Asuhan Keperawatan pada Keluarga dengan Lansia (Roy Adaptation Model )



QBL:
1.             Apakah kebutuhan pertumbuhan dan perkembangan anggota keluarga dalam suatu tahapan perkembangan keluarga?
Jawaban:
       Tugas perkembangan keluarga disesuaikan dengan tahap perkembangan dari tiap anggota yang berada di dalam sebuah keluarga. Ketika dalam sebuah keluarga terdapat anggota yang berusia lanjut, maka dapat dikatakan bahwa keluarga tersebut memiliki sebuah tugas pada tahap tumbuh kembang keluarga dengan lansia.  Klasifikasi lansia menurut WHO tahun 2015 dibagi menjadi  tiga (3) yaitu: setengah baya (66-79 tahun), orang tua (80-99 tahun), dan orang tua berusia panjang (>100 tahun). Lansia dikategorikan ke dalam kelompok rentan (vulnerable) akibat perubahan degeneratif seiring proses penuaan (ageing). sering dianggap sebagai individu yang lemah, mudah terserang sakit, bergantung, menjadi beban keluarga (Friedman, 2003). Namun belakangan pandangan tersebut dapat terkikis dengan fakta peningkatan angka Usia Harapan Hidup (UHH) lansia yang cenderung bertambah dari tahun ke tahun. Pada dasarnya lansia juga memiliki keinginan untuk mempertahankan kehidupan yang memuaskan dalam keluarga, hidup mandiri, tetap produktif, tidak menyusahkan anak-anaknya dan dapat melakukan sesuatu hal yang bermanfaat di usia senja.
       Tugas perkembangan keluarga menurut Friedman (2003), salah satunya yaitu  mampu mempertahankan penataan kehidupan yang  memuaskan dalam keluarga. Cara mempertahankan kehidupan yang memuaskan dapat dilakukan  dengan memenuhi kebutuhan lansia, menggali keinginan dan harapan klien, mempertahankan interaksi yang baik, memotivasi dan mendampingi lansia menjalani kehidupan bahagia, tidak mengabaikan lansia, meningkatkan kemandirian dan mampu mempertahankan kesehatan lansia. Keluarga dapat menawarkan pola hidup sehat dengan pengaturan diit sesuai kebutuhan dan status kesehatan lansia, melakukan olahraga bersama, menjadwalkan rekreasi dan membuat hobby baru sebagai aktivitas harian yang digemari oleh lansia, misalnya membuat kerajinan tangan, bermain halma atau catur, menulis buku dan lain sebagainya. Keluarga juga dapat menawarkan kepada lansia untuk melakukan interkasi sosial dengan lingkungan di luar rumah, misalnya arisan atau perkumpulan lansia sekitar perumahan, jalan santai bersama dan kegiatan lain yang dapat meningkatkan rasa percaya diri pada lansia sebagai individu yang tetap produktif dan aktif.           

2.      Teori dan model keperawatan apa saja yang mendasari pemenuhan kebutuhan?
Jawaban:
          Model keperawatan yang mendasari pemenuhan kebutuhan tahapan perkembangan keluarga dengan lansia dapat menggunakan model  adaptasi Roy. Roy memandang manusia sebagai sebuah sistem adaptif, memiliki respon terhadap stimulus dan dapat menyesuaikan diri secara efektif terhadap perubahan lingkungan, dengan proses internalnya yang bekerja untuk mempertahankan adaptasi dalam keempat mode adaptif (fisiologis, konsep diri, fungsi peran, dan interdependensi) (Roy & Andrews (1999) dalam Alligood, 2014). Konsep kesehatan didefiniskan sebagai suatu status atau proses untuk menjadi seseorang yang utuh dan menyeluruh. Roy juga menegaskan bahwa kesehatan sebagai suatu proses dimana sehat dan sakit dapat berdampingan, merupakan suatu dimensi yang tidak dapat dihindari. Sehat dapat diraih jika manusia mampu terus beradapatasi, sebaliknya penyakit akan datang ketika mekanisme koping tidak efektif. Tujuan dari keperawatan menurut Roy adalah untuk meningkatkan respon adaptif klien pada keempat mode adaptif sehingga dapat meningkatkan kesehatan, kualitas hidup, dan meninggal dengan terhormat. Pengkajian dilakukan untuk menilai perilaku dan stimulus yang mempengaruhi adaptasi, sedangkan intervensi keperawatan dibuat untuk mengelola stimulus tersebut. Konsep lingkungan menurut Roy meliputi semua hal dan situasi yang dapat mempengaruhi perilaku dan respon adaptif klien  dengan sumber bumi meliputi stimulus fokal, konstektual dan residual (Roy & Andrews (1991) dalam Alligood, 2014). 

DOWNLOAD FILE WORD LENGKAP KLIK DISINI !

Tidak ada komentar: