PRE PLANNING PENYULUHAN DAN DEMONSTRASI TENTANG 6 LANGKAH CUCI TANGAN YANG BENAR PADA ANAK USIA SEKOLAH DI RW III LAMBUNG BUKIT KEC.PAUH



PRE  PLANNING PENYULUHAN DAN DEMONSTRASI
TENTANG 6 LANGKAH CUCI TANGAN YANG
BENAR PADA ANAK USIA SEKOLAH  
DI RW III LAMBUNG BUKIT
KEC.PAUH
A.      LATAR BELAKANG
Reformasi masalah kesehatan dari upaya kuratif ke arah preventif dan rehabilitatif yang dikenal dengan semboyan “mencegah lebih baik daripada mengobati” mendapatkan tantangan besar dalam implementasinya di lapangan. Perlu sinergi dan kerjasama lintas sektor dan partisipasi setiap lapisan masyarakat demi kesuksesan agenda tersebut, kalau tidak maka semboyan tersebut tetaplah menjadi tulisan di awang-awang tanpa ada perubahan yang tampak nyata di tengah-tengah kehidupan bermasyarakat.
Perawat komunitas sebagai salah satu ujung tombak pelayanan primer di tengah-tengah masyarakat mendapatkan amanah yang mulia ini untuk menjadi penggerak dan penggagas perubahan (agent of change),  menemukan solusi-solusi dan bekerja bersama-sama dengan setiap lapisan masyarakat, terhadap masalah kesehatan yang ditemukan sebelum menjadi masalah yang lebih komplek dan luas melalui upaya promotif, preventif, rehabilitatif, dan kuratif dalam masalah kesehatan.
Praktek Profesi Keperawatan Komunitas Mahasiswa Fakultas Keperawatan Universitas Andalas (FKEP UNAND) sebagai salah satu wadah pembelajaran mahasiswa dan calon-calon perawat komunitas di masa depan turut memberikan andil dan kontribusi terhadap masalah-masalah kesehatan yang ada di RW III Batu Busuk , salah satu tempat dan lahan praktek keperawatan komunitas di kota Padang.
Usia anak adalah periode yang sangat menentukan kualitas seorang manusia dewasa nantinya. Di dalam periode ini didapatkan banyak permasalahan kesehatan yang sangat menentukan kualitas anak di kemudian hari. Pemeliharaan kebersihan diri sangat menentukan status kesehatan, dimana individu secara sadar dan atas inisiatif pribadi menjaga kesehatan dan mencegah terjadinya penyakit. Upaya ini lebih menguntungkan bagi individu karena lebih hemat biaya, tenaga dan waktu dalam mewujudkan  kesejahteraan dan kesehatan.
Tangan merupakan pembawa utama kuman penyakit. Praktek CTPS setelah ke jamban atau menceboki anak, dan sebelum menjamah makanan dapat menurunkan hampir separuh kasus diare, dan sekitar seperempat kasus ISPA. Praktek CTPS juga dapat mencegah infeksi kulit, mata, dan memudahkan kehidupan orangan dengan HIV/AIDS. Diare dan ISPA (Infeksi Saluran Pernafasan Atas) dilaporkan telah membunuh 4 juta anak setiap tahun di negara-negara berkembang. Anak-anak yang tumbuh di daerah miskin berisiko meninggal 10 kali lebih besar daripada mereka yang tinggal di daerah kaya. Salah satu sumber penularannya adalah tangan yang tidak bersih.
Cuci tangan pakai sabun merupakan salah satu intervensi kesehatan yang paling murah dan efektif dibandingkan dengan hasil intervensi kesehatan dengan cara lainnya serta telah terbukti mampu mengurangi resiko penyakit bukan hanya yang terkait dengam diare, namun juga beberapa penyakit berbahaya lainnya seperti kolera dan disentri, sampai dengan 48–59%.
Sebagai langkah awal dilakukan pengkajian melalui penyebaran kuesioner pada masyarakat RW III Kelurahan Lambung Bukit  tanggal 30 Maret 2015 untuk mendapatkan gambaran umum mengenai masalah kesehatan di wilayah ini. Dari hasil penyebaran kuesioner untuk anak usia sekolah masalah kesehatan yang dijumpai yaitu resiko infeksi pada anak usia sekolah akibat kebersihan diri yang kurang, dari hasil penyebaran kuesioner didapat 38,2% anak tidak mencuci tangan sebelum dan sesudah makan, 61,8% anak tidak mencuci tangan setelah bermain, 61,1% anak pernah mengalami diare dalam 6 bulan terakhir dan 30,6% anak dalam kondisi sakit saat ini.
Dari latar belakang masalah diatas maka kami mahasiswa S1 keperawatan merasa tertarik untuk melakukan penyuluhan tentang 6 langkah cuci tangan yang benar yang dilakukan kepada anak usia sekolah.

B.     TUJUAN
1.   Tujuan Umum
Setelah mengikuti penyuluhan dan demonstrasi 6 langkah cuci tangan yang benar diharapkan anak usia sekolah mengetahui dan dapat mendemonstrasikan cara 6 langkah cuci tangan yang benar sehingga dapat meningkatkan derajat kesehatannya.
.
2.   Tujuan Khusus
Setelah mengikuti penyuluhan dan demonstrasi 6 langkah cuci tangan yang benar selama 30 menit anak mampu :
a.    Mengetahui pengertian 6 langkah cuci tangan
b.   Mengetahui tujuan mencuci tangan
c.    Mengetahui kapan waktu mencuci tangan
d.   Mengetahui 6 langkah Cara cuci tangan yang benar
e.    Mendemonstrasikan 6 langkah cara cuci tangan yang benar.

C.    PELAKSANAAN KEGIATAN
1.    Topik/Judul Kegiatan
Penyuluhan dan demonstrasi tentang 6 langkah cara cuci tangan yang benar
2.    Sasaran dan Target
a.    Sasaran:
Anak usia sekolah di RW III Batu Busuk Kelurahan Lambung Bukit Kecamatan Pauh.
b.    Target
     Anak usia sekolah kelas 1- kelas 6 di SD Bustanul Ulum
                                                                                                                       
3.    Metoda
Presentasi, ceramah, diskusi, tanya jawab dan demonstrasi
4.    Media dan Alat
a.    LCD
b.    Wireless
c.    Mikrofon
d.   Laptop
e.    Alat-alat yang digunakan (Sabun, Tissue)
5.    Waktu dan Tempat
a.    Waktu                     : Sabtu, 11 April  2015
b.   Pukul                      : 10.00 WIB s/d selesai
c.    Tempat                    : SD Bustanul Ulum Batu Busuk
d.   Kegiatan                 : Penyuluhan dan demonstrasi tentang 6 langkah 
                               cara cuci tangan yang benar.

6.    Pengorganisasian
a.    Setting Tempat
M
       
 

F
F
                                                                                       
F
F
F
F
 




M
Keterangan :
= Pembimbing                                     = Moderator
= Presenter                                   = Peserta
= Observer                                        = Media                        
F
= Fasilitator                                       
= Ustad pengajar didikan subuh

b.   Susunan Acara
No
Kegiatan
Kegiatan Peserta
Waktu
1


Pembukaan
-          Mengucapkan salam
-          Memperkenalkan anggota penyuluhan
-          Menjelaskan tentang topik penyuluhan
-          Membuat kontrak waktu

Menjawab salam
Mendengarkan

Mendengarkan

Menyepakati kontrak

5 menit
2.
-          Menggali pengetahuan peserta tentang pengertian cuci tangan
-          Memberikan reinforcement positif dan meluruskan
-          Menggali pengetahuan peserta tentang tujuan cuci tangan
-          Memberikan reinforcement positif dan meluruskan
-          Menggali pengetahuan peserta tentang kapan waktu cuci tangan
-          Memberikan reinforcement positif dan meluruskan
-          Menggali pengetahuan peserta tentang 6 langkah cara cuci tangan
-          Memberikan reinforcement positif dan meluruskan
-          Mendemonstrasikan secara langsung 6 langkah cara cuci tangan yang baik dan benar

-          Meminta peserta untuk memberikan pertanyaan
-          Memberikan reinforcement pada peserta yang mengajukan pertanyaan dan menjawab pertanyaan
Mengemukakan pendapat

Mendengarkan dan memperhatikan
Mengemukakan pendapat

Mendengarkan dan memperhatikan
Mengemukakan pendapat

Mendengarkan dan memperhatikan
Mengemukakan pendapat

Mendengarkan dan memperhatikan
Ikut mendemonstrasikan 6 langkah cara cuci tangan yang baik dan benar
Mengajukan Pertanyaan

Mendengarkan dan memperhatikan
20 menit
3
Penutup
a.       Moderator melakukan
evaluasi tentang 6 langkah cara cuci tangan yang baik dan benar
b.      Moderator menyimpulkan hasil diskusi
c.       Moderator memberikan
Salam

Menjawab pertanyaan


Bersama moderator menyimpulkan materi
Menjawab salam
5 Menit








c.    Uraian Tugas
1)   Penanggung jawab         : Ns. Yonrizal Nurdin, S.Kep.M.Biomed
Mengkoordinasi persiapan dan pelaksanaan kegiatan penyuluhan pada anak usia sekolah di SD Bustanul Ulum batu busuk, Kelurahan Lambung Bukik Kecamatan Pauh
2)   Moderator  : Frissy lestari,S.kep
a)  Membuka acara
b) Memperkenalkan anggota penyuluhan
c)  Menjelaskan topik penyuluhan
d) Membuat kontrak waktu
e)  Memimpin jalan penyuluhan
f)  Mengarahkan alur penyuluhan
g) Menutup acara
3)   Presenter: Rizki Kurniadi,S.Kep
a)    Menyampaikan materi tentang 6 langkah cara cuci tangan yang baik dan benar
4)   Observer dan Notulen : Winda Susrianti, S.Kep
a)  Mengamati proses pelaksanaan kegiatan dari awal sampai akhir.
b) Membuat laporan hasil pelaksanaan penyuluhan dan demonstrasi tentang 6 langkah cara cuci tangan yang benar.
c)  Mendokumentasikan jalannya kegiatan.
5)      Fasilitator :   - Yosse Angri Yolla, S.Kep
Anneliese Satoko, S.Kep
Dewi Marlina, S.Kep
Freza Siska, S.Kep
Marlizayani, S.Kep
Nelvi Desmita, S.Kep
Suci Asha Rahmadini, S.Kep
6)      Memotivasi peserta untuk berperan aktif selama jalannya kegiatan.
a)      Memfasilitasi peserta untuk berperan aktif selama penyuluhan.


D.    EVALUASI
1.    Struktur
a.    Acara telah didiskusikan bersama pokjakes unit anak dan remaja minimal 3 hari sebelum acara dilakukan.
b.    Pokjakes unit anak dan remaja berpartisipasi aktif dalam penyelenggaran kegiatan
c.    75% peserta menghadiri kegiatan.
d.   Tempat dan alat tersedia sesuai perencanaan.
e.    Peran dan tugas mahasiswa sesuai perencanaan.
f.     Pre Planning telah disetujui

2.    Proses
a.    Pelaksanaan kegiatan sesuai dengan waktu yang telah direncanakan.
b.    Para peserta yang hadir mengikuti kegiatan dari awal sampai akhir.
c.    Peserta yang hadir berperan aktif dalam mengajukan pertanyaan dan mengemukakaan pendapat selama diskusi berlangsung.
d.   Mahasiswa mampu mempresentasikan 6 langkah cara cuci tangan yang
     benar .
e.    Tidak ada peserta yang keluar masuk selama acara berlangsung.

3.    Hasil
Setelah dilakukan kegiatan penyuluhan:
a.    75% materi tentang 6 langkah cuci tangan yang benar terkuasai oleh peserta
-       Peserta mampu menyebutkan tentang pengertian 6 langkah cuci tangan
-       Peserta mampu menyebutkan tentang tujuan cuci tangan
-       Peserta mampu menyebutkan tentang kapan waktu cuci tangan
-       Peserta mampu menyebutkan tentang 6 langkah cara cuci tangan yang benar
b.   80% peserta mampu mendemonstrasikan 6 langkah cara cuci tangan dengan benar.

Tidak ada komentar: