PRE PLANNING DIALOG INTERAKTIF NAPZA dan HIV AIDS



PRE PLANNING
DIALOG INTERAKTIF NAPZA dan HIV AIDS
  RW III Batu Busuk Kelurahan Lambung Bukit Kecamatan Pauh

A.    Latar Belakang
Remaja merupakan generasi penerus bangsa yang selayaknya mempunyai ilmu dan etika yang baik, Sehubungan dengan proses  perkembangan biologis masa remaja merupakan masa peralihan dari anak-anak menuju dewasa, sehingga orang tua sulit untuk melepaskan otoritasnya yang seringkali muncul konflik antara orang tua dan remaja karena anak ingin melakukan aktifitasnya sementara orang tua mempunyai hak untuk mengontrol aktifitasnya
Masa remaja adalah masa yang penuh gejolak, masa yang penuh dengan berbagai pengenalan  dan petualangan akan hal-hal yang baru termasuk pengalaman berinteraksi dengan lawan jenis sebagai bekal manusia untuk mengisi kehidupan mereka kelak (Boyke, 2000). Di usia muda proses menjadi manusia dewasa berlangsung. Sayangnya, banyak diantara mereka yang tidak sadar bahwa beberapa pengalaman yang tampaknya menyenangkan justru dapat menjerumuskan.
Daya tarik persahabatan antar kelompok, rasa ingin tahu dianggap sebagai manusia dewasa, kaburnya nilai-nilai yang dianut, kurangnya kontrol dari pihak yang lebih tua, berkembangnya naluri sex akibat matangnya alat-alat kelamin sekunder, kurangnya informasi mengenai sex dari sekolah atau lembaga formal serta berbagai informasi seks dan media massa yang tidak sesuai dengan norma yang dianut menyebabkan keputusan-keputusan yang diambil mengenai masalah cinta dan sex begitu komplek dan menimbulkan  gesekan-gesekan dengan orang tua maupun lingkungan.
Berdasarkan pengumpulan data dan wawancara kepada masyarakat di wilayah RW II Kelurahan Batang Arau menunjukkan bahwa dari 134 orang remaja, Bila ada masalah, 60 % (80 orang)  remaja mengatasi masalah dengan diam dan 3% (4 orang) remaja dengan menggunakan NAPZA, 37 % (49 orang) remaja merokok, dan 22% (29 orang) menggunakan rokok lebih dari 10 batang/ hari, dan 79% (105 orang) remaja tertutup dalam berkomunikasi dengan orang tua.
Berdasarkan data di atas, Mahasiswa Program Studi Ilmu Keperawatan Fakultas Kedokteran Unand bermaksud mengadakan dialog interaktif tentang NAPZA dan HIV AIDS.

B. Tujuan
1.      Tujuan Umum
Setelah mengikuti  kegiatan penyuluhan dan dialog interaktif diharapkan remaja mengetahui dan mengenal tentang bahaya NAPZA dan HIV AIDS.
2.  Tujuan Khusus
  Setelah kegiatan ini diharapkan remaja dapat :
a.       Mengetahui bahaya NAPZA bagi remaja.
b.      Mengetahui bahaya HIV AIDS

C. Pelaksanaan Kegiatan
1.     Topik
Bahaya NAPZA dan HIV AIDS bagi remaja.
2.      Sasaran dan target

 DOWNLOAD FILE WORD LENGKAP KLIK DISINI !

Tidak ada komentar: