PRE
PLANNING PENYULUHAN DAN DEMONSTRASI
TENTANG 6 LANGKAH CUCI TANGAN YANG
BENAR PADA ANAK USIA SEKOLAH
DI RW III LAMBUNG BUKIT
KEC.PAUH
A.
LATAR
BELAKANG
Reformasi masalah
kesehatan dari upaya kuratif ke arah preventif dan rehabilitatif yang dikenal
dengan semboyan “mencegah lebih baik daripada mengobati” mendapatkan tantangan
besar dalam implementasinya di lapangan. Perlu sinergi dan kerjasama lintas
sektor dan partisipasi setiap lapisan masyarakat demi kesuksesan agenda
tersebut, kalau tidak maka semboyan tersebut tetaplah menjadi tulisan di
awang-awang tanpa ada perubahan yang tampak nyata di tengah-tengah kehidupan
bermasyarakat.
Perawat komunitas
sebagai salah satu ujung tombak pelayanan primer di tengah-tengah masyarakat
mendapatkan amanah yang mulia ini untuk menjadi penggerak dan penggagas
perubahan (agent of change), menemukan solusi-solusi dan bekerja
bersama-sama dengan setiap lapisan masyarakat, terhadap masalah kesehatan yang
ditemukan sebelum menjadi masalah yang lebih komplek dan luas melalui upaya promotif,
preventif, rehabilitatif, dan kuratif dalam masalah kesehatan.
Praktek Profesi Keperawatan Komunitas Mahasiswa Fakultas Keperawatan
Universitas Andalas (FKEP UNAND) sebagai
salah satu wadah pembelajaran mahasiswa dan calon-calon perawat komunitas di
masa depan turut memberikan andil dan kontribusi terhadap masalah-masalah
kesehatan yang ada di RW III Batu Busuk , salah satu tempat dan lahan praktek
keperawatan komunitas di kota Padang.
Usia anak adalah periode yang sangat
menentukan kualitas seorang manusia dewasa nantinya. Di dalam periode ini
didapatkan banyak permasalahan kesehatan yang sangat menentukan kualitas anak
di kemudian hari. Pemeliharaan kebersihan diri sangat menentukan status
kesehatan, dimana individu secara sadar dan atas inisiatif pribadi menjaga
kesehatan dan mencegah terjadinya penyakit. Upaya ini lebih menguntungkan bagi
individu karena lebih hemat biaya, tenaga dan waktu dalam mewujudkan kesejahteraan dan kesehatan.
Tangan
merupakan pembawa utama kuman penyakit. Praktek CTPS setelah ke jamban atau
menceboki anak, dan sebelum menjamah makanan dapat menurunkan hampir separuh
kasus diare, dan sekitar seperempat kasus ISPA. Praktek CTPS juga dapat
mencegah infeksi kulit, mata, dan memudahkan kehidupan orangan dengan HIV/AIDS. Diare dan ISPA
(Infeksi Saluran Pernafasan Atas) dilaporkan telah membunuh 4 juta anak setiap
tahun di negara-negara berkembang. Anak-anak yang tumbuh di daerah miskin
berisiko meninggal 10 kali lebih besar daripada mereka yang tinggal di daerah
kaya. Salah satu sumber penularannya adalah tangan yang tidak bersih.
Cuci tangan
pakai sabun merupakan salah satu intervensi kesehatan yang paling murah dan
efektif dibandingkan dengan hasil intervensi kesehatan dengan cara lainnya
serta telah terbukti mampu mengurangi resiko penyakit bukan hanya yang terkait
dengam diare, namun juga beberapa penyakit berbahaya lainnya seperti kolera dan
disentri, sampai dengan 48–59%.
Sebagai langkah
awal dilakukan pengkajian melalui penyebaran
kuesioner pada masyarakat RW III Kelurahan Lambung Bukit tanggal
30 Maret 2015 untuk mendapatkan
gambaran umum mengenai masalah kesehatan di wilayah ini. Dari hasil
penyebaran kuesioner untuk anak usia sekolah masalah kesehatan yang dijumpai
yaitu resiko infeksi pada anak usia sekolah akibat kebersihan diri yang kurang,
dari hasil penyebaran kuesioner didapat 38,2% anak tidak mencuci tangan sebelum
dan sesudah makan, 61,8% anak tidak mencuci tangan setelah bermain, 61,1% anak
pernah mengalami diare dalam 6 bulan terakhir dan 30,6% anak dalam kondisi
sakit saat ini.
Dari latar
belakang masalah diatas maka kami mahasiswa S1 keperawatan merasa tertarik
untuk melakukan penyuluhan tentang 6 langkah cuci tangan yang benar yang
dilakukan kepada anak usia sekolah.
B.
TUJUAN
1. Tujuan
Umum
Setelah
mengikuti penyuluhan dan demonstrasi 6 langkah cuci tangan yang benar
diharapkan anak usia sekolah mengetahui dan dapat mendemonstrasikan cara 6 langkah
cuci tangan yang benar sehingga dapat meningkatkan derajat kesehatannya.
.
2. Tujuan
Khusus
Setelah mengikuti
penyuluhan dan demonstrasi 6 langkah cuci tangan yang benar selama 30 menit anak
mampu :
a. Mengetahui
pengertian 6 langkah cuci tangan
b. Mengetahui
tujuan mencuci tangan
c. Mengetahui
kapan waktu mencuci tangan
d. Mengetahui
6 langkah Cara cuci tangan yang benar
e. Mendemonstrasikan
6 langkah cara cuci tangan yang benar.
C.
PELAKSANAAN
KEGIATAN
1. Topik/Judul
Kegiatan
Penyuluhan dan demonstrasi tentang 6
langkah cara cuci tangan yang benar
2. Sasaran
dan Target
a. Sasaran:
Anak usia sekolah di RW III Batu Busuk Kelurahan Lambung Bukit Kecamatan
Pauh.
b. Target
Anak usia sekolah kelas 1- kelas 6 di SD Bustanul Ulum
3. Metoda
Presentasi, ceramah, diskusi, tanya jawab dan
demonstrasi
4. Media
dan Alat
a. LCD
b. Wireless
c. Mikrofon
d. Laptop
e. Alat-alat
yang digunakan (Sabun, Tissue)
5. Waktu
dan Tempat
a. Waktu :
Sabtu, 11 April 2015
b. Pukul : 10.00 WIB s/d selesai
c. Tempat : SD Bustanul Ulum Batu Busuk
d. Kegiatan :
Penyuluhan dan demonstrasi tentang 6 langkah
cara cuci tangan
yang benar.
6. Pengorganisasian
a.
Setting Tempat
M
|
F
|
F
|
F
|
F
|
F
|
F
|
M
|
= Pembimbing = Moderator
= Presenter = Peserta
=
Observer = Media
F
|
= Ustad pengajar didikan subuh
b. Susunan
Acara
No
|
Kegiatan
|
Kegiatan Peserta
|
Waktu
|
1
|
Pembukaan
-
Mengucapkan salam
-
Memperkenalkan
anggota penyuluhan
-
Menjelaskan tentang topik penyuluhan
-
Membuat
kontrak waktu
|
Menjawab salam
Mendengarkan
Mendengarkan
Menyepakati
kontrak
|
5 menit
|
2.
|
-
Menggali pengetahuan
peserta tentang pengertian cuci tangan
-
Memberikan
reinforcement positif dan meluruskan
-
Menggali pengetahuan
peserta tentang tujuan cuci tangan
-
Memberikan
reinforcement positif dan meluruskan
-
Menggali pengetahuan
peserta tentang kapan waktu cuci tangan
-
Memberikan
reinforcement positif dan meluruskan
-
Menggali pengetahuan
peserta tentang 6 langkah cara cuci tangan
-
Memberikan
reinforcement positif dan meluruskan
-
Mendemonstrasikan
secara langsung 6 langkah cara cuci tangan yang baik dan benar
-
Meminta peserta untuk memberikan pertanyaan
-
Memberikan reinforcement pada peserta yang mengajukan pertanyaan dan
menjawab pertanyaan
|
Mengemukakan pendapat
Mendengarkan dan
memperhatikan
Mengemukakan pendapat
Mendengarkan dan
memperhatikan
Mengemukakan pendapat
Mendengarkan dan
memperhatikan
Mengemukakan pendapat
Mendengarkan dan
memperhatikan
Ikut mendemonstrasikan 6 langkah cara cuci tangan yang baik dan
benar
Mengajukan Pertanyaan
Mendengarkan dan memperhatikan
|
20 menit
|
3
|
Penutup
a. Moderator melakukan
evaluasi tentang 6 langkah
cara cuci tangan yang baik dan benar
b. Moderator menyimpulkan hasil diskusi
c. Moderator memberikan
Salam
|
Menjawab pertanyaan
Bersama moderator menyimpulkan materi
Menjawab salam
|
5 Menit
|
|
c. Uraian
Tugas
1)
Penanggung jawab :
Ns. Yonrizal Nurdin, S.Kep.M.Biomed
Mengkoordinasi persiapan
dan pelaksanaan kegiatan
penyuluhan pada anak usia sekolah di SD Bustanul Ulum batu busuk, Kelurahan Lambung
Bukik Kecamatan Pauh
2)
Moderator : Frissy
lestari,S.kep
a)
Membuka acara
b)
Memperkenalkan
anggota penyuluhan
c)
Menjelaskan
topik penyuluhan
d)
Membuat kontrak waktu
e)
Memimpin jalan penyuluhan
f)
Mengarahkan alur penyuluhan
g)
Menutup acara
3) Presenter: Rizki Kurniadi,S.Kep
a)
Menyampaikan materi tentang 6 langkah cara cuci
tangan yang baik dan benar
4) Observer dan Notulen : Winda
Susrianti, S.Kep
a) Mengamati proses pelaksanaan kegiatan dari
awal sampai akhir.
b) Membuat laporan hasil pelaksanaan
penyuluhan dan demonstrasi tentang 6 langkah cara cuci tangan yang benar.
c) Mendokumentasikan
jalannya kegiatan.
5)
Fasilitator : - Yosse Angri Yolla, S.Kep
Anneliese
Satoko, S.Kep
Dewi
Marlina, S.Kep
Freza
Siska, S.Kep
Marlizayani,
S.Kep
Nelvi
Desmita, S.Kep
Suci Asha
Rahmadini, S.Kep
6)
Memotivasi peserta untuk berperan aktif selama
jalannya kegiatan.
a) Memfasilitasi peserta untuk berperan aktif
selama penyuluhan.
D.
EVALUASI
1. Struktur
a. Acara
telah didiskusikan bersama pokjakes unit anak dan remaja minimal 3 hari sebelum
acara dilakukan.
b. Pokjakes
unit anak dan remaja berpartisipasi aktif dalam penyelenggaran kegiatan
c. 75%
peserta menghadiri kegiatan.
d. Tempat
dan alat tersedia sesuai perencanaan.
e. Peran
dan tugas mahasiswa sesuai perencanaan.
f. Pre Planning telah disetujui
2. Proses
a. Pelaksanaan
kegiatan sesuai dengan waktu yang telah direncanakan.
b. Para
peserta yang hadir mengikuti kegiatan dari awal sampai akhir.
c. Peserta
yang hadir berperan aktif dalam mengajukan pertanyaan dan mengemukakaan
pendapat selama diskusi berlangsung.
d. Mahasiswa
mampu mempresentasikan 6 langkah cara cuci tangan yang
benar
.
e. Tidak
ada peserta yang keluar masuk selama acara berlangsung.
3. Hasil
Setelah
dilakukan kegiatan penyuluhan:
a. 75% materi tentang 6 langkah cuci tangan yang benar
terkuasai oleh peserta
-
Peserta
mampu menyebutkan tentang pengertian 6 langkah cuci tangan
-
Peserta
mampu menyebutkan tentang tujuan cuci tangan
-
Peserta
mampu menyebutkan tentang kapan waktu cuci tangan
-
Peserta
mampu menyebutkan tentang 6 langkah cara cuci tangan yang benar
b. 80% peserta mampu mendemonstrasikan 6 langkah cara cuci
tangan dengan benar.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar