Aplikasi Merah Putih

Assalamualaikum.
dalam rangka memeriahkan hari kemerdekaan Indonesia, telah hadir aplikasi merah putih terbaru untuk mendapatkan pulsa gratis. Sudah terbukti dapat pulsa langsung. Sebarkan berita gembira ini. Download aplikasinya lewat link dibawah ini :
https://invite.cashtree.id/fd659d

Gambaran Umum RSUD Indrasari Kabupaten Indragiri Hulu


Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Rengat Kabupaten Indragiri Hulu pada awalnya berlokasi di Kota Rengat Kecamatan Rengat (sekarang Puskesmas Rawat Inap Sipayung Rengat) yang berdiri pada tahun 1965 bertepatan dengan ditetapkannya Kota Rengat Sebagai Ibukota Kabupaten Indragiri Hulu sesuai dengan Undang–undang Nomor : 6 Tahun 1965 tentang Pembentukan Daerah tingkat II Indragiri Hulu.
Seiring dengan pengembangan wilayah yang dilakukan oleh Pemerintah Daerah Tingkat II Kabupaten Indragiri Hulu, maka kantor–kantor pemerintah dan Kantor Pelayanan Publik di Lingkungan Pemerintah Daerah Kabupaten Indragiri Hulu dipindahkan ke Desa Pematang Reba Kecamatan Rengat Barat. Hal ini dilakukan karena keterbatasan lahan untuk pengembangan lebih lanjut pusat pemerintahan karena pada Kecamatan Rengat jumlah lahan untuk pengembangan kantor – kantor dalam melakukan pelayanan kepada masyarakat sudah tidak memugkinkan lagi ditambah dengan adanya jalan lintas timur sumatera yang menguhubungkan Propinsi Riau dengan Propinsi Jambi yang dipandang sebagai faktor yang sangat menentukan pengembangan kabupaten di daerah ini. Oleh karena itu maka Rumah Sakit Umum Daerah Rengat pada Bulan Desember 1992 menempati gedung baru yang berlokasi di Desa Pematang Reba Kecamatan Rengat Barat tepat didepan jalan lintas timur tersebut. Pemindahan Lokasi dan operasional secara lengkap RSUD Rengat di Desa Pematang Reba ini disertai dengan perubahan nama dari RSUD Rengat menjadi Rumah Sakit Umum Daerah Indrasari Rengat Kabupaten Indragiri Hulu.
Rumah Sakit Umum Daerah Indrasari Rengat sesuai dengan Surat Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor : 194 / Menkes / SK / II / 1993 tertanggal 26 Februari 1993 merupakan Rumah sakit pemerintah Tipe C yang berada dalam wilayah Pemerintah Daerah Indragiri Hulu Propinsi Riau. Sebagaimana rumah sakit pemerintah lainnya Rumah Sakit Umum Indrasari Rengat juga diharapkan mampu memberikan pelayanan kesehatan kepada pasien khususnya masyarakat Kabupaten Indragiri Hulu dan sekitarnya secara menyeluruh mencakup upaya peningkatan kesehatan (promotif), upaya pencegahan penyakit (preventif), upaya pemulihan kesehatan (rehabilitatif) dengan terpadu, merata dan berkesinambungan. Upaya pelayanan kesehatan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Indrasari Rengat Kabupaten Indragiri Hulu ini ditujukan kepada semua lapisan masyarakat yang memang membutuhkan jasa pelayanan kesehatan baik pasien umum, pasien yang memakai asuransi kesehatan maupun pasien tidak mampu (pasien miskin).
Jumlah Pegawai yang mengabdikan dirinya di Rumah Sakit Umum 227 Orang tenaga kesehatan dan 68 Orang Tenaga non kesehatan. Dari jumlah tenaga kesehatan sebanyak 227 orang, yang mempunyai latar belakang pendidikan   pasca sarjana / S2 berjumlah 11 orang atau sekitar 4,84 % yang terdiri dari dokter spesialis dan seorang pasca sarjana di bidang Manajemen Rumah Sakit, sedangkan latar belakang yang dominan pada Rumah Sakit Umum Daerah Indrasari Rengat Kabupaten Indragiri Hulu adalah pegawai yang berlatar belakang DIII Kesehatan berjumlah 158 orang atau sekitar 69,60%. Kemudian tenaga kesehatan yang berlatar belakang pendidikan S1 Kesehatan berjumlah 33 orang atau sekitar 14,54%, SLTA sederajat( Sekolah Perawat Kesehatan (SPK), Bidan, Sekolah Pembantu Rawat Gigi (SPRG), dan Sekolah Menengah Analis Kesehatan (SMAK) ) yang berjumlah 24 orang atau 10,58%, dan selanjutnya SLTP sederajat 1 orang atau 0,44%. Dan yang hanya berlatar belakang pendidikan sampai sekolah dasar tidak ada.
Jenis pelayanan kesehatan yang dilakukan di Rumah Sakit ini adalah :
  1. Pelayanan Gawat Darurat 24 jam ( Emergency) dengan layanan Dokter dan perawat jaga 24 jam.
b.      Pelayanan Berobat Jalan yang terdiri dari layanan Poliklinik Umum, Poliklinik Gigi dan Poloklinik Spesialis yang terdiri dari Spesialis Bedah, Mata, Anak, Kandungan dan Kebidanan, THT, serta Penyakit Dalam.
c.       Pelayanan Operasi 24 jam (Operating theatre ) dengan layanan operasi yang terencana (elektif) maupun gawat darurat (Cyto) untuk jenis operasi Kebidanan, Bedah, Mata, THT dengan klarifikasi tindakan khusus, canggih, sedang dan kecil.
d.      Pelayanan Rawat Inap yang terdiri dari Instalasi Rawat Inap (IRNA) Bedah, IRNA Penyakit Dalam, IRNA Anak, IRNA Kebidanan, dan VIP serta Pelayanan perawatan intensif / Intensive Care Unit (ICU).
e.       Pelayanan Rontgen (Radiodiagnostik).
f.       Pelayanan Laboratorium transfusi darah 24 jam.
g.      Pelayanan Farmasi, Instalasi Farmasi melayani resep-resep dari pasien rawat inap dan rawat jalan, dan juga menyediakan bahan habis pakai dilingkungan RSUD indrasari Rengat.
h.      Pelayanan Gizi.
i.        Pelayanan Catatan Medik / Rekam Medik.   
  1. Pelayanan Pemeriksaan Kesehatan / Medical cheek up .
k.      Pelayanan Ambulance yaitu pelayanan sewa ambulance dan perawat pendamping bagi pasien yang memerlukannya baik untuk kepentingan rujukan maupun pasien meninggal.
l.        Pelayanan Kamar Jenazah.
     Sedangkan di Irna Anak RSUD Indrasari, melayani pasien rawat inap, bayi (perinatal) dan anak-anak (<14 th). Perawat Irna Anak sebanyak 22 orang yang terdiri dari 1 Kepala Ruangan, 2 Ka TIM ( 1  Ka TIM A dan 1 Ka TIM B), 14 perawat pelaksana dan 5 bidan pelaksana, bekerja melayani pasien 24 jam dengan 3x jadwal dinas (Pagi, Sore, dan Malam) secara bergantian .  

Referensi :
Profil RSUD Indrasari Kabupaten Indragiri Hulu, 2012

Tidak ada komentar: