Asuhan Keperawatan Jiwa: Klien dengan Perilaku Curiga

BAB l
PENDAHULUAN


A. LATAR BELAKANG
            Perilaku curiga merupakan gangguan berhubungan dengan orang lain dan lingkungan yang ditandai denganperasaan tidak percaya dan ragu-ragu. Perilaku tersebut tampak jelas saat individu berinteraksi dengan orang lain dan lingkungan .
            Apabila masalah curiga tidak diatasi, maka akan menimbulkan maslah-masalah lain seperti : menarik diri, kurang minat dalam kebersihan diri yang dapat menyebabkan penampilan diri kurang adekuat. Dapat juga menyebabkan pengungkapan marah yang tidak konstruktif, sehingga dapat melukai diri sendiri dan orang lain. Kelompok juga sulit menemukan literatur yang membahas tentang perilaku curiga.
            Berdasarkan hasil pengkajian yang dilakukan di Ruang Melati Rumah Sakit Jiwa Pusat Jakarta (RSJPJ) sebagai lahan praktek, diperoleh data bahwa 75 % klien yang rawat ulang. Masalah asuhan keperawatan yang ditemukan adalah menarik diri, curiga, halusinasi dan ketidak mampuan merawat diri. Dari masalah-masalah yang ada, ditemukan 4 kasus dari 12 yang ada ( 30%) klien dengan masalah curiga.
            Berdasarkan   fenomena tersebut, kelompok tertarik untuk mempelajari lebih lanjut dan menyajikan dalam bentuk seminar dengan topik ”Asuhan Keperawatan Klien dengan Perilaku Curiga”.

B. TUJUAN
Tujuan kelompok V mengambil kasus Nn. G dengan masalah utama curiga adalah :
1.      Mempelajari kasus curigai disesuaikan dengan teori dan konsep yang telah diterima.
2.      Memberikan asuhan keperawatan pada klien curiga dengan pendekatan proses keperawatan.
3.      Mendesiminasikan asuhan keperawatan klien curiga.

C. PROSES PENULISAN MAKALAH.
            Dalam menuliskan laporan kasus ini, kelompok mahasiswa mendiskusikan kasus-kasus diruang Melati, memutuskan untuk mengambil salah satu kasus untuk seminar yaitu curiga, kemudian kelompok melakukan studi literatur  yang terkait dengan kasus, selanjutnya melakukan asuhan keperawatan pada klien yang dimaksud. Asuhan keperawatan dilakukan mulai minggu ke tiga (17 April 1997) sampai dengan minggu ke tujuh (16 Mei 1997). Akhirnya disusun secara tertulis dalam bentuk makalah untuk diseminarkan.


BAB ll
GAMBARAN KASUS

A. Pengkajian.
            Nn. G, wanita 47 th. Agama budha, belum kawin, tidak tamat SD, anak pertama dari 8 bersaudara (klien anak angkat). Klien keluar masuk RS jiwa tahun 1977 di RS J Bogor, dan masuk RSJ Grogol 1978 sampai sekarang. Alasan masuk rumah sakit menurut keluarga, klien sering marah - marah , tidak tahu penyebabnya, banting pintu, nada suara tinggi tidak jelas dan melempari rumah orang.
            Keadaan klien saat ini, kadang-kadang marah, merebut barang orang lain, jika bicara mata melotot, sering tampak tegang bicara kadang-kkadang kacau, kalau lagi marah suara tinggi dan cepat, vena jugularisnya menonjol, sambil berjalan jalan menghampiri klien lain. Bila klien marah mengatakan ” Orang-orang disini malas-malas tidak mau bantu bersih-bersih, inginnya enak-enakkan makan tidur saja”. Suatu hari klien mengeluh barangnya (uang dan alat mandi) hilang, dan bajunya robek. Klien beranggapan klien E. yang mengambil.
            Gigi klien kuning sudah banyak yang tanggal, kulit agak bersisik, rambut kotor banyak ketombe, klien tampak tidak rapi, baju jarang ganti, sering duduk dan tiduran dilantai. Setiap bertemu dengan mahasiswa klien belum mandi. Klien mandi 1x sehari kadang-kadang tidak mandi; klien mengatakan malas mandi.
            Pada tanggal 25/4 1997 , Klien sedang duduk dan disampingnya duduk klien M, tiba-tiba nada suara klien seperti mengomel melihat klien M, nada suaranya tambah tinggi dan tiba-tiba klien M dipukul lalu pergi meninggalkan klien M sambil marah-marah. Setelah di eksplorasi klien mengatakan ” klien M mengejek”. Jika melihat orang sedang ngobrol klien tampak menyelidik. Dari hasil pengkajian keluarga : apabila klien pulang kerumah (setiap hari Sabtu dan Minggu) kegiatan klien bersih-bersih got, sampah, bersih-bersih rumah, tetapi setelah itu klien marah-marah membuat lingkungan menjadi berisik.
B. Masalah Keperawatan.
            Dari data-data tersebut diatas muncul masalah keperawatan : curiga, menarik diri, cara mengungkapkan marah yang tidak konstruktif, potensial melukai orang lain/amuk, kurang berminat dalam kebersihan diri dan penampilan diri kurang adekuat.

1. Curiga
à    DS : Klien selalu mengatakan orang lai malas, mengatakan barang-barangnya hilang dan baju robek menuduh klien E yang melakukan, merasa kesal karena klien M sering mengejek.
à    DO : klien menyelidik bila ada orang berbicara, sering kontrol kamar klien lain, tiba-tiba marah dan memukul klien M pada saat klien M duduk.
2. Menarik diri
à    D.S : Klien mengatakan malas bicara dengan klien lain karena sering membuat kesal
à    D.O : Klien sering sendiri dikamar, tidak pernah berinteraksi dengan klien lain, sering melamun dibawah tempat tidurnya sambil merokok.
3. Cara mengungkapkan marah yang tidak konstruktif
à    D.S : Klien megatakan kalau marah mengamuk, keluarga mengatakan klien marah-marah.
à    D.O : Klien sering tampak tegang, kurang bersahabat, kalau marah nada suara tinggi dan cepat, mata melotot, bicara kacau dan terlihat vena jugularis menonjol.
4. Potensial melukai orang lain, diri sendiri/amuk.
à    D.S : Klien mengatakan, minta agar klien lain mau membersihkan kotoran yang ada diruangan. Klien lain mengatakan bahwa klien G sering menyuruh kalau tidak mau , marah-marah.
à    D.O : Klien kalau marah jalan-jalan menghampiri klien lain, suka merebut barang orang lain, sering berdebat dengan klien lain, nada suara tinggi.
5. Kurang berminat dalam kebersihan diri
à    D.S : Klien mengatakan malas mandi, kalau mandi 1x sehari, siang hari, kadang-kadang tidak mandi.
à    D.O : Klien tampak tidak rapi, sering duduk dan tiduran dilantai, setiap kali interaksi dengan mahasiswa (jam 09.00) klien belum mandi.
6. Penampilan diri kurang adekuat
D.S: Klien mengatakan enggan mandi badannya gatal.
D.O : Kulit agak bersisik, gigi kuning rambut kotor banya ketombe, baju jarang diganti tidak rapi dan sering duduk dilantai.

C. ProblemTree ( Pohon Masalah )

DOWNLOAD FILE WORD LENGKAP KLIK DISINI !

Tidak ada komentar: