ASUHAN KLIEN GANGGUAN HUBUNGAN SOSIAL : MENARIK DIRI

TUJUAN PEMBELAJARAN :

Setelah menyelesaikan topik ini mahasiswa diharapkan mampu :
1.      Menjelaskan konsep dan definisi hubungan sosial & menarik diri
2.      Menganalisa faktor predisposisi dan presipitasi gangguan hubungan sosial : menarik diri
3.      Mengkaji gangguan hubungan sosial : menarik diri
4.      Mendiagnosa keperawatan
5.      Merencanakan intervensi keperawatan
6.      Melaksanakan intervensi keperawatan
7.      Mengevaluasi keberhasilan asuhan keperawatan.


A.     PENDAHULUAN

Setiap individu mempunyai potensi untuk terlibat dalam hubungan sosial pada berbagai tingkat hubungan, yaitu dari hubungan intim biasa sampai hubungan saling ketergantungan. Keintiman dan saling ketergantungan dalam menghadapi dan mengatasi berbagai kebutuhan setiap hari. Individu tidak akan mampu memenuhi kebutuhan hidupnya tanpa adanya hubungan dengan lingkungan sosial. Oleh karena itu individu perlu membina hubungan interpersonal yang memuaskan.
Kepuasan hubungan dapat dicapai jika individu sebagai makluk sosial terlibat secara aktif dalam proses berhubungan. Peran serta yang tinggi dalam berhubungan disertai respons lingkungan yang positif akan meningkatkan rasa memiliki, kerjasama, hubungan timbal balik yang sinkron ( Stuart dan Sundeen, 1995, hal.518 ). Peran serta dalam proses hubungan dapat berfluktuasi sepanjang rentang tergantung (dependen) dan mandiri (indenpenden), artinya suatu saat individu tergantung pada orang lain dan suatu saat orang lain tergantung pada individu.
Pemutusan proses hubungan terkait erat dengan ketidakpuasan individu terhadap proses hubungan yang disebabkan oleh kurangnya peran serta, respons lingkungan yang negatif. Kondisi ini dapat mengembangkan rasa tidak percaya diri dan keinginan untuk menghindar dari orang lain ( tidak percaya pada orang lain ).
 

B.     PERKEMBANGAN HUBUNGAN SOSIAL

Pada dasarnya kemampuan hubungan sosial berkembang sesuai dengan proses tumbuh kembang individu mulai dari bayi sampai dengan dewasa lanjut. Untuk mengembangkan hubungan sosial yang positif, setiap tugas perkembangan sepanjang daur kehidupan diharapkan dilalui dengan sukses. Kemampuan berperan serta dalam

proses hubungan diawali dengan kemampuan saling tergantung (tergantung dan mandiri).
Gambar  1. Rentang respons sosial

DOWNLOAD FILE WORD LENGKAP KLIK DISINI !

Tidak ada komentar: