ASUHAN KEPERAWATAN GAWAT DARURAT PNEUMONIA + GAGAL NAFAS

PENGERTIAN
·        Pneumonia adalah Suatu radang paru yang disebabkan oleh bermacam-macam etiologi seperti bakteri, virus, jamur dan benda asing (FKUI).
·        Pneumonia adalah Radang parenkim paru. Menurut anatomi, pneumonia dibagi menjadi pneumonia laboris, pneumonia lobularis, bronkopneumonia & pneumonia interstisialis. (Makmuri, MS.)
·        Pneumonia adalah Suatu radang paru-paru yang ditandai oleh adanya konsolidasi exudat yang mengisi alveoli dan bronchiolus ( Axton )
·        Pneumonia adalah radang paru-paru yang dapat disebabkan oleh bermacam-macam, seperti bakteri, virus, jamur, dan benda-benda asing.

KLASIFIKASI
Berdasarkan anatomiknya, pneumonia dibagi atas pneumonia lobaris, pneumonia lobularis (bronchopneumonia) dan pneumonia interstitial (bronchitis).

Berdasarkan etiologinya, dibagi atas;
1.      Bakteri
·        Pneumokok, merupakan penyebab utama pneumonia. Pada orang dewasa umumnya disebabkan oleh pneumokok serotipe 1 samapi dengan 8. Sedangkan pada anak-anak serotipe 14, 1, 6, dan 9. Inseiden meningkat pada usia lebih kecil 4 tahun dan menurun dengan meningkatnya umur.
·        Steptokokus, sering merupakan komplikasi dari penyakit virus lain, seperti morbili dan varisela atau komplikasi penyakit kuman lainnya seperti pertusis, pneumonia oleh pnemokokus.
·        Basil gram negatif seperti Hemiphilus influensa, Pneumokokus aureginosa, Tubberculosa.
·        Streptokokus, lebih banyak pada anak-anak dan bersifat progresif, resisten terhadap pengobatan dan sering menimbulkan komplikasi seperti; abses paru, empiema, tension pneumotoraks.
2.      Virus
·        Virus respiratory syncytial, virus influensa, virus adeno, virus sistomegalik.
3.      Aspirasi
4.      Pneumonia hipostatik
·        Penyakit ini disebabkan tidur terlentang terlalu lama.
5.      Jamur
6.      Sindroma Loeffler. 

PATOFISIOLOGI :

DOWNLOAD FILE WORD LENGKAP KLIK DISINI !

Tidak ada komentar: