ASUHAN KEPERAWATAN ANAK DENGAN TONSILOFARINGITIS AKUT

BAB I
PENDAHULUAN

  1. LATAR BELAKANG 
  2.  Anak merupakan individu yang rentan terhadap penyakit terutama tonsilofaringitis akut. Tonsilofaringitis akut adalah peradangan pada tonsil dan faring yang bersifat ringan. Kelenjar tonsil ini terletak di bagian atas faring dan mengelilingi faring sehingga apabila faring terinfeksi dapat menyebar pada tonsil sehingga terjadilah infeksi pada tonsil dan faring yang disebut tonsilofaringitis.
Jaringan yang mengelilingi tonsil dan faring ini termasuk jaringan limfoid yang berfungsi sebagai pertahanan tubuh terhadap infeksi ( sebagai penyaring dan pelindung saluran pernafasan dan saluran pencernaan dari invasi organisme patogen ) sehingga jika ada gangguan pada tonsil dan faring maka akan menjadi tempat infeksi. Selain itu tonsil juga mempunyai peranan dalam pembentukan antibodi.
Penatalaksanaan tonsilofaringitis akut dapat dilakukan dengan istirahat, diit makanan lunak dan pengobatann. Saat ini untuk penatalaksanaan tonsilofaringitis adalah dengan mengatasi masalah – masalah yang terjadi sesuai kondisi pasien.
Mengingat pentingnya fungsi tonsil sebagai pertahanan tubuh terhadap infeksi dan karena anak merupakan individu yang rentan terhadap infeksi, maka penulis tertarik untuk mempelajari secara lebih mendalam asuhan keperawatan pada anak dengan tonsilofaringitis akut di ruang C1 lantai 1 RSDK Semarang

  1. TUJUAN
1.       TUJUAN UMUM 
Setelah selesai mengikuti kegiatan PBK, penulis mampu memberikan asuhan keperawatan pada anak dengan tonsilofaringitis akut.
2.       TUJUAN KHUSUS
·          Mampu menjelaskan tentang konsep dasar penyakit tonsilofaringitis akut
·          Mampu mengidentifikasi tanda dan gejala penyakit tonsilofaringitis akut pada anak
·          Mampu melakukan pengkajian, analisa data, menyusun diagnosa keperawatan pada anak dengan tonsilofaringitis akut
·          Mampu melaksanakan implementasi keperawatan berdasarkan perencanaan yang telah dirumuskan dan mengevaluasi hasil implementasi keperawatan yang telah direncanakan.

 
BAB II
TINJAUAN TEORI

  1. DEFINISI
Tonsilofaringitis akut adalah peradangan pada tonsil dan faring yang masih bersifat ringan. Radang faring pada anak hampir selalu melibatkan organ sekitarnya sehingga infeksi pada faring biasanya juga mengenai tonsil sehingga disebut sebagai tonsilofaringitis. (Ngastiyah,1997 )
Tonsilofaringitis akut merupakan faringitis akut dan tonsilitis akut yang ditemukan bersama – sama. ( Efiaty, 2002 )

  1. ETIOLOGI
Penyebab tonsilofaringitis bermacam – macam, diantaranya adalah yang tersebut dibawah ini yaitu :
1.       Streptokokus Beta Hemolitikus
2.       Streptokokus Viridans
3.       Streptokokus Piogenes
4.       Virus Influenza
Infeksi ini menular melalui kontak dari sekret hidung dan ludah ( droplet infections )

  1. PROSES PATOLOGI
Bakteri dan virus masuk masuk dalam tubuh melalui saluran nafas bagian atas akan menyebabkan infeksi pada hidung atau faring kemudian menyebar melalui sistem limfa ke tonsil. Adanya bakteri dan virus patogen pada tonsil menyebabkan terjadinya proses inflamasi dan infeksi sehingga tonsil membesar dan dapat menghambat keluar masuknya udara. Infeksi juga dapat mengakibatkan kemerahan dan edema pada faring serta ditemukannya eksudat berwarna putih keabuan pada tonsil sehingga menyebabkan timbulnya sakit tenggorokan, nyeri telan, demam tinggi bau mulut serta otalgia. 

DOWNLOAD FILE WORD LENGKAP KLIK DISINI !

Tidak ada komentar: