan mata nada dengan lembut, jangan ditegangkan
d)   Gunakan seluruh pancaindra anda di dalam pikiran
e)    Mulailah membayangkan tempat yang menyenangkan dan dapat anda nikmati.
f)    Sambil terus mempertahankan visualisasi, ucapkan afirmasi yang ingin anda masukkan dalam pikiran. Contoh ”aku tenang,...semua pergi dari tubuhku....dll
g)   Praktikkan teknik relaksasi dengan visualisasi ini selama 10-15 menit, 2-3 kali sehari.Lalu bukalah mata anda dan kembali kedunia nyata, tariklah nafas panjang dan paerlahan–lahan kembali ke kesadaran anda.
4.    Berkomunikasi dengan janin
a)    Memahami apa yang kira–kira bisa janin dengar
b)   Sadar bahwa suara bisa menstimulasi janin usia 6 bulan
c)    Menyadari apa yang dirasakan oleh janin
d)   Mengerti apa yang janin pikirkan
e)    Mempertimbangkan efek jangka panjang dari kehidupan emosi ibu
f)    Memahami efek hormon kecemasan


BAB III
PENUTUP

A.  Kesimpulan
Teknik Hypnobirthing merupakan salah satu cara yang dapat di aplikasikan oleh ibu hamil untuk memperoleh ketenangan saat menghadapi kehamilan dan persalinan. Metode ini dapat diajarkan pada ibu hamil sebagaimana intervensi keperawatan dengan metode manajemen kecemasan yang lain. Metode Hypnobirthing dapat dilakukan mulai masa kehamilan dapat membantu menurunkan tingkat kecemasan.

B.  Saran
1.    Metode Hypnobirthing dapat dibuat Standar Operasional Prosedur (SOP) yang dapat digunakan diklinik.
2.    Metode Hypnobirthing dapat digunakan di komunitas, terutama ibu hamil.
3.    Metode Hypnobirthing dapat digunakan sebagai pembelajaran di akademik sehingga dapat menambah pengetahuan.



DAFTAR PUSTAKA

Andriana, E. (2007). Melahirkan tanpa rasa sakit (dengan Metode Relaksasi Hypnobirthing).Edisi Revisi. Jakarta: Penerbit PT. Bhuana IlmuPopuler

Mongan, M. F. (2007). Hypnobirthing (metode melahirkan secara aman, mudah dan nyaman)(Brahm udumbara Terj). Jakarta: Penerbit PT. Bhuana IlmuPopuler

Tidak ada komentar: