Aplikasi Merah Putih

Assalamualaikum.
dalam rangka memeriahkan hari kemerdekaan Indonesia, telah hadir aplikasi merah putih terbaru untuk mendapatkan pulsa gratis. Sudah terbukti dapat pulsa langsung. Sebarkan berita gembira ini. Download aplikasinya lewat link dibawah ini :
https://invite.cashtree.id/fd659d

PROPOSAL PRAKTIK KERJA LAPANGAN (PKL) DESA RAWA ASRI BAB IIII

BAB III
HASIL PENDATAAN

A.  Whienseld Survey
               Whienseld Survey adalah suatu cara pengumpulan data dan informasi yang didapat dari hasil pendataan dan suvey yang terdiri dari Demografi, Sejarah, Etnik, Nilai, dan Keyakinan masyarakat.
1.      Geografis
a.       Nama Desa               :     Rawa Asri
b.      Luas Wilayah           :     500 Ha
c.       Perbatasan
Utara                        :     Desa Tambak
Selatan                     :     Pengairan
Barat                        :     Desa Rawa Bangun
Timur                        :     Desa Rawa Sekip
d.      Keadaan Wilayah
1)      Letak                  :     ± 15 KM dari pusat Desa ke Ibu Kota Kecamatan
2)      Iklim                   :     Tropis
3)      Curah Hujan       :     Tinggi
4)      Keadaan             :     Berdebu, Rawa
2.      Demografi Desa Rawa Asri (Dusun 1, Dusun 2)
a.   Jumlah Penduduk    :     387 Jiwa
b.   Jumlah KK               :     102 KK
c.   Suku Bangsa            :     Jawa, Sunda, Bugis, Melayu, Minang
d.   Agama                      :     100% Islam
e.   Fasilitas Ibadah       
      Mesjid                      :     1 Buah
      Musholla                  :     2 Buah

f.    Fasilitas Pendidikan
      TK                            :     1 Bangunan terdapat di Dusun 1
      SD Sederajat            :     1 Bangunan terdapat di Dusun 1
      MDA                        :     1 Bangunan terdapat di Dusun 1
g.   Fasilitas Kesehatan  :     Desa Rawa Asri memiliki 1 bangunan Posyandu yang terletak di RT 03 RW 02 disamping Kantor Desa, tetapi jalan menuju posyandu hanya menggunakan satu buah batang kayu.
      3.   Sejarah
         Desa Rawa Asri pada mulanya merupakan tempat eks tranmigrasi pada tahun 1998 yang terdiri dari 200 KK, 48 KK terdiri dari penduduk lokal dan 162 KK merupakan masyarakat tranmigrasi. Sebelumnya nama Rawa Asri tersebut telah dipersiapkan oleh KUPT. Desa Rawa Asri artinya rawa yang bersih dan berseri. Desa Rawa Asri telah terjadi 2 pergantian kepemimpinan. Pemimpin yang pertama dipimpin oleh seorang Pejabat Kepala Desa yaitu Bapak Mursalim (Alm) yang memimpin sekitar 2 tahun dan pada tahun 2002 terjadi pemilihan kepala desa secara langsung yang dimenangi oleh Bapak Mukhadim yang telah memimpin dari tahun 2002 sampai tahun sekarang.
      4.   Etnis
Di Desa Rawa Asri Dusun 1 dan Dusun 2 rata-rata masyarakatnya adalah masyarakat transmigrasi yang umumnya bersuku Jawa. Selain itu juga terdapat Suku Sunda, Bugis, Melayu, dan Minang.
      5.   Nilai dan Keyakinan
Dari data yang didapatkan 100%  masyarakat Dusun 1 dan Dusun 2 menganut agama Islam. Hal ini terlihat dengan adanya 1 buah masjid dan 2 buah musholla sebagai tempat ibadah masyarakat Desa Rawa Asri.
       6.   Lingkungan
Sebagaian besar wilayah Dusun 1 dan Dusun 2 di tumbuhi oleh pohon sawit dan sayur-sayuran dengan kondisi jalan yaitu tanah kuning, berdebu jika panas dan becek jika hujan, hampir seluruh badan jalan terdapat lobang. Binatang peliharaan Dusun 1 dan Dusun 2 adalah ayam, bebek, burung, kambing.
      7.   Pelayanan Kesehatan dan Sosial
            Terdapat 2 orang bidan Desa yang tinggal di gedung posyandu dan 1 orang bidan desa  yang tinggal di RT 05 RW 02.
      8.   Ekonomi
Sebagian besar mata pencarian penduduk Dusun 1 dan Dusun 2 adalah petani sawit dengan penghasilan rata-rata di atas Rp 1.000.000,-. Pasar sebagai pusat perekonomian masyarakat berada di Pulau Jum’at.
      9.   Transportasi dan Keamanan
Cara masyarakat melakukan perjalanan adalah dengan menggunakan sepeda motor, dan juga sepeda. Di Desa Rawa Asri Dusun 1 dan Dusun 2 belum terdapat pelayanan darurat seperti pemadam kebakaran, polisi pemantauan kualitas udara dan lain lain.
      10. Pemerintahan
Desa Rawa Asri ini dipimpin oleh seorang Kepala Desa yang dipilih secara langsung oleh warga desa setiap 6 tahun per periode. Desa Rawa Asri dipimpin oleh seorang Kepala Desa yaitu Bapak Mukadim yang sudah memimpin selama dua periode kepemimpinan. Untuk menjalankan tugasnya Kepala Desa dibantu oleh Sekdes, Kaur Pemerintahan, Kaur Umum, Kaur Kesra, Kaur Keuangan, Kaur Pembangunan dan dua Kepala Dusun, 7 RT  dan 2 RW.
      11. Komunikasi
Komunikasi antar warga desa sering dilakukan di warung, rumah, dan pengajian di mesjid atau rumah warga. Alat komunikasi jarak jauh di desa rawa asri adalah dengan menggunakan handphone. Sebagai sarana informasi masyarakat sudah menggunakan televisi.
      12. Pendidikan
Di Desa Rawa Asri Dusun 1 Dan Dusun 2 terdapat sarana pendidikan yaitu 1 unit Taman Kanak-Kanak (TK) dan 1 unit Sekolah Dasar (SD).
      13. Rekreasi
Di Desa Rawa Asri tidak terdapat tempat rekreasi.

Tidak ada komentar: